Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Tingkat kecerdasan pada anak dipengaruhi oleh beragam faktor, mulai dari genetik, lingkungan, aktivitas atau kegiatan, pendidikan yang diberi, hingga pemilihan menu makanan. Para orangtua akan melakukan banyak cara dalam meningkatkan kecerdasan anak sejak dini. Seperti yang paling mudah ialah dengan memilih menu makanan sehari-hari. Menyajikan makanan untuk kecerdasan otak anak sebenarnya tidak sulit.

Memang, selain dari segi biaya konsumsi, anak-anak cenderung pilih-pilih makanan. Hal ini karena mereka terbiasa diberi makanan kurang sehat dengan rasa yang monoton sejak dini. Benar kata pepatah, ‘alah bisa karena biasa’. Dengan membiasakan anak makan makanan sehat sejak mereka mengenal makanan, anak akan lebih mudah beradaptasi menu makanan sehat.

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Sebelum Memberi Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak Perhatikan Hal-Hal Ini Terlebih Dahulu

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak

Memberi makanan dan minuman sehat yang mampu meningkatkan kecerdasan otak menjadi cara paling mudah, tetapi selain itu terdapat juga hal-hal yang bisa dilakukan agar proses tumbuh kembang anak semakin sempurna, serta berjalan sesuai usianya. Meningkatkan kecerdasan harus didukung dari dalam dan luar. Dalam ialah dengan konsumsi makanan sehat, luar ialah memberi aktivitas pendukung kecerdasan.

Nah, sebelum memilih makanan sehat, ini dia hal-hal yang bisa diperhatikan dan dilakukan dalam mendukung kecerdasan anak:

1. Lakukan Imunisasi dan Vaksin Rutin

Lakukan Imunisasi dan Vaksin Rutin

Imunisasi dan vaksin sampai saat ini memang masih menjadi perdebatan sebagian ibu di dunia. Ada yang pro, ada juga yang kontra. Namun pada dasarnya imunisasi dan vaksin merupakan satu cara pencegahan untuk menghindari berbagai risiko, khususnya menghindari penyakit-penyakit berbahaya yang bisa menyerang anak.

Sebagian besar kasus penyakit menular dan berbahaya pada anak di dunia akibat ketidakpedulian dan penolakan ibu terhadap imunisasi/vaksin.

2. Memberi Waktu dan Kasih Sayang

Memberi Waktu dan Kasih Sayang

Tidak ada yang lebih berharga dari kasih sayang orangtua kepada anaknya. Memberi kasih sayang sepenuhnya pada anak seperti selalu menyediakan waktu sebanyak mungkin bersama anak memberi pengaruh dalam proses tumbuh kembang anak itu sendiri.

Mungkin masih banyak orangtua yang tidak begitu peka akan hal ini. Tetapi, tahukah bahwa tidak sedikit kasus tingkat kecerdasan anak rendah karena kurangnya perhatian dari para orangtua.

3. Pastikan Stimulasi Sesuai

 Pastikan Stimulasi Sesuai

Para orangtua wajib selalu memerhatikan tumbuh kembang anak dari waktu ke waktu. Hal ini bisa diwujudkan dengan memastikan stimulasi sesuai dengan yang seharusnya. Pastikan anak menguasai kemampuan dan keahlian sesuai dengan usianya. Tidak mengalami keterlambatan.

4. Memberi Pengetahuan dan Penjelasan Sesuai Usianya

Memberi Pengetahuan dan Penjelasan Sesuai Usianya

Orangtua yang selalu ada di samping dan membimbing anak secara langsung harus memerhatikan bagaimana cara memberi pengetahuan juga penjelasan tentang berbagai hal atau masalah kehidupan pada anak sesuai usianya. Ini memengaruhi bagaimana anak tumbuh dan berkembang.

5. Melatih Hidup Mandiri

Melatih Hidup Mandiri

Anak-anak memang cenderung manja kepada orangtua, apalagi bila orangtua terbiasa memberi layanan dan fasilitas berlebih. Coba terapkan hidup mandiri sejak dini pada anak. Seperti biasakan anak makan sendiri di mejanya, merapikan mainan sendiri, membereskan tempat tidur sendiri, dan kebiasaan mandiri lainnya.

Anak yang terbiasa hidup mandiri akan lebih cerdas dan mampu memimpin dirinya sendiri sehingga lebih bijaksana dalam menyelesaikan masalah yang ia hadapi ke depannya.

6. Ajarkan Untuk Hidup Saling Menghargai dan Menghormati

Ajarkan Untuk Hidup Saling Menghargai dan Menghormati

Kecerdasan anak bisa dilihat dari bagaimana anak tersebut menghargai dan menghormati banyak hal dalam hidupnya sejak dini.

Makanan Untuk Kecerdasan Otak Anak Dalam Menu Sehari-Hari

Lalu bagaimana dengan menu makanan sehat yang bisa meningkatkan kecerdasan otak anak? Ini dia bahan makanan yang bisa meningkatkan kecerdasan dan rekomendasi cara penyajiannya.

  1. Oat

Oat atau gandum utuh mungkin tidak lagi asing bagi orangtua dalam menyajikan menu makanan sehat seperti menu sarapan. Gandum utuh mengandung zinc, potassium, sejumlah vitamin, dan serat yang mampu meningkatkan fungsi otak. Karena gandum utuh adalah sumber karbohidrat, maka menu makanan olahan gandum utuh bisa menjadi sumber energi anak.

Oat

Gandum utuh bisa disajikan dalam bentuk sereal yang dilengkapi susu segar dan buah-buahan. Gandum utuh juga bisa diolah menjadi biskuit atau pancake.

  1. Sayuran Berwarna

Sepertinya menjadi masalah banyak orangtua menghadapi anak yang tidak suka sayur. Cara mengatasinya dengan membiasakan anak makan sayur sejak dini dan mengenalkan syaur sebagai makanan super dengan manfaat luar biasa buat tubuh, termasuk meningkatkan kecerdasan.

Sayuran Berwarna

Sayuran berwarna bisa diolah dengan lebih menarik seperti dibuat sebagai campuran jus, puding, dll Beberapa contoh manfaat pada sayur di antaranya ada tomat kaya akan antioksidan, wortel kaya akan Vitamin A, dan aneka sayuran hijau kaya akan asam folat. Kandungan-kandungan tersebut bisa menguatkan sel otak dan menghindari kerusakan jaringan pada otak.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon

Ikan salmon bisa menjadi pilihan ikan sehat yang baik dikonsumsi dalam meningkatkan kecerdasan anak. Ikan salmon mengandung Omega 3 yang tinggi sehingga membantu dalam proses perkembangan otak. Salmon bisa disajikan dalam banyak menu. Konsumsi salmon 1-3x dalam seminggu sangat disarankan.

  1. Yoghurt

Yoghurt

Anak-anak biasanya lebih suka makanan dan minuman dengan cita rasa manis dan asam. Yoghurt misalnya, minuman satu ini memiliki cita rasa yang mudah disukai anak-anak. Yoghurt mengandung protein dan probiotik yang mana memberi efek baik terhadap kesehatan anak. Salah satunya melancarkan pencernaan.

  1. Susu

Susu

Kandungan kalsium yang tinggi, Vitamin D, protein, Vitamin B, zat besi, dan zinc dalam susu bisa memerlancar sistem saraf otot, menyempurnakan pertumbuhan tulang dan gigi, serta memaksimalkan sistem siklus sel-sel tubuh dan otak.

  1. Daging Tanpa Lemak

Daging Tanpa Lemak

Untuk memenuhi kebutuhan protein dan zat besi, makanan dengan bahan utama daging tanpa lemak yang diolah dengan benar bisa menjadi menu tepat untuk anak-anak. Protein dan zat besi dalam daging meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi anak.

  1. Buah-Buahan

Buah-buahan

Anak-anak yang sulit mengkonsumsi sayur, bisa diatasi dengan melatih mereka untuk menyukai buah-buahan. Buah-buahan bisa membantu memenuhi kebutuhan mineral dan vitamin sehari-hari. Selain meningkatkan kecerdasan otak, konsumsi buah-buahan rutin bisa meningkatkan daya tahan tubuh, percepat penyembuhan luka, dan perlancar pencernaan.

  1. Gizidat

Gizidat

Merasa masih kurang maksimal dalam menyajikan menu makanan untuk kecerdasan otak anak sehari-hari? Lengkapi menu makanan sehat anak dengan memberi Gizidat rutin setiap hari. Gizidat adalah suplemen dan vitamin tambahan yang cocok dikonsumsi oleh anak-anak di usia tumbuh kembangnya. Gizidat terbuat dari bahan-bahan alami berkhasiat yaitu madu hutan, ikan sidat, temulawak, dan probiotik.

Madu hutan murni memiliki cita rasa lezat yang disukai anak-anak dan mampu menjadi anti-inflamasi bagi tubuh. Ikan sidat adalah ikan yang tinggi Omega 3, masyarakat Jepang mengakui bahwa sidat lebih kaya Omega 3 dari pada salmon.

Begitu juga dengan kandungan temulawak yang bisa meningkatkan nafsu makan dan membuat anak-anak lebih semangat konsumsi makanan sehat. Dilengkapi probiotik untuk memerlancar pencernaan anak, menstabilkan sistem tubuh dan sistem metabolisme.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *