Cara Meningkatkan Kecerdasan

Cara Meningkatkan Kecerdasan

Memiliki anak yang cerdas jelas menjadi impian bagi para orang tua. Banyak cara yang bisa dilakukan oleh para orang tua untuk meningkatkan kecerdasan pada anak. Tentunya hal ini perlu dipikirkan matang-matang untuk kedepannya mulai dari sekarang. Mungkin beberapa calon orang tua juga sudah memikirkan banyak tentang kecerdasan untuk anak.

Anda bisa mencari tahu cara meningkatkan kecerdasan anak mulai dari buku, jurnal, atau bahkan mulai dari website-website tentang pendidikan yang tepat untuk orang tua. Namun, anda juga tidak harus terlalu mengikuti tips tersebut secara gamblang, kembali lagi disesuaikan pada sifat dan kebiasaan yang kerap dilakukan oleh anak anda.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Anak

  1. Jangan membacakan cerita, namun baca cerita bersama

Baca Cerita Bersama

Punya anak kecil yang sedang belajar membaca? Jangan biarkan mereka hanya menatap gambar-gambar di buku saat Anda melakukan semua pembacaan. Perhatikan kata-kata itu. Baca bersama mereka, bukan untuk mereka. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu membantu membangun keterampilan membaca mereka.

  1. Latih pengetahuan tentang banyak sedikitnya benda

Latih pengetahuan tentang banyak sedikitnya benda

Kumpulkan beberapa gelas ukuran berbeda atau wadah plastik, dan biarkan anak Anda menuangkan air dari satu ke yang lain di bak mandi berikutnya. Kadang-kadang dia akan menuangkan terlalu banyak, kadang-kadang terlalu sedikit. Bicara tentang cangkir mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil.

  1. Ajak ke perpustakaan

Ajak ke perpustakaan

Karena ada pepatah Buku adalah Jendela Dunia, maka anda dapat mengajak anak untuk pergi ke perpustakaan, dimana banyak buku berada. Cara meningkatkan kecerdasan anak yakni dengan memanfaatkan waktu bercerita, pertunjukan boneka, dan barisan buku. Mulai ajak belajar dari menulis ABC.

  1. Biarkan ia mulai bercerita

Biarkan ia mulai bercerita

Ajak mengeluarkan perasaannya. Peluk menjelang tidur, dan tanyakan anak Anda apa yang membuatnya bahagia atau sedih hari itu. Apa yang membuatnya marah atau merasa bangga? Anda akan membantunya mengingat hari itu, memahami bentuk lampau, dan memberi label pada emosinya. Ini adalah kegiatan untuk menjaga sampai dia berangkat ke perguruan tinggi.

  1. Berburu serangga

Berburu serangga

Mengenal serangga untuk anak-anak merupakan hal yang cukup penting, Coba perlihatkan foto-foto serangga yang tidak berbahaya, misalnya kepik, jangkrik, kupu-kupu dari buku atau majalah. Kemudian, pergi ke taman untuk menemukan beberapa serangga yang ada di sekitar.

  1. Buat Kenangan

Buat Kenangan

Anda bisa membuat album keluarga. Sertakan foto-foto kerabat dekat maupun kerabat jauh, dan sering membolak-baliknya untuk membangun kenangan anak Anda. Ketika Nenek menelepon, tunjukkan fotonya ketika dia mendengarkan di telepon.

  1. Buka memori anak anda kembali

Buka memori anak anda kembali

Bersama-sama, tonton video rumah lama dari bayi Anda yang menikmati mandi pertamanya, belajar berguling, bermain dengan anggota keluarga. Ceritakan kisah untuk membangun bahasa dan memori.

  1. Ajarkan tentang hewan sejak dini

Ajarkan tentang hewan sejak dini

Hadirkan buku tentang kebun binatang, ajak mengenali binatang dari buku. Kemudian, ajak anak anda dengan mendatangi kebun binatang. Pada kunjungan Anda berikutnya, ambil foto hewan favorit untuk dimasukkan dalam album. Lalu, bersama anak, beri nama semua makhluk yang dikenal atau tambahkan suara dan cerita binatang.

  1. Ajak anak anda hujan-hujanan

Ajak anak anda hujan-hujanan

Ajak anak anda bermain dalam hujan. Mulai dengan melompat di genangan air, duduk di rumput basah bersama. Hal ini adalah cara belajar yang menyenangkan, meskipun berantakan, tentang basah dan kering.

  1. Jangan sampai anak anda kurang tidur

Jangan sampai anak anda kurang tidur

Hal ini karena sebuah penelitian memberi contoh jika kehilangan satu jam tidur, maka mengubah otak siswa kelas enam menjadi otak siswa kelas empat. Menurut peneliti bernama Sadeh, hilangnya satu jam tidur sama dengan hilangnya dua tahun pematangan dan perkembangan kognitif. Ada korelasi antara nilai dan jumlah rata-rata waktu tidur pada anak.

  1. Belajar adalah proses mengaktifkan kinerja otak

Belajar adalah proses mengaktifkan kinerja otak

Otak kita berkembang untuk belajar dengan melakukan sesuatu, bukan hanya dengan mendengarnya. Jika Anda ingin, katakanlah, menghafal sebuah bagian, lebih baik menghabiskan 30 persen waktu Anda untuk membacanya, dan 70 persen lainnya dari waktu Anda menguji diri Anda sendiri atas pengetahuan itu.

  1. Memberikan asupan yang baik

Memberikan asupan yang baik

Cara meningkatkan kecerdasan anak yang lainnya adalah memberikan asupan yang baik. Makanan yang membuat kecepatan berpikir menurun yakni makanan yang mengandung tinggi lemak, rendah karbohidrat kemudian makanan yang mengandung daging, telur, hingga makanan bahan dasar susu seperti keju dan krim.

Lebih baik anda mengarahkan anak untuk makan sayur mayur. Pilih sayur-sayuran yang merupakan sumber antioksidan yang baik. Hal ini karena kandungan antioksidan membantu menjaga sel-sel otak agar tetap sehat. Beberapa sayuran yang memiliki kandungan baik untuk otak adalah ubi jalar, labu, dan wortel.

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung, chard, bayam, dan collard hijau kaya akan folat, yang memiliki manfaat meningkatkan daya ingat. Atau bisa pilih sayur kale yang mengandung Sulforaphane dan Diindolylmethane, yang membantu pertumbuhan sel-sel otak.

  1. Minum vitamin

Minum vitamin

Tak lupa, anda juga harus memberikan vitamin yang baik untuk anak, salah satunya yang terbaik adalah vitamin dari Gizidat. Tak hanya dari sayur dan buah-buahan yang mengandung vitamin, anak anda perlu mendapatkan vitamin dari suplemen Gizidat.

Selain itu, terdapat kandungan baik kurkumin, bahan ini merupakan bahan yang dipercaya ratusan tahun untuk meningkatkan nafsu makan buah hati dan meningkatkan daya tahan tubuh. Kemudian ada kandungan protein dari sidat yang melebihi protein di dalam salmon Norwegia.

  1. Orang tua yang bahagia akan memiliki anak yang sukses

Orang tua yang bahagia akan memiliki anak yang sukses

Menjadi orangtua yang bahagia merupakan salah satu cara meningkatkan kecerdasan anak. Karena jika orang tua bahagia, anak akan berada pada kondisi dengan pikiran-pikiran yang lebih positif.

  1. Mempelajari musik

Mempelajari musik

Pelajaran musik membuat anak-anak lebih pintar. Dibandingkan dengan anak-anak dalam kelompok yang terlalu terkontrol, anak-anak dalam kelompok musik menunjukkan peningkatan IQ dengan skala penuh yang lebih besar.

Efek dari belajar musik memang relatif kecil, tetapi secara keseluruhan mempengaruhi di seluruh subyek IQ, skor indeks, dan ukuran standar pencapaian akademik.Semakin banyak penelitian yang menemukan bahwa pelatihan musik memberi siswa manfaat belajar di kelas.

Bahkan, sekarang sebuah penelitian di Northwestern University menemukan bahwa pelatihan musik juga bermanfaat hingga untuk orang tua, dengan mengimbangi beberapa efek buruk penuaan.

  1. Biarkan dia menjadi bos (kadang-kadang)

Biarkan dia menjadi bos (kadang-kadang)

Hal ini dapat mengajarkan anak bagaimana membangun rasa percaya diri dengan memberi anak Anda pilihan bila memungkinkan, misalnya saja mangkuk berwarna yang beda saat makan. Dia akan belajar bahwa keputusannya ini telah diperhitungkan dan mendapatkan latihan menamai warnanya.

  1. Berdandan

Berdandan

Berdandan juga merupakan bagian dari cara meningkatkan kecerdasan anak. Coba biarkan balita Anda bermain dengan beberapa kemeja lama Ayahnya. Gali topiĀ  atau aksesori yang lama, syal, atau sarung tangan. Tempatkan diri Anda dalam situasi pura-pura, dan lihat ke mana kreativitas dan imajinasinya membawa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *