Makanan Penambah Daya Ingat

Makanan Penambah Daya Ingat

Menu makanan merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan daya ingat dan fungsi otak. Anda perlu mengonsumsi makanan penambah daya ingat untuk mendorong aliran darah yang baik ke otak. Selain itu, anda perlu memerhatikan makanan yang menyehatkan dan melindungi jantung Anda.

Sebagai pusat kendali tubuh Anda, otak bertugas menjaga jantung Anda berdetak dan paru-paru bernafas dan memungkinkan Anda untuk bergerak, merasakan dan berpikir. Itu sebabnya anda harus menjaga otak Anda saat sedang bekerja. Makanan yang Anda makan berperan dalam menjaga otak Anda tetap sehat dan dapat meningkatkan tugas tertentu, yang fokus kepada memori dan konsentrasi.

Makanan Penambah Daya Ingat

  1. Ikan Berlemak

Ketika orang berbicara tentang makanan otak, ikan berlemak sering berada di urutan teratas. Jenis ikan ini termasuk salmon, trout dan sarden, yang semuanya merupakan sumber asam lemak omega-3 yang kaya. Sekitar 60% otak Anda terbuat dari lemak, dan setengah dari lemak itu adalah jenis omega-3.

Otak Anda menggunakan omega-3 untuk membangun sel otak dan saraf, dan lemak ini sangat penting untuk pembelajaran dan memori. Omega 3-s juga memiliki beberapa manfaat tambahan untuk otak Anda. Ikan berlemak memiliki kemampuan yang baik dalam memperlambat penurunan mental yang berkaitan dengan usia dan membantu menangkal penyakit Alzheimer.

Di sisi lain, tidak mendapatkan cukup omega-3 terkait dengan gangguan belajar, serta depresi. Secara umum, makan ikan tampaknya memiliki manfaat kesehatan yang positif. Studi menemukan bahwa orang yang makan ikan panggang secara teratur memiliki lebih banyak zat abu-abu di otak mereka.

Materi abu-abu mengandung sebagian besar sel saraf yang mengontrol pengambilan keputusan, memori dan emosi. Secara keseluruhan, ikan berlemak adalah makanan penambah daya ingat yang baik untuk otak.

  1. Kopi

Dua komponen utama dalam kopi, kafein dan antioksidan membantu otak Anda. Kafein dalam kopi memiliki sejumlah efek positif pada otak. Kafein membuat otak Anda waspada dengan memblokir adenosin, pembawa pesan kimia yang membuat Anda mengantuk.

Satu studi menemukan bahwa ketika partisipan minum satu kopi besar di pagi hari atau jumlah yang lebih kecil sepanjang hari, mereka lebih efektif pada tugas-tugas yang memerlukan konsentrasi. Minum kopi dalam jangka panjang juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit neurologis, seperti Parkinson dan Alzheimer.

  1. Blueberry

Blueberry memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk otak Anda. Blueberry dan beri berwarna lain memberikan anthocyanin, sekelompok senyawa tanaman dengan efek anti-inflamasi dan antioksidan. Antioksidan bertindak melawan stres oksidatif dan peradangan, kondisi yang dapat berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif.

Beberapa antioksidan dalam blueberry telah ditemukan menumpuk di otak dan membantu meningkatkan komunikasi antara sel-sel otak. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa blueberry membantu meningkatkan daya ingat dan bahkan dapat menunda kehilangan memori jangka pendek.

  1. Kunyit

Bumbu dapur yang berwarna kuning tua ini adalah bahan utama dalam bubuk kari dan memiliki sejumlah manfaat bagi otak. Curcumin, bahan aktif dalam kunyit, telah terbukti melewati sawar darah-otak, yang berarti dapat langsung masuk ke otak dan bermanfaat bagi sel-sel di sana.

Curcumin dapat membantu meningkatkan daya ingat pada penderita Alzheimer. Mungkin juga membantu membersihkan plak amiloid yang merupakan ciri khas penyakit ini. Curcumin dapat meringankan depresi, meningkatkan serotonin dan dopamin, yang keduanya meningkatkan suasana hati.

Anda dapat meningkatkan daya ingat dengan mengonsumsi Gizidat untuk mendapatkan manfaat yang banyak dengan kandungan curcumin. Selain curcumin, ada kandungan madu hutan alami memberi nutrisi yang maksimal dari lebah-lebah liar dan sidat yang memiliki kandungan protein yang tinggi bahkan melebihi salmon Norwegia.

  1. Brokoli

Brokoli dikemas dengan senyawa tanaman yang kuat, termasuk antioksidan. Kandungan di dalam brokoli juga sangat tinggi vitamin K, memberikan lebih dari 100% Recommended Daily Intake (RDI) dalam porsi 1 cangkir (91 gram). Vitamin yang larut dalam lemak ini sangat penting untuk membentuk sphingolipid, sejenis lemak yang padat ke dalam sel-sel otak.

Beberapa penelitian pada orang dewasa yang lebih tua telah mengaitkan asupan vitamin K yang lebih tinggi ke memori yang lebih baik. Selain vitamin K, brokoli mengandung sejumlah senyawa yang memberikan efek anti-inflamasi dan antioksidan, yang dapat membantu melindungi otak terhadap kerusakan.

  1. Biji Labu

Biji labu mengandung antioksidan kuat yang melindungi tubuh dan otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Biji labu juga merupakan sumber magnesium, besi, seng, dan tembaga yang sangat baik.

Unsur seng ini sangat penting untuk pensinyalan saraf. Kadar magnesium yang rendah terkait dengan banyak penyakit neurologis, termasuk migrain, depresi, dan epilepsi. Tembaga untuk membantu mengendalikan sinyal saraf. Dan ketika tingkat tembaga kehabisan, ada risiko lebih tinggi gangguan neurodegeneratif, seperti Alzheimer.

  1. Dark Chocolate

Makanan penambah daya ingat selanjutnya adalah cokelat hitam yang memiliki kandungan flavonoid, kafein, dan antioksidan. Flavonoid adalah kelompok senyawa tanaman antioksidan. Kandungan flavonoid di dalam cokelat memiliki kegunaan meningkatkan daya ingat dan juga membantu memperlambat penurunan mental terkait usia.

Cokelat juga merupakan penambah suasana hati yang sah, menurut penelitian. Satu studi menemukan bahwa peserta yang makan cokelat mengalami peningkatan perasaan positif, dibandingkan dengan peserta yang makan kerupuk. Namun, masih belum jelas apakah itu karena senyawa dalam cokelat, atau hanya karena rasa enak membuat orang bahagia.

  1. Kacang

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan kacang dapat meningkatkan penanda kesehatan jantung, dan memiliki jantung yang sehat terkait dengan memiliki otak yang sehat. Sebuah tinjauan tahun 2014 menunjukkan bahwa kacang-kacangan dapat meningkatkan kognisi dan bahkan membantu mencegah penyakit neurodegeneratif.

Beberapa nutrisi dalam kacang-kacangan, seperti lemak sehat, antioksidan dan vitamin E, dapat menjelaskan manfaat kesehatan otak mereka. Vitamin E melindungi membran sel dari kerusakan akibat radikal bebas, membantu memperlambat penurunan mental.

  1. Jeruk

Anda bisa mendapatkan semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari dengan makan satu jeruk. Mengonsumsi buah dengan kandungan vitamin C cukup penting untuk kesehatan otak. Hal ini karena vitamin C adalah faktor kunci dalam mencegah penurunan mental. Kandungan vitamin C juga melindungi dari penurunan mental yang terkait usia dan penyakit Alzheimer.

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel otak. Selain itu, vitamin C mendukung kesehatan otak seiring bertambahnya usia. Anda juga bisa mendapatkan vitamin C dalam jumlah yang sangat baik dari paprika, jambu biji, kiwi, tomat, dan stroberi.

  1. Sayur-sayuran

Sayuran merupakan salah satu makanan penambah daya ingat, terutama yang termasuk jenis sayuran kol, dan sayuran berdaun gelap, dapat membantu meningkatkan daya ingat. Cobalah mengonsumsi salad sayur, sandwich sayur untuk makan siang atau makan malam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *