Cara Merawat Anak Berkebutuhan Khusus

Cara Merawat Anak Berkebutuhan Khusus

Mendidik dan merawat anak merupakan kewajiban para orang tua. Dengan adanya hal tersebut, maka sudah kewajiban orang tua juga untuk merawat anak berkebutuhan khusus. Lalu bagaimana cara merawatnya? Pada uraian ini kami akan memberikan tips yang bisa Anda gunakan untuk merawat anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Banyak orang tua yang masih bingung mengenai cara merawat anak yang mempunyai kebutuhan khusus. Hal itu dikarenakan, merawat anak yang memiliki kebutuhan khusus memang tidak semuadah ketika merawat anak pada umumnya. Banyak hal yang harus dipelajari ketika merawat anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Berikut Tips yang Bisa Anda Gunakan untuk Merawat Anak Berkebutuhan Khusus

  1. Menerima dengan Baik

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan yaitu menerima keadaan anak dengan baik. Awalnya memang sangat berat sekali. Akan tetapi, tidak ada hal lain yang bisa Anda lakukan kecuali menerimanya dengan baik.

Jika Anda tidak berlapang dada, serta menerimanya dengan baik, maka bisa saja anak Anda akan mendapatkan penanganan yang lambat. Hal tersebut tentu akan membuat anak Anda semakin sulit ditangani di kemudian hari.

  1. Melakukan Kerja Sama dengan Beberapa Ahli

Jika anak Anda sudah menunjukkan tanda-tanda yang berbeda dengan anak pada umumnya, maka segera lakukan pemeriksaan ke lembaga kesehatan. Khususnya lembaga yang menangani tumbuh kembang anak.

Saat ini, sudah banyak lembaga yang menangani tumbuh kembang anak, yang tersedia di rumah sakit atau di luar. Dengan demikian, maka akan membantu, serta memudahkan Anda untuk memahami kondisi anak yang sebenarnya, serta anak akan segera mendapatkan penanganan terbaik.

Ketika menangani anak yang memiliki kebutuhan khusus, maka dibutuhkan sebuah tim yang solid antara tenaga ahli, serta orang tua. Dengan hal ini, maka pembelajaran, serta pendidikan pada anak yang memiliki kebutuhan khusus dapat berlanjut di rumah.

  1. Memberikan Stimulus yang Sesuai dengan Kebutuhan Anak

Anak yang memiliki kebutuhan khusus, sama dengan anak pada umumnya. Mereka juga membutuhkan stimulus supaya kemampuannya bisa tumbuh dengan optimal. Namun yang pasti, stimulusnya berbeda-beda.

Sebagai orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus, maka bisa melakukan konsultasi dengan tenaga ahli, terkait dengan cara memberikan stimulus kepada anak. Tenaga ahli yang kami maksud di sini seperti dokter anak, psikolog, atau terapis.

  1. Memahami Kondisi Anak

Anda bisa mencari tahu terkait dengan semua kondisi anak. Baik dari segi emosi, perilaku, bahasa, kognitif, hingga tingkat sosialitasnya. Di saat Anda sudah memahami kondisinya, maka Anda akan memiliki gambaran yang jelas mengenai hal yang perlu diberikan kepada anak Anda.

Anda bisa mencari tahu melalui tenaga ahli. Selain itu Anda juga bisa bertanya  kepada orang yang sudah berpengalaman menangani hal tersebut.

  1. Mencarikan Sekolah yang Tepat

Terdapat 3 jenis sekolah untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. Ada sekolah reguler, serta ada juga sekolah biasa. Sekolah reguler, merupakan sekolahan yang menerapkan sistem pendidikan inklusi di dalamnya, serta jenis sekolah luar biasa. Pasalnya, hal tersebut sudah ada di sistem perundang-undangan

Hanya saja, praktik yang terjadi di lapangan perlu disesuaikan dengan jenis anak yang memiliki kebutuhan khusus. Serta setiap sekolah, juga memiliki kelebihan, dan kekurangan masing-masing.

  1. Bergabung dengan Beberapa Komunitas

Silakan Anda ikut bergabung dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus. Bergabung dengan komunitas tersebut, juga bisa membuat Anda semakin kuat. Mengingat Anda tidak akan merasa sendirian. Anda bisa saling berbagi ilmu, pengalaman, serta saling memberikan semangat dalam membesarkan anak yang memiliki kebutuhan khusus.

  1. Menggali Potensi Anak

Setiap anak terlahir dengan kelebihan, serta kekurangan yang berbeda-beda. Sama halnya dengan anak yang memiliki kebutuhan khusus. Sebaiknya, Anda menggali, dan mengenali potensi anak Anda.

Jika Anda berhasil menggali potensinya, maka anak Anda yang memiliki kebutuhan khusus juga bisa bertumbuh dengan baik. Banyak anak yang memiliki kebutuhan khusus, namun mereka memiliki banyak prestasi, di bidang musik, olahraga, dan beberapa bidang lain.

  1. Jangan Memanjakan Anak

Meskipun anak Anda memiliki kebutuhan khusus. Bukan berarti Anda harus memanjakannya. Sebagai orangtua, tidak selalu dapat mendampingi serta memberikan perlindungan kepada anak selamanya.

Dengan demikian, maka sebaiknya sebagai orang tua selalu mengajarkan, serta melatih kemandirian anak Anda. Anda bisa melatih anak Anda untuk makan sendiri, mandi sendiri, serta berpakaian sendiri. Memberikan kemandirian mutlak sangat penting untuk anak Anda.

  1. Selalu Tanamkan Kepercayaan Diri Anak Anda

Ketika anak Anda memiliki kebutuhan khusus, wajar bisa anak Anda merasa kurang percaya diri. Kurangnya ras percaya diri tersebut, menjadikan anak Anda minder, terutama ketika bergabung dengan teman yang memiliki kondisi berbeda. Mengingat, banyak sekali kasus bully pada anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Dengan adanya hal tersebut, maka diperlukan peran sebagai orang tua untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada anak Anda, dengan membangun konsep positif pada diri anak Anda.

  1. Selalu Tanamkan Pada Keluarga Anda untuk Menerima Keadaan Anak Anda

Supaya anak Anda yang memiliki kebutuhan khusus juga sama dengan anak lainnya, maka ajaklah keluarga Anda untuk menerima kekurangan Anak Anda. Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus, juga perlu diterima keberadaannya.

Hal itu dikarenakan fitrahnya sebagai manusia. Ajaklah keluarga, serta lingkungan untuk menerima kondisi anak Anda.

  1. Selalu Ajak Anak Bersosialisasi

Meskipun anak Anda didiagnosa memiliki kebutuhan khusus, mereka tetap butuh untuk diajak sosialisasi. Mereka membutuhkan untuk bertemu, serta menyapa orang-orang. Anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus terkadang susah diterima di lingkungan. Anak yang memiliki kebutuhan khusus juga butuh untuk dikenali, serta diajak bergabung.

Hal tersebut sangat perlu dilakukan, supaya anak yang memiliki kebutuhan khusus tidak asyik dengan kehidupannya sendiri, dan supaya anak berkebutuhan khusus juga bisa mengenal dunia yang sebenarnya.

  1. Lakukan Pengawasan Sejak Dini

Anak yang memiliki kebutuhan khusus, sangat butuh pengawasan, dibandingkan dengan anak pada umumnya. Untuk itu, sangat penting Anda memberikan pengawasan anak Anda sejak usia dini, terkait dengan tumbuh kembang anak Anda.

  1. Besarkan Anak Penuh Kasih Sayang Serta Doa

Anak yang memiliki kebutuhan khusus, terkadang memiliki tingkat kepekaan, serta rasa yang lebih sensitif, jika dibandingkan dengan anak pada umumnya. Dengan adanya hal tersebut, maka sayangilah, serta berikan cinta sepenuh hati kepada anak Anda. Meskipun mereka memiliki kebutuhan khusus, mereka tetap bisa merasakan cinta dari orang terdekatnya.

Jangan lupa juga untuk selalu menyertai doa di dalam setiap kebersamaan Anda dengan anak Anda, supaya Allah selalu menjaga anak Anda, di manapun, dan kapanpun.

  1. Konsumsi Vitamin Gizidat

Gizidat bisa membantu anak Anda untuk tumbuh kembang semakin maksimal. Anda bisa memberikan kepada anak Anda yang memiliki kebutuhan khusus. Langsung saja akses websitenya di www.gizidat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *