Mengatasi GTM Bayi 6 Bulan

Mengatasi GTM Bayi 6 Bulan

Mpasi merupakan singkatan dari Makanan Pendamping ASI dimana ketika bayi menginjak usia  6 bulan di situ lah orang tua akan mulai memberikan sang anak buah hati makanan.  Beberapa cara mengatasi GTM bayi 6 bulan agar menambah nafsu makan anak buah hati anda. Orang tua dapat melakukan beberapa cara agar membangkitkan nafsu makan anak atau mengatasi GTM pada anak.

Pada saat bayi berusia 6 bulan dimana mpasi sudah mulai diberikan kepada anak buah hati anda, masalah GTM harus segera diatasi karena dapat menghambat pertumbuhan anak buah hati anda. Ada beberapa cara mengatasi GTM bayi 6 bulan yaitu pemberian mpasi kepada anak dapat di buat berbagai macam menu agar anak buah hati anda tidak bosan dan dapat beradaptasi dengan baik.

Cara Mengatasi GTM Bayi 6 Bulan 

Cara Mengatasi GTM Bayi 6 Bulan

10 cara mengatasi GTM bayi 6 bulan seperti memperhatikan tanda anak GTM, sebaiknya tidak memaksa, makan dengan porsi secukupnya, memberikan makan ketika suasana bayi gembira, memberikan mpasi setelah minum ASI, mengkonsumsi vitamin gizidat, menghibur anak ketika makan, mengajari anak untuk memegang makanan sendiri, Variasi menu makanan, Makan dengan teratur.

  1. Memperhatikan tanda anak GTM

Penting nya bagi orang tua memperhatikan setiap gerak – gerik yang dilakukan oleh anak buah hati nya terutama ketika makan, ada beberapa ciri – ciri tanda anak GTM seperti menggelengkan kepala nya, menangis, memberontak agar tidak makan dan lain – lain. Orang tua perlu untuk memperhatikan anak buah hati nya agar terhindar dari GTM.

Memperhatikan tanda anak GTM

Para orang tua memiliki berbagai macam cara agar anak terhindar dari GTM dengan memberikan variasi menu yang bermacam – macam agar anak tidak mudah bosan dan orang tua dapat memberikan vitamin gizidat untuk memberikan gizi lebih dan menambah nafsu makan anak buah hati anda.

  1. Sebaiknya tidak memaksa

Ketika orang tua memberikan porsi besar kepada anak dan seketika anak kenyang sehingga tidak mau lagi makan, sebaiknya tidak untuk memaksa anak karena hal tersebut dapat menyebabkan anak trauma. Jadi, orang tua perlu memperhatikan porsi anak buah hati nya ketika makan sehingga ketika anda mempersiapkan makan untuk anak buah hati anda dengan secukupnya dan tidak berlebihan.

Sebaiknya tidak memaksa

Sehingga di sini orang tua lah yang berperan bagaimana agar anak buah hati anda menambah nafsu makan nya tanpa harus memaksa nya. Orang tua dapat melakukan dengan menga,mbilkan porsi anak buah hati nya secukupnya dan anda dapat menjadikan menu makanan yang bervariasi agar anak senang dan tidak  mudah bosan dengan makanan yang sama.

  1. Memberikan makan dengan porsi secukupnya

Memberikan makan dengan porsi secukupnya

Cara ketiga mengatasi anak GTM 6 bulan yaitu dengan cara memberikan porsi makan anak buah hati anda secukupnya sehingga porsi tidak terlalu banyak maupun tidak terlalu sedikit sehingga orang tua tidak perlu memaksa anak buah hati apabila tidak habis karena dapat menyebabkan trauma bagi anak anda atau memberikan porsi nutrisi lebih agar anak anda menadapatkan gizai lebih.

  1. Memberikan makan ketika suasana bayi gembira

Memberikan makan ketika suasana bayi gembira

Cara selanjutnya yaitu memberikan makan sang buah hati ketika suasana bayi gembira atau membuat sang anak buah hati agar ceria sehingga menambah nafsu makan anak buah hati anda. Berbagai macam cara agar membuat suasana hati bayi gembira, dapat dengan cara menjadikan menu makanan yang bervariasi, menghibur anak buah hati dan ketika makan memberikan mainan.

  1. Memberikan mpasi setelah minum ASI

Memberikan mpasi setelah minum ASI

Cara selanjutnya untuk mengatasi GTM bayi 6 bulan dengan cara memberikan mpasi setelah minum ASI tetapi memberikan ASI secukupnya agar anak buah hati anda tidak terlalu kenyang. Hal tersebut juga berpengaruh dalam hal medis untuk mengaktifkan enzim pencernaan nya serta jika anak buah hati anda diberikan mpasi terlebih dahulu akan membuat bayi anda kenyang sebelum diberikan ASI.

Akibat nya anak buah hati anda akan tidak tertarik pada ASI karena sudah kenyang memakan mpasi. Padahal kandungan ASI sangat baik bagi pertumbuhan bayi anda, sehingga lebih baik apabila sebelum diberikan mpasi anak buah hati anda meminum ASI terlebih dahulu.

  1. Mengkonsumsi vitamin gizidat

Mengkonsumsi vitamin gizidat

Cara selanjutnya mengatasi GTM bayi 6 bulan dapat anda lakukan dengan memberikan tambahan vitamin gizidat agar anak buah hati anda mendapatkan nafsu makan lebih serta tambahan gizi yang cukup. Ketika anak sudah berusia 6 bulan maka orang tua harus sudah memulai memberikan anak buah hati nya mpasi yaitu berupa bubur maupun puree dengan macam – macam kandungan.

Mpasi yang diberikan kepada anak sebaiknya bahan yang diberikan merupakan makanan bergizi seperti bubur sayur, bubur buah – buahan dan bubur buah dan sayur, anda dapat menambahkan vitamin gizidat yang dapat menambah gizi kepada anak buah hati anda.

  1. Menghibur anak buah hati anda ketika makan

Menghibur anak buah hati anda ketika makan

Menghibur anak buah hati ketika makan dapat menambah nafsu makan anak buah hati anda serta dapat meningkatkan semangat sang bayi, cara menghibur anak buah hati anda cukup lah simpel seperti cukup dengan senyuman yang orang tua berikan, menatap anak buah hati anda dengan penuh kasih sayang dan memberikan kata – kata positif yang dapat menghibur anak buah hati anda.

  1. Mengajari anak untuk memegang makanan sendiri

Ketika anak buah hati anda sudah memasuki usia 6 bulan dimana masa pertumbuhan di mulai, anda dapat melatih nya agar memegang sendok dengan benar dan mengambil makanan dengan sendok secara bertahap, anak anda akan mampu melakukan nya sendiri walaupun pada saat proses belajar anak akan menumpahkan makanan kemana – mana bahkan hingga membuat lantai kotor.

Mengajari anak untuk memegang makanan sendiri

Cara tersebut akan sangat membantu anak buah hati anda agar tumbuh dan belajar dengan baik, membiarkan anak buah hati anda berkreatifitas memegang sendok untuk makan dengan benar. Anda hanya dapat memperhatikan sang bayi serta memantau perkembangan sang buah hati dan ketika anak buah hati anda melakukan kesalahan makan anda akan membenarkan nya.

  1. Variasi menu makanan

Variasi menu makanan

Cara selanjutnya mengatasi GTM bayi 6 bulan yaitu dengan cara memberikan variasi menu yang bermacam – macam agar anak buah hati anda tidak mudah bosan dan hal ini juga akan melatih indra perasa nya yaitu lidah. Variasi menu makanan untuk bayi 6 bulan seperti jagung, kentang, bubur sayur sayuran, bubur buah buahan atau bahkan bubur campuran antara sayur dan buah.

  1. Makan dengan teratur

Makan dengan teratur

Membiasakan anak buah hati anda makan dengan teratur merupakan salah satu cara mengatasi GTM bayi 6 bulan agar makan tepat waktu dan terbiasa sehingga anak akan lapar serta kenyang pada waktu nya serta kebiasaan yang sudah dilatih oleh orang tua. Hal ini merupakan kebiasaan baik yang dapat orang tua ajarkan kepada anak nya mulai dini dan akan terbawa hingga dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *