Makanan Penambah Berat Badan Anak

Makanan Penambah Berat Badan Anak

Berat badan anak menjadi salah satu hal yang mengkhawatirkan bagi orang tua, terlebih jika si anak memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan rata-rata umurnya. Banyak cara untuk mengatasi hal tersebut, salah satunnya dengan mengonsumsi makanan penambah berat badan anak.

Akan tetapi, untuk memberikan makanan penambah berat badan bagi si kecil sebaiknya diperuntukkan bag anak-anak yang memiliki bobot berat badan yang kurang. Ini bukanlah hal yang sepele, karena berat badan yang optimal dapa membuat tumbuh kembang si kecil juga menjadi maksimal., selain itu pemberian makanan ini juga harus hati-hati.

Tips Memilih Makanan Penambah Berat Badan Anak

Meskipun berat badan anak masih kurang atau belum masuk pada rata-rata berat badan anak sesuai dengan umurnya, bukan berarti orang tua bebas memberikan makanan berkalori tinggi yang tidak sehat, seperti permen, cokelat, kue hingga minuman manis. Beberapa makanan ini justru bisa berdampak pada pertumbuhan berat badan.

Tips Memilih Makanan Penambah Berat Badan Anak

Menurut Departement of Healtd and Social Care (DHSC) Inggris, terdapat beberapa aturan makanan yang harus diperhatikan agar penambahan berat badan anak berjalan dengan sehat. Konsumzi gizi seibang diperlukan karena memiliki peran vital pada aspek perkembangan lain, berikut beberapa aturan tersebut.

  • Konsumsi lima porsi variasi buah dan sayuran setiap hari.
  • Tambah makanan berkarbohidrat, seperti kentang, roti, nasi hingga pasta.
  • Konsumsi susu cair alternatif, seperti susu kedelai dan yogurt, pilih yang rendah lemak dan gula.
  • Konsumsi ikan, telur, daging dan protein lain, selama seminggu minimal sebanyak dua porsi.
  • Kurangi konsumsi minyak atau makanan lemak jenuh.
  • Perbanyak asupan cairan berkisar 6 hingga 8 gelar perhari.
  • Konsumsi vitamin sebagai pelengkap asupan makanan yang direkomendasikan.

Jenis Makanan Penambah Berat Badan Anak Plus Vitamin

  1. Kaya Protein 

    Kaya Protein

Makanan seperti ikan, kacang-kacangan dan telur sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Protein dapat membantu tumbuh kembang otot anak, selain itu ikan merupakan menu yang kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk perkembangan otak.

  1. Karbohidrat Tinggi

Jenis makanan berkarbohidrat tinggi sangat banyak dan sangat disarankan dikonsumsi oleh anak, salah satunya adalah biji-bijian utuh karena tinggi serat dan baik untuk pencernaan, mampu membuat anak kenyang lebih lama.

Karbohidrat Tinggi

Jika tak terbiasa, maka nasi merupakan pilihan yang sangat tepat. Namun, harus dengan pengolahaan yang tepat, hindari konsumsi nasi goreng karena seringkali kaya akan kalori dan lemak jenuh yang tidak sehat bagi tumbuh kembang serta berat badan anak.

  1. Oeatmeal

Oeatmeal

Para orang tua juga dapat memasukan oatmeal ke dalam daftar makanan penambah berat badan anak. Oatmeal pada umumnya kaya akan serat, vitamin dan mineral. Selain itu, mengonsumsi oatmeal juga dapat divariasikan dengan makanan lain seperti buah, atau juga dapat dikombinasi dengan susu.

  1. Susu Murni dan Keju

Mengonsumsi susu murni dan keju sangat dianjurkan untuk para anak, orang tua harus memanfaatkan dua jenis makanan ini bagi pertumbuhan tinggi anak. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa susu yang dikonsumsi harus susu yang rendah lemak jenuh, kedua jenis makanan ini baik untuk pertumbuhan tulang.

Susu Murni dan Keju

Susu murni sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh para anak-anak, khususnya bagi mereka yang kekurangan berat badan. Susu murni memiliki komponen penting yang berguna bagi pertumbuhan tinggi anak, yakni kaya akan kalsium dan juga lemak baik.

  1. Daging Merah

Daging meah merupakan sumber zat besi dan lemak, kedua komponen ini sangat dibutuhkan anak yang tengah dalam masa pertumbuhan. Akan tetapi, para orang tua jangan asal dalam memilih daging yang akan dikonsumsi ini, daging sapi dan daging domba sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi.

Daging Merah

Selain itu, para orang tua juga harus menghindari memasak daging dari olahan yang diawetkan. Hal ini dikarenakan daging tersebut pada umumnya telah mengandung bahan dan campuran yang membahayakan bagi kesehatan anak, khususnya bagi anak yang tengah dalam masa pertumbuhan.

  1. Pisang

Selain jenis buah-buahan yang sehat, perlu Anda ketahui bahwa pisang mengandung lebih dari 100 kalori. Pisang mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan sebagai makanan penambah berat badan anak yang sehat, buah ini kaya akan karbohidrat, kalium, serat makanan, vitamin C dan B6.

Pisang

Konsumsikan pisang pada anak saat umur mereka masih 8 bulan. Selain itu, kreasi makanan pisang dapat dijadikan kue atau pancake, kemudian pada saat anak berusia 1 tahun, pisang dapat diberikan dalam olahan makanan yang kreatif dan variatif.

  1. Kentang

Kentang juga salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai penambah tinggi badan anak, para orang tua harus memberi konsumsi kentang pada anak mereka setelah berusia 6 bulan, hal ini dikarenakan kentang merupakan salah satu makanan sumber karbohidrat.

Kentang

Selain itu, kentang mengandung vitamin C, vitamin B6, fosfor dan mangan. Kandungan gizi yang baik dapat meningkatkan berat badan anak, konsumsi kentang juga dapat dilakukan dengan mudah karena tekstur makanan ini cenderung lembut.

  1. Vitamin Gizidat

Vitamin yang cocok untuk tumbuh kembang anak khususnya yang membantu pertumbuhan berat badan anak adalah Gizidat. Apa itu gizidat? Gizidat merupakan vitamin untuk penambah berat badan anak yang terbuat dari 3 bahan pilihan yang baik bagi perkembangan anak.

Gizidat memiliki 3 kandungan bahan alami, diantaranya madu hutan alami, kurkumin, dan sidat. Tiga bahan ini mampu memberikan gizi terbaik bagi anak khususnya bagi tumbuh kembang dan berat badan anak.

Seperti madu hutan alami yang memberi nutrisi maksimal dari lebah-lebah liar, selain itu juga keanekaragaman hayati hutan tropis Indonesia. Kemudian, kurkumin atau juga dikenal dengan nama temulawak memiliki fungsi yang sangat penting.

Vitamin Gizidat

Kurkumin merupakan bahan yang sudah dipercaya selama ratusan tahun di Tanah Air yang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan buah hati Anda, selain itu temulawak juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak.

Terakhir adalah ikan sidat, ikan air tawar yang kaya akan protein. Protein ikan sidat mulai dikenal luas karena memiliki kandungan protein yang tinggi melebih ikan salmon di Norwegia. Bahkan, ikan ini menjadi komoditas eksport favorit yang dikirim ke Jepang.

Salah satu efek samping yang ditimbulkan ketika buah hati Anda mengonsumsi vitamin Gizidat adalah bertambahnya berat badan. Gizidat memang sangat cocok diepruntukan bagi anak yang memiliki berat badan yang tidak sesuai dengan umurnya atau kekurangan berat badan karena sakit.

Meski demikian, apabila mengonsumsi gizidat secara rutin dan teratu maka vitamin ini juga dapat mendorong perbaikan anak akan ketergantungan obat kimia. Gizidat mampu merangsang bertambahnya berat badan karena membuat anak memiliki nafsu makan yang optimal.

Secara perlahan, peningkatan nafsu makan yang teratur akan menambah berat badan secara berangsur, khasiat Gizidat ini memberi banyak kesembuhan dan dampak positif yang langsung dirasakan oleh tubuh anak Anda, jadi tunggu apalagi segera konsumsikan Gizidat untuk anak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *