Cara Meningkatkan Konsentrasi

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Cara meningkatkan konsentrasi perlu sekali diketahui. Mendekati waktu ujian semester tidak sedikit anak atau siswa siswi akan mengalami stress saat menghadapi ujian tersebut. Sebagai orang tua, yang patut dilakukan ialah memantau kondisi fisik dan juga kondisi psikis anak supaya tidak mengalami stress. Sebab, hal itu akan merusak proses belajar anak. Selain itu, khususnya bagi orang tua disarankan agar lebih memantau perkembangan belajar anak.

Apakah cara belajar anak sudah baik atau belum?. Dalam proses belajar anak, hal yang terpenting ialah konsentrasi belajar anak. Tentu anak akan mudah memahami materi pelajaran bila anak merasa nyaman serta dapat berkonsentrasi dalam belajar. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan konsentrasi anak.

Beberapa cara meningkatkan konsentrasi

1. Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas

Hilangkan Beban dan Tugas-Tugas

Bila mempunyai tugas atau pekerjaan rumah sebaiknya diselesaikan dulu supaya tidak mengganggu pikiran ketika kegiatan belajar sedang berlangsung. Usahakan untuk selalu mengecek apakah ada tugas atau pekerjaan rumah yang belum diselesaikan atau tidak.

2. Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan

Pikirkan Manfaat Belajar di Masa Depan

Terkadang sedikit berandai-andai dapat menyemangati Anda dalam proses belajar, maksudnya Anda berandai-andai ketika nanti anda sudah dewasa kita akan menjadi orang yang sukses menjadi orang yang pintar atau pandai, mempunyai penghasilan besar, mempunyai pasangan hidup yang ideal dan lain sebagainya.

Dengan begitu tentu  akan membuat Anda menjadi lebih fokus dan termotivasi dalam belajar untuk meraih masa depan yang kita cita-citakan

3. Jangan Terlalu Capek

Jangan Terlalu Capek

Terlalu capek juga dapat membuat Anda kurang konsentrasi dalam belajar. Maka dari itu Anda perlu membuat beberapa jadwal pelajaran dengan aktivitas fisik yang cukup berlebih misalnya, olahraga berlebihan, bermain diluar seharian dan lainnya.

Biasanya kalau sudah terlalu capek dengan aktivitas anda diluar rumah, dan anda mau belajar maka konsentrasi Anda akan hilang dan anda akan merasa cepat ngantuk. Sebaiknya ketika pulang dari sekolah anda bias langsung beristirahat. Tidur siang juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi belajar anda di sore hari atau malam hari.

4. Tempat yang tenang dan nyaman

Tempat yang tenang dan nyaman

Mencari tempat yang tenang dan nyaman juga merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam meningkatkan konsentrasi dalam belajar. Belajar di dalam kamar bisa menjadi salah satu tempat yang tenang dan nyaman untuk belajar.

Bila perlu berikan beritahu orang orang rumah untuk tidak berisik dan menggangu anda untuk beberapa waktu kedepan agar anda dapat konsentrasi dalam suasa yang nyaman dan tenang. Mempunyai ruang bekerja yang bersih dan rapi akan membuat anda lebih fokus.

5. Cari Tahu Metode Belajar Yang Tepat

Cari Tahu Metode Belajar Yang Tepat

Anda juga perlu memahami metode belakajar yang tepat buat anda sendiri sehingga bias meningkatkan suasa hati anda nyaman ketika belajar. Contohnya sambil mendengar lagu dengan iringan melodi yang pelan atau

6. Strategi Menghapal Materi Pelajaran

Strategi Menghapal Materi Pelajaran

Kalau anda memiliki kesulitan saat menghapal atau memahami suatu pelajaran maka sebaiknya anda membuat rangkuman pelajaran yang mudah dimengerti serta dapat dilihat dan dibaca-baca kembali kalau ada yang lupa.

 Bisa juga membuat hubungan gambar-gambar yang mewakili point-poin pelajaran. Anda juga bisa merekam suara sendiri ketika membaca beberapa materi pelajaran untuk selanjutnya didengarkan kembali. Anda juga bisa membuat pertanyaan tertentu mengenai materi yang telah dipahami, dan lain-lain.

7. Istirahat / Break Jika Lelah

Istirahat

Jika  tubuh sudah merasa lelah karena terlalu banyak belajar jangan dipaksakan karena tidak ada gunanya. Jika terlalu dipaksakan mungkin tubuh anda akan mudah diserang penyakit. Dan apabila sudah terserang penyakit maka akan berdampak pada konsentrasi anda ketika belajar.

8. Makan makanan bergizi

Makan makanan bergizi

Tidak cuma kegiatan di atas,  beberapa makanan bergizi  juga dapat meningkatkan fokus anda. Makanan-makanan ini dapat berdampak langsung terhadap aliran darah yang membawa oksigen ke otak. Salah satu buah yang dapat membantu anda dalam meningkatkan konsentrasi adalah buah alpukat.

Alpukat tidak cuma mengandung lemak. Buah alpukat juga mengandung vitamin C, K, B, dan asam lemak omega-3. Kandungan-kandungan dalam buah tersebut dapat menjaga aliran darah tetap lancar serta membawa oksigen ke dalam otak. Hal ini dapat meningkatkan tingkat konsentrasi dan fungsi otak. Kamu dapat mengolah alpukat menjadi salad, jus atau sebagainya.

Tapi hal yang perlu diperhatikan adalah anda tidak boleh menmambahkan gula terlalu banyak. Selain buah alpukat, makanan jenis kacang-kacangan dan biji-bijian juga dapat menguatkan daya ingat serta fokus anda.

Salah satu jenis kacang yang dapat dikonsumsi adalah Kacang almond dan yang memiliki Kandungan antioksidan yang tinggi dan vitamin B6 dan E yang dapat memberikan perlindungan dalam kurun waktu yang panjang pada otak. Makanan jenis Kacang-kacangan juga bias  dijadikan sebagai camilan di sela-sela waktu anda bekerja atau belajar.

9. Minum Vitamin Otak

Minum Vitamin Otak

Kita semua tahu bahwa vitamin bisa melakukan banyak hal baik untuk tubuh kita terutama pada bagian otak. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan dan buah-buahan yang memiliki vitamin yang mampu merperkuat daya ingat dan konsentrasi otak anda seperti vitamin B1, B12, B6 dan omega 3.

10. Tingkatkan Aktivitas Fisik Anda

Tingkatkan Aktivitas Fisik Anda

Kalau anda ingin meningkatkan konsentrasi, tentu Anda wajib untuk mencoba meningkatkan aktivitas fisik Anda. Olahragalah secara teratur untuk membantu penampilan fisik Anda dan juga meningkatkan konsentrasi Anda.

11. Minum Banyak Air

Minum Banyak Air

Dehidrasi akan membuat otak kesulitan untuk berkonsentrasi. Tubuh yang cukup cairan akan dapat  bekerja secara maksimal. Bila anda tidak meminum cukup banyak air, otak Anda akan menjadi lemah. Oleh sebab itu, sangat masuk akal bila Anda minum banyak air akan membantu dalam meningkatkan konsentrasi Anda.

12. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Tidur yang cukup dimalam hari juga dapat membantu meningkatkan konsenterasi anda dalam bekerja dan belajar di keesokan harinya. Sebuah penelitian yang dilakukan di Binghamton University menjelaskan bahwa kebiasaan kurang tidur mampu meningkatkan risiko munculnya gangguan kecemasan yang berakibat anda tidak bias berpikir secara jernih dan mudah kehilangan fokus.

13. Menyelesaikan Masalah

Menyelesaikan Masalah

Bila anda mempunyai sesuatu dalam  pikiran Anda, tentu hal itu dapat menghambat konsentrasi anda sampai anda mengeluarkan hal tersebut dari dalam pikiran Anda.

Anda bisa menemui orang yang anda percaya dan ceritakan masalah anda hingga anda dapat menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah anda. Ini bukan suatu hal yang salah, beberapa orang melakukannya dari waktu ke waktu.

14. Mendapatkan Pijatan

Mendapatkan Pijatan

Relaksasi pada otak juga terkadang perlu dilakukan. Memijat titik-titik pada bagian tubuh terutama bagian kepala juga yang dapat memperlancar aliran darah ke otak. Hal ini dapat meningkatkan mood yang berpengaruh terhadap konsentrasi otak anda. Selain itu juga dapat menurunkan tingkat stress anda. Otot yang tegang akan mengendur dan pikaran akan santai.

15. Menggunakan produk gizidat

Menggunakan produk gizidat

Cara meningkatkan konsentrasi selanjutnya yaitu dengan menggunkn Gizidat, Produk ini mampu meningkatkan daya konsentrasi dan mencerdaskan otak anak. Jika anda ingin mencari atau membeli, produk ini sudah banyak dipasarkan di toko online. Gizidat memiliki kandungan yang sangat baik yang bisa meningkatkan konsentrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *