Mengatasi Panas Pada Anak

Mengatasi Panas Pada Anak

Kebanyakan orang tua akan khawatir dan melakukan segala hal untuk menurunkan demam pada anak. Namun sebelum anak Anda mendapatkan perawatan medis, maka lebih baik mencari tahu penyebab mereka panas. Anak-anak mungkin mengalami demam pasca vaksinasi, saat terkena flu, atau saat tumbuh gigi. Jadi, jika demam anak tidak terlalu tinggi maka lebih baik menggunakan obat alami untuk Mengatasi Panas Pada Anak.

Pengobatan alami di rumah selain untuk menurunkan panas juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan penyakit. Anda tidak perlu panik atau bergegas ke dokter anak. Kecuali jika mereka tidak nyaman dan suhu tubuhnya naik hingga 40 derajat celcius selama dua hari berturut-turut. Namun jika demamnya rendah, maka cukup obati dari rumah saja sehingga anak tidak ketergantungan sirup atau obat-obatan kimia.

Cara Alami Untuk Mengatasi Panas Pada Anak

  1. Gunakan saline drops

Gunakan saline drops

Jika Anak Anda mengalami panas karena pilek, maka berikan tetesan saline untuk membantu membersihkan hidung mereka yang tersumbat. Tetesan saline terbukti aman dan tidak mengandung bahan kimia. Caranya siapkan ¼ sendok makan garam dan larutkan dalam 230 mL air. Setelah itu teteskan 2 kali pada hidung yang mampet secara hati-hati menggunakan pipet.

  1. Berikan kompres dingin

Berikan kompres dingin

Kompres dingin merupakan cara yang efisien untuk menurunkan demam pada anak. Caranya, tambahkan 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam 4 sendok air dingin. Umumnya, cuka sari apel sangat efektif untuk menghilangkan panas. Rendam satu lembar kain bersih selama satu menit dalam larutan. Lalu peras kain tersebut dan letakkan di atas dahi atau tengkuk anak Anda selama beberapa menit.

  1. Berikan uap air hangat

Berikan uap air hangat

Jika Anak Anda demam akibat hujan atau cuaca dingin, maka berikan uap air hangat untuk mengencerkan lendir dan mengurangi panas mereka. Caranya isi pelembab ruangan Anda dengan air hangat lalu tambahkan beberapa tetes minyak kayu putih. Jika Anda tidak memiliki pelembab ruangan maka gunakan bak kecil. Bantu anak Anda untuk menghirup uap yang keluar agar bisa mengobati demam secara efektif.

  1. Menyeka badan dengan handuk atau air hangat

Menyeka badan dengan handuk atau air hangat

Menyeka badan anak atau bayi dengan handuk dan air hangat akan meringankan demam mereka. Hindari memandikan anak dengan air dingin selama demam, karena bisa membuat tubuh mereka menggigil dan meningkatkan suhu tubuh lebih lanjut. Sementara itu, demam anak akan turun ketika mandi dengan uap hangat. Karena suhu tubuh akan menyeimbangkan dengan kondisi sekitar dan turun ketika uap keluar dari tubuh.

  1. Mandi jahe

Mandi jahe

Sebagian masyarakat percaya jika jahe mampu membunuh bakteri dan Mengatasi Panas Pada Anak. Jahe akan membantu tubuh supaya berkeringat, yang pada akhirnya akan menghilangkan racun dan panas tubuh. Caranya yaitu larutkan sekitar 2 sendok makan bubuk jahe ke dalam bak mandi yang diisi air hangat. Setelah itu mandikan anak Anda di dalam air tersebut, namun jangan sampai terkena mata mereka.

  1. Pijat dengan minyak mustard dan bawang putih

Pijat dengan minyak mustard dan bawang putih

Selain jahe, minyak mustard dan bawang putih juga mampu mengatasi panas secara efektif. Panaskan 2 sendok makan minyak mustard, lalu tambahkan 1 sendok pasta bawang putih. Biarkan campuran selama kurang lebih 2 menit. Lalu oleskan di bagian telapak tangan, kaki, dada, punggung dan leher anak sebelum tidur. Obat ini akan membantu tubuh berkeringat dan melepaskan racun serta sakit pada anak.

  1. Mengurangi penggunaan kipas angin

Mengurangi penggunaan kipas angin

Anda mungkin ingin meninjau gagasan lama untuk tidak menghidupkan kipas angin saat si kecil sedang demam. Namun pastikan Anda menempatkan si kecil di ruangan yang lapang dengan ventilasi yang baik. Jangan khawatir untuk menyalakan kipas angin agar sirkulasi udara di sekitar anak lebih lancar. Akan tetapi turunkan kecepatan kipas untuk memastikan suhu ruangan tetap normal dan anak Anda tidak menggigil.

  1. Beri makan anak Anda secara berkala

Beri makan anak Anda secara berkala

Selama demam, maka tubuh anak cenderung membutuhkan lebih banyak vitamin, kalsium, dan zat besi. Sup kaldu tulang atau ayam bisa diberikan kepada anak, beserta dengan sayur-sayuran dan buah-buahan. Kaldu tulang sangat baik untuk membantu pembentukan sel darah putih yang berfungsi untuk melawan penyakit. Berikan asupan makanan anak setiap 2-4 jam sekali untuk membuat tubuh mereka lebih baik, namun jangan dipaksa.

  1. Berikan anak Anda istirahat dan tidur yang cukup

Berikan anak Anda istirahat dan tidur yang cukup

Istirahat dan tidur yang cukup akan membantu menyegarkan tubuh dan pikiran anak. Selama istirahat, tubuh akan mendistribusikan banyak energi untuk penyembuhan dibandingkan untuk kegiatan lain. Namun jika anak-anak enggan tidur, maka batasi kegiatan mereka supaya tidak banyak bergerak. Ajak mereka untuk menonton video bersama, atau berikan cerita dan permainan yang menghibur supaya mereka tidak jenuh.

  1. Kompres dengan putih telur

Kompres dengan putih telur

Kandungan putih telur dipercaya bisa menurunkan suhu panas pada bayi dan anak. Caranya ambil 3 sendok makan putih telur lalu kocok dalam mangkuk kecil. Rendam satu lembar kain bersih di dalamnya, lalu biarkan sementara waktu. Setelah itu tutup kaki anak Anda dengan kain tersebut dan biarkan selama satu jam. Anda bisa mengulangi proses untuk Mengatasi Panas Pada Anak secara efektif.

  • Jaga tubuh anak tetap terhidrasi

Jaga tubuh anak tetap terhidrasi

Asupan cairan dalam bentuk air, larutan gula, susu, jus, maupun air kelapa juga penting untuk meningkatkan energi anak saat demam. Dengan demikian tubuh mereka cepat pulih. Bayi yang baru lahir harus diberi ASI setiap 10 menit untuk membuatnya tetap terhidrasi. Namun tambahkan beberapa mL ekstra cairan ketika mereka minum dari susu botol, atau ketika usia dan berat badan mereka berbeda.

  1. Gunakan sari buah kismis

Gunakan sari buah kismis

Buah kismis dipercaya memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, yang mampu melawan penyakit penyebab demam. Caranya, rendam 25 buah kismis dalam ½ cangkir air. Setelah itu diamkan selama 1 jam. Saat kismis lunak, maka hancurkan dan ambil sari buahnya dengan saringan. Tambahkan setengah jus jeruk nipis ke dalam sari tersebut. Lalu berikan kepada anak Anda dua kali sehari hingga demamnya turun.

  1. Berikan teh chamomile

Berikan teh chamomile

Teh chamomile merupakan minuman sekaligus obat alami yang baik untuk mengatasi demam anak. Caranya, rebus daun teh chamomile dalam air mendidih selama satu menit. Lalu tambahkan madu ke dalam minuman tersebut. Anda bisa memberikan beberapa tetes minuman atau sebanyak yang diinginkan anak. Berikan dalam jangka waktu dua kali dalam sehari.

  1. Berikan jus lemon ditambah madu

Berikan jus lemon ditambah madu

Kandungan vitamin C dalam buah lemon dipercaya bisa menguatkan kekebalan tubuh pada anak. Sedangkan madu berfungsi untuk memberikan makanan. Untuk itu, kombinasi keduanya akan mengurangi demam secara efektif. Caranya, campurkan satu sendok makan jus lemon dan satu sendok makan madu. Lalu berikan kepada anak Anda seperti memberi sirup untuk mengurangi demam.

  1. Berikan madu ikan sidat

Berikan madu ikan sidat

Ikan sidat umumnya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak secara efektif. Apalagi ditambah dengan madu hutan alami dan temulawak, maka bisa menangkal penyakit musiman jika dikonsumsi secara teratur. Produk madu pertama dari gizidat.com ini mampu Mengatasi Panas Pada Anak yang disebabkan oleh batuk dan pilek. Selain itu, madu anak gizidat juga dapat meningkatkan nafsu makan dan menambah daya tahan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *