Cek Kesehatan Tubuh

Cek Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang jarang melakukan cek kesehatan tubuh di dokter sebab beberapa alasan. Ada yang tidak sempat hingga merasa takut jika biayanya mahal.

Namun ternyata ada beberapa tes kesehatan singkat yang dapat kta lakukan di rumah. Metode ini akan membantu Anda mengerti apakah sudah saatnya Anda mencari pertolongan medis profesional atau Anda masih baik-baik saja dan tak perlu khawatir.

Cara Cek Kesehatan Tubuh

1. Tes diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang cukup umum diderita oleh orang-orang terutama yang berusia semakin lanjut. Untuk melakukan pengeceka, Anda tinggal ukur lingkar pinggang 1 cm di atas panggul.

Tes diabetes

Untuk wanita maksimal berukuran 34 dan pria maksimal berukuran 40. Untuk yang memiliki ukuran lebih besar dari maksimal, maka ada kemungkinan 5 kali lebih besar mengidap diabetes tipe.

2. Tes tulang belakang

Anda pun memerlukan 2 buah timbangan berat badan. Cobalah untuk berdiri dengan satu kaki di satu skala dan dengan kaki yang lain di skala satunya. Distribusi berat badan  harus hampir sama.

Tes tulang belakang

Jika angka yang keluar sangat berbeda satu sama lain, berarti menunjukkan kalau tulang pinggul, tulang belakang dan tulang kepala Anda telah berada di luar pusatnya. Mungkin saatnya bagi Anda untuk mengunjungi dokter yang akan memberi resep bagi semua pemeriksaan yang dibutuhkan.

3. Tes sistem pernapasan

Untuk mengetes sistem pernapasan Anda, ada metode Tes Shtange. Pakai stopwatch untuk melakukan tes ini. Pertama, duduklah dan tarik napas selama 3 kali berturut-turut tanpa membuangnya. Lalu, tahan napas selama yang dapat Anda tahan sembsr menekan stopwatch.

Tes sistem pernapasan

Jika Anda mampu menahan napas kurang dari 40 detik, kerja sistem pernapasan tak begitu bagus. Hasil rata-rata orang yang memiliki sistem pernapasan normal yaitu 40-49 detik. Bila Anda dapat menahannya lebih dari 50 detik, itu berarti sistem pernapasan Anda sangat bagus.

4. Tes kesehatan tulang

Tes kesehatan tulang

Perhatikan kuku Anda, sevab kuku bisa memberi banyak sinyal tentang kesehatan Anda. Jika kuku Anda mudah patah, bercabang atau timbul bintik-bintik putih, maka wapada, sebab hal itu dapat diartikan bahwa tubuhmu kekurangan vitamin B dan zat besi hingga adanya risiko osteoporosis.

5. Tes mata

Lihat bingkai jendela selama 30 detik dan lalu tutup mata Anda. Kemudian buka mata kiri kemudian tutup, dan buka mata kanan Anda. Jika gambar yang Anda lihat dengan mata menjadi buram dan garis tak sejajar satu sama lain, mungkin itu berupa tanda degenerasi makula atau kehilangan penglihatan yang sangat ireversibel.

Tes mata

Anda pun dapat melakukan tes lain di dekat tempat parkir mobil. Mundur dari mobil apa pun sejauh 20 meter dan coba baca plat nomor kendaraan. Apabila Anda tidak bisa melakukan itu, disarankan untuk mengunjungi dokter spesialis mata.

6. Tes pendengaran

Jika berada di tempat yang tidak terlalu ramai, coba Anda dengarkan percakapan orang dari jarak 4-5 meter. Jika Anda mulai tak bisa mendengarkannya dengan jelas, Anda harus coba mengecek pendengaran ke dokter.

Tes pendengaran

Metode semacam ini tak berfungsi di tempat yangramai ya. Contoh, di konser musik, Anda tak akan dapat mendengar seseorang berbicara di dekat Anda. Ini dikarenakan oleh efek masking: suara yang lemah disamarkan dengan adanya noise yang kuat.

7. Tes liver

Perhatikan diri Anda di cermin untuk melihat seluruh tubuh Anda. Apakah Anda melihat lapisan lemak di atas pinggang? Kalau ada, itu adalah lemak visceral yang mengelilingi hati dan mengurangi fungsi hati itu.

Tes liver

Bagian putih mata yang cenderung kuning dan lidah yang terus-menerus terlapisi juga dapat menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan liver Anda. Menguning putih mata, gumpalan lemak (terutama di kelopak mata Anda) dan lidah yang dilapisi juga menunjukkan bahwa ada sesuatu yang salah dengan hati Anda.

Cara Sederhana Pola Hidup Sehat

1. Istirahat cukup dan berkualitas

Anda sering bergadang malam hari? Jika iya, Anda mesti mengurangi kebiasaan bergadang bila ingin memulai kebiasaan hidup sehat. Ternyata kurang istirahat cukup akan membuat metabolisme menurun dan tubuh akan lebih mudah terserang penyakit lho.

Istirahat cukup dan berkualitas

Salah satu caranya, Anda bisa memulai dengan memperhatikan waktu tidur terlebih dahulu. Waktu tidur yang baik itu antara 6 – 8 jam setiap harinya.

2. Sarapan

Ternyata sarapan memiliki pengaruh bagi kesehatan tubuh juga, lho. Dengan tidak meelwatkan sarapan, Anda aka  memiliki energi yang cukup guna menjalani rutinitas harian dan sarapan akan menghindarkan Anda dari kelebihan makanan ketika makan siang. Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak baik buat tubuh ya.

Sarapan

Anda pun dapat mencoba beberapa makanan yang direkomendasikan ketika sarapan seperti telur, oatmeal, buah-buahan, sereal, sayur-sayuran, beras merah, maupun roti.

3. Minum air putih

Minum air putih tiap harinya akan membantu fungsi metabolisme tubuh terjaga. Nah, fungsi metabolisme yang tepat sangat membantu untuk memaksimalkan kerja tiap organ tubuh untuk menyingkirkan berbagai racun di dalam tubuh. Jika metabolisme tubuh terjaga, maka penyakit tak akan menghmpiri Anda.

Minum air putih

Minum air putih teratur juga akan membantu tubuh yang kehilangan banyak cairan ketika beraktivitas. Setidaknya tiap seminggu sekali Anda harus meminum air sebanyak 8 gelas setiap hari. Pastinya minum air yang berkualitas baik ya.

4. Hidup bersih

Hidup bersih

Menjaga hidup bersih termasuk pola hidup yang sehat juga. Tempat yang bersih akan membuat mood kita menjadi baik dan merasa nyaman, dan sehat. Nah, jika sudah hidup bersih, dijamin bakteri penyakit akan menjauh.

5. Olahraga teratur

Anda kerap merasa lesu dan kurang fit? In bisa berarti Anda kekurangan waktu untuk berolahraga. Luangkan waktu untuk berolahraga. Hal ini merupakan cara sederhana untuk memulai hidup sehat.

Olahraga teratur

Olahraga dapat membuat tubuh kita kembal fit dan bugar, dan dengan berolahraga kita juga mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh dengan saluran keringat. Bagi Anda  jarang berolahraga dan ingin memulainya, Anda bisa mulai dengan berolahraga yang ringan terlebih dahulu mulai dari senam, jalan santai, jogging, dan sebagainya.

Sebaiknya lakukan secara teratur dengan jadwal yang telah Anda tentukan sendiri, sebaiknya lakukan selama 3 – 5 kali seminggu dengan durasi setidaknya 30 menit.

6. Konsumsi buah dan sayur

Anda pun perlu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Salah satunya adalah dengan mulai konsumsi buah dan sayuran.

Konsumsi buah dan sayur

Beberapa kandungan yang terdapat di dalam buah dan sayur bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker seperti antioksidan yang mampu mengikat zat-zat radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Terlebih jika buah dan sayuran memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

7. Konsumsi Gizidat

Guna mencukupi kebutuhan nutrisi Anda, konsumsi Gizidat sangat dianjurkan untuk Anda. Gizidat adalah madu ikan sidat yang kaya akan vitamin dan protein. Bahan-bahan alami yang terkandung di dalamnya aman untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Konsumsi Gizidat

Dengan rutin minum setiap hari, Anda akan merasakan banyak manfaat bagintubuh Anda. Cara hidup sehat dan sederhana ini akan membuat tubuh jadi sehat dan sistem imun Anda makin kuat. Gizidat merupakan salah satu suplemen yang mampu memenuhi kebutuhan harian Anda.

8. Konsumsi kacang-kacangan

Konsumsi kacang-kacangan

Eprlu Anda tahu, segala jenis kacang-kacangan seperti almond, kenari, kacang tanah, dan lainnya mengandung asam lemak tak jenuh dengan omega 3. Asam lemak dapat membuat rambut, kulit, dan kuku tetap sehat.

9. Batasi konsumsi kafein dan gula

Seringnya mengkonsumsi kafein dan gula akan berdampak buruk bagi tubuh lho, mulai dari meningkatnya denyut jantung, asam lambung bahkan bisa mengganggu pola tidur (insomnia).

Batasi konsumsi kafein dan gula

Itulah beberapa cara cek kesehatan tubuh yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah dan beberapa pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *