Doa Agar Anak Cerdas Otaknya

Doa Agar Anak Cerdas Otaknya

Siapa yang tidak senang memiliki anak yang cerdas? Memiliki anak yang cerdas tentu dapat menjadi kebanggaan sendiri bagi orang tua. Kecerdasan adalah anugerah Tuhan yang sangat kita harapkan. Untuk mendapatkan anak yang cerdas anda dapat membacakan doa agar anak cerdas otaknya.

Doa Mujarab Untuk Kecerdasan Anak

Suatu hadist mengatakan bahwa ridho Allah bergantung dengan ridho orang tua. Dengan demikian, anda dapat menggunakan cara spiritual dengan cara berdoa kepada Allah. Panjatkanlah doa agar anak cerdas otaknya setiap hari. Doa-doa yang mujarab untuk kecerdasan anak adalah:

  1. Allahumma faqqih hu fid diini wa ‘allimhut ta’wiila

Artinya: “Ya Allah, berikan kepahaman bagi dia dalam urusan agama, dan ajarkanlah dia ta’wil”

  1. Allahummaj’alhu shohiihan kaamilan, wa ‘aqilan haadziqon, wa ‘aaliman ‘amilan

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia anak yang sehat sempurna, mempunyai akal cerdas, dan berilmu lagi beramal”

  1. Allahummaj’al aulaadanaa aulaadan shoolihiina khaafidziina lil qur’aani wassunnati fuqohaa fiddiini mubarokan khayaatuhum fiddunyaa wal aa’khiroti

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami menjadi anak yang sholeh dan sholehah, orang-orang yang hafal dengan Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang paham dalam agama diberkahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.”

  1. Allahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah dia menjadi anak yang sehat sempurna, berakal cerdas, dan berilmu lagi beramal”

  1. Surah Al fatihah

Surah Al fatihah memang memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutamaan dari surah al fatihah adalah untuk kecerdasan otak. Bacakanlah surah al fatihah sebanyak 70 kali pada air minum. Kemudian minumkan air tersebut pada anak. Anda juga dapat membacakan surah al fatihah sebelum anak terlelap tidur.

  1. Ayat kursi

Ayat kursi ini juga memiliki fadilah yang ampuh sebagai doa agar anak cerdas otaknya. Anda dapat membacakan ayat kursi sebanyak 50 kali pada air minum kemudian minumkanlah pada anak anda. Anda juga dapat membacakannya saat anak hendak tidur. Niscaya dengan doa ini anak dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas otaknya.

  1. Surah Al insyirah

Surah al alaq disebut sebagai surah penggugah jiwa. Surah ini dapat anda bacakan untuk anak agar anak cerdas, berbakti pada orang tua, dan tidak mudah rewel. Bacakanlah surah al insyirah pada anak setiap hari sebelum anak tidur. Anda dapat membacanya setelah membaca surah al fatihah dan ayat kursi.

  1. Surah Al Alaq ayat 1-5

Surah al-alaq ayat 1 sampai 5 adalah surah ayat dari Al Quran yang pertama kali diturunkan. Surah ini berisikan perintah membaca pada Nabi Muhammad SAW. Surah ini memiliki fadilah sebagai doa agar anak cerdas otaknya. Anda dapat membacakan surah ini bersamaan dengan memberikan madu pada anak. Jadi sebelum anak minum madu bacakan surah Al Alaq dahulu.

  1. Surah yasin

Surah yasin memiliki banyak keutamaan yang sangat bermanfaat salah satunya adalah dalam hal kecerdasan otak. Anda dapat membacakan surah yasin yang dikhususkan untuk anak anda. Sediakanlah air minum dan bacalah surah yasin setiap selesai melaksanakan sholat. Kemudian minumkanlah air tersebut untuk anak anda ketika hendak belajar.

  1. Asma ul khusna

Asma ul khusna adalah nama-nama mulia Allah. Anda dapat membacakan asma ul khusna sebagai bagian dari mujadah meminta kecerdasan untuk anak anda. Bacalah asma ul khusna sebelum anda membaca surah-surah al quran yang lain.

Amalan Agar Anak Cerdas

Untuk mendapatkan anak yang cerdas tidak bisa serta merta hanya membacakan doa agar anak cerdas otaknya. Berbagai amalan atau perilaku juga harus dilakukan untuk menunjang kecerdasan otak anak. Berikut berbagai amalan yang dapat anda lakukan:

  1. Memberikan contoh perilaku terpuji untuk anak

Keluarga merupakan tempat bagi anak untuk mendapatkan pendidikan pertamanya. Sebagai orang tua anda harus dapat memberikan contoh yang baik untuk anak anda. hal ini dikarenakan pengalaman pada masa kanak-kanak akan menjadi memori jangka panjang anak. Anak akan merekam dan cenderung mencontoh perilaku orang tuanya.

  1. Membiasakan anak untuk membaca doa sebelum melakukan sesuatu

Untuk menjadikan anak cerdas otaknya anda dapat membiasakan anak untuk membaca doa. Jika membaca doa dilakukan tiap kali sebelum melakukan sesuatu maka otak anak secara tidak sadar akan terasah dengan mengingat doa yang akan dibaca. Biasakanlah pula anak membaca doa sebelum ia belajar agar ilmu yang dipelajari dapat terserap dalam otak secara maksimal.

  1. Ajari anak untuk membaca Al Quran

Selain kecerdasan akademik, anak juga perlu mengasah kecerdasan spiritualnya. Hal ini yang akan membentengi anak untuk melakukan suatu tindakan. Jika perlu, masukkanlah anak di sekolah dengan basic keagamaan atau cukup TPA (Taman Pendidikan Al-Quran). Dengan demikian anak juga bisa mengembangkan kemampuannya untuk bersosialisai.

  1. Memberikan makanan yang sehat

Makanan juga merupakan sumber nutrisi yang penting untuk anak. Berikanlah makanan yang mengandung zat gizi yang tinggi. Berbagai zat gizi yang sangat diperlukan oleh otak adalah seng (zinc), zat besi, DHA, EPA, protein, dan lain sebagainya. Anda dapat memberikan makanan seperti sayuran hijau, buah-buahan, ikan laut, telur, dan protein nabati seperti tempe.

  1. Memberikan anak buah kurma

Buah kurma adalah buah yang dikenal dengan kesuciannya. Selain dikenal suci, buah kurma mengandung vitamin B6 yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan otak. Anda dapat memberikan buah kurma secara rutin untuk anak agar kemampuan daya ingat anak akan bekerja dengan baik.

  1. Memberikan anak air zam zam

Kandungan mineral air zam zam diyakini dapat membuat otak bekerja lebih baik. Namun air zam zam tidak bisa didapatkan dengan mudah. Anda dapat menggantinya dengan memberikan air minum yang sudah dibacakan surah-surah Al Quran untuk anak.

  1. Ajak anak untuk bermain

Mengajak anak untuk bermain dapat membuat otak merangsang sistem motorik halus dan motorik kasar anak. Anda dapat mengajak anak bermain di dalam maupun luar rumah. Ajaklah anak bermain puzzle, bermain peran, masak-masakan, dan lain sebagainya. Permainan anak yang diberikan dapat disesuaikan dengan usia anak.

  1. Bacakan dongeng pada anak

Dongeng atau cerita dapat anda bacakan untuk anak. Bacakanlah dongeng untuk anak sebelum tidur. Anda dapat membacakan kisah-kisah yang baik untuk anak seperti kisah para nabi, cerita fabel, atau cerita rakyat. Membacakan dongeng untuk anak dapat membantu anak untuk menambah perbendaharaan bahasa yang dimiliki.

  1. Memberikan suplemen Gizidat

Suplemen multivitamin Gizidat terbukti ampuh untuk merangsang kecerdasan otak anak. Gizidat terbuat dari bahan madu, kurkumin dan ikan zidat. Ketiga bahan tersebut memiliki nilai gizi yang sangat banyak karena mengandung DHA, EPA, zat besi, zinc, protein, kalsium, dan asam lemak omega 3. Selain itu, gizidat juga terbukti aman untuk dikonsumsi anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *