Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit

Ketika datang musim hujan bahkan saat peralihan, biasanya banyak serangan penyakit yang tidak terhindarkan seperti flu, batuk, hingga demam. Sementara itu, bayi dan anak-anak merupakan target teratas yang sering terkena penyakit. Untuk itu penting bagi orang tua mengetahui Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit. Meskipun Anda tidak bisa mencegah virus dan bakteri menyerang anak, namun Anda bisa mencegahnya.

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit Selama Musim Hujan

  1. Ajarkan kepada mereka tentang perlindungan diri sendiri

Ajarkan kepada mereka tentang perlindungan diri sendiri

Meskipun Anda menjaga dengan baik kesehatan anak, namun belum tentu lingkungan di sekitar mereka juga sehat. Untuk itu Anda harus mengajarkan perlindungan diri terhadap kuman yang mungkin menyerang secara tiba-tiba. Ajaklah mereka seperti menjalankan misi rahasia. Lalu buatlah daftar seperti: mencuci tangan setiap kali ingin makan dan setelah keluar dari kamar mandi, atau tidak berbagi makanan dan minuman ketika sakit.

  1. Ajarkan anak untuk mengganti pakaian setelah bermain dari luar

Ajarkan anak untuk mengganti pakaian setelah bermain dari luar

Lingkungan bermain bahkan sekolah merupakan tempat dimana virus dan bakteri banyak menyerang anak, apalagi ketika musim penghujan. Untuk itu ajarkan kepada anak agar mengganti pakaian mereka setelah pulang sekolah atau bermain di luar ruangan. Setelah itu mintalah mereka untuk mencuci tangan. Meskipun lebih mudah untuk mengatakan daripada penerapannya, namun ini adalah cara terbaik untuk mengusir kuman agar tidak memasuki rumah.

  1. Ajarkan kepada anak untuk tidak makan sembarangan

Ajarkan kepada anak untuk tidak makan sembarangan

Umumnya, sebagian besar anak lebih suka jajan sembarang daripada membawa bekal makanan dari rumah. Untuk itu ajakan kepada mereka supaya tidak membeli terlalu sering makanan yang terbuka (tidak terbungkus) atau tidak higienis. Sementara itu, ajarkan kepada anak-anak tentang pentingnya menjaga peralatan makan supaya tetap steril. Sehingga mereka tidak mudah membeli makanan yang mangkuk atau gelasnya telah digunakan bersama banyak orang.

  1. Hindari mengajak anak-anak ke tempat umum

Hindari mengajak anak-anak ke tempat umum

Anda tidak pernah tahu bagaimana kondisi di luar rumah ketika musim hujan. Apakah udara di luar cukup bersih untuk kesehatan? Karena jika tidak, maka anak-anak akan mudah terserang penyakit. Lebih baik menghindari daripada mengobati. Untuk itu pertimbangkan tidak membawa mereka ke tempat-tempat umum yang ramai seperti pusat perbelanjaan dan sebagainya. Namun jika terpaksa, bawalah pembersih tangan dan pelindung yang tepat.

  1. Mengurangi interaksi orang luar dengan anak

Mengurangi interaksi orang luar dengan anak

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit selanjutnya yaitu dengan menempatkan kesehatan anak di atas kenyamanan orang lain. Mungkin ini akan sulit dilakukan, namun jangan takut meminta teman bahkan anggota keluarga Anda untuk mencuci tangan sebelum berinteraksi dengan anak-anak. Terutama jika mereka masih bayi. Bahkan hindari untuk menerima tamu atau teman-teman anak Anda ketika mereka sedang flu atau batuk.

  1. Menjaga diri Anda tetap sehat

Menjaga diri Anda tetap sehat

Ketika Anda memiliki bayi yang baru lahir atau masih makan dari ASI, maka penting untuk menjaga kondisi tubuh Anda tetap sehat. Banyak penelitian menunjukkan jika kondisi ibu yang sakit atau mengalami stres akan berpengaruh terhadap kesehatan anak. Bahkan ketika anak mereka masih dalam kandungan. Sementara itu, kurangi untuk berinteraksi dengan anak-anak ketika sakit, atau gunakan pelindung agar mereka tidak tertular.

  1. Berikan anak Anda sinar matahari yang cukup

Berikan anak Anda sinar matahari yang cukup

Meskipun cuaca sedang dingin, namun jangan menghalangi anak Anda untuk mendapatkan sinar matahari yang cerah di pagi hari. Vitamin D terbukti banyak berpengaruh dalam meningkatkan sistem imun tubuh baik anak-anak maupun orang dewasa, dan satu-satunya sumber terbaik yaitu dari sinar matahari langsung. Sementara itu, mengurung anak sepanjang hari di dalam rumah (selama berminggu-minggu) hanya akan menumpuk kuman di sekitar mereka.

  1. Ganti sikat gigi anak dengan yang baru secara rutin

Ganti sikat gigi anak dengan yang baru secara rutin

Banyak penyakit mulut seperti sariawan atau karang gigi sering diakibatkan oleh kuman yang ada pada sikat gigi. Untuk itu jagalah setiap komponen kebersihan Anda tetap steril. Adapun yang bisa dilakukan yaitu mengganti sikat gigi dengan yang baru setiap beberapa bulan sekali, atau setelah digunakan saat sakit. Sementara itu, cucilah sikat gigi anak sebelum dan setelah dipakai untuk membuatnya tetap bersih.

  1. Berikan istirahat yang cukup kepada anak

Berikan istirahat yang cukup kepada anak

Membatasi kegiatan anak di luar ruangan juga salah satu bentuk atau Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit. Sebagai gantinya, ajak mereka untuk bermain atau menonton film bersama di rumah. Sementara itu, berikan istirahat yang cukup setelah anak melakukan banyak rutinitas. Karena kurang tidur atau istirahat akan menurunkan sistem kekebalan mereka, terutama ketika banyak penyakit menular selama musim hujan.

  • Gunakan perlindungan seperti minyak esensial

Gunakan perlindungan seperti minyak esensial

Ketika anak Anda sakit maka berikan perlindungan ekstra untuk membuatnya lebih baik. Menyalakan diffuser atau pelembab ruangan berisi minyak esensial mungkin akan membantu istirahat mereka lebih nyenyak, yang pada akhirnya mendorong tubuh mereka melawan penyakit. Terutama ketika terserang batuk dan pilek. Sementara itu, Anda bisa menjalankan diffuser sepanjang musim dingin, untuk mencegah kuman masuk dan melindungi mereka dari penyakit menular.

  • Cuci sarung bantal dan seprai anak Anda secara rutin

Cuci sarung bantal dan seprai anak Anda secara rutin

Jika Anda menemukan sarung bantal atau seprai kasur anak tertutup keringat, ingus, atau terkena cairan tubuh lainnya maka segera cuci hingga bersih. Membiarkannya kotor hanya akan menumpuk kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan anak. Tidur anak Anda mungkin tidak nyaman karena kulit mereka yang gatal. Sementara itu, ajarkan kepada anak untuk membersihkan tempat tidur mereka sebelum dan setelah digunakan.

  • Bersihkan rumah Anda dari kuman setiap hari

Bersihkan rumah Anda dari kuman setiap hari

Rumah pada umumnya merupakan tempat ternyaman bagi anak-anak agar terhindar dari kuman penyebab penyakit. Untuk itu menjaga rumah tetap steril dengan cairan pembersih akan menghilangkan berbagai kuman yang tertinggal dan tumbuh di dalam rumah. Selain lantai tempat anak-anak bermain, jangan lupa untuk membersihkan gagang pintu dengan tisu clorox setiap hari. Karena gagang pintu merupakan bagian yang banyak disentuh semua orang.

  • Berikan nutrisi yang baik dari madu gizidat

Cara Menjaga Kesehatan Anak Agar Tidak Mudah Sakit yang terakhir yaitu dengan memberikan makanan sehat dan bernutrisi seperti madu gizidat. Kandungan madu alami dari produk gizidat.com ini sangat aman untuk dikonsumsi anak-anak mulai dari 1-12 tahun. Selain itu, kandungan madu hutan alami gizidat juga berfungsi untuk menjaga sistem imun anak agar tetap sehat dan mencegah mereka dari pilek serta batuk.

Berikan nutrisi yang baik dari madu gizidat

Sementara itu, kandungan lainnya seperti temulawak akan memperbaiki pencernaan dan meningkatkan nafsu makan anak. Anda tidak perlu khawatir untuk rasanya, karena madu gizidat memiliki rasa yang manis dan akan disukai anak-anak. Selain itu, yang terbaik dari madu gizidat yakni kandungan ikan sidat yang kaya akan protein dan baik untuk pertumbuhan otak anak. Jadi selain menyehatkan, produk gizidat ini juga mencerdaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *