Kekebalan Tubuh

Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh adalah suatu sistem kompleks dengan terdiri dari jaringan, sel, dan juga organ yang diantaranya saling bekerja sama untuk selalu melindungi tubuh terhadap segala penyakit dan senantiasa menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Lalu, Bagaimana tahap proses sistem kekebalan tubuh menjaga kesehatan Anda?

Melalui sejumlah langkah yang disebut respon dari kekebalan tubuh, sistem kekebalan tubuh bakal menyerang berbagai antigen agar melindungi tubuh dari macam penyakit. Setelah Anda suda mengetahui cara kerja dari sistem kekebalan tubuh, berikut ini terdapat beberapa fakta mengejutkan kekebalan dalam tubuh seorang manusia yang sepertinya belum Anda ketahui.

  1. Jarang salah

Bagi mayoritas dari orang sehat, sistem kebebalan dalam tubuh ataupun juga disebut dengan sebutan sistem imun akan beradaptasi dengan terus mengalami perubahan dan merespon kuman yang asing dan baru, baik itu ancaman virus, bakteri, ataupun parasit, setiap harinya. Gangguan terus menerus pada kuman ini akan membuat sistem imun terus menerus mempelajari kuman serta membangun kekuatan untuk melawannya.

Namun, untuk kasus yang jarang terjadi, seseorang yang memang mempunyai kondisi kekebalan kronis seperti halnya imunodefisiensi primer, pada sistem kekebalan tubuh mereka pada umumnya tidak dapat melawan kuman dengan optimal. Nah, hal ini yang menyebabkan mereka cukup rentan terkena infeksi.

  1. Usus bekerja sebagai penjaga gerbang di pertahanan tubuh

Bagian terbesar pada sistem imun manusia terdapat di saluran pencernaan ataupun usus. Menurut Dr.Katharine Woessner, sebagai seorang dokter spesialis alergi, asma, dan juga imunologi, saluran cerna adalah bagian dari sistem imun yang dituntut bekerja paling keras. Bagian ini pun terus menerus membedakan antara bakteri baik dan juga buruk untuk selalu menjaga kesehatan tubuh seseorang secara umum.

  1. Kelenjar timus berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh

Kelenjar timus yang berada di belakang tulang dada, yakni antara paru, bertanggung jawab untuk memproduksi sel darah putih ataupun limfosit (sel T). Sel T yang belum begitu matang akan dikirim menuju timus agar bisa dimatangkan dan akan menjadi bagian yang sangat diperlukan dalam sistem kekebalan tubuh.

Kelenjar timus ini diketahui ternyata mempunyai masa emas, yakni ketika Anda masih anak-anak. Begitu Anda memasuki usia pubertas, pada kelenjar ini bakal mengecil serta perlahan menjadi deposit jaringan lemak. Gangguan di kelenjar ini pada usia bayi dan anak-anak bisa menyebabkan sistem kekebalan dalam  tubuh seseorang terganggu.

  1. Manusia bisa hidup tanpa limpa

Limpa adalah organ tubuh yang berukuran besar serta penting dari sistem limfatik. Fungsinya ialah membersihkan darah manusia dari virus, bakteri, serta benda asing lainnya yang ada di dalam tubuh. Berada di belakang lambung, di bawah diafragma, limpa mempunyai banyak fungsi, termasuk bertugas menyaring sel darah merah yang sekiranya rusak dan menyimpan sel darah putih untuk perihal produksi antibodi.

Ketika tubuh melawan infeksi, limpa bakal membesar sementara. Menurut dari teori, manusia dapat hidup tanpa adanya limpa, sebab sistem imun kita mempunyai banyak cara untuk dapat melindungi tubuh dari patogen.

  1. Antibodi berperan sebagai pasukan tentara

Saat tubuh mendeteksi kuman ataupun zat asing yang akan memicu respon sistem imun, tubuh bakal membuat antibodi. Begitu antibodi sudah dibentuk, kemudian antibodi bakal mengingat jenis zat asingnya serta membuat perlawanan supaya zat asing itu tidak akan menyerang lagi. Pemahaman mengenai fungsi antibodi tersebut melahirkan metode vaksinasi ketika mencegah penyakit tertentu.

Penting diingat, supaya sistem kekebalan tubuh dapat tetap berfungsi baik, jangan lupa untuk Anda selalu mencuci tangan supaya mencegah penyebaran penyakit. Selain dari itu, melakukan perubahan pola gaya hidup yang sehat adalah cara paling efektif untuk menjaga sistem imun dapat bekerja optimal.  cukup istirahat atau tidur, berolahraga dengan teratur, mengonsumsi makanan yang sehat, serta menghindari stres.

Berikut Ini Beberapa Macam Cara untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

  1. Olahraga Teratur

Meski belakangan ini cuaca seperti hujan masih sering datang, bukan berarti Anda jadi malas untuk berolahraga. Keluar dari rumah, berada di bawah hamparan cahaya matahari, kemudian lakukan olahraga ringan.

Olahraga rutin bakal meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda tidak perlu harus melakukan olahraga berat. Cukup dengan berlari ataupun jogging di sekitaran lingkungan rumah, atau berenang serta bermain bola basket saja juga sudah sangat cukup.

  1. Makan Sehat

Rutinitas diet dikehidupan memiliki faktor penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Konsumsilah jenis makanan sehat yang penuh nutrisi, dan hindari makanan cepat saji atau makanan yang terlalu banyak mengandung lemak, gula, dan juga sodium.

Usahakan untuk bisa makan rutin 3 kali dalam sehari setiap hari. Pilihlah jenis makanan yang terdapat lemak sehat untuk dapat mencegah obesitas, yang juga termasuk kondisi kegemukan yang dapat menyebabkan berbagai jenis komplikasi dan bisa menurunkan kekebalan tubuh.

  1. Tingkatkan Konsumsi Protein

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, seperti jenis makanan yang ada di daging sapi tanpa lemak serta ikan, juga mempunyai kandungan zink yang sangat tinggi. Zink ini sangat bermanfaat untuk dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan atau makanan cepat saji sangat tidak bagus untuk kesehatan. Beberapa makanan ini mengandung gula, olahan dari bahan buatan, dan lemak yang tentunya tidak baik untuk tubuh. Mulai dari saat ini, biasakan untuk mengonsumsi makanan yang jauh lebih alami dan segar, terutama dari makanan organik ditanam sendiri.

  1. Minum Banyak Air

Minumlah air putih secukupnya juga begitu penting untuk kesehatan tubuh, karena dapat meningkatkan volum oksigen serta keseimbangan cairan dalam darah. Konsumsi air dengan cukup juga dapat meningkatkan produksi limfa ataupun cairan yang digunakan sistem kekebalan tubuh untuk dapat melakukan sirkulasi sel darah putih serta nutrisi ke seluruh tubuh.

  1. Tidur yang Cukup

Pastikan Anda tidur selama 8 jam setiap hari. Tidur nyenyak dan cukup merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Waktu terbaik untuk Anda tidur ialah pukul 22.00 – 06.00. Jadi, cobalah hindari begadang terus-terusan jika tidak terlalu dibutuhkan

  1. Biasakan Tertawa

Stres merupakan bagian normal dari kehidupan orang manapun. Anda hanya perlu tahu cara untuk mengatasinya. Sebab, jika dibiarkan saja, stres dapat mengganggu keseimbangan pada hormon tubuh. Nah, cara untuk mengatasi stres secara alami ialah dengan tertawa.

  1. Konsumsi Gizidat

Dengan mengonsumsi suplemen Gizi Dat tentunya dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sebagai salah satu rekomendasi dari kami, konsumsilah Gizi Dat setiap hari dengan teratur. Suplemen dalam bentuk cairan madu ini juga mampu membantu menguatkan dan meperbaiki sistem kekebalan pada tubuh. Fungsi utama dari Gizi Dat sendiri ialah untuk dapat meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh seseorang agar lebih bisa aktif dan dapat memperbanyak produksi antibodi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *