Makanan Penambah Berat Badan

Makanan Penambah Berat Badan

Ternyata bukan hanya menurunkan berat badan saja yang diinginkan banyak orang, tapi bagi sebagian orang yang tubuhnya langsing atau terlalu kurus justru ingin menambah berat badan. Sehingga mereka memerlukan makanan penambah berat badan, yang enak tetapi tetap menyehatkan. Karena biasanya makanan-makanan enak yang membuat gemuk, adalah jenis makanan yang tidak sehat.

Namun jika anda ingin menaikkan berat badan dengan mengkonsumsi makanan tertentu, maka anda tetap harus memilih jenis makanan yang sehat. Untuk menambah bobot tubuh yang diinginkan, anda juga tetap harus berolahraga. Karena olahraga bukan hanya untuk mereka yang tubuhnya gemuk saja, karena tujuan dari olahraga ini adalah agar tubuh tetap sehat.

Jenis Makanan Penambah Berat Badan Yang Bisa Dikonsumsi Oleh Si Kurus

Orang yang berbadan kurus biasanya akan kebingungan juga dengan ukuran pakaian yang dikenakan. Karena tak banyak baju atau pakaian yang ukurannya kecil, seperti tubuhnya. Oleh karena itu tak heran jika banyak orang yang badannya kurus, ingin sekali menaikkan berat badannya. Berikut ini ada daftar makanan yang berfungsi untuk menaikkan berat badan. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Daging merah

Sudah bukan rahasia lagi jika daging merah mengandung lemak yang cukup banyak, yang bisa menaikkan berat badan. Jika anda ingin gemuk maka anda bisa mengkonsumsi daging merah dengan  jumlah yang sedikit lebih banyak dari biasanya. Karena daging merah bisa membuat massa tubuh naik dengan cepat.

Daging merah memang mengandung kalori dan lemak yang cukup tinggi, dan jika dimasak dengan cara yang tepat maka makanan ini juga mengandung protein yang cukup. Selain itu daging merah juga mengandung zat besi dan kolesterol, yang di mana anda akan tetap baik-baik saja saat mengkonsumsi daging merah jika kadar kolesterol anda dalam tubuh rendah.

2. Buah-buahan

Mungkin sebagian besar orang berpikir bahwa buah-buahan hanya boleh dikonsumsi oleh mereka yang ingin kurus saja. Padahal buah-buahan juga bisa dikonsumsi oleh mereka yang ingin gemuk. Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan ini secara langsung, atau diolah terlebih dahulu misalnya menjadi jus.

Berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang jumlah kalorinya cukup tinggi, sehingga bisa dikonsumsi oleh mereka yang ingin menaikkan berat badan. Diantaranya yaitu buah pisang, buah alpukat, buah mangga, buah papaya, dan kurma.

3. Mengkonsumsi dairy

Dairy merupakan jenis makanan atau minuman produk susu seperti misalnya susu murni, susu bubuk, susu kental manis, mentega, keju dan masih banyak lagi. Produk ini tentu tidak terbatas pada susu sapi saja, tapi bisa juga dari hewan lainnya seperti misalnya kambing, domba, kerbau, unta dan lain sebagainya.

Walaupun produk dairy ini lebih mudah didapatkan dari susu sapi, tetapi anda bisa memilih varian lainnya dari jenis hewan yang lain agar tidak bosan dengan produk sapi.

4. Umbi-umbian

Makanan penambah berat badan yang bisa anda konsumsi adalah jenis umbi-umbian. Beberapa jenis umbi yang bagus dikonsumsi untuk menaikkan berat badan adalah, kentang, ubi jalar, dan juga singkong.

5. Sayuran

Sayuran memang merupakan makanan sehat yang jumlah kalorinya hanya sedikit, tetapi bagi anda yang ingin menaikkan berat badan dengan cara yang sehat maka anda tetap harus mengkonsumsi sayuran. Sayuran ini memiliki fungsi sebagai pengolah nutrisi di dalam tubuh anda.

Selain diolah dengan cara dimasak dan ditumis, sayuran juga bisa dikonsumsi langsung sebagai lalapan atau salad. Atau anda juga bisa membuat smoothie atau jus yang disayur, yang disesuaikan dengan selera anda.

6. Telur

Makanan yang bisa menambah berat badan anda adalah telur, karena telur mengandung banyak protein. Sedangkan tubuh membutuhkan banyak kandungan protein, yang baik untuk pertumbuhan. Makanan yang satu ini merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Bahkan para binaragawan sering mengkonsumsi telur mentah untuk membentuk tubuh dan otot.

Sama halnya dengan anda yang memiliki tubuh yang kurus dan ingin gemuk, anda bisa mengkonsumsi telur. Sebaiknya mengkonsumsi telur ini dengan cara direbus, karena telur yang direbus mengandung lebih banyak kalori dibandingkan dengan telur yang digoreng. Jika anda ingin cepat-cepat gemuk, maka konsumsilah telur terutama telur puyuh.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga merupakan salah satu jenis makanan yang ampuh dan efektif, dalam menaikkan berat badan. Bukan hanya kacang tanah saja yang bisa anda konsumsi, tetapi jenis kacang lainnya. Kacang juga bisa menjadi cemilan penambah berat badan, yang sangat efektif.

Berikut ini adalah beberapa jenis kacang yang bisa anda konsumsi, diantaranya yaitu kacang tanah, kacang pohon pecan, kacang brasil, macadamia, kacang hazel, walnut atau kacang kenari, kacang almond dan masih banyak lagi.

8. Fast food

Seperti yang kita ketahui makanan fast food adalah jenis makanan yang menjadi sumber gendut. Karena makanan cepat saji bisa menambah berat badan dengan cara yang cepat, terutama karena cara pengolahannya. Misalnya saja nasi yang dijual di resto fast food berbeda dengan nasi yang biasa dibuat di rumah.

Atau tepung yang digunakan untuk membuat ayam goreng di luar sana, juga berbeda dengan tepung yang biasa kita gunakan di rumah. Jadi mengkonsumsi fast food ini bisa menjadi cara yang tepat untuk menggemukkan badan dengan cara yang cepat. Walaupun makanan ini kurang baik dikonsumsi sebenarnya, karena memang sangat tidak sehat.

9. Gizidat

Mengkonsumsi madu yang mengandung banyak bahan alami seperti vitamin misalnya, bisa anda temukan pada madu yang satu ini. Gizidat juga bisa menambah nafsu makan anak, sehingga mereka tidak akan susah badan. Gizidat ini sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak, untuk masa pertumbuhannya dan untuk kesehatannya.

10. Sereal

Makanan sereal memiliki banyak jenisnya, kebanyakan sereal dibuat dari bahan gandum dan juga jagung. Kalori yang terdapat pada sereal ini sangat tinggi, sehingga sereal cocok sebagai makanan penambah berat badan yang menyehatkan. Itulah sebabnya banyak orang yang mengkonsumsi sereal di pagi hari, karena makanan ini cepat membuat kenyang.

Semangkuk sereal ini rata-rata mengandung sebanyak 229 kalori, sehingga jika anda ingin cepat gendut maka anda bisa makan sereal atau makan yang manis-manis seperti sereal rasa coklat atau cinnamon roll.

11. Minuman penambah berat badan

Cara selanjutnya untuk menaikkan berat badan adalah dengan meminum minuman yang berfungsi dalam menggemukkan atau menaikkan berat badan. Biasanya minuman ini berbentuk susu atau bubuk biji-bijian, seperti bubuk almond atau bubuk gandum. Untuk mengimbangi makanan dan minuman yang menggemukan ini, jangan lupa untuk berolahraga dengan rutin.

12. Menggunakan minyak sehat

Cara lainnya untuk menaikkan berat badan adalah, menambah lemak ekstra ke makanan yang anda masak. hal tersebut merupakan hal yang mudah untuk menambah kalori pada makanan yang kita makan. tetapi sebaiknya pilihlah jenis lemak dan minyak yang sehat, misalnya minyak zaitun yang bisa ditambahkan ke pasta, roti atau sayuran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *