Kecerdasan Anak

Kecerdasan Anak

Kecerdasan anak memang perlu dilatih sedari dini. Banyak orang tua yang kurang tau jika sejak kecil, anda dapat melatih kecerdasan anak. Tak hanya penting melatih otaknya saja, namun juga melatih fisik anak untuk keseimbangan kecerdasannya. Jika anda merupakan orang tua yang sangat memerhatikan hal ini, jelas  sudah banyak mencari tahu bagaimana melatih kecerdasan untuk anak anda.

Melatih kecerdasan pada anak memang susah-susah gampang. Mulai dari perhatikan apa yang ia makan, kebiasaan yang dilakukan, hingga anda dapat mengarahkannya dengan apa yang anak anda sukai. Kecerdasan pada anak ada beragam dan perlu diketahui dengan baik. Banyak sebenarnya hal kecil yang ternyata dapat meningkatkan kecerdasan pada anak.

Cara Melatih Kecerdasan Anak

  1. Membaca cerita bersama

Membaca cerita bersama

Anda dapat mengajak anak membaca cerita bersama. Hal ini dapat meningkatkan kecerdasan secara linguistik. Kecerdasan ini mengarah kepada kemampuan berbahasa anak anda. Senang membaca cerita, mendengarkan cerita, bercerita, bahkan senang bermain peran, dan sesuatu yang berhubungan dengan kata-kata.

Jangan biarkan mereka hanya menatap gambar-gambar di buku saat Anda melakukan semua pembacaan. Perhatikan kata-kata itu. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu membantu membangun keterampilan membaca mereka. Atau anda bisa mengajaknya bermain tebak-tebakan tentang apapun, agar membuat anak berpikir dan mengungkapkannya melalui cerita.

  1. Biarkan ia mulai bercerita

Biarkan ia mulai bercerita

Ajak mengeluarkan perasaannya. Peluk menjelang tidur, dan tanyakan anak Anda apa yang membuatnya bahagia atau sedih hari itu. Apa yang membuatnya marah atau merasa bangga? Anda akan membantunya mengingat hari itu, memahami bentuk lampau, dan memberi label pada emosinya. Ini adalah kegiatan untuk menjaga sampai dia berangkat ke perguruan tinggi.

  1. Ajak ke perpustakaan

Ajak ke perpustakaan

Karena ada pepatah Buku adalah Jendela Dunia, maka anda dapat mengajak anak untuk pergi ke perpustakaan, dimana banyak buku berada. Cara meningkatkan kecerdasan anak yakni dengan memanfaatkan waktu bercerita, pertunjukan boneka, dan barisan buku. Mulai ajak belajar dari menulis ABC.

  1. Ajarkan menggambar

Ajarkan menggambar

Saat anak senang memegang kapur, plastisin, cat air atau krayon dan menggambar, hal ini perlu anda perhatikan. Jika terus berkembang mungkin anak anda memiliki kecerdasan visual spasial. Ajak anak anda membahas tentang apa yang telah ia buat, termasuk tentang warna, tekstur, ukuran.

Kecerdasan visual-spasial adalah kecerdasan yang berhubungan dengan kepekaan mengobservasi dan bagaimana kemampuan  berpikir dalam gambar. Kecerdasan ini dapat mengarahkannya kepada pekerjaan seperti arsitek, seniman, ahli mesin, animator, desain komputer grafis, atau fotografer.

  1. Latih pengetahuan tentang banyak sedikitnya benda

Latih pengetahuan tentang banyak sedikitnya benda

Anda dapat membiarkan anak menuangkan air dari satu ke yang lain di bak mandi berikutnya. Kadang-kadang dia akan menuangkan terlalu banyak, kadang-kadang terlalu sedikit. Tanyakan kepada mereka tentang cangkir mana yang lebih besar dan mana yang lebih kecil. Atau mana yang memiliki air lebih banyak atau air yang lebih sedikit.

  1. Latih anak anda suka berhitung

Latih anak anda suka berhitung

Jika anda menginginkan anak anda memiliki kecerdasan logika, maka ajak anak anda mulai berhitung. Anda dapat memanfaatkan jari tangan, atau angka-angka di sekitar untuk menguji pengetahuan anak anda.

  1. Berburu serangga

Berburu serangga

Mengenal serangga untuk anak-anak merupakan hal yang cukup penting, Coba perlihatkan foto-foto serangga yang tidak berbahaya, misalnya kepik, jangkrik, kupu-kupu dari buku atau majalah. Kemudian, pergi ke taman untuk menemukan beberapa serangga yang ada di sekitar. Hal ini melatihnya untuk tetap berani menghadapi hewan di sekitar yang sekiranya tidak menganggu.

  1. Buat kenangan

Buat Kenangan

Anda bisa membuat album keluarga. Sertakan foto-foto kerabat dekat maupun kerabat jauh, dan sering membolak-baliknya untuk membangun kenangan anak Anda. Ketika Nenek menelepon, tunjukkan fotonya ketika dia mendengarkan di telepon. Hal ini akan membuat anak anda mengingat masa-masa tersebut.

  1. Ajak anak anda untuk bermain drama

Ajak anak anda untuk bermain drama

Sekali-kali ajak anak anda bermain teater, drama atau acting. Hal ini mengarahkan anak anda kepada kecerdasan interpersonal. Anak dengan kecerdasan ini akan lebih suka jika bermain dengan banyak orang dengan sifat yang berbeda. Beberapa dari mereka akan mengerti tentang perasaan orang lain dan memiliki sifat yang ingin memimpin.

  1. Makanan yang menyehatkan

Makanan yang menyehatkan

Makanan yang dikonsumsi oleh anak jelas cukup memengaruhi bagaimana tumbuh kembang hingga kecerdasannya. Makanan yang bergizi mulai dari sayur-sayuran dan buah-buahan sangat berpengaruh kepada tumbuh kembang dan kecerdasan pada anak. Pilih sayur mayur yang tepat untuk anak anda.

Anda bisa memilih sayuran berdaun hijau seperti kangkung, chard, bayam, dan collard hijau kaya akan folat, yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Atau pilihan lain seperti sayur kale yang mengandung Sulforaphane dan Diindolylmethane, yang membantu pertumbuhan sel-sel otak.

Pilih juga buah-buahan dengan kandungan vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan kecerdasan pada anak. Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah dapat meningkatkan memori pada anak-anak. Hal ini juga mencegah stres oksidatif di otak.

  1. Beri vitamin Gizidat yang mendukung

Beri vitamin Gizidat yang mendukung

Jangan sampai salah memilih vitamin yang mendukung kecerdasan otak anak. Anda dapat memilih vitamin Gizidat yang jelas memiliki kandungan alami yang baik untuk anak. Kandungan sidat memiliki protein tinggi lebih dari salmon Norwegia. Memiliki rasa yang manis, Gizidat dibuat dari madu hutan alami.

Tak hanya itu, terdapat bahan alami kurkumin yang jelas menambah daya tahan tubuh dan nafsu makan pada anak.

  1. Anak anda perlu berolahraga

Anak anda perlu berolahraga

Olahraga sangat penting untuk kesehatan anak anda. Tak hanya itu, bisa saja kecerdasan anak anda terdapat pada kecerdasan kinetik atau yang biasa disebut dengan body smart. Anak dengan kecerdasan ini memiliki tubuh yang aktif, bahkan bergerak seperti olahraga, mempelajari sesuatu, hingga menari.

Anda dapat mengajaknya untuk olahraga kecil-kecilan bahkan hanya dengan balok-balok kayu atau bermain kantong pasir untuk membuat istana pasir atau hal-hal yang ia senangi. Permainan lompat tali juga dapat membuat anak anda senang dan aktif bergerak.

  1. Kenalkan dengan alam

Kenalkan dengan alam

Anak anda perlu mengenal alam yang ia tinggali. Maka, ajak anak anda berjalan-jalan di alam bebas, atau pergi ke kebun binatang. Bahkan anda bisa mengajaknya melakukan kegiatan berkebun untuk mengenali berbagai macam tanaman, hewan, atau pohon hingga gunung. Anak dengan kecerdasan ini menyukai binatang, peduli lingkungan, serta suka dengan tumbuhan.

  1. Belajar bermusik

Belajar bermusik

Anda dapat meningkatkan kecerdasan anak dengan mulai bermain musik di depannya. Ajak dan ajarkan ia untuk bernyanyi atau sekadar bersenandung. Musik juga bisa menjadi salah satu komunikasi antara anda dan anak anda. Buat anak merasa sedang berada di pertunjukan saat sedang menyanyi.

Jika anak anda sensitif terhadap suara, atau struktur musik dan ritme, maka bisa jadi anak anda akan berkembang di dunia musik. Anda bisa mulai merespon hal-hal tentang suara yang ada di sekitar dengan berjoget atau menggoyangkan badan atau berjoget, suka memukul-mukul seperti bermain drum atau menggerakkan jari seperti bermain piano.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *