Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Makanan Penambah Berat Badan Bayi

Melihat tubuh anak yang lebih kecil dan kurus dibandingkan dengan bayi seusianya, pasti akan langsung membuat orangtua merasa cemas. Berbagai cara pun kemudian dilakukan supaya berat badan anak bisa naik dan berada di angka normal. Salah satu jalan yang banyak ditempuh biasanya adalah dengan memberi makanan penambah berat badan bayi, dan juga memberikan vitamin.

10 Makanan Penambah Berat Badan Bayi Paling Ampuh

Sebagai orangtua, pastinya Anda ingin memastikan kalau bayi tumbuh dengan sehat dan sempurna. Apalagi, menjaga asupan gizi anak merupakan tanggung jawab penuh dari orangtua. Jadi, sudah seharusnya Anda khawatir ketika melihat proses pertumbuhan anak terhambat. Misalnya saja karena berat badan yang tidak proporsional untuk anak seusinya.

Di bawah ini adalah beberapa referensi makanan untuk bayi supaya berat badannya cepat naik:

1. ASI

ASI

Untuk bayi usia 0 – 6 bulan, pastikan mendapatkan suplai ASI yang cukup. Selain itu, ASI juga kaya akan kandungan gizi serta nutrisi, yang memang sangat dibutuhkan oleh bayi. Untuk bisa memproduksi ASI berkualitas, para Ibu juga sebaiknya menjaga pola makan dan memilih makanan yang di konsumsi. Jadi, jangan sembarangan dalam memilih makanan.

2. Susu Formula

Susu Formula

Bagi Ibu yang memiliki keterbatasan, karena ASI tidak bisa atau sulit keluar. Bisa mencari alternatif solusi lain, yaitu dengan memberikan susu formula kepada bayi. Disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum asal membeli susu. Karena mungkin saja bayi Anda memiliki alergi pada beberapa bahan susu formula yang dijual.

3. Ayam

Ayam

Untuk bayi dengan rentang usia 8 bulan ke atas, maka Anda sudah bisa memberikan ayam kepada anak. Daging ayam terkenal kaya akan Vitamin B6, Vitamin B12, protein, magnesium, niasin, dan kolesterol baik. Yang mana memiliki manfaat untuk menambah berat badan bayi. Untuk bayi berusia di bawah 8 bulan, bisa diatasi dengan memberi kuah kaldu ayam.

4. Kuning Telur

Kuning Telur

Kuning telur mengandung protein yang sangat tinggi dan berguna untuk mendukung tumbuh kembang anak. Dengan mengkonsumsi kuning telur secara teratur, maka akan mempercepat kenaikan berat badan bayi. Perlu diperhatikan, sebaiknya makanan ini diberikan kepada bayi dengan usia di atas 8 bulan. Selain itu, perhatikan juga reaksi yang ditimbulkan.

5. Pisang

Pisang

Untuk bayi berusia 6 bulan ke atas, Anda bisa mulai memberikan pisang kepada anak. Anda bisa mengolahnya menjadi bubur pisang sehingga lebih mudah ditelan dan dicerna. Pisang mengandung Vitamin B6, Vitamin C, serat, kalori, dan juga kalium yang dapat merangsang tumbuh kembang anak. Sehingga berat badan juga akan naik secara bertahap.

6. Keju

Keju

Kaya akan kandungan lemak baik, keju bisa dijadikan sebagai alternatif solusi makanan penambah berat badan bayi. Disini, keju dapat di modifikasi sehingga bisa dijadikan camilan bayi. Selain itu, mengkonsumsi keju secara teratur juga dapat membantu meningkatkan jumlah kalori dalam tubuh bayi. Sehingga badan juga cepat gemuk.

7. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun

Untuk bayi usia 0 – 6 bulan, maka Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun atau olive oil yang lebih mudah dicerna. Kandungan lemak di dalam zaitun akan membantu merangsang tumbuh kembang bayi, sehingga berat badannya bertambah. Cara menyajikan olive oil ini adalah dengan dicampurkan bersama bubur bayi, jadi sangat mudah dan praktis.

8. Alpukat

Alpukat

Selain memiliki rasa khas yang enak, alpukat juga mengandung serat dan lemak yang berfungsi untuk membantu menambah berat badan, khususnya pada bayi. Anda sudah bisa memberikan bubur atau jus alpukat kepada bayi usia di atas 6 bulan. Untuk hasil lebih maksimal, sebaiknya berikan anak alpukat secara teratur.

9. Ubi Jalar

Ubi Jalar

Selain murah dan mudah diolah, ubi jalar juga berkhasiat untuk menambah berat badan pada bayi. Kandungan serat, lemak jenuh, Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin C, kalium, dan magnesium di dalam daging ubi jalar juga sangat baik untuk tubuh. Umbi ini dapat diberikan kepada bayi berusia 6 bulan ke atas, dengan cara dibuat bubur, dan sebagainya.

10. Selai Kacang

Selai Kacang

Makanan jenis ini hanya dapat diberikan kepada bayi dengan usia minimal 10 bulan. Kaya akan kandungan protein dan kolesterol, selai kacang dapat membantu menambah berat badan bayi dalam waktu cepat. Untuk anak usia 1 tahun ke atas, selai kacang dapat disajikan dengan makanan lain seperti roti tawar.

11. Kentang

Kentang

Makanan penambah berat badan bayi yang lainnya adalah kentang. Umbi satu ini dapat mulai di konsumsi oleh bayi berusia di atas 6 bulan. Kentang kaya akan karbohidrat, Vitamin B6, Vitamin C, mangan, dan fosfor yang berfungsi meningkatkan berat badan pada bayi. Anda bisa menyajikannya dengan cara membuat bubur kentang.

12. Oat

Oat

Selain memiliki kandungan serat yang tinggi, oat juga mengandung magnesium, zat besi, tiamin, seng, dan fosfor. Oat dapat menjadi alternatif sarapan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Apalagi, oat juga mudah dicerna. Cara membuatnya juga sangat mudah, masak oat, kemudian disaring dan diberikan kepada bayi. Bisa juga dicampurkan ASI.

13. Ikan Salmon

Ikan Salmon

Ikan salmon kaya akan kandungan omega tiga, dan Vitamin D yang sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan anak. Selain itu, kandungan merkuri dalam salmon juga sangat rendah, jadi aman di konsumsi anak. Untuk bayi berusia di bawah 8 tahun, maka bisa membuat bubur salmon, atau direbus dan ambil kaldunya kemudian dicampurkan dengan ASI.

14. Sayuran Hijau

Membiasakan bayi mengkonsumsi sayuran hijau sejak dini dapat memberikan banyak manfaat positif untuk anak. Selain mendapatkan asupan vitamin cukup, juga dapat mencegah bayi terserang berbagai penyakit, dan menariknya juga bisa menjaga berat badan supaya tetap stabil. Beberapa jenis sayuran yang dapat dipilih adalah brokoli, bayam, dan lainnya.

Sayuran Hijau

Untuk bayi usia di bawah 8 bulan, sayuran hijau dapat diolah menjadi bubur bayi. Sehingga lebih mudah dicerna oleh bayi. Dengan begitu, maka semua gizi sayuran juga akan didapatkan anak.

15. Vitamin

Makanan penambah berat badan bayi yang terakhir adalah vitamin. Seperti yang mungkin telah Anda ketahui, bahwa sekarang ini mudah sekali menemukan berbagai produk vitamin yang berkhasiat menambah berat badan anak. Meskipun begitu, sebaiknya tetap berhati-hati dalam menjatuhkan pilihan. Supaya tidak menimbulkan dampak negatif nantinya.

Salah satu produk vitamin yang aman di konsumsi oleh bayi adalah Gizidat. Yang mana dibuat dari bahan alami, antara lain: Madu, kurkumin, dan sidat yang bergizi tinggi. Mengkonsumsi Gizidat sesuai aturan yang dianjurkan akan membantu menambah berat badan anak kembali pada angka stabil.

Vitamin

Selain itu, hadir dalam bentuk madu cair, produk ini juga sangat baby friendly dan mudah di konsumsi. Anda bisa mencampurkannya dengan ASI, Susu, atau makanan bayi lainnya. Salah satu manfaat Gizidat adalah meningkatkan nafsu makan anak, sehingga berat badan juga bisa naik dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *