Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Kesehatan itu mahal harganya, oleh karena itu Anda harus mengetahui bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh agar terbebas dari resiko terkena penyakit. Tubuh yang sehat dapat memicu meningkatnya sistem kekebalan tubuh.

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

 

Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang dapat Anda jadikan sebagai sumber referensi:

1. Berpikir Positif

Terapi berpikir positif sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Tubuh yang sehat menyebabkan pikiran tenang dan sehat.

Berpikir positif dapat menyebabkan Anda terhindar dari stress. Stress dapat memicu timbulnya penyakit lain. Hal ini berkaitan dengan kesehatan jiwa Anda. Dengan berpikir positif dapat menyebabkan jiwa dan pikiran Anda lebih sehat dan tenang.

2. Mengkonsumsi vitamin D

Vitamin D sangat bagus untuk membantu memperkuat tulang. Selain itu, vitamin D juga berfungsi menstimulus pembentukan sel imun di dalam tubuh. Tujuannya adalah untuk melawan bakteri dan virus. Sumber vitamin D dapat Anda peroleh dari sinar matahari, telur, ikan dan lain – lain.

3. Banyak Mengkonsumsi Air Putih

Sebagian besar komponen penyusun tubuh adalah air. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari.  Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi sehingga memicu Anda mudah terkena penyakit.

4. Olahraga secara Rutin

Anda disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari agar meningkatkan indeks kebugaran. Hal ini sangat bagus untuk memelihara kesehatan jantung, paru – paru dan organ tubuh lainnya. Selain itu, rajin berolahraga juga dapat mencegah obesitas.

5. Banyak mengkonsumsi serat

Mengkonsumsi makanan berserat dapat memelihara tubuh dari serangan kuman penyebab penyakit. Contohnya adalah mengkonsumsi apel, wortel, kacang – kacangan dan lain – lain.

6. Istirahat yang cukup

Dengan istirahat cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan tubuh membutuhkan istirahat agar keesokan harinya dapat kembali beraktivitas dengan fresh dan semangat. Tidur yang cukup akan menghilangkan rasa lelah setelah seharian bekerja

7. Mengkonsumsi Makanan yang Higienis dan Bersih

Makanan yang bersih dan sehat akan terbebas dari kuman penyebab penyakit. Oleh karena itu, kebersihan makanan yang Anda konsumsi sangat penting untuk diperhatikan.

8. Menghindari Minum Kopi

Mengkonsumsi kopi dapat menyebabkan efek negatif bagi kesehatan Anda apabila dikonsumsi secara berlebihan. Mengapa? Hal ini dikarenakan kopi kaya akan kafein. Kafein yang tinggi tidak baik untuk kesehatan Anda.

 9. Menghindari minuman isotonik

Terlalu sering mengkonsumsi minuman isotonik tidak baik untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan minuman isotonik banyak terdapat bahan kimia seperti pengawet, pemanis dan lain – lain.

Anda justru disarankan untuk mengkonsumsi banyak buah – buahan dalam bentuk juz atau dikonsumsi secara langsung. Selain itu, mengkonsumsi air kelapa juga dianjurkan karena dapat berfungsi untuk menetralisir racun – racun di dalam tubuh.

Air kelapa juga sangat bagus untuk menjaga kesehatan karena dapat berfungsi sebagai pengganti ion – ion dalam tubuh.

10. Menghindari Begadang  

Begadang dapat berefek pada kesehatan tubuh Anda. Hal ini dikarenakan angin malam tidak baik untuk kesehatan Anda. Selain itu, juga dapat menyebabkan Anda terkena resiko penyakit seperti meningkatnya berat badan, menurunkan sistem kekebalan tubuh, memicu tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan lain – lain.

11. Meminum Multivitamin

Mengkonsumsi multivitamin bagus untuk membantu memelihara kesehatan tubuh Anda. Anda dianjurkan untuk meminumnya secara teratur agar tubuh selalu sehat.

12. Membiasakan tidur di awal dan bangun pagi

Kebiasaan tidur pagi sangat bagus untuk kesehatan Anda. Hal ini dikarenakan dengan bangun pagi maka Anda dapat menikmati udara pagi yang segar dan terhindar dari polusi. Dengan udara yang bersih maka Anda dapat meningkatkan kinerja otak  sehingga pikiran menjadi lebih tenang dan mudah untuk menimbulkan ide – ide cemerlang.

13. Dilarang tidur pada beberapa waktu

Beberapa waktu yang tidak dianjurkan untuk tidur adalah pagi jam 6 dan sore hari jam 15.00. Tidur di pagi hari justru membuat Anda pusing. Selain itu, tidur di pagi hari juga tidak bagus karena pagi hari adalah waktunya bekerja.

Tidur di sore hari dapat menyebabkan seseorang mudah lupa dan menurunkan kecerdasan otak. Waktu yang dianjurkan untuk Anda tidur adalah sekitar pukul 12.00 – 13.00 siang. Dengan demikian tubuh Anda akan istirahat maksimal.

14. Puasa

Secara medis telah terbukti bahwa dengan berpuasa dapat membantu mendetoksifikasi racun di dalam tubuh. Selain itu, dengan berpuasa maka Anda dapat mengistirahatkan organ pencernaan Anda.

15. Menjaga Kebersihan

Anda disarankan untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekitar Anda sebagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan lingkungan yang bersih menjadikan Anda tidak mudah terserang penyakit. Salah satunya adalah dengan mandi 2 kali sehari agar terhindar dari kuman dan bakteri.

Anda juga dianjurkan untuk menjaga kebersihan makanan yang Anda konsumsi.  Hal ini menjadi salah satu upaya untuk mencegah resiko terkena penyakit pada perut seperti diare.

16. Mengkonsumsi Gizidat

Salah satu produk gizidat yang bagus untuk memelihara kesehatan Anda adalah sidat. Sidat terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Sidat ini terkenal bahkan hingga sampai ke Jepang.

Kebiasaan Buruk yang harus Dihindari

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hindari agar dapat membantu Anda menjaga kesehatan tubuh:

1. Banyak menonton TV, bermain laptop dan handphone

Terlalu lama menonton TV, laptop atau handphone juga dapat memicu dampak negatif seperti obesitas, diabetes dan berpengaruh terhadap kesehatan paru – paru Anda. Seain itu, juga berefek pada penurunan kemampuan kognitif pada otak.

2. Terlambat Makan

Apabila Anda sering menunda makan justru malah dapat meningkatkan nafsu makan Anda. Hal ini akan berefek pada kinerja metabolisme di dalam tubuh menjadi menurun sehingga tubuh menjadi lemas.

Selain itu, Anda juga akan mengalami kenaikan asam lambung dan memicu Anda terkena diabetes. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjaga pola makan agar teratur sehingga tubuh Anda selalu sehat.

3. Makan di saat tidak lapar

Makan di saat tidak lapar dapat memicu kelebihan kalori sehingga mudah terkena obesitas. Efek samping dari obesitas adalah Anda akan terkena resiko penyakit diabetes, stroke, jantung dan lain – lain. Anda juga perlu menjaga berat badan agar tetap stabil dengan makan teratur.

4. Terlalu Lama Duduk

Terlalu lama duduk sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Hal ini dikarenakan terlalu lama duduk memicu penyakit obesitas, diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Dengan duduk berlama – lama maka tidak banyak kalori yang dibakar di dalam tubuh sehingga akan terjadi penimbunan kalori di dalam tubuh.

5. Menahan Marah

Marah tidak dapat menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, Anda harus meredam kemarahan Anda untuk mengantisipasi resiko terkena penyakit jantung. Selain itu, dengan menahan marah dapat membahayakan kesehatan karena dapat memicu stress.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *