Cara Menjadi Pintar

Cara Menjadi Pintar

Otak adalah organ tubuh yang sangat vital bagi manusia. Otak tersusun dari berjuta sel yang mempengaruhi seluruh kehidupan dari tiap individu termasuk dalam hal kecerdasan. Sistem kerja otak hampir sama dengan otot tubuh di mana apabila tidak pernah dilatih maka akan mengalami penurunan fungsi, dalam hal ini sel-sel otak akan mati sehingga kecerdasan menurun. Berikut cara menjadi pintar:

Aktivitas yang Meningkatkan Kecerdasan Otak

Cara menjadi pintar dapat dilakukan dengan melakukan berbagai macam aktivitas ringan dan sangat mudah di antaranya adalah:

  1. Membaca

Tidak dapat dipungkiri bahwa membaca merupakan cara yang sangat ampuh untuk menjadi pintar. Dengan membaca maka otak akan merekam informasi baru. Selain itu, membaca juga termasuk dalam olahraga yang menyebabkan sel-sel pada otak akan meregang. Jenis bacaan baik berupa bacaan ringan (seperti komik, cerpen) maupun berat dapat menjadi opsi awal untuk mengasah otak anda.

  1. Bermain game

Bermain game juga membutuhkan otak untuk berpikir. Permainan yang terbukti ampuh sebagai cara menjadi pintar bagi anda adalah jenis permainan puzzle dan teka-teki. Permainan puzzle maupun teka-teki (misalnya teka-teki silang) menuntut otak untuk berpikir dan menentukan strategi yang tepat. Ketika otak digunakan untuk berpikir, di sinilah kemampuan otak tersebut diasah.

  1. Belajar bahasa asing

Ketika anda belajar bahasa asing, maka kerja otak akan kembali seperti saat anda pertama kali belajar bicara. Otak akan merekam suara dari bahasa kemudian memerintahkan anda untuk mengucapkannya. Proses ini menyebabkan aliran darah yang membawa nutrisi banyak mengalir ke otak sehingga kemampuan otak juga akan meningkat.

  1. Bermain musik

Bermain instrumen musik dapat membantu anda untuk meningkatkan IQ. Bahkan ada suatu studi yang mengatakan bahwa orang yang bisa bermain instrumen musik akan mengalami penuaan yang lebih lambat. Musik juga dapat melatih anda untuk mengenal emosi.

  1. Aktivitas fisik harian

Aktivitas fisik harian dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini disebabkan karena ketika anda melakukan aktivitas fisik maka jantung akan memompa darah lebih cepat. Darah yang dipompakan oleh jantung akan dipasok ke otak sehingga nutrisi yang dibutuhkan otak terpenuhi dengan baik.

  1. Mengobrol dengan teman

Mengobrol dengan orang lain ternyata juga dapat digunakan untuk mencerdaskan otak. Ketika mengobrol dengan orang lain maka otak akan bekerja untuk mencari suatu topik pembicaraan dan memberikan feedback pada lawan bicara anda. Selain itu, mengobrol juga dapat digunakan untuk mencegah terjadi demensia dan Alzheimer.

  1. Pelajari sesuatu yang baru

Ketika mempelajari sesuatu yang baru maka otak akan berusaha untuk mencari tahu lebih banyak lagi dengan hal tersebut. Hal ini dapat anda lakukan jika anda merasa bosan dengan kegiatan rutinitas harian anda. Mulailah keluar dari zona nyaman anda untuk menjaga otak anda agar tetap aktif.

  1. Menulis buku catatan harian

Cara menjadi pintar juga dapat dilakukan dengan rutin menulis buku catatan harian. Ketika menulis buku harian maka otak akan dipaksa mengingat-ingat kejadian yang telah dilalui oleh anda selama satu hari. Hal ini tentu saja dapat melatih daya ingat memori otak anda.

  1. Menekuni hobi

Menekuni hobi dapat membuat otak dan fisik anda bekerja dengan seimbang. Ketika anda memutuskan untuk menekuni hobi anda maka otak akan menggambarkan pikiran yang positif. Hal ini menyebabkan anda merasa senang dan nyaman dalam melakukan kegiatan, sehingga kemampuan otak akan bertambah tanpa ada tekanan.

  1. Olahraga teratur

Olahraga teratur yang sangat disarankan untuk meningkatkan kemampuan otak adalah jogging dan aerobik. Ketika tubuh melakukan olahraga tersebut, banyak aliran darah yang akan diberikan ke otak sehingga nutrisi otak terpenuhi.

  1. Istirahat teratur

Istirahat teratur sangat mempengaruhi kinerja otak. Bayangkan saja ketika otak anda dipaksa untuk bekerja setiap saat, tentu otak akan merasa lelah dan akhirnya kesehatan anda juga mengalami gangguan. Istirahat digunakan untuk merelaksasikan sel-sel otak anda dan menyiapkannya ketika ingin digunakan kembali.

  1. Sarapan pagi

Sarapan pagi adalah hal yang sangat rentan untuk ditinggalkan bagi anda yang sibuk bekerja. Padahal, sarapan pagi sangat penting untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Tentu saja hal ini akan meningkatkan efektivitas kinerja anda. Tentunya anda harus sarapan pagi dengan makanan gizi seimbang.

Makanan yang Mencerdaskan Otak

Cara menjadi pintar dapat anda perhatikan melalui makanan yang anda konsumsi tiap hari. Makanan dengan gizi seimbang sangat dibutuhkan untuk mengaktifkan sel-sel yang ada pada otak. Suplemen makanan yang sangat ampuh untuk mencerdaskan otak adalah Gizidat. Gizidat terbuat dari bahan madu, kurkumin dan ikan zidat. Lalu zat gizi apa saja yang tergandung dalam Gizidat untuk kecerdasan otak anak? Berikut penjelasannya:

  1. DHA (Docosahexaenoic Acid)

DHA merupakan komponen yang terpenting dalam pembentukan otak. DHA berfungsi untuk pembentukan jaringan saraf pada otak. DHA tidak dapat diproduksi secara efisien dalam tubuh. Untuk itu, diperlukan sumber DHA tambahan dari makanan. Makanan yang mengandung banyak DHA adalah ikan laut (seperti ikan zidat pada Gizidat), sayur-sayuran hijau (seperti bayam), dan susu.

  1. EPA (eicosapentaenoic acid)

Kandungan EPA dalam Gizidat adalah 742 mg/100 gr. Kandungan EPA yang sangat banyak ini sangat berperan penting untuk membantu pertumbuhan sel-sel otak anak.

  1. Zinc (emas otak)

Zinc juga merupakan zat gizi yang krusial untuk membantu meningkatkan daya ingat seseorang. Mengkonsumsi zat gizi Zinc dalam suplemen Gizidat, daging, kerang, kacang-kacangan, telur dan serealia dapat anda gunakan untuk mencerdaskan otak.

  1. Asam lemak omega 3

Asam lemak omega 3 mengandung zat yang disebut gamma tocopherol. Zat ini berfungsi sebagai senyawa antioksidan pelindung yang dapat mencegah terjadinya penyakit syaraf.

  1. Vitamin B1

Kandungan vitamin B1 pada suplemen Gizidat 25 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan kandungan vitamin B1 pada susu sapi. Vitamin B1 atau biasa dikenal dengan thiamin ini berperan penting untuk menumbuhkan sikap mental positif pada anak dan membantu meningkatkan konsentrasi belajar anak.

  1. Vitamin B2

Kandungan vitamin B2 dalam suplemen Gizidat adalah 5 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Vitamin B2 biasa dikenal dengan riboflavin berfungsi untuk meningkatkan fungsi otak lebih optimal sehingga anak tumbuh cerdas.

  1. Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Jika tubuh kekurangan vitamin D maka pertumbuhan otak pada anak akan terhambat. Vitamin D dikenal dapat mencegah penyakit Alzheimer.

  1. Vitamin A

Vitamin A dalam suplemen Gizidat mengandung 45 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan susu sapi. Vitamin A berfungsi untuk membantu memperbaiki sel otak yang rusak.

  1. Asam amino

Asam amino merupakan turunan protein yang berfungsi untuk membentuk struktur otak dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Asam amino dapat anda temui di kacang-kacangan, sayuran hijau, dan ikan zidat pada suplemen Gizidat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *