Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Permasalahan yang sering terjadi pada anak – anak adalah susah makan. Masalah ini tidak dapat disepelekan karena Anda harus memikirkan jangka panjangnya. Oleh karena itu, Ada harus mencari cara meningkatkan nafsu makan anak. Asupan nutrisi didapatkan dari makanan sehingga jika anak tidak mau makan akan menyebabkan pertumbuhan dan perkembangan  anak terhambat.

Namun, Anda jangan khawatir karena Anda dapat melatih anak untuk mulai mengenal pola hidup sehat dengan makan secara teratur dan lain – lain.

Anak Susah Makan?

Menjaga kesehatan anak merupakan tugas orang tua, salah satunya adalah dengan makan secara teratur. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan agar anak Anda tumbuh dan berkembang dengan baik.

Anda dapat memberikan contoh kepada anak – anak Anda secara halus. Artinya tanpa pemaksaan dan bukan seperti perintah. Dengan demikian anak akan paham bahwa makan adalah salah satu aktivitas yang dibutuhkan untuk memasukkan nutrisi ke dalam tubuh.

Kebiasaan seperti itu wajib diajarkan kepada anak sejak anak masih kecil. Hal ini dapat berpengaruh terhadap karakter anak yang nantinya akan menjadi kebiasaan yang baik.

Berikut ini akan diulas lebih dalam beberapa hal yang sering dialami anak – anak saat tiba waktunya makan:

1. Menolak Makanan

Menolak Makanan

Saat anak sudah mulai bisa membedakan rasa makanan maka Anda harus memahami hal itu. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan menu makanan akan berpengaruh terhadap mood anak untuk makan.  Oleh karena itu, Anda harus pandai dalam mengatur menu makanan agar anak tidak bosan dan tidak menolak untuk makan.

2. Anak hanya Menyukai 1 macam Makanan

Anak hanya Menyukai 1 macam Makanan

Banyak dijumpai anak yang hanya menyukai makanan tertentu saja. Kondisi seperti ini tidak dapat dibiarkan, mengapa? Hal ini dikarenakan anak membutuhkan nutrisi dan gizi yang terkandung dalam berbagai macam makanan. Jika anak hanya menyukai satu jenis saja maka dikhawatirkan anak akan mengalami malnutrisi.

3. Anak Suka Memilih – milih Makanan

Anak Suka Memilih - milih Makanan

Pada umumnya anak dengan usia diabwah 3 tahun masih beradaptasi dengan asupan makanan dari luar. Dengan demikian mereka masih memerlukan waktu untuk menyesuaikan agar terbiasa makan dengan beragam makanan dengan tekstur, rasa dan warna yang bervariasi.Efeknya adalah anak menjadi suka memilih – milih makanan yang mereka sukai.

4. Menyukai Makanan cepat Saji

Menyukai Makanan cepat Saji

Pada umumnya anak lebih menyukai makanan cepat saji, padahal makanan tersebut banyak mengandung lemak dan gula yang tinggi namun jumlah gizinya rendah. Cara mengatasinya adalah dengan menyediakan makanan sehat yang kaya akan nutrisi. Selain itu, hindari mengenalkan anak dengan makanan cepat saji sejak dini.

5. Makanan yang Anda Sajikan Porsi Besar

Makanan yang Anda Sajikan Porsi Besar

Anda disarankan untuk menyajikan makanan dalam porsi yang kecil untuk anak Anda. Hal ini dikarenakan jika melihat makanan dengan porsi besar dapat memicu turunnya nafsu makan anak.

6. Anak Merasa Tertekan

Anak Merasa Tertekan

Secara psikis, memaksa anak untuk makan dapat membuat anak tertekan sehingga anak merasa tidak nyaman. Akibatnya nafsu makan anak menjadi berkurang.  Jika dibiarkan berlama – lama dapat mengganggu kesehatan dan pertumbuhan anak.

7. Mood Anak yang tidak Stabil

Mood Anak yang tidak Stabil

Mood anak dapat berubah – ubah dan belum stabil sehingga terkadang saat anak terlalu asyik bermain atau sedang merasa jenuh maka anak menjadi tidak bersemangat dan berefek pada menurunnya nafsu makan.

Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Sebagai orang tua tentu Anda menginginkan anak selalu sehat dan ceria. Hal ini dapat terjadi karena anak mendapatkan asupan gizi yang cukup dan seimbang. Dengan demikian anak dapat tumbuh dan berkembang dengan cepat. Hal ini perlu mendapat perhatian khusus agar pada masa golden age anak dapat tumbuh optimal dan tidak mudah sakit.

Anda dapat melakukan berbagai upaya untuk membantu menjaga nafsu makan anak stabil sehingga anak dapat makan dengan lahap.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi  untuk meningkatkan nafsu makan anak:

1. Membuat Jadwal Makan

Membuat Jadwal Makan

Anda dapat membiasakan anak untuk makan tepat waktu secara teratur sejak kecil. Dengan demikian akan membentuk pola makan yang baik untuk anak. Hal ini dikarenakan  anak akan terbiasa makan jika waktunya sudah tiba.

2. Hindari Memaksa Anak untuk Makan

Saat Anda memaksa anak untuk makan tidak dapat membuat nafsu makan anak meningkat. Hal ini justru membuat anak semakin malas untuk makan.  Selain itu, secara psikis anak menjadi tertekan dan hal ini sangat tidak baik untuk perkembangan dan pertumbuhan sang buah hati.

Anda disarankan untuk tidak marah karena masih ada cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membujuk anak secara halus untuk makan.

3. Membuat Variasi Menu Makanan

 Membuat Variasi Menu Makanan

Anda harus pandai dalam membuat kreasi makanan agar anak tidak bosan dengan masakan yang Anda sajikan. Tujuannya adalah agar anak  lebih bersemangat untuk makan. Anda juga dapat memasak makanan kesukaan sang buah hati sehingga nafsu makannya meningkat. Apalagi jika Anda menyajikan makanan pada tempat yang bentuknya lucu.

4. Sering Makan

Anda dapat melatih anak Anda untuk makan secara perlahan meskipun porsinya hanya sedikit namun sering. Cara ini sangat efektif untuk memberi makan kepada anak Anda yang masih kecil.

5. Membuat Camilan Sehat

Membuat Camilan Sehat

Salah satu cara untuk mengatasi anak yang susah makan adalah dengan membuat sendiri camilan sehat.  Camilan yang dibuat sendiri lebih higienis, terjamin kualitas, kebersihan, kandungan nutrisi dan lain – lain.

Beberapa menu yang direkomendasikan untuk dijadikan camilan adalah puding buah, sup buah dan lain – lain. Anda juga harus memastikan bahwa camilan yang Anda buat kaya akan vitamin dan nutrisi yang menunjang pertumbuhan anak.

6. Konsultasi ke Dokter

Apabila Anda tidak dapat mengatasi permasalahan susah makan pada anak maka Anda dapat berkonsultasi ke dokter spesialis anak untuk mengetahui cara meningkatkan nafsu makan anak dengan tepat. Dokter tentu lebih berpengalaman dalam menangani dan mengambil tindakan medis pada anak yang susah makan.

Salah satu contohnya adalah anak akan diberi vitamin yang dapat berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda sehingga anak akan mendapat asupan gizi yang lengkap. Meskipun permasalahan ini terlihat sepele namun tidak boleh diabaikan karena akan berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak.

7. Mengkonsumsi Gizidat

Anda disarankan untuk memberikan anak gizidat sebagai salah satu cara untuk meningkatkan nafsu makan pada anak. Gizidat adalah salah satu produk yang terbuat dari madu hutan alami dan ekstrak ikan sidat.

Mengkonsumsi Gizidat

Lalu, mengapa Anda harus memberi gizidat kepada anak? Hal ini dikarenakan gizidat terbuat dari bahan alami yang kualitasnya terjamin bagus, rasanya manis sehingga disukai oleh anak – anak yang berusia minimal satu tahun.

Selain itu, gizidat ini memang sengaja didesain dengan kemasan yang lucu dan unik agar dapat menarik perhatian anak. Dengan demikian sangatlah mudah untuk membujuk anak mengkonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *