Cara Menjaga Kesehatan

Cara Menjaga Kesehatan

Pada saat ini musim memang sedang terlihat tidak menentu, sehingga tubuh mudah terserang oleh penyakit. Padahal untuk melakukan aktivitas dalam keseharian tentu membutuhkan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, perlu sekali untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Untuk menjaganya Anda perlu sekali untuk menerapkan gaya hidup yang baik seperti menjaga pola makan setiap harinya, tidur secara teratur, serta olahraga secara rutin. Hal ini karena bila Anda menerapkannya dengan baik maka kesehatan pada tubuh Anda akan terjaga dengan baik dan dapat melaksanakan aktivitas harian seperti biasa.

10 Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Dengan Baik

Salah satu cara paling ampuh untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi prima dengan baik dapat dilakukan dengan cara menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari – hari. Ini bisa dilakukan dengan membenahi pola makan yang kurang sehat seperti mengkonsumsi makanan yang siap saji atau instan karena kesibukan pada aktivitas yang sedang diembannya.

Padahal bila dikonsumsi secara terus – menerus tentunya akan menyebabkan tubuh Anda menjadi kurang sehat dan bahkan bisa memicu pertumbuhan penyakit pada tubuh. Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal seperti ini Anda perlu melakukan 10 cara menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Untuk penjelasan lebih lengkapnya dapat Anda simak pada ulasan berikut ini.

  1. Konsumsi Makanan Berserat

Sebagaimana Anda ketahui bahwa tubuh sebenarnya membutuhkan makanan yang terdapat kandungan serat yang tinggi. Hal ini berfungsi untuk menjaga kondisi tubuh dari serangan berbagai bakteri maupun penyakit. Selain itu, serat juga membantu kelancaran pada proses pengeluaran kotoran dalam tubuh melalui saluran usus.

Sehingga nantinya kotoran dalam tubuh akan mudah sekali untuk dikeluarkan dengan syarat kebutuhan akan serat terpenuhi. Namun sebaliknya, bila kurang serat maka kotoran dalam tubuh akan susah sekali untuk dikeluarkan dan akan menumpuk pada tubuh yang mana bisa menjadi racun penyebab penyakit.

Oleh karena itu, penuhilah kebutuhan tubuh Anda dengan mengkonsumsi sayuran atau buah – buahan yang kaya akan serat. Contohnya seperti buah kiwi. Di mana terkenal sebagai buah yang mengandung kandungan serat yang tinggi dibandingkan dengan buah yang lainnya. Kandungan dalam buah kiwi mencapai 3, 0 gr/ 100 gr.

Selain pada buah kiwi, kandungan serat yang tinggi juga terdapat pada jenis sayuran seperti jagung dan buncis. Bahkan dalam buncis juga terdapat kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga baik sekali untuk menjaga kesehatan pada tubuh dan mencegah dari serangan penyakit jantung / kanker.

  1. Sarapan Pagi (Sebelum Pukul 9)

Sarapan pagi memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Hal ini karena kondisi perut sedang kosong di pagi hari yang mana telah diproses saat istirahat di malam harinya.  Namun, waktu sarapan yang terbaik menurut para ahli adalah sebelum pukul 9 pagi. Oleh karena itu, disarankan sekali untuk melakukan sarapan pagi sebelum jam 9.

Sarapan pagi juga menjadi salah satu sumber energi untuk melakukan aktivitas ada siang harinya. Bila Anda terlanjur meninggalkan sarapan pagi maka akan berdampak tidak baik pada tubuh Anda seperti tubuh menjadi kurang bertenaga, lesu, lemas dan sulit untuk berpikir.

Maka baiknya sempatkanlah untuk melakukan sarapan pagi karena akan memberikan banyak manfaat. Sebagai contohnya pada anak – anak ternyata dapat meningkatkan kecerdasan dalam berpikir dan juga mencegah penyakit obesitas maupun hipokolesterol secara dini.

  1. Konsumsi Makanan Bergizi

Tubuh Anda tersusun atas banyak sekali jaringan – jaringan pembangun tubuh. Di mana memerlukan makanan sehat yang mengandung 4 sehat 5 sempurna seperti nasi, lauk pauk, sayuran dan buah – buahan serta susu. Makanan tersebut telah memenuhi gizi yang lengkap akan karbohidrat, protein, mineral, dan vitamin.

Makanan 4 sehat 5 sempurna untuk mendapatkannya tidak perlu dengan biaya yang mahal. Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau di pasaran. Tidak perlulah yang mahal yang terpenting kandungan akan kebutuhan gizi pada tubuh terpenuhi dengan baik. Sehingga tubuh tetap terjaga kesehatannya.

  1. Menjaga Kehigienisan Makanan

Dalam mengkonsumsi makanan sebaiknya Anda perlu sekali untuk memperhatikan kehigienisan dari makanan tersebut. Misalnya saja seperti buah serta sayuran, sebelum dikonsumsi sebaiknya dicuci terlebih dahulu. Kemudian, dimasak sampai matang secara sempurna. Karena bila belum matang mempunyai resiko masih mengandung bakteri jahat.

  1. Hindarilah Mengkonsumsi Makanan Instan

Makanan siap saji atau instan memang memiliki banyak keunggulan seperti praktis dalam urusan sajiannya dan rasanya enak sekali. Akan tetapi, bila ditelusuri lebih lanjut sebenarnya mengkonsumsi makanan instan memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan pada tubuh bila dikonsumsi secara terus – menerus.

Contohnya saja mie instan. Bagi Anda yang gemar sekali mengkonsumsi mie instan setiap harinya sebaiknya mulai dari sekarang kurangilah menyantap makanan itu karena mengandung zat-zat kimia seperti natrium karbonat, natrium polifosfat, pewarna, zat lilin. Dimana semua dari zat tersebut tidak baik bila masuk ke dalam tubuh.

Ini bukan berarti Anda dilarang untuk mengkonsumsi makanan instan. Akan tetapi, aturlah jadwal makannya seperti seminggu sekali. Selain itu juga air dari hasil masakan mie sebaiknya diganti dengan yang baru. Tentunya, hal tersebut dilakukan agar kandungan zat kimia tidak ikut dikonsumsi dalam tubuh.

  1. Perbanyaklah Konsumsi Air Putih

Tubuh manusia membutuhkan air minimal 1, 5 liter atau sekitar 8 gelas. Air putih diperlukan oleh tubuh terutama untuk memenuhi kebutuhan akan cairan. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa tubuh tersusun atas 70% cairan sehingga kebutuhan akan air putih perlu sekali untuk dipenuhi.

Dengan mengkonsumsi air putih setiap harinya maka Anda akan mendapatkan banyak manfaat, di antaranya seperti mengontrol kalori pada tubuh, menjaga keseimbangan cairan pada tubuh, membantu mengeluarkan racun, meningkatkan produktivitas dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan masih banyak lagi.

  1. Hindarilah Begadang

Bagi Anda yang memiliki kebiasaan bedagang pada tiap harinya, sebenarnya mulailah kurangi kebiasaan itu dari sekarang. Hal ini karena begadang menyebabkan kondisi tubuh kurang sehat, sistem kekebalan pada tubuh melemah, memicu penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, sakit kepala dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebaiknya hindarilah begadang.

  1. Olahraga Secara Teratur

Dalam menjaga kesehatan tentunya selain memperhatikan pola makan, perlu juga bagi Ana untuk menyeimbangkannya dengan berolahraga secara teratur. Karena dengan melakukan olahraga, tubuh akan menjadi bugar, terhindar dari serangan penyakit, dan juga jiwa Anda terasa lebih bersemangat.

Untuk jenis olahraganya Anda tak perlu melakukan olahraga yang memakan biaya yang mahal. Anda bisa juga dengan olahraga yang sederhana tapi berdampak baik pada tubuh. Contohnya seperti senam pada hari minggu, lari pagi, berenang dan lain – lain. Lakukanlah minimal 1 kali dalam seminggu.

  1. Istirahat yang Cukup

Setelah melakukan aktivitas seharian, tubuh Anda memerlukan sekali waktu istirahat yang cukup. Di mana waktu yang baik itu sekitar 7 sampai dengan 8 jam. Usahakan waktu istirahat Anda dilakukan secara berkualitas agar besoknya tenaga Anda telah fresh kembali.

  1. Mengkonsumsi Gizidat

Untuk menjaga tubuh agar dalam kondisi yang prima. Anda bisa ditambah dengan mengkonsumsi Gizidat yang mana terdapat banyak sekali kandungan sumber vitamin yang berfungsi menjaga kesehatan pada tubuh. Selain itu agar tetap terjaga dengan baik Anda perlu mengkonsumsinya secara teratur tiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *