Menaikkan Berat Badan Anak

Menaikkan Berat Badan Anak

Tumbuh kembang si buah hati adalah fokus utama bagi seorang ibu. Adanya masalah sedikit saja pada proses tumbuh kembang si kecil misalnya berat badan yang tak kunjung naik seiring usia bisa membuat seorang ibu kebingungan bahkan stress. Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada beberapa makanan dan camilan sehat yang ternyata bisa menaikkan berat badan anak.

 11 Makanan Sehat untuk Menaikkan Berat Badan Anak

Biasanya cara yang paling umum ditempuh oleh seorang ibu ketika berat badan anaknya tak kunjung naik adalah dengan menambah porsi makan. Tapi Anda perlu ingat, bukan hanya porsi makan yang harus ditambah, namun anak juga butuh nutrisi tambahan yang tepat. Kandungan lemak sehat dan protein adalah nutrisi utama yang bisa membuat berat badan anak meningkat, seperti pada menu berikut:

  1. Selai Kacang

Menu pertama yang bisa diberikan kepada si kecil adalah selai kacang. Oleskan selai kacang pada roti sebagai menu sarapan sehat atau bekal mereka ketika berangkat sekolah. Ternyata selai kacang mengandung lemak baik dan protein yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan berat badan. Bahkan dalam 100 gram selai kacang, 72%-nya adalah lemak.

Selai Kacang

Dalam tiap 100 gram selai kacang, Anda bisa mendapatkan nutrisi berupa lemak tak jenuh tunggal sebanyak 23,713 gram dan lemak tak jenuh ganda sebesar 12,867 gram. Kandungan proteinnya juga cukup besar yaitu mencapai 25,09 gram. Namun yang perlu diingat, gunakan selai kacang secukupnya saja dan periksa dulu apakah si kecil alergi kacang atau tidak.

  1. Butter

Butter

Sumber lemak baik lainnya yang bisa menambah berat badan anak adalah butter. Kandungan lemak pada butter bahkan mencapai 99% dari semua jenis nutrisinya. Dalam setiap 100 gram butter ternyata memiliki kandungan lemak total sebesar 81,4 gram. Namun, jangan menambahkan butter untuk setiap jenis makanan si kecil. Tambahkan saja secukupnya, misalnya pada roti atau telur.

  1. Susu dan Krim

Susu sangat bermanfaat untuk menaikkan berat badan anak. Dalam 1 gelas susu terdapat 36% lemak, 26% protein, dan 38% sisanya adalah karbohidrat. Berikan buah hati Anda setidaknya 2 gelas susu sehari. Jika ia kurang suka dengan susu, Anda pun bisa mengkreasikannya menjadi berbagai macam sajian seperti sereal, milkshake, dan juga smoothies.

Susu dan Krim

Selain susu, Anda juga bisa menambahkan krim dari bahan susu segar di atas salad buah sebagai dressing. Sajian ini pasti akan sangat disukai oleh anak-anak dan juga tambahan menu buah-buahannya juga bisa menambah nutrisi dan vitamin. 

  1. Buah Pisang

Pisang segar yang matang sangat baik diberikan kepada anak-anak. Selain mengenyangkan pisang juga mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan mineral yang diperlukan untuk menunjang tumbuh kembang si buah hati Anda. Pada 1 buah pisang ukuran sedang terdapat kalori yang mencapai 105 kkal. Buah ini bisa menjadi sumber energi harian anak Anda.

Buah Pisang

Selain itu, buah pisang juga mengandung lemak tak jenuh, protein, sodium, kalium, dan karbohidrat yang baik untuk tubuh. Vitamin pada buah pisang juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dan memperbaiki sistem pencernaan si kecil.

  1. Telur

Satu butir telur mengandung kalori sebesar 74 kkal. Jumlah kalori ini cukup besar untuk membantu meningkatkan berat badan anak. Selain itu, telur juga kaya akan kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik bagi pertumbuhan anak sebesar 1,908 gram perbutirnya. Telur juga sangat kaya kandungan protein yang mencapai 6,29 gram perbutir.

Telur

Memberikan telur secara rutin kepada anak akan membantunya mendapatkan berat badan yang cukup. Sajikan telur sebagai menu makanan sehat, misalnya direbus atau didadar dengan sedikit atau tanpa minyak. Anda bisa memberikan sajian telur dengan variasi menu yang beragam. Telur bisa juga diolah sebagai campuran bahan lain, misalnya untuk bola-bola kentang dan lainnya.

  1. Daging Ayam

Anak butuh asupan protein yang tinggi agar berat badannya bisa naik. Salah satu bahan makanan yang kaya akan kandungan protein adalah daging ayam. Bahkan, dalam 100 gram daging ayam, terdapat kandungan protein sebesar 25,01 gram. Selain itu, daging ayam juga kaya akan kandungan lemak yaitu mencapai 6,63 gram/100 gramnya.

Daging Ayam

Selain itu, daging ayam juga lumayan lebih murah dibandingkan dengan harga daging merah. Berbagai variasi menu berbahan dasar daging ayam pun bisa Anda sajikan kepada si kecil agar tidak bosan. Namun pastikan Anda juga tetap menjaga asupan makanan sehat lainnya seperti buah dan sayuran.

  1. Alpukat

Buah alpukat memang dikenal memiliki lemak tak jenuh dalam jumlah yang tinggi. Kandungan lemak tak jenuh ini bisa membantu meningkatkan berat badan anak Anda. Dalam 1 buah alpukat terdapat kandungan lemak sebanyak 29,47 gram, protein 4,02 gram, serta kalorinya 322 kkal. Alpukat merupakan salah satu sumber lemak yang sehat dibandingkan dengan minyak goreng.

Alpukat

Buah alpukat bisa disajikan kepada si kecil dengan berbagai cara. Bisa dengan dibuat jus alpukat segar, salad buah, ataupun menjadi smoothies. Anda juga bisa mengakali rasa sedikit pahit pada buah alpukat dengan menambahkan gula atau susu secukupnya saja agar anak mau memakannya.

  1. Daging Merah

Daging Merah

Daging sapi atau domba bisa menjadi alternatif sumber protein dan lemak yang baik bagi tumbuh kembang si kecil. Pada daging sapi misalnya, 63% kandungannya merupakan lemak dan 37%-nya adalah protein. Namun Anda sebaiknya hanya memberi si kecil daging merah segar yang dimasak sendiri dibandingkan dengan produk daging olahan yang banyak mengandung bahan tambahan.

  1. Kentang

Kentang

Kentang kaya akan kandungan karbohidrat yang berasal dari glutamin. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menambah berat badan anak Anda secara sehat. Selain itu, kentang juga mengandung asam amino yang baik untuk tumbuh kembang si kecil.

  1. Buah-Buahan dan Sayuran

Buah-Buahan dan Sayuran

Buah-buahan merupakan salah satu sumber gula alami yang sangat bagus untuk tubuh. Kandungan gulanya akan memberikan energi kepada si kecil, sedangkan vitamin dan mineralnya bisa membantu menyehatkan tubuh. Sayuran juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh si kecil dan juga menjaga sistem pencernaannya tetap lancar.

  1. Suplemen Madu Gizidat

Salah satu suplemen makanan yang sehat untuk menaikkan berat badan anak adalah Gizidat.com. Suplemen ini sudah banyak dipercaya oleh ibu-ibu yang mengalami masalah sulitnya meningkatkan berat badan sang buah hati mereka. Gizidat sangat aman digunakan karena terbuat dari bahan-bahan alami pilihan. Gizidat diproses dengan peralatan canggih, higienis, dan modern.

Suplemen Madu Gizidat

Gizidat merupakan suplemen makanan herbal yang terbuat dari madu hitam murni, kurkumin atau temulawak, dan juga ikan sidat. Madu hitam berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan juga membantu menyembuhkan penyakit pada anak dengan lebih cepat. Kurkumin adalah herbal alami yang bisa membantu meningkatkan nafsu makan anak.

Ekstrak ikan sidat yang terkandung dalam Gizidat ini sangat kaya akan protein, omega 3, dan omega 6 yang sangat bagus untuk membantu meningkatkan berat badan anak. Selain itu, kandungan omega 3 dan 6 dalam ikan sidat juga bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *