Cara  Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh mampu mempengaruhi rentan atau tidaknya tubuh terhadap penyakit. Sebaiknya Anda mulai merubah  kebiasan-kebiasaan kecil yang kerap Anda lakukan yang dapat mengundang penyakit . Lalu bagaimana cara menjaga daya tahan tubuh?

Beberapa hal yang bisa menurunkan daya tahan tubuh

1. Makan sembarangan

Keterbatasan waktu karena pekerjaan sering kali membuat Anda kurang memperhatikan asupan makanan yang Anda konsumsi. Tidak jarang, Anda Cuma bisa mengonsumsi makanan makanan yang ada tanpa peduli terhadap kandungan gizinya.

Pola makan sangat berpengaruh pada kekebalan dan daya tahan tubuh tubuh. Kalau Anda tidak sempat untuk mengonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna, setidaknya pilihlah makanan yang mengandung vitamin, mengandung serat, serta rendah lemak.

Tidaklah sulit untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Beragam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dapat kita jumpai dengan mudah seperti :

  • Jeruk

Buah berwarna oranye dan menyegarkan ini terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan jumlah sel darah putih yang bertugas melawan beragam infeksi.

  • Brokoli

sayuran ini selain mengandung mineral dan antioksidan juga kaya akan vitamin, seperti vitamin E, A, dan C. Selain itu caara mengolahnya pun tidak sudah. Cukup dengan cara merebus sebentar, lalu disantap selagi hangat.

  • Kacang almond

Kacang almond merupakan sumber vitamin E yang Anda ketahui bahwa vitamin E memegang peran kunci di dalam sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kacang almond maupun kacang-kacangan lainnya juga mempunyai kandungan berbagai vitamin dan lemak sehat.

Selain beberapa jenis makanan di atas, jahe, paprika merah, bawang putih, kunyit, yoghurt, dan juga teh hijau dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Untuk mengolah sayur, seperti bayam atau brokoli, janganlah merebus terlalu lama. Sebab, bila Anda merebus dalam waktu yang lama hal itu akan mengurangi nutrisi di dalamnya

  • Bayam

Bayam juga kaya akan vitamin C, beta karoten, serta antioksidan. Dengan kandungannya ini, bayam bisa membantu meningkatkan kemampuan sistem imun dalam tubuh untuk melawan infeksi.

  1. Malas Bergerak

Malas menggerakkan tubuh kita akan membuat sistem imunitas pun ikut malas. Secara tidak langsung, pola hidup dengan jarang bergerak bisa mempengaruhi kesehatan pada tubuh, seperti sulit tidur atau bahkan obesitas yang tentunya mudah memnimbulkan risiko penyakit dalam tubuh.

Sebaiknya Anda rutin melakukan olahraga. Sebab, selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, bisa juga meningkatkan saat pelepasan endorphin. Endorphin adalah hormon alami yang dapat memicu perasaan sehat dan bahagia.

  1. Diet Ketat

Meskipun kelebihan berat badan  akan membuat tubuh berisiko terserang berbagai penyakit, seperti diabetes, gangguan jantung. Namun, tidak berarti bahwa diet ketat demi menurunkan berat badan dan agar memiliki tubuh yang ideal dapat dibenarkan. Seringkali, agar mendapat berat badan ideal, berbagai cara instan menjadi pilihan.

Mungkin Anda akan merasa senang ketika program diet Anda berhasil, tapi yang perlu Anda bahwa tubuh Anda justru tersiksa sebab banyak kehilangan zat-zat yang diperlukan oleh tubuh. Inilah yang dapat mengganggu sistem imun dan kekebalan tubuh. Begitu juga jika Anda berdiet dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu, karena tak jarang zat-zat yang terkandung dalam obat tersebut dapat melemahkan dan merusak imunitas tubuh.

  1. Rajin Begadang

Seperti yang kita ketahui, tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi untuk menjaga metabolisme tubuh. Terlebih, tidur bisa menjadi obat paling ampuh mengatasi penyakit.

Katakan saja, ketika virus influenza menyerang Anda, maka tidur yang cukup merupakan obat paling efektif untuk membuat tubuh kembali fit. Secara medis, tiduryang cukup mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sebab saat kita tidur terjadi proses peremajaan serta pemulihan energi pada tubuh dan otak.

  1. Terlalu Serius

Berbagai masalah dan tekanan di dalam pekerjaan yang ada kerap memicu perasaan stres dalam diri. Ada baiknya Anda tidak terlalu serius dalam menanggapi masalah yang ada agar tidak memicu stres. Tertawa  adalah solusi yan cocok untuk masalah ini karena tertawa baik untuk kesehatan. Tertawa mampu menghambat produksi hormon stres di dalam tubuh Anda dan akan meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

  1. Kebiasaan merokok dan minum alkohol

Merokok tentu menjadi kegiatan nikmat dan penenang pikiran bagi para penikmatnya. Tapi yang perlu Anda ketahui bahwa merokok dapat membuat kekebalan tubuh menurun drastis. Tidak hanya berisiko terkena penyakit kanker dan penyakit jantung koroner.

Tetapi, Perokok juga berisiko tinggi terkena penyakit infeksi, terutama pada saluran pernafasan. Infeksi pada saluran pernafasan ini bisa mengganggu fungsi selaput lendir yang bertujuan mengeluarkan kuman atau benda asing yang terhirup.

Sedangkan, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bisa berpengaruh pada fungsi hati yang memiliki tugas penting di dalam memelihara sistem kekebalan tubuh. Air putih selalu menjadi pilihan yang terbaik untuk Anda dikonsumsi.

  1. Makanan mentah

Mengonsumsi makanan mentah seperti sushi memang sangat nikmat. Tapi terlalu banyak mengonsumsi makanan mentah seperti sushi, sashimi, kerang oyster, tartar beef, dan lain sebagainya tidak baik untuk tubuh. Karena makanan-makanan tersebut tidak 100% aman. Makanan yang dimasak tidak dengan sempurna justru menjadi markas bakteri dan parasit usus. Bakteri tersebutlah yang  melemahkan sistem kekebalan dan daya tahan tubuh Anda.

Beberapa cara menjaga daya tahan tubuh antara yang bisa anda lakukan dengan mudah

  1. Perbanyak konsumsi antioksidan

Mengonsumsi antioksidan dapat membantu menetralisasi radikal bebas yang merupakan molekul di dalam tubuh yang dapat merusak sel lain dalam tubuh. Pola makan yang kaya vitamin dan nutrisi yang mengandung antioksidan dapat meningkatkan  sistem pertahanan tubuh untuk memerangi infeksi.

Supaya asupan antioksidan dapat terpenuhi, perbanyaklah untuk mengonsumsi sayurah hijau dan buah berwarna, seperti berry, jeruk, kiwi, apel, anggur merah, bayam, kangkung, ubi, wortel, dan sebagainya.

  1. Berolahraga

Berolahraga secara teratur akan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, berolahraga juga akan membuat otak bekerja secara optimal, sehingga memberikan tubuh asupan oksigen yang cukup, serta memberikan tubuh nutrisi yang diperlukan untuk bertambah kuat.

  1. Beristirahat yang cukup

Seperti layaknya mesin, tubuh  kita juga perlu diistirahatkan setelah digunakan seharian  beristirahat di malam hari. Hindari tidur larut malam hanya karena nonton atau bahkan lembur kerja.

  1. Mengonsumsi supplement

Guna menjaga kesehatan tubuh serta memastikan sistem imun kita kuat melawan penyakit, diperlukan nutrisi yang komplit dari makanan. Bukan hanya karbohidrat, serat dan juga protein, tapi juga berbagai vitamin serta mineral yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Kesibukan dan kebiasaan makan yang tidak sehat membuat banyak orang kekurangan vitamin atau mineral, dan ini perlu diatasi dengan mengonsumsi suplemen. Suplemen yang dikonsumsi sebaiknya mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin C, zinc dan magnesium. selain itu, mengonsumsi makanan atau suplemen berbahan ginseng juga bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Mengonsumsi Gizidat

Cara menjaga daya tahan tubuh selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mengonsumsi Gizidat. Mengonsumsi gizidat bagus untuk meningkatkan pertumbuhan anak, meningkatkan nafsu makan anak, Sebagai nutiris otak anak, sehingga bisa meningkatkan kecerdasan anak, membantu kemampuan anak dan yang terpenting dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak gampang sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *