Makanan Penambah Berat Badan Bayi 15 Bulan

Makanan Penambah Berat Badan Bayi 15 Bulan

Pada prinsipnya, orang tua bisa memberikan makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi. Namun, faktanya kalori saja tidak cukup, harus dilengkapi dengan kandungan nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, zat besi, lemak, dan mineral. Sebuah studi mengatakan pada tahun – tahun pertama asupan nutrisi mulai sangat dibutuhkan. Untuk itu berikan makanan penambah berat badan bayi 15 bulan.

Anda sebagai orang tua bisa mengukur berat badan dan panjang tubuh anak untuk mengetahui pertumbuhannya. Dengan pertumbuhan yang dialami oleh bayi tentu ketergantungan terhadap orang lain akan berkurang dengan keterampilan yang dimiliki. Untuk itu, penting bagi orang tua untuk mempertahankan nafsu makan yang dimiliki anak dengan memberikan makanan yang bervariasi.

Makanan Balita 15 bulan

1. ASI

ASI dapat mempercepat pertumbuhan yang akan dialami oleh bayi. Sebuah penelitian mengatakan bahwa bayi yang diberi ASI memiliki perkembangan kognitif yang baik dibanding yang tidak diberikan ASI. Selain itu juga bayi juga dapat memiliki daya tahan tubuh yang baik karena terkandung protein yang mampu melindungi bayi dari kuman dan bakteri yang dapat menyerang kapan dan dimana saja.

ASI

Pemberian ASI terhadap bayi sangatlah penting mengingat memberikan banyak manfaat. Lalu susu eksklusif ini hanya bisa didapatkan dari ibu kandung dari anak tersebut langsung. Salah satu keuntungan pemberian ASI kepada anak balita adalah mampu memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan. Penting memberikan ASI sampai anak berusia 2 tahun ke atas yang ditemani Mpasi.

2. Alpukat

Alpukat menjadi salah satu buah yang bagus sebagai asupan pendamping untuk anak usia 15 bulan ke atas. Karena selain kaya manfaat, alpukat juga memiliki tekstur yang lembut dan halus tanpa ada yang kasar sedikit pun. hal ini penting mengingat balita khususnya masih sangat muda memiliki pencernaan yang belum begitu kuat dan baik sehingga harus diperhatikan makanan yang di konsumsi.

Alpukat

Buah satu ini menjadi sumber protein yang baik dan juga mengandung karbohidrat yang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan buah lain. memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang bagus untuk perkembangan otak dan menentukan kecerdasan anak nantinya. Tentu saja dengan mengkonsumsi alpukat dapat membantu memenuhi asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anak

3. Telur

Telur juga memiliki manfaat yang baik untuk bayi, pada pemberian makannya anda harus memperhatikan usia dari sang anak. Setidaknya harus 15 bulan dan juga perhatikan pemberian putih telurnya. Karena putih telur memiliki potensi untuk terkena alergi. Anda bisa berikan kuning telur pada bayi karena mengandung seluruh vitamin A, D, dan E hanya dari sebutir telur saja.

Telur

Salah satu manfaat memberikan telur kepada bayi adalah mampu memberikan perkembangan otak yang baik karena mengandung kolin. selain itu juga bisa menjadi sumber energi dan pertumbuhan tulang yang baik bagi anak karena mengandung banyak vitamin D dan kalsium. Memiliki ketahanan tubuh yang baik juga bisa di dapatkan sebab mengandung mineral, seperti zat besi, zinc dan selenium.

4. Pepaya

Pemanfaatan buah – buahan untuk menjaga kesehatan tubuh sudah sejak lama diterapkan. Tidak hanya orang dewasa, buah juga bisa memberikan nutrisi yang baik pada anak bayi. Contohnya pepaya yang memiliki fungsi utama melancarkan pencernaan karena mengandung serat papain. Anda bisa memberikan buah ini secara bertahap dari mulai ukuran yang akan di konsumsi oleh sang anak.

Pepaya

Selain itu pepaya juga mengandung Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata hal ini penting dilakukan mengingat mata adalah salah satu organ vital pada tubuh yang memiliki peran penting.  Tentu saja hal ini memberikan keuntungan tersendiri bagi orang tua karena tidak hanya dari ASI saja tapi juga dari buah – buahan yang di konsumsi bisa menambah kesehatan dalam tubuh, termasuk mata bayi anda.

5. Kerang

Sejak umur bayi anda 9 bulan sudah boleh mengkonsumsi makanan yang biasa di makan oleh orang dewasa. Hal ini karena pencernaan yang dimilikinya sudah termasuk baik sehingga tidak akan menimbulkan masalah. Untuk memperkenalkan pada anak, anda bisa memberikan satu jenis kerang saja di setiap makanannya. Jangan menawarkannya langsung, tapi campurkan dengan bubur bayi.

Kerang

Hal penting selanjutnya adalah kondisi kerang harus benar – benar matang. Karena tidak hanya untuk balita saja, tetapi orang tua juga tetap bisa dengan mudahnya terjangkit penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri dari dalam kerang yang belum matang. Setiap bayi akan mengalami reaksi yang berbeda setiap memakannya, tugas orang tua hanyalah mengatur dan mengurangi jumlah asupan.

6. Selai kacang

Dengan mengkonsumsi selai kacang, anda bisa mencegah alergi terhadap segala hal yang berhubungan dengan kacang dalam bentuk apapun. Disarankan untuk memberikan makanan penambah berat badan bayi 15 bulan dalam kondisi yang sangat halus. Di beberapa produk masih ada selai kacang yang tidak begitu halus yang memberikan dampak buruk tersedak atau sebagainya.

Selai kacang

Anda bisa memberikan selai kacang dengan ukuran setengah sendok teh. Jika masih merasa kesulitan juga anda bisa campurkan selai kacang dengan air hangat supaya teksturnya lebih mudah ditelan. Atau bisa juga mencampurkannya dengan makanan yang sudah bisa di konsumsi bayi, seperti bubur atau biskuit. Hal yang paling penting jangan sampai buat bayi tersedak apalagi sampai mengganggu napas.

7. Kembang kol

Sama halnya dengan sayuran hijau lainnya, kembal kol bukanlah menjadi pilihaan yang tepat sebagai sayuran pertama yang di konsumsi oleh anak balita. Walaupun anak sudah berusia 15 bulan, tapi orang tua bisa kenalkan sayuran ini lebih cepat beberapa waktu. Jangan memaksakan untuk menambahkan kembang kol sebagai bahan utama makanan bayi jika memiliki masalah di pencernaannya.

Kembang kol

Dengan mengkonsumsi kembang kol, balita bisa mendapatkan banyak vitamin A, vitamin C, tiamin, folat, lutein, Vitain B6, kalium, sodium, kalsium, fosfor, magnesium dan juga zat besi. Selain merebusnya, anda juga bisa mencampurkannya ke dalam makanan yang biasa di konsumsi oleh anak, contohnya bubur.

8. Suplemen Gizidat

Selain hal penting yang berkaitan dengan makanan yang dapat membuat anak sehat, ternyata ada satu lagi produk yang bisa memberikan manfaat lebih, yaitu Gizidat. Merupakan suplemen yang memiliki banyak manfaat yang bisa di konsumsi oleh anak yang berusia 1 tahun. Gizidat berbahan dasar madu yang dipadukan dengan ikan sidat serta probiotik yang baik untuk tubuh anak anda.

Suplemen Gizidat

Selain memberikan manfaat nafsu maka yang baik. Gizidat juga bisa menjadi pelengkap makanan penambah berat badan bayi 15 bulan yang agar sulit untuk menemukan makanan yang cocok dengannya. Yaitu dengan cara menuangkan ke makanan yang biasa di konsumsi dengan jumlah yang cukup. Selain itu pemberikan Gizidat bisa rutin dilakukan untuk memberikan efek baik pada sang anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *