madu untuk anak kurus

madu untuk anak kurus

Setiap anak manusia memiliki metabolisme masing-masing. Ada yang metabolism cepat, sehingga pembakaran energi terasa sangat efisien dan badan selalu kurus. Ada juga yang memiliki metabolisme yang lambat, sehingga makan sedikit dan tubuh sudah mudah menjadi gemuk. Bagi anak dengan metabolisme yang cepat disarankan untuk mengknosumsi madu untuk anak kurus.

Madu tersebut berfungsi sebagai suplemen yang dapat menambah nafsu makan dan juga jumlah kalori dalam tubuh sang anak. Alhasil anak akan menjadi lebih sering makan dan makan dengan lahap. Suplemen ini juga tidak memiliki bau yang amis, sehingga tidak membuat anak trauma untuk mengkonsumsi suplemen.

Beberapa Informasi Seputar Madu untuk Anak Kurus

Madu merupakan makanan lebah dengan kandungan yang sangat lengkap. Madu dari jaman dahulu sudah dikenal sebagai makanan suplemen yang juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Untuk menambahkan fungsinya sebagia penambah nafus makan, madu untuk anak kurus ini biasanya dicampurkan dengan berbagai macam bahan alami lainnya.

  1. Lebih Banyak Kalori Tanpa Gula

Kalori tidak harus didapatkan dari gula. Hampir setiap makanan selalu memiliki kalori masing-masing. Begitu juga dengan sayur, buah, dan madu. Untuk madu, setiap satu sendok tehnya mengandung 64 kalori. Anda bisa menambahkan suplemen ini ke berbagai macam minuman dan juga makanan. Bila Anda terlalu sibuk untuk membuat hal tersebut, Anda hanya perlu menggunakan suplemen gizidat untuk anak Anda.

Lebih Banyak Kalori Tanpa Gula

Suplemen ini tidak hanya akan membantu anak Anda memperoleh berat lebih, melainkan juga membantu menjaga daya tahan tubuhnya. Suplemen ini mengandung madu hutan yang mana memiliki sifat antibakteri, anti jamur, dan anti peradangan yang bersifat alami.

Meminum suplemen ini secara teratur akan membantu menghindarkan berbagai macam penyakit yang dapat merusak kesehatan anak Anda. Begitu juga dengan batuk dan juga pilek yang mana sangat mudah menjangkiti bagian saluran pernapasan anak-anak.

  1. Tidak Menyebabkan Diabetes

Tidak Menyebabkan Diabetes

Gula memang identic dengan banyak jumlah kalori. Hanya saja, proses pemutihan dan pengolahannya menyebabkan gula menjadi tidak sehat bila dikonsumsi terlalu banyak dan sering. Salah satu dari sumber kalori yang besar adalah madu. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan nasi ke dalam menu setiap kai makan, karena nasi memang mengandung kalori dalam jumlah sangat besar.

  1. Menambahkan Suplemen Madu dengan Makanan yang Berkalori Tinggi

Anak-anak memang memiliki kecenderungan untuk susah menjadi gemuk. Hal itu disebabkan oleh mereka sedang berada dalam masa pertumbuhan, perkembangan, dan banyak bergerak. Hal itu, akan membuat Anda kesulitan dalam membuat badannya menjadi lebih berisi bila tidak diimbangi dengan pola makan yang tepat dan gizi yang sesuai.

Menggunakan suplemen hanya merupakan langkah pertama. Anda juga perlu untuk melakukan berbagai macam langkah berikutnya. Cara berikutnya yaitu dengan menambah frekuensi makan sampai dengan 5 atau 6 kali. Anda tidak harus selalu memberinya makanan dengan porsi berat. Anda bisa saja memberikan makanan sehat dengan jumlah kalori yang besar.

Menambahkan Suplemen Madu dengan Makanan yang Berkalori Tinggi

Anda bisa saja memberikan sayur atau buah-buahan dengan jumlah kalori yang besar. Beberapa contoh sayur berkalori tinggi yaitu kentang, jagung, kacang-kacangan, biji-bijian, labu, dan lain sebagainya. Beberapa contoh kacang dengan kandungan kalori yang tinggi yaitu kacang kedelai yang mana memiliki kalori sebesar 446 dalam 100 gram kedelai yang dikonsumsi.

Contoh dari biji-bijian dengan kandungan kalori tinggi yaitu biji Bunga matahari dan juga biji wijen. Setiap 100 gram biji bunga matahari yang dimakan, maka akan mendapatkan kalori sekitar 584 kalori. Sedangkan setiap 100 gram biji wijen yang dimakan akan mendapatkan kalori sebesar 573 kalori.

Buah-buahan dengan kandungan kalori yang tinggi adalah alpukat, pisang, pomegranate, dan juga anggur. Hanya saja jumlah kalori dari buah-buahan biasanya lebih kecil dibandingkan dengan sayur-sayuran. Setiap 100 gram dari alpukat, pisang, pomegranate, dan juga anggur secara berturut-turut yaitu 160 kalori, 89 kalori, 83 kalori, dan 67 kalori.

Anda bisa juga memberikan snack dengan jumlah kalori yang tinggi kepada anak Anda, seperti smoothies alpukat dan buah-buahan lainnya. Anda juga bisa saja memberikannya menu sup buah tanpa gula maupun buah-buahan kering.

  1. Hindari Makanan Junk Food

Salah satu makanan tidak sehat yang harus dihindari pada saat ingin menambah berat badan adalah makanan dengan konsep Junk Food. Ada banyak sekali jenis makanan junk food yang mana sangat populer di kalangan anak muda saat ini. Beberapa contohnya adalah burger, kebab, kentang goreng, maupun ayam goreng tepung.

Hindari Makanan Junk Food

Memang orang yang sering mengkonsumsinya akan memperoleh berat badan dengan lebih cepat, hanya saja dalam jangka panjang akan dapat menyebabkan banyak sekali penyakit. Beberapa penyakit yang sering menyerang orang yang mengkonsumsi junk food terlalu banyak maupun sering yaitu kanker, stroke, dan juga serangan jantung.

Beberapa minuman yang harus dihindari juga adalah minuman bersoda dan juga sirup. Anda juga tidak boleh terlalu sering memberikan anak-anak berbagai macam minuman keluaran pabrikan selain dari susu. Kebanyakan dari minuman keluaran pabrik biasanya akan menggunakan pengawet, pewarna, dan bahkan pemanis buatan yang sangat tidak sehat bagi kesehatan.

  1. Kandungan Dalam Madu untuk Anak Kurus

Salah stau cara yang cukup manjur digunakan untuk menambah berat badan anak adalah dengan menggunakan suplemen. Suplemen jenis ini diharuskan untuk mengandung bahan yang alami. Semakin banyak kandungan yang alami, maka hasilnya akan semakin baik untuk jangka panjang sang anak. Bahan-bahan kimia alami biasanya tidak memiliki efek negatif, seperti pada bahan kimia alami.

Salah satu suplemen madu untuk anak kurus yang memiliki kandungan yang alami adalah gizidat. Bahkan, suplemen ini juga ditambahkan dengan berbagai macam bahan alami lainnya, sehingga juga dapat dikonsumsi oleh orang dewasa juga.

Kandungan Dalam Madu untuk Anak Kurus

Beberapa bahan alami tambahan tersebut adalah temulawak dan juga sidat. Kedua bahan tersebut memiliki peranan penting masing-masing di dalam suplemen. Temulawak diketahui sebagai salah satu ramuan tradisional yang sudah teruji dapat menambah nafsu makan bagi orang yang mengkonsumsinya.

Salah satu kandungan dalam temulawak yang dapat menambah nafsu makan adalah curcuma. Ramuan ini memang banyak digunakan dalam suplemen penambah nafsu makan untuk anak-anak maupun orang dewasa. Tak hanya menambahkan nafsu makan, temulawak juga dapat berfungsi sebagai anti-inflammatory yang dapat mencegah terjadinya peradangan.

Berkat sifat anti-inflammatory tersebut, maka temulawak juga dapat berguna untuk merendahkan resiko terkena beberapa penyakit degeneratif dan juga Alzheimer. Kandungan lain yang terdapat dalam suplemen madu untuk anak kurus gizidat adalah sidat.

Sidat sudah dibuktikan memiliki kandungan protein yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan ikan Salmon. Saat ini sidat sudah banyak dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia dan diekspor ke Jepang. Berdasarkan jurnal yang ditulis oleh Ikromatun Nafsiyah dkk. (2018), ikan sidat dengan nama latin Anguilla sp. Mengandung protein sebesar 16,78%. Sedangkan sidat dengan nama latin Anguilla Marmorata mengandung protein sebesar 17,30% Kandungan DHA sidta adalah sebesar 1.337 mg dan ikan salmon hanya sebesar 820 mg untuk setiap 100 gram.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *