Cara Menjadi Pintar di Sekolah Dengan Cepat

Cara Menjadi Pintar di Sekolah Dengan Cepat

Menjadi juara kelas memang menjadi impian seluruh anak. Bukan hanya dapat membanggakan orang tua, hal ini juga dapat membuat seseorang menjadi lebih percaya diri dalam setiap kegiatannya. Tetapi, sebagian orang menilai menjadi juara kelas adalah hal yang sulit untuk diraih. Padahal ada beberapa cara menjadi pintar di sekolah dengan cepat yang akan membawa mereka untuk meraih hal tersebut.

6 cara menjadi pintar di sekolah dengan cepat

1. Selalu Ingin Tahu

Selalu Ingin Tahu

Jangan jadikan buku pelajaran atau buku bacaan lain sebagai pedoman utama dalam belajar. Dalam era digital ini, kamu harus selalu mencari tahu sesuatu hal dari berbagai sumber yang ada. Apalagi dengan jaringan internet semua ilmu dapat di akses dengan mudah dan cepat. Tanamkan rasa ingin tahu dalam dirimu agar kamu selalu merasa tidak puas dengan apa yang sudah kamu ketahui.

Kamu juga dapat menjadi aktif di kelas dengan bertanya kepada guru. Hal tersebut dapat menjadikanmu mendapat ilmu yang lebih banyak serta melatih kepercayaan dirimu di kelas.

2. Disiplin Dengan Waktu

Rata-rata anak yang menjadi juara kelas sangat disiplin akan waktu yang ia miliki. Disiplin disini bukan hanya disiplin dalam belajar, tapi juga jam tidur dan lain-lain. Kamu harus bisa mengontrol diri agar semua jadwal tertata dengan baik dan tidak berantakan. Hal-hal yang harus kamu lakukan secara disiplin diantara adalah :

  1. Jam Belajar
    Jam Belajar

Setiap orang memiliki waktu konsentrasi yang berbeda. Ada yang dapat belajar saat pagi hari, dan ada juga yang baru bisa konsentrasi saat malam hari. Kamu harus tau jam belajar yang tepat untuk dirimu. Setelah itu, kamu bisa melakukan cara ini secara teratur dan disiplin. Pada jam belajar, bacalah kembali materi yang sudah diajarkan agar kamu lebih memahaminya.

  1. Waktu Mengerjakan Tugas Rumah
    Waktu Mengerjakan Tugas Rumah

Jangan pernah menunda waktu untuk mengerjakan tugas di rumah. Karena sekali kamu menunda, rasa malas akan menumpuk dan menjadikanmu mengulur waktu lebih lama untuk bersantai. Jangan terpengaruh oleh handphone, tv atau gadget lainnya yang dapat membuatmu menjadi lebih malas mengerjakan tugas.

Jangan biasakan menumpuk pekerjaan rumah, cobalah untuk mengerjakannya sedikit-demi sedikit dan memberikan yang terbaik pada tugas tersebut. Karena jika kamu terbiasa untuk menumpuk tugas tersebut, kamu akan menjadi terburu-buru jika waktu pengumpulannya sudah dekat dan itu dapat membuat hasil tugasmu tidak maksimal.

  1. Jam Tidur
    Jam Tidur

Seringnya anak yang giat belajar akan menyampingkan waktu tidurnya. Padahal kurangnya waktu tidur dapat menyebabkan menurunnya konsentrasi serta kesehatan. Pastikan kamu mempunyai waktu tidur yang cukup selama 8 jam setiap harinya.

  1. Bimbingan Belajar
    Bimbingan Belajar

Jika dirasa membutuhkan belajar sendiri kurang efektif, kamu dapat mengikuti bimbingan belajar di luar atau memanggil seorang tutor ke rumah. Kamu juga harus disiplin dalam hal ini, jika tidak disiplin semua waktu dan apa yang sudah orang tua kalian korbankan akan menjadi sia-sia.

Jika kamu sudah membiasakan diri untuk disiplin dalam beberapa hal tersebut, semua kegiatan harian pasti akan berjalan dengan baik dan teratur.

3. Buatlah Catatan Kecil

Buatlah Catatan Kecil

Cara menjadi pintar di sekolah dengan cepat berikutnya adalah dengan cara membuat catatan kecil pada setiap pelajaran. Buatlah catatan kecil pada buku khusus, atas poin penting yang didapat pada saat guru menerangkan. Pada hal ini, kamu harus melatih konsentrasi agar dapat menulis sambil memperhatikan apa yang sedang guru terangkan.

Catatlah poin penting tersebut menjadi sebuah rangkuman yang menarik dan juga informatif. Kamu dapat menggunakan spidol warna untuk membedakan poin penting serta deskripsi suatu hal. Warna yang berbeda pada tulisan dapat membuat catatan semakin menarik untuk dibaca. Buat juga grafik-grafik penjabaran atau gambar siklus yang dapat menjadikan catatan kamu semakin menarik. Kamu juga bisa membuat sebuah singkatan untuk memudahkan menghafal suatu kata.

4. Temukan cara belajar

Setiap orang mempunyai cara terbaik dalam belajarnya. Ada yang lebih memahami dengan cara melihat sesuatu yang visual, namun ada juga yang baru dapat memahami jika dia mendengarkan penjelasan dari seseorang. Cara-cara belajar ini disebut juga dengan gaya belajar. Kamu harus mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan dirimu. Agar kamu dapat lebih memahami pelajaran yang diberikan di sekolah dan dapat belajar lagi dengan gaya belajarmu sendiri.

Berikut ini adalah gaya belajar yang harus kamu ketahui :

  1. Gaya Belajar Visual
    Gaya Belajar Visual

Gaya belajar ini adalah gaya belajar mereka yang mempunyai kemampuan lebih dengan melihat. Gaya belajar ini berhubungan dengan mata pelajaran matematika, Bahasa jepang, dan lainnya yang berkaitan dengan bentuk.

Ciri-ciri gaya belajar ini diantaranya adalah gemar membaca, bisa mengingat lebih cepat dari apa yang ia lihat seperti bentuk, warna, dan pemahaman artistik, tidak terganggu dengan suara bising, mampu memahami dengan cara melihat dan mengamati pengajar serta memiliki kemampuan menggambar dan mencatat secara detail.

Metode pembelajaran yang tepat untuk seseorang yang memiliki gaya belajar visual adalah dengan melihat video ilustrasi, menggunakan mindmap, serta pembelajaran yang memakai alat peraga.

  1. Gaya Belajar Auditori
    Gaya Belajar Auditori

Berbeda dari gaya belajar visual, orang yang memiliki gaya belajar auditori lebih memiliki kemampuan pendengaran yang baik dan fokus. Seseorang tersebut lebih mampu memahami sesuatu dengan cara mendengarkan. Gaya belajar ini berkaitan dengan menghafal, dan membaca.

Ciri-ciri gaya belajar ini diantaranya adalah memiliki kemampuan mengingat yang baik dari mendengarkan, merasa terganggu dengan suara bising, senang berdiskusi dan juga bercerita, dan dapat mengulang informasi yang didengarnya.

Pada gaya belajar ini orang lebih mudah lupa apa yang dijelaskan. Selain itu, ia juga cenderung tidak suka membaca petunjuk serta kurang cakap dalam mengarang dan menulis. Metode belajar yang dapat diterapkan

  1. Gaya Belajar Kinestetik
    Gaya Belajar Kinestetik

Gaya belajar ini adalah gaya belajar dengan cara melibatkan gaya gerak seperti olahraga, menari, memainkan alat music atau percobaan laboratorium. Orang dengan gaya belajar ini lebih menyukai belajar dengan praktik langsung.

Pada gaya belajar ini, orang akan cenderung bosan dengan pengajaran secara konvensional.

  1. Gaya Belajar Global
    Gaya Belajar Global

Seseorang yang mempunya gaya belajar dengan cara global ini mempunyai kemampuan memahami secara menyeluruh. Dia mampu melakukan kerjasama dengan orang lain dengan baik dan dapat melakukan banyak tugas sekalipun. Tetapi orang dengan gaya belajar ini cenderung kurang rapi.

  1. Gaya Belajar Analitik
    Gaya Belajar Analitik

Gaya belajar analitik memiliki kemampuan untuk menelaah terlebih dahulu secara terperinci, spesifik dan teratur. Orang dengan gaya belajar ini akan mengerjakan suatu hal secara bertahap dan urut, seseorang dengan gaya belajar analitik lebih menyukai belajar secara sendirian daripada bergabung dengan kelompok belajar.

5. Konsumsi makanan bergizi dan vitamin

Konsumsi makanan bergizi dan vitamin

selain belajar ada hal lain yang merupakan bagian dari cara menjadi pintar di sekolah dengan cepat, Yaitu, mengkonsumsi makan bergizi dan juga vitamin. Kamu membutuhkan konsentrasi yang cukup baik agar semua pelajaran dapat diterima dan diproses dengan otak. Makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup terkadang tidak memenuhi hal tersebut. Kamu juga membutuhkan vitamin yang dapat menunjang konsentrasi. Gizidat merupakan madu anak yang terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas seperti madu hutan, kurkumin dan juga sidat. Gizidat dapat membantu tumbuh kembang anak dan juga nafsu makan.

Jika semua vitamin dan gizi sudah tercukupi, konsentrasi anak dalam belajat dapat terpenuhi dengan baik. Untuk info lebih lanjut dan pembelian, kamu bisa langsung melihat webnya di gizidat.com.

6. Jangan Putus Asa

Jangan Putus Asa

Jangan pernah putus asa jika hasil yang kamu dapat belum sesuai dengan usaha yang kamu keluarkan. Terus berjuang dan jadikan kegagalan menjadi pembelajaran yang berarti. Karena sesuatu yang gagal tidak akan menjadikanmu seseorang yang lama terpuruk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *