Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Memiliki buah hati dengan tingkat kecerdasan tinggi dan kemampuan luar biasa menjadi harapan para orangtua. Selain dengan memberi arahan dan bimbingan pada anak, tingkat kecerdasan anak bisa dibangun mulai dari dalam kandungan. Hal ini berhubungan dengan konsumsi yang dipilih oleh ibu dalam sehari-hari pada masa kehamilan. Pilihan menu makanan ibu hamil agar anak cerdas sendiri bervariasi.

Tergantung pada bagaimana mengolah dan menyajikannya. Terdapat beberapa bahan makanan yang terbukti mampu meningkatkan tingkat kecerdasan anak sejak dalam kandungan. Bahan-bahan tersebut merupakan bahan makanan sehat yang mudah ditemukan dan memiliki cita rasa lezat bila diolah dengan benar.

Bahan Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Tidak sedikit ibu hamil yang sering mengabaikan menu makanan sehari-hari. Fokus dengan menu makanan bersih dan cukup sehat saja, namun tidak memerhatikan kebutuhan asupan yang seharusnya dipenuhi, baik untuk sang ibu, maupun untuk sang bayi dalam perut. Meningkatkan kecerdasan anak sejak anak masih dalam perut sangat bisa dilakukan.

Bahan Makanan Ibu Hamil Agar Anak Cerdas

Caranya dengan memilih konsumsi makanan yang terbuat dari bahan-bahan sehat berikut ini.

  1. Sayuran Hijau

Beragam sayuran hijau seperti bayam, lentil, sawi hijau, pak coy, dan semacamnya bisa dipilih sebagai menu sayuran sehari-hari bagi ibu hamil. Sayuran hijau kaya akan asam folat yang mana memiliki manfaat bagi bayi dalam kandungan yaitu menghindari kerusakan jaringan, menghindari terjadinya cacat tabung saraf, dan menghindari bayi mengalami cacat pada organ jantung.

  1. Ikan Salmon

Seperti yang kita ketahui, ikan salmon merupakan salah satu ikan yang memiliki manfaat lebih dari ikan lainnya. Tidak heran bila ikan salmon dicap sebagai makanan sehat dan cocok dipilih untuk menu makanan ibu hamil. Ikan salmon tinggi akan Omega 3 atau asam lemak sehat yang tidak bisa diproduksi oleh tubuh kita.

Ikan salmon

Sehingga untuk bisa memenuhi kebutuhan asam lemak sehat tersebut, perlu mengkonsumsi asupan tambahan seperti salmon. Selain salmon, tiram juga bisa menjadi pilihan berikutnya. Jangan lupa perhatikan cara mengolah ikan salmon yang benar, konsumsilah dalam bentuk matang.

  1. Telur Ayam

Telur ayam yang bersih dan telah di-pasteurisasi bisa menjadi makanan sehat ibu hamil karena mengandung banyak asam amino dalam bentuk kolin yang mana membantu dalam perkembangan otak bayi. Telur ayam juga dapat meningkatkan memori atau daya ingat bayi. Ibu hamil bisa konsumsi telur ayam dalam bentuk rebus.

  1. Blueberry/Berrys Fruits

Buah-buahan merupakan makanan bernutrisi dan kaya vitamin, cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Meski begitu ada beberapa jenis buah yang lebih baik dihindari karena alasan tertentu. Jenis buah yang lebih baik dikonsumsi rutin ibu hamil ialah Berrys Fruits seperti Blueberry.

Blueberry/Berrys Fruits

Jenis buah ini mengandung antioksidan yang tinggi, memaksimalkan perkembangan kognitif bayi. Tingginya antioksidan juga mampu menangkal radikal bebas dan membawa kesehatan bagi ibu hamil.

  1. Kacang Almond

Satu jenis kacang yaitu kacang almond bisa menjadi camilan lezat dan sehat bagi ibu hamil. Kacang almond mengandung lemak sehat, Omega 3, Vitamin E, Protein, dan Magnesium. Kandungan-kandungan tersebut dapat membantu mengembangkan kecerdasan otak bayi.

Selain itu, mengkonsumsi segenggam kacang almond panggang setiap hari (6-8 butir) membuat kulit ibu hamil lebih sehat, halus, mengurangi kerutan, dan lebih bersih.

  1. Kismis

Kismis

Camilan sehat dan disarankan bagi ibu hamil ialah kismis. Kismis mengandung zat besi yang membantu melancarkan aliran oksigen ke otak. Kismis bisa menjadi makanan ibu hamil agar anak cerdas dalam bentuk camilan dalam menjaga kadar gula darah.

  1. Biji dan Kacang-Kacangan

Biji dan kacang-kacangan dapat dijadikan menu pelengkap atau pun cemilan sehari-hari. Contohnya menambahkan biji-bijian ke dalam nasi, atau memasukan kacang-kacangan dalam sajian sereal. Biji labu salah satunya, jenis biji ini kaya kandungan zinc yang mampu membangun struktur otak bayi sehingga memaksimalkan pemrosesan informasi secara lebih kognitif.

Begitu juga dengan kacang-kacangan. Zat besi di dalamnya dapat mengangkat oksigen ke sel-sel saraf otak bayi.

  1. Susu

Konsumsi susu bagi ibu hamil merupakan sebuah rutinitas yang banyak disarankan oleh para ahli kesehatan. Makanya banyak sekali produk susu ibu hamil yang beredar di pasaran. Mengonsumsi susu ketika masa kehamilan akan meningkatkan perkembangan fungsi kognitif dan menjaga masa perkembangan otak bayi.

Susu murni

 

Selain itu tentu saja akan membuat kondisi tubuh ibu lebih sehat, serta beberapa kebutuhan terpenuhi. Susu tinggi akan zat besi dan vitamin. Sebagian produk susu khusus ibu hamil juga dilengkapi kandungan-kandungan sehat lainnya.

  1. Makanan Organik

Para ibu hamil disarankan memilih makanan-makanan organik yang mana lebih aman dan sehat. Makanan organik juga lebih terjamin bebas dari zat kimia yang biasanya menempel dan secara tidak langsung terkandung dalam makanan biasa. Contohnya pada sayuran biasa yang umumnya terdapat peptisida.

Makanan organik lebih mudah diolah karena tidak butuh proses panjang. Meski begitu, kandungan-kandungan sehat di dalamnya masih terjaga dengan sempurna.

  1. Suplemen dan VItamin Tambahan Gazidat

Tidak sedikit para ibu hamil memiliki keterbatasan dalam memenuhi kebutuhan makanan sehat. Apalagi bila ibu hamil punya kesibukan atau masih aktif bekerja. Belum lagi untuk mengkonsumsi beragam makanan sehat butuh usaha lebih.

Suplemen dan VItamin Tambahan Gazidat

Untuk mengatasinya, ibu hamil bisa konsumsi suplemen dan vitamin tambahan agar kebutuhan terhadap asupan sehat dapat terpenuhi. Seperti konsumsi Gazidat sebagai suplemen dan vitamin tambahan yang bisa dikonsumsi oleh keluarga.

Gazidat terbuat dari bahan-bahan alami dengan manfaat luar biasa. Empat bahan utamanya yaitu sidat, madu hutan murni, temulawak, dan probiotik mampu melengkapi kebutuhan gizi serta nutrisi keluarga.

Selain dengan konsumsi berbagai makanan ibu hamil agar anak cerdas sehari-hari, para ibu hamil juga bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Hindari Konsumsi Alkohol

Ibu hamil wajib menghindari konsumsi alkohol yang sudah jelas bisa memberi risiko berbahaya seperti keguguran.

  • Hindari Rokok (Aktif dan Pasif)

Merokok ketika sedang hamil akan meningkatkan risiko kelahiran cacat pada bayi. Baik sebagai perokok aktif, maupun perokok pasif. Maka sangat disarankan ibu hamil menghindari lingkungan yang ditinggali perokok aktif.

  • Selalu Menjaga Kebersihan

Selalu Menjaga Kebersihan

Orang biasa saja wajib menjaga kebersihan, apalagi ibu hamil. Dengan menjaga kebersihan, berarti mencegah berbagai penyakit menyerang pada tubuh, termasuk pada bayi dalam kandungan.

  • Menjaga Berat Badan

Walau pada umumnya berat badan ketika hamil bisa melonjak naik drastis, namun tetap saja para ibu hamil wajib menjaga berat badannya. Tidak terlalu tinggi, tetapi tidak juga terlalu rendah atau di bawah angka standar.

  • Rutin Check Up ke Dokter

Terakhir, usahakan setiap bulannya melakukan check up atau control ke dokter kandungan untuk memeriksa perkembangan janin dan bayi dalam perut. Tidak hanya bayi, tetapi kondisi kesehatan ibu juga sangat penting. Pastikan ibu dan bayi selalu dalam keadaan sehat dan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *