Gaya Hidup Sehat

Gaya Hidup Sehat

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa kesehatan merupakan salah satu harta yang tidak ternilai harganya oleh apapun. Sehingga, banyak orang yang berlomba – lomba rela untuk melakukan apapun demi menjaga tubuhnya agar tetap sehat. Baik itu dengan cara medis ataupun non medis. Bahkan ada juga loh yang menggunakan ala – ala supranatural untuk membuat badan tetap bugar.

Maka tak ayal biasanya uang yang dikeluarkan cukup banyak. Namun, sebenarnya ada cara lain loh untuk membuat badan tetap dalam kondisi yang prima yakni dengan menerapkan gaya hidup sehat.

11 Gaya Hidup Sehat yang bisa Anda tiru

Untuk menerapkan gaya hidup sehat sebenarnya tidak terlalu sulit hanya saja diperlukan sikap kesabaran serta ketelatenan yang tinggi agar tetap bisa konsisten dalam mengaplikasikannya. Selain itu, Anda juga mendapatkan keuntungan dengan mengaplikasikan cara ini yakni tidak mengeluarkan biaya yang cukup banyak bahkan tidak sama sekali.

Berikut ini ada 11 gaya hidup sehat yang bisa Anda aplikasikan dalam keseharian Anda. Untuk lebih jelasnya mari langsung saja simak ulasannya berikut ini.

  1. Perbanyaklah minum air putih

Tubuh manusia sebenarnya tersusun oleh jaringan – jaringan tubuh yang sebenarnya membutuhkan air untuk membantu tumbuh kembangnya. Sehingga, perlu bagi Anda untuk mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak tiap harinya. Karena bila tidak terpenuhi dengan baik maka akan menimbulkan banyak masalah pada tubuh contohnya seperti dehidrasi.

Selain itu juga, dalam tiap harinya Anda juga kehilangan air dalam tubuh karena telah dikeluarkan melalui buang air besar, urine, dan keringat. Inilah mengapa Anda perlu untuk mengisi kekosongan asupan air lagi dalam tubuh.

Didukung juga dengan adanya sebuah penelitian dimana menunjukan bahwa jumlah air yang dikonsumsi tubuh itu tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi. Contohnya kondisi cuaca serta iklim, kegiatan fisik yang Anda lakukan sehari – hari, dan juga berat badan.

Namun pada umumnya biasanya air yang perlu dikonsumsi oleh Anda adalah 2, 7 – 3, 7 liter. Hal ini dilakukan agar tubuh Anda terhindar dari dehidrasi, urine berwarna kuning, bibir dan mulut kering serta sedikit buang air kecil. Oleh karena itu, disarankan sekali Anda sebaiknya mengkonsumsi air dengan jumlah tersebut.

  1. Tidur dan istirahat cukup

Gaya hidup sehat yang selanjutnya adalah tidur dan istirahat yang cukup. Hal ini tentunya perlu sekali untuk Anda terapkan, karena tubuh Anda sangat memerlukan waktu istirahat yang cukup agar dapat melakukan aktifitas harian secara maksimal. Selain itu dengan cukup istirahat dan juga tidur akan mencegah proses penuaan dini.

Bila Anda tidak dapat beristirahat dengan baik maka Anda bisa melakukan kompensasi dengan makan yang lebih banyak dari biasanya. Akan tetapi, menurut para ahli kesehatan ini sangatlah tidak dianjurkan sekali untuk Anda lakukan. Oleh karena itu sebaiknya Anda perlu mengatur waktu tidur dan istirahat yang cukup dengan sebaik – baiknya.

  1. Melakukan meditasi

Dengan melakukan meditasi tentunya dapat bermanfaat sekali pada tubuh yakni dapat membantu serta menenangkan jiwa. Sehingga berdampak pada kesehatan tubuh Anda karena menjauhkan dari rasa stress yang mengganggu kesehatan.

Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa stress merupakan salah satu sumber dari segala penyakit yang menyerang tubuh. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda perlu melakukan meditasi secara teratur.

  1. Olahraga rutin

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin pada tiap harinya akan memberikan dampak yang luar biasa pada kesehatan tubuh Anda. Bahkan dapat juga meningkatkan rentang hidup, menurunkan resiko dari penyakit yang menyerang tubuh, serta menurunkan berat badan secara alami.

Untuk melakukan olahraga, Anda tidak perlu untuk pergi ke tempat – tempat olahraga yang memiliki fasilitas lengkap. Anda bisa juga dengan melakukan aktifitas seperti berjalan kaki atau memilih untuk menggunakan tangga bukan dengan lift. Tentunya hal ini akan menjadikan aktifitas pengganti dari olahraga dengan mudah serta murah. Gimana tertarik mencoba?

  1. Menikmati olahraga

Dalam melakukan aktifitas olahraga dengan perasaan menikmati, tentunya membuat Anda secara alami untuk terus ingin melakukannya. Dibandingkan dengan melakukan olahraga secara terpaksa. Dimana malah akan menimbulkan sebuah rasa penderitaan yang menyebabkan Anda menjadi malas untuk melakukannya lagi.

Oleh sebab itu, sebaiknya ketika Anda melakukan olahraga pilihlah juga salah satu jenis dari olahraga yang paling Anda nikmati dan senangi. Kemudian lakukanlah secara rutin. Hal ini perlu sekali dilakukan agar Anda merasa semangat ketika berolahraga dan terhindar dari rasa malas.

  1. Olahraga seperti bermain

Bagi Anda yang menginginkan gaya hidup yang sehat akan tetapi masih merasa malas untuk melakukan olahraga. Sepertinya cara satu ini perlu sekali untuk Anda aplikasikan yakni dengan melakukan olahraga akan tetapi seperti sedang bermain. Nah, gimana ini maksudnya?

Jangan bingung dulu, maksudnya Anda bisa menggabungkan unsur bermain tetapi termasuk juga didalamnya ada unsur olahraganya. Misalnya saja seperti melakukan latihan kardio dalam bentuk jooging. Nah, tentunya akan membuat rasa penat pada badan dan bosan bisa terobati dengan melakukan olahraga tersebut.

Selain itu Anda bisa juga dengan melakukan olahraga yang menyenangkan dengan cara berkelompok seperti bermain sepak bola, basket, voli, badminton dan masih banyak lagi yang lain. Tentunya dengan melakukan olahraga itu Anda akan merasa menikmati sekaligus meningkatkan rasa bersosialisai sembari melaksanakan aktifitas yang menunjang kesehatan.

  1. Konsumsi buah

Untuk menunjang gaya hidup yang sehat Anda perlu sekali untuk mengkonsumsi segala jenis buah – buahan alami dan mengurangi konsumsi pada vitamin sintesis. Pilihlah buah – buahan dengan kondisi yang masih segar agar kandungan di dalamnya masih alami dan juga bagus. Sehingga kesehatan dalam tubuh akan terjaga.

  1. Konsumsi sayuran

Sama halnya seperti mengkonsumsi buah – buahan, mengkonsumsi sayuran pun memiliki peranan yang sangat penting untuk mendongkrak kesehatan tubuh. Selain itu, didukung juga dengan pernyataan dari para ahli yang menyarankan untuk mengkonsumsi antara 5 – 9 porsi pada sayuran atau buah – buahan pada tiap harinya.

Hal ini karena bila tidak mengkonsumsi buah dan sayuran yang cukup dalam porsi yang telah ditentukan tersebut akan mengakibatkan kesehatan pada tubuh menjadi terganggu. Karena kandungan – kandungan gizi yang diperlukan oleh tubuh tidak terpenuhi dengan baik.

  1. Pilihlah makanan berwarna cerah

Sayuran dan buah – buahan yang memiliki ciri khas warna – warna yang cerah biasanya mengandung zat anti oksidan yang sangatlah tinggi. Kandungan anti oksidan itu tentunya memiliki peranan penting bagi tubuh yakni berfungsi untuk menangkan serta menghilangkan radikal bebas yang merusak sel –sela pada tubuh Anda.

Baca Juga : Cara Mengatur Pola Makan Sehat

  1. Kurangi konsumsi makanan olahan dan dalam kaleng

Bagi Anda yang memiliki kegemaran mengkonsumsi makanan olahan dan makanan dalam kaleng sebaiknya mulai dari sekarang cobalah untuk menghindarinya. Hal ini dikarenakan kandungan gizi pada makanan tersebut tidaklah sempurna belum lagi ditambah dengan bahan pengawet yang mana akan berdampak buruk pada kesehatan bila dikonsumsi terus – terusan.

Belum lagi juga ditambah dengan garam yang mana harus dipertimbangkan kembali sebelum Anda mengkonsumsi makanan olahan atau kalengan. Oleh karena itu, sebaiknya bijaklah dalam memilih makanan.

  1. Mengkonsumsi vitamin Gizidat

Untuk tambahannya Anda bisa juga dengan mengkonsumsi vitamin Gizidat yang mana dapat membantu sekali menjaga kesehatan tubuh Anda. Hal ini karena terdapat banyak kandungan antioksidan pada komposisi utamanya seperti ikan sidat yang tinggi akan Vitamin A dimana dikenal sebagai beta karoten yang ampuh menangkal radikal bebas dalam tubuh.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *