Makanan Bayi

Makanan Bayi

Makanan bayi merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh bayi. Di dalam makanan yang dikonsumsi bayi harus mengandung gizi yang lengkap yaitu karbohidrat, protein, gula buah/ fruktosa, lemak, vitamin, air dan juga mineral. Ada beberapa jenis makanan pendamping ASI untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.

Makanan tersebut jika diberikan dengan cara yang tepat, maka akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang bayi termasuk kecerdasannya akan berkembang secara optimal. Karena makanan merupakan faktor pendukung yang utama untuk kecerdasan otak bayi atau balita.

Beberapa Jenis Makanan Bayi Pendamping ASI Terbaik untuk Bayi

Selepas bayi berusia 6 bulan, Kini bayi sudah cukup siap untuk diberikan makanan pendamping selain ASI yang dikonsumsi selama ini. Mengapa harus menunggu 6 bulan? Hal ini dikarenakan sistem pencernaan pada bayi sudah mulai siap untuk menerima jenis makanan dengan tekstur yang lebih padat dibandingkan dengan waktu sebelumnya.

Usia 6 bulan pada bayi memang bukan patokan baku, namun usia ini memungkinkan perut mungilnya dan organ sistem pencernaan lainnya termasuk bagian kerongkongannya telah siap mencerna makanan pendamping ASI yang lebih padat sehingga akan mampu untuk dialirkan hingga ke bagian sisitem pencernaan dengan baik.

Tidak hanya itu, bayi di usia 6 bulan sudah membutuhkan asupan gizi dan nutrisi  dari makanan yang lebih enak dan lebih bervariasi. Itulah, kenapa makanan bayi pendamping ASI sangat dibutuhkan. Nah, kali ini kami akan berbagi tentang jenis makanan untuk bayi pendamping ASI yang dapat Anda coba di rumah.

Jenis Bubur Sehat sebagai Makanan Pendamping ASI

Biasanya banyak bunda yang masih kebingungan dalam memperkenalkan jenis bubur apa yang baik diberikan untuk si buah hati. Untuk itu, berikut ini beberapa daftar bubur bayi yang dapat Anda coba di rumah. Beberapa daftar jenis bubur tersebut diharapkan dapat menjadi solusi agar Anda dapat menyajikan bubur yang lezat dan sehat untuk si buah hati.

  1. Bubur Susu

Bubur yang pertama adalah bubur susu, bubur susu merupakan salah satu jenis makanan yang paling banyak disarankan sebagai makanan pendamping ASI pertama kali. Bubur susu adalah makanan padat yang memang baik diberikan kepada bayi pertama kali. Selain bubur susu ini rasanya lezat, teksturnya juga lembut sehingga sangat cocok untuk diberikan sebagai makanan pertama pendamping ASI.

  1. Bubur Kentang Susu

Jenis bubur yang ke dua adalah bubur kentang susu. Sajian bubur ini sangat cocok untuk diberikan kepada bayi yang baru saja usianya menginjak 6 bulan. Variasi menu makanan pada bayi sangat diperlukan, agar bayi tidak merasa bosan, karena harus mengkonsumsi jenis makanan yang sama secara berulang.

Untuk membuat bubur kentang susu sebenarnya cukup mudah, Anda hanya membutuhkan 50 gram kentang dengan kualitas baik dan dikupas. Setelah itu potong kotak – kotak dan dikukus hingga matang, kemudian sediakan susu formula dan bahan lain.

Cara pembuatannya, haluskan kentang yang sudah dikukus dan dicampur dengan susu formula, lalu haluskan dengan mesin blender sampai halus. Setelah itu, masukkan sisa susu formula dan campur hingga rata. Jika masih ada kentang yang menggumpal, maka kentang harus disaring terlebih dahulu.

  1. Bubur Sayur

Bayi juga perlu mengkonsumsi sayuran, guna menjaga kesehatan bayi dan untuk tumbuh kembang bayi secara optimal. Bubur sayur adalah salah satu jenis makanan sehat yang sangat direkomendasikan untuk bayi usia 6 bulan.

Cara pembuatan bubur sayur juga sangat mudah. Anda hanya membutuhkan brokoli sebanyak 50 gram, kemudian dipotong, dicuci bersih lalu dikukus sampai matang. Setelah matang campur dengan 5 sendok susu formula atau bisa dicampur dengan ASI.

Untuk membuatnya, kedua bahan tersebut Anda haluskan dengan menggunakan blender dan campurkan kembali sisa susu formula dan aduk hingga rata. Sebenarnya untuk sayurannya tidak hanya menggunakan brokoli saja, Anda dapat menggantinya dengan sayuran lain. Hanya saja proses pembuatannya sama.

Jenis Makanan Bayi Terbaik setelah Bubur

Jika bubur merupakan makanan pertama yang harus dikenalkan pada bayi setelah usia 6 bulan. Berikut ini beberapa daftar makanan yang harus diberikan pada bayi setelah bubur. Sehingga balita tersebut dapat mengenal lebih banyak jenis makanan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan asupan nutrisinya.

  1. Labu Kuning

Labu kuning merupakan salah satu buah yang sering diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari makanan manis hingga makanan asin. Tidak jarang, labu kuning juga sering di buat kolak saat bulan ramadhan tiba. Memang rasanya enak, orang dewasa pun sangat menyukainya, bahan makanan yang satu ini juga sangat baik jika diberikan untuk menu makanan untuk bayi.

Selain labu kuning kaya akan serat, labu juga mengandung vitamin C dan A yang berlimpah. Bunda dapat mengolahnya untuk menu makanan untuk bayi dengan cara direbus. Untuk menambahkan rasa pada makanan ini, Anda dapat menambahkan keju rendah garam atau dapat dicampur dengan bahan sayuran lain.

  1. Brokoli

Jenis makanan terbaik yang harus diberikan pada bayi yaitu brokoli. Jenis sayuran yang satu ini memang sudah tidak asing lagi, karena memang sayuran yang satu ini memiliki segudang manfaat dan sangat baik untuk bayi. Kandungan serat, folat dan kalsium yang ada pada brokoli sangat direkomendasikan untuk diberikan pada si buah hati.

Selain itu, brokoli mengandung sulful yang berguna untuk menambah nafsu makan pada bayi. Cara penyajiannya yaitu brokoli dipotong kecil – kecil kemudian dicuci dan direbus hingga matang dan angkat. Jika sudah dingin, silakan berikan menu tersebut pada buah hati Anda. Untuk mengurangi rasa langu pada brokoli, Anda dapat menyiramnya dengan menggunakan air panas selama 2 – 3 menit.

  1. Blueberries

Buah yang memiliki ciri khas berwarna biru tua ini berasal dari flavonoid dan disebut juga anthocyanin. Kandungan anthocyanin ini yang sangat bermanfaat untuk kesehatan bayi khususnya otak, mata dan saluran kemih.

Bunda dapat menyajikan buah yang satu ini dalam bentuk jus atau pure buah yang sehat. Warna buah yang ceria ini dan jika dipadukan dengan buah – buahan lain membuat si kecil tertarik untuk mencicipi buah yang satu ini.

  1. Madu Gizidat

Salah satunya minuman yang sangat disukai oleh anak yaitu madu, karena rasanya yang manis. Minuman dan suplemen anak yang saat ini sangat populer yaitu madu gizidat. Gizidat merupakan formulasi yang diramu dari madu hutan alami yang rasanya lembut serta manis.

Gizidat memiliki kandungan madu yang sangat tepat dan diolah oleh ahli yang berpengalaman dikombinasi dengan nutrisi lain yaitu curcumin, probiotik dan ikan sidat. Gizidat diramu dengan madu hutan dari seluruh pelosok hutan di Indonesia. Madu hutan sendiri memiliki jenis yang lebih banyak dibanding dengan adu ternak yang sering kita temui.

Tentunya madu hutan memiliki kandungan nutrisi yang lebih banyak dibanding madu ternak. Karena jenisnya yang banyak, sehingga madu ini memiliki karakter rasa yang berbeda. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang madu gizidat, bisa dilihat di  https://gizidat.com/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *