Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Secara Benar

Makanan Penambah Berat Badan Bayi Usia 9 Bulan Secara Benar

Tidak hanya mengalami hal kekurangan gizi saja, tapi juga masalah pada berat badan bisa membuat orang tua khawatir. Berbeda dengan kondisi awal dilahirkan memang akan terus berkembang setiap waktunya. Kurangnya asupan dan terkena penyakit menjadi faktor memiliki masalah berat badan. Untuk itu anda bisa memberikan makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan secara benar.

Di masa ini tergolong penting, karena pada umur 9 bulan bayi sedang mengalami perubahan yang meningkat dari segi fisik atau pun kecerdasan. Tentu saja untuk mengolah keterampilan motorik salah satunya. Sudah mulai memiliki keaktifan juga bisa menjadi penyebab turunnya berat badan karena di masa ini bayi sedang banyak – banyaknya memiliki aktivitas yang berbeda dari hari sebelumnya.

Cara meningkatkan berat badan pada bayi 9 bulan

1. Tetap memberikan ASI

Pemberian ASI terhadap anak adalah wajib, karena selain dari ASI anak akan kesulitan mendapat kandungan nutrisi yang sama. Selain itu juga juga ASI merupakan sebuah bentuk dari keistimewaan yang tidak dapat anak dapatkan kapan pun dan dari siapa pun. salah satunya karbohidrat yang dapat mengurangi kadar bakteri buruk dalam perut di saat bayi masih belum baik dalam hal mencerna.

Tetap memberikan ASI

Selain itu juga terdapat lemak yang baik untuk penyerapan vitamin utama tertentu dan sumber utama kalori, perkembangan otak, dan saraf. Dan yang jelas mengandung mineral untuk menunjang tumbuh kembang bayi dalam beberapa tahun ke depan.

2. Berjemur di pagi hari

Dengan menjemur bayi di pagi hari akan mendapatkan banyak manfaat. Salah satunya adalah vitamin D yang baik untuk tulang dan gigi. Selain itu juga dapat meningkatkan kadar serotonin yang membantu memberikan dampak baik bagi pencernaan anak. Dengan adanya  zat ini dapat memberikan rasa nyaman dan bahagia bagi siapa pun, termasuk anak bayi.

Berjemur di pagi hari

Tidak kalah penting meningkatkan kadar insulin yang mampu mencegah diabetes dan hal – hal yang dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya. Lalu mempercepat pembekuan darah karena selain vitamin D, juga bisa mendapatkan Vitamin K yang baik untuk proses penyembuhan.

3. Mengatur pola makan

Tahap ini bisa menjadi sangat penting, karena di masa ini anak akan mulai dikenalkan dengan makanan pendamping. Misalnya memberi makan buah atau sayur 3 kali sehari dengan jumlah yang bertahap, lalu pada makan malam dan sarapan. Tidak lupa juga untuk memberikan ASI supaya gizinya terpenuhi. Memang tidak ada aturan dalam polanya, tapi usahakan mengandung karbohidrat dan protein.

Mengatur pola makan

Disini protein sangat dibutuhkan, karena kadungan zat besi  dapat memperngaruhi perkembangan otak dan juga kecerdasan anak. Sehingga seiring berjalannya waktu kebutuhan ASI akan berkurang saking sudah banyak mengenai makanan pendamping.

4. Asupan gizi yang seimbang

Selain berpengaruh pada pertumbuhan yang sehat, bayi dengan asupan gizi yang seimbang juga menjadi langkah awal untuk pola hidup yang sehat. Karena mulut bayi memiliki diameter yang kecil, pastikan dalam setiap suapan sudah dalam kondisi padat pada makanan yang anda berikan. Berbeda dengan orang dewasa, bayi hanya membutuhkan kandungan lemak sehat dan serat yang rendah.

Menu makanan yang bervariasi

Walaupun serat memiliki manfaat yang baik, tapi dengan mengkonsumsi banyak serat bisa membuat bayi cepat kenyang. Sehingga akan sulit untuk menerima asupan yang berenergi dan juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Tidak ketinggalan juga makanan yang diberikan dalam kondisi matang.

5. Menu makanan yang bervariasi

Baik itu untuk orang dewasa sekalipun, memiliki pilihan dalam membedakan makanan yang di konsumsi setiap hari juga penting. Karena dengan cara ini bisa membuat nafsu makan menjadi meningkat. Usahakan setelah memberi makan yang utama, tidak lupa juga untuk memberikan makanan penutup. Sebagai contoh memvariasikan daging merah, ikan, daging ayam, dan buah.

Asupan gizi yang seimbang

Tidak masalah masih dalam jenis yang sama, karena setiap makanan yang diberikan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda walaupun jenisnya sama. Dengan begitu sangat penting memberikan makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan anak anda beragam makanan dari orang tua.

6. Memberikan vaksin

Vaksin atau imunisasi sangat penting bagi anak, khususnya yang masih balita. Karena fungsi utamanya adalah untuk mencegah penyakit masuk ke dalam tubuh. Dengan proses vaksin ini sang anak akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat dibanding mereka yang tidak. Pemberian vaksin juga sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 42 tahun 2013 yang wajib dilakukan orang tuanya.

Memberikan vaksin

Jika tidak melakukan vaksin, tidak menutup kemungkinan bahwa anak akan terserang penyakit menular. Selain itu juga bisa terserang penyakit komplikasi yang berbahaya. Baik itu kecacatan sampai kematian bisa saja terjadi kapan pun. hal utama mengapa ini bisa terjadi karena tubuh anak tidak diperkuat dengan sistem pertahanan yang baik sehingga tidak bisa mendeteksi penyakit yang datang.

7. Kurangi pemberian camilan

Walaupun sudah bisa makan makanan orang dewasa, tetapi ini hanya bersifat sebagai pendamping. Begitu juga dengan camilan, meskipun rasanya manis, tapi tidak semua camilan bisa di konsumsi oleh anak. Salah satu camilannya adalah permen rasa buah, karena mengandung gula sakarin yang tinggi sehingga rasanya sangat manis. Meskipun dari buah asli, alangkah baiknya jika diberi buahnya saja.

Kurangi pemberian camilan

Karena rasa manis yang terkandung dalam buah memiliki kandungan manis alami yang baik. Selanjutnya ada biskuit yang memiliki rasa manis sampai asin. Biskuit asin mengandung asupan sodium yang berlebih sehingga secara perlahan dapat merusak otak. Untuk itu, untuk mencegah hal buruk terjadi, anda bisa membuat camilan sendiri dengan takaran yang sesuai dengan usia anak anda.

8. Mengkonsumsi suplemen Gizidat

Dan cara yang terakhir adalah dengan memberikan suplemen bernama Gizidat. Apa itu Gizidat? Apa Manfaatnya?. Gizidat merupakan sebuah formulasi yang dibuat dari madu hitan alami yang memiliki rasa lembut pada mulut anak. Tidak hanya madu, tapi juga dipadukan dengan nutrisi lain seperti ikan sidat, curcumin dan probiotik. 3 bahan utama ini tentu saja bisa memberikan banyak manfaat.

Mengkonsumsi suplemen Gizidat

Salah satunya pada ikan sidat memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, dengan adanya kombinasi dengan madu tentu saja mampu menghasilkan nutrisi terbaik. Dengan mengkonsumsi ikan sidat juga bisa membantu pertumbuhan otak dan juga organ sensitive serta meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak ketinggalan juga mampu meningkatkan kemampuan pencernaan anak sehingga lebih baik lagi.

Selama anak anda tidak memiliki pantangan dalam hal apapun dan masih dalam pengawasan yang benar tentu hal yang buruk seperti masalah berat badan tidak akan terjadi. Tapi dengan memberikan Gizidat bisa menjadi makanan penambah berat badan bayi usia 9 bulan secara benar. Karena terbuat dari bahan pilihan yang sudah mengalami proses panjang dan juga hasilnya telah terbukti ampuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *