Info Kesehatan Tubuh

Info Kesehatan Tubuh

Beberapa waktu terakhir ini, cuaca kerap berubah-ubah membuat sebagian orang lebih rentan terjangkit penyakit. Perubahan cuaca memang makin tak bisa ditebak. Saat-saat seperti ini, Anda harus aktif mencari info kesehatan tubuh Anda sekeluarga agar tidak jatuh sakit di musim yang tak dapst diprediksi seperti sekarang.

Maka, kali ini terdapat beberapa cara ampuj yang bisa Anda lakukan agar kesehatan keluarga senantiasa terjaga. Berikut ini terdapat cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh di musim pancaroba.

Tips Agar Kesahatan Selalu Terjaga

1. Rajin Cuci Tangan

Rajin Cuci Tangan

Info kesehatan tubuh yang pertama adalah dengan mengajak keluarga, terutama anak Anda untuk turut serta dalam kebiasaan mencuci tangan sebelum makan, selesai bermain dan lainnya.

Kesehatan Anda dan si kecil sama pentingnya. Anda pun harus mengajak buah hati Anda untuk belajar melindungi diri dari penyakit dengan rajin cuci tangan pakai sabun Kemudian keringkan tangan dengan handuk kering dan bersih ya, karena kuman dan bakteri masih dapat menempel di tangan yang masih basah.

2. Konsumsi air putih secukupnya

Sudahkah Anda dan keluarga cukup minum air putih hari ini? Mulai penuhi kebutuhan air putih harian Anda sebanyak 8 gelas sehari atau setara dengan 2 liter air per hari. Air putih yang cukup untuk membuat tubuh Anda berguna agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Air putih pun memiliki fungsi untuk melancarkan pencernaan Anda.

Konsumsi air putih secukupnya

Ajaklah keluarga Anda untuk mengkonsumsi air putih dengan cukup terlebih di saat cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini. Air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh, serta melindungi tubuh dari resiko infeksi.

Sebaiknya Anda membiasakan diri untuk membawa tumbler atau botol air minum untukbawalah ke manapun Anda pergi. Selain lebih ramah lingkungan, kebutuhan air harian Anda pun dapat terpenuhi!

3. Olahraga rutin

Anda bisa ajak keluarga Anda untuk rutin berolahraga, meski hanya 30 menit tiap harinya. Anda tak perlu berolahraga berat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran. Yang pasti, Anda cukup gerak tiap harinya sehingga badan tidak terasa kaku dan fokus. Lakukan kebiasaan ini paling tidak tiga kali dalam seminggu.

Olahraga rutin

Anda dapat mulai kebiasaan baik ini dengan melakukan stretching ringan di pagi hari, maupun di sore hari bersama buah hati Anda. Bahkan, untuk ibu rumah tangga, melakukan kegiatan rutin seperti membersihkan rumah bia dianggap sebagai olahraga, sebab mampu membakar kalori.

4. Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Tubuh yang sehat dapat diperoleh dengan memakan makanan yang sehat. Banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh dari makanan. Anda tentunya sudah tahu 4 sehat 5 sempurna, kan?

Pastinya, Anda tahu bahwa salah satu cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan memastikan makanan yang dimkonsumsi oleh keluarga Anda adalah makanan terbaik dan terhindari dari penyakit.

Konsumsi Makanan 4 Sehat 5 Sempurna

Nasi, sayur-mayur, lauk-pauk, buah dan susu merupakan formula baku dari 4 sehat 5 sempurna. Lima makanan ini adaalh sumber karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serta susu yang menjadi pelengkap yang membantu tubuh tetap kuat dan sennatiasa berenergi.

Sempatkan untuk memasak tiap hari dan pastikan secara bahwa asupan nutrisi keluarga Anda berasal dari sumber makanan yang terbaik. Hindari makanan yang telah melalui proses pengolahan terlalu banyak, seperti makanan kemasan instan dan fast food.

Tahukan Anda? Bahwa makin banyak proses yang dilalui oleh bahan makanan, maka makin banyak oula zat aditif yang ditambahkan. Apabila tak diawasi dengan baik, tubuh Anda akan rentan terhadap penyakit, terutama pencernaan. Apalagi di musim pancaroba seperti sekarang  ini, tentu dibutuhkan imunitas tinggi dari tubuh.

5. Konsumsi Vitamin Gizidat

Gizidat adalah salah satu suplemen yang dapat memenuhi kebutuhan harian Anda. Suplemen yang terbuat dari madu, sari ikan sidat, dan kurkumin ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh Anda.

Gizidat merupakan vitamin yang diperkaya dengan madu hutan alami, memberi nutrisi  maximal dari lebah-lebah liar dan keragaman hayati hutan tropis di Indonesia.

Selain itu, ada pula ekstrak kurkumin atau temulawak yang dipercaya selama ratusan tahun di Nusantara dalam meningkatkan nafsu makan buah hati Anda dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Konsumsi Vitamin Gizidat

Lalu, ada pula ekstrak protein sidat yang mempunyaoli kandungan protein yang tinggi bahkan melebihi protein pada ikan salmon norwegia. Sehingga menjadi komoditas export favorit ke Jepang.

Selain itu, Gizidat ini mampu memenuhi kebutuhan nutrisi Anda. Gizidat juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit.

Selain memakan makan-makanan yang bergizi dan disertai dengan mengkonsumsi Gizidat, Anda pun disarankan untuk mengurangi asupan gula dan garam. Mengurangi konsumsi minuman manis dan penganan yang bercitarasa manis mampu memberi efek positif pada tubuh Anda.

Sedangkan dengan mengurangi asupan garam, ini akan membantu menurunkan berat badan, mengurangi resiko terserang stroke, dan menjaga kesehatan ginjal Anda.

6. Jangan lupa untuk cuci buah, sayur dan bahan makanan lainnya

Seperti yang telah disebutkan di atas, makanan dapat bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh sehingga tak gampang sakit. Buah, sayur, ikan, daging, dan bahan-bahan makanan lain punya kandungan berbagai nutrisinya masing-masing yang diperlukan oleh tubuh.

Jangan lupa untuk cuci buah, sayur dan bahan makanan lainnya

Akan tetapi, bahan makanan tersebut belum sepenuhnya terjamin bersih untuk langsung dikonsumsi. Lakukan kebiasaan untuk selalu mencuci bersih buah, sayur, dan bahan makanan lainnya hingga bersih dan terbwbas dari pestisida yang masih menempel atau bakteri yang menempel di bahan makanan tersebut hilang.

7. Bersihkan rumah secar rutin dan jaga kebersihan dapur

Kebersihan dari makanan yang disajikan kepada keluarga tentu harus selalu diperhatikan sebab makanan dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Anda harus selalu menjaga kebersihan peralatan masak agar bebas bakteri, begitu pula dengan perlengkapan makanan.

Bersihkan rumah secar rutin dan jaga kebersihan dapur

Perabotan di rumah bisa menyimpan banyak debu, bakteri dan kuman yang dapat membuat Anda dan keluarga jadi lebih mudah sakit di musim pancaroba ini. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu membersihkan rumah, karpet, lantai dan perabotan rumah tangga lainnya.

8. Tidur tepat waktu

Salah satu kebiasaan buruk yang kerap dilakukan banyak orang ialah begadang. Lembur, mengerjakan tugas sekolah ataupun kuliah, terkadang dilakukan pada malam hari.

Tetapi, apakah hal ini baik untuk dilakukan? Begadang akan membuat kondisi tubuh Anda kian lemah dan tak fresh keesokan harinya, karena angin malam hari tak baik untuk tubuh.

Begadang mampu menyebabkan masalah dan timbulnya penyakit pada tubuh, misalnya masalah berat badan, lemahnya sistem ketahanan tubuh sehingga rentan terhadap penyakit jantung, diabetes militus, stroke, dan penyakit lainnya.

Tidur tepat waktu

Istirahat penting untuk menjaga tubuh tetap fresh dan terhindar dari penyakit. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang tidur selama delapan jam sehari mempunyai tubuh yang lebih sehat daripada mereka yang tidur kurang dari waktu itu. Atur waktu tidur keluarga Anda, terutama bagi anak Anda.

Badan yang fresh mampu membantu mereka tak cepat lelah beraktivitas setiap harinya. Pastikan agar anak istirahat dengan baik, tidak terlalu banyak bermain apalagi dengan gadget. Entah sesibuk apapun Anda dan keluarga, sempatkan waktu untuk tidur meski sejenak.

Anda dapat mencoba tips di atas untuk menghindarkan diri dan keluarga dari penyakit yang dapat menyerang Anda dan keluarga di musim pancaroba seperti sekarang ini. Semoga info kesehatan tubuh yang telah disampaikan dapat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *