Cara Menjadi Pintar Matematika

Cara Menjadi Pintar Matematika

Saat masih sekolah, pelajaran matematika memang sering kali menjadi pelajaran yang menakutkan. Mungkin karena di dalamnya terdapat banyak rumus serta pemahaman yang cukup rumit. Tapi ternyata ada beberapa cara menjadi pintar matematika yang dapat kamu praktekan secara mudah seperti berikut ini.

7 Cara Menjadi Pintar Matematika 

1. Ubahlah Cara Pandang Terhadap Matematika

Ubahlah Cara Pandang Terhadap Matematika

Yang paling utama dari cara menjadi pintar matematika adalah mengubah cara pandang kamu mengenai mata pelajaran ini. Jangan pikirkan bahwa matematika adalah pelajaran yang rumit, membosankan apalagi menakutkan. Karena pikiran-pikiran negatif tersebut dapat membuat mental kamu menjadi terblokir dan dapat berdampak pada hasil belajar itu sendiri. Hal itu juga akan menimbulkan suatu reaksi pada otak yang mengakibatkan kamu akan tersugesti bahwa pelajaran tersebut akan selalu menakutkan.

Meskipun menerapkan pikiran positif dengan menyukai pelajaran matematika itu terkesan sulit, apalagi jika ditambah guru yang menerangkan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan, itu akan mengakibatkan situasi belajar kamu menjadi buruk namun kamu harus mencobanya. Mulailah untuk mencoba berpikir dan menjadikan matematika menjadi sebuah teka-teki yang harus kamu pecahkan seperti sedang memainkan sebuah permainan di handphone. Itu akan lebih menyenangkan.

2. Melatih Otak Kiri

Melatih Otak Kiri

Otak kita terbagi menjadi beberapa bagian dan memiliki fungsinya tersendiri. Yang sering diperbincangkan adalah fungsi otak bagian kiri dan kanan. Dimana dua bagian ini memiliki fungsi yang berbeda. Fungsi otak bagian kanan mempunyai peran yang dominan terhadap perkembangan emosional atau yang lebih dikenal dengan EQ. Seperti kreativitas seperti menyanyi dan menari, tata Bahasa dalam komunikasi dan juga ekspresi. Sedangkan fungsi otak bagian kiri adalah sebagai pusat dari perkembangan intelegen (IQ). Yang dimana fungsi otak kiri cenderung berhubungan dengan rasio, logika, kemampuan membaca dan juga menulis.

Dari fungsi bagian otak tersebut, banyak yang berasumsi jika seseorang dapat memaksimalkan fungsi otak bagian kiri ia akan cenderung lebih pintar dalam bidang akademik dibandingkan dengan seseorang yang memaksimalkan fungsi otak bagian kanannya dan ini berhubungan dengan cara menjadi pintar matematika.

Untuk melatih fungsi otak bagian kiri ini secara maksimal, kamu bisa melakukannya dengan cara :

  1. Banyak menulis. Kamu bisa berlatih untuk menulis blog, atau buku harian. Kamu juga dapat menuliskan secara ulang rumus-rumus yang sudah dipelajari lalu dirangkum pada buku catatan kecil sebagai terapi ini.
  2. Menghafalkan cerita
  3. Bermain Teka teki silang / puzzle atau Sudoku. Permainan yang mengasah otak ini juga dapat menjadikan fungsi otak bagian kiri kamu berfungsi secara maksimal.
  4. Terapi thumb atau eight game. Terapi ini sudah sering dilakukan dalam acara perkembangan diri dan kamu dapat melatihnya secara sendiri atau bersama teman.
  5. Melakukan sesi debat atau diskusi. Diskusi dan debat dapat melatih kemampuanmu untuk berpikir dan mendapatkan ilmu yang baru.

3. Buatlah Catatan Kecil

Buatlah Catatan Kecil

Ringkaslah rumus-rumus matematika dalam satu buku catatan. Selain dapat melatih fungsi otak bagian kiri, cara seperti ini juga dapat membuat kamu lebih mudah untuk mencari rumus yang kamu butuhkan untuk memecahkan suatu soal.

Buatlah sebuah catatan atau ringkasan yang mudah untuk dibaca dan dimengerti. Selain itu, teknik menulis ulang ini juga dapat membantu kamu untuk lebih memahami rumus atau soal yang dipelajari.

4. Jangan Hafalkan Rumus

Metode pembelajaran ini memang banyak digunakan sejak dahulu. Namun sebenarnya, metode ini tidak cukup efisien dan terbukti untuk menyelesaikan soal serta membuat kamu pintar. Karena dalam menghafal kamu akan menjadi lupa akan apa yang sudah dipelajari sebelumnya.

Jangan Hafalkan Rumus

Yang harus diterapkan dalam belajar matematika dan pelajaran lainnya adalah memahami soal serta pembelajaran yang ada. Jika kamu sudah paham tentang apa yang dipelajari, tentunya kamu dapat menjawab soal dengan mudah tanpa harus menghafal rumus atau teori tersebut. Karena itu sudah tersimpan dalam ingatan.

Selain itu, kamu juga dapat mengerjakan soal dengan soal yang berbeda memakai rumus yang baru dipelajari. Pahamilah rumus-rumus tersebut sesuai dengan kemampuan yang memudahkanmu. Dengan begitu, kamu akan semakin paham dengan pembelajaran matematika tersebut.

5. Konsumsi vitamin

Konsumsi vitamin

Untuk belajar matematika, kamu membutuhkan konsentrasi yang cukup baik agar semua pelajaran dapat diterima dan diproses dengan otak. Makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup terkadang tidak memenuhi hal tersebut. Kamu juga membutuhkan vitamin yang dapat menunjang konsentrasi. Gizidat merupakan madu anak yang terbuat dari bahan-bahan alami berkualitas seperti madu hutan, kurkumin dan juga sidat. Gizidat dapat membantu tumbuh kembang anak dan juga nafsu makan.

Jika semua vitamin dan gizi sudah tercukupi, konsentrasi anak dalam belajat dapat terpenuhi dengan baik. Untuk info lebih lanjut dan pembelian, kamu bisa langsung melihat webnya di gizidat.com.

6. Download aplikasi Matematika

Download aplikasi Matematika

Di era teknologi seperti ini,belajar matematika menjadi lebih mudah. Saat ini sudah banyak applikasi berbasis hitung yang dapat diunduh dan menjadi teman belajar. Berikut ini applikasi yang dapat membuat kamu menjadi pintar matematika

  1. Math Tricks. Applikasi ini dapat memecahkan persoalan matematika dari penjumlahan sampai pengkuadratan. Pada applikasi ini juga terdapat 24 trik yang bisa dikuasi agar pintar matematika.
  2. Math Expert. Bukan hanya matematika, di applikasi ini kamu juga bisa belajar fisika. Math Expert memiliki sejumlah rumus yang dapat membantu kamu dalam memecahkan soal. Selain rumus, ia juga dapat menghitung soal yang sedang kamu pecahkan.
  3. Mathematics Dictionary. Seperti kamus, applikasi ini menyediakan berbagai macam rumus matematika yang bisa kamu gunakan juga saat tidak terhubung dengan jaringan.
  4. Applikasi ini dapat memberitahu rumus serta langkah pengerjaan suatu soal matematika. Kamu cukup memasukkan foto yang berisi soal, lalu applikasi ini akan memunculkan pemecahan soal tersebut. Applikasi ini dapat menyelesaikan berbagai macam soal matematika dari penambahan hingga aljabar, kalkulus hingg statistic.

Dan masih banyak lagi applikasi serupa yang dapat membantu kamu untuk menjadi pintar matematika.

7. Terus Mencoba Jangan Menyerah

Yang paling penting dalam belajar matematika adalah kamu harus mengerti dari apa yang dipelajari. Pahamilah contoh soal yang diberikan saat belajar. Jika kamu tidak mengerti, janganlah malu untuk bertanya kepada guru, teman atau siapapun di sekitarmu. Cobalah berulang kali soal yang serupa hingga kamu benar-benar memahaminya.

Terus Mencoba Jangan Menyerah

Jangan takut salah dalam belajar. Nantinya pada proses ini kamu akan terbiasa untuk menghadapi kegagalan. Periksalah jawaban dengan cermat dan kerjakan dalam bertahap. Jangan terlalu terburu-buru jika mengerjakan soal yang kamu anggap susah.

Jika kamu bermasalah dalam hal berkonsentrasi, carilah atau ciptakanlah suasana belajar yang membuatmu nyaman dan jauh dari kebisingan. Ciptakan waktu belajat menjadi menyenangkan dengan cara yang kamu sukai, missal buat kartu yang berisikan angka dan rumus atau ajak teman untuk belajar bersama.

Itulah beberapa cara untuk menjadi pintar matematika. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *