meningkatkan berat badan anak

meningkatkan berat badan anak

Tumbuh kembang buah hati adalah hal yang paling diperhatikan oleh seorang Ibu. Tak heran jika kemudian anak mereka tak kunjung naik berat badannya, seorang Ibu bisa sangat bingung dan khawatir. Ada banyak faktor sebenarnya yang menyebabkan berat badan anak tidak naik. Namun sebagai seorang ibu, Anda bisa mengupayakan beberapa hal untuk meningkatkan berat badan anak.

9 Cara Meningkatkan Berat Badan Anak

Para bunda sebenarnya tak perlu khawatir jika anak mereka tak terlihat gemuk seperti anak-anak lainnya. Karena gemuk sebenarnya bukan merupakan indikator tumbuh kembang anak yang benar. Hal yang perlu dikhawatirkan adalah ketika tinggi badan anak terus naik, namun berat badannya tidak naik. Bisa jadi hal ini disebabkan oleh nafsu makan anak yang kurang baik.

Bila anak Anda telah benar-benar dinyatakan oleh dokter terlalu kurus, maka Anda bisa mencoba memperbaiki pola dan nafsu makannya dengan beberapa tips berikut ini:

  1. Atur Pola Makan dengan Konsisten

Salah satu langkah tepat untuk menaikkan berat badan anak adalah dengan mengatur pola makan hariannya. Biasakan anak Anda untuk makan secara teratur setiap hari di pagi, siang, dan malam hari. Jangan sampai anak melewatkan salah satu jadwal makannya. Hal ini bisa membuat si kecil kehilangan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh.

Atur Pola Makan dengan Konsisten

Tapi Anda harus ingat, jangan memaksa anak untuk makan, melainkan tawarkan kepada buah hati Anda menu makanan yang bervariasi agar anak selalu tertarik terhadap makanan. Buatlah waktu makan menjadi menyenangkan, sehingga anak tidak akan malas untuk makan. Anda misalnya bisa membuat kreasi menu-menu sehat menjadi bento unik berbagai karakter kartun favorit anak.

  1. Siapkan Porsi Lebih Besar

Untuk menambah berat badan anak, Anda bisa menambahkan porsi makannya menjadi lebih besar. Misalnya jika anak sudah mampu menghabiskan satu porsi makanan, maka Anda bisa memberinya tambahan. Anda bisa menyajikan potongan buah yang lebih besar atau susu di gelas yang lebih besar. Jangan melarang anak Anda saat minta tambah satu porsi makanan lagi.

Siapkan Porsi Lebih Besar

Anda bisa juga mensiasati dengan memberikan porsi biasa tapi sering. Berikan si buah hati camilan atau snack sehat di sela-sela jadwal makannya. Namun ingat, Anda harus konsisten hanya memberikan camilan yang sehat tanpa kandungan gula tambahan, pewarna, ataupun perasa sintetis yang bisa menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.

  1. Sajikan Menu Makanan dengan Kalori yang Lebih Tinggi

Nah, untuk tips ini Anda harus belajar tentang kandungan gizi dan kalori pada tiap-tiap menu makanan. Anda bisa menggunakan tabel nutrisi yang bisa dicari dengan mudah di internet. Ada banyak jenis makanan yang memiliki kadar kalori tinggi. Sajikan menu makanan tersebut kepada buah hati Anda.

Sajikan Menu Makanan dengan Kalori yang Lebih Tinggi

Pilihlah menu makanan berkalori tinggi yang sehat. Hindari memberikan makanan olahan hanya karena tabel nutrisinya menunjukkan jumlah kalori yang besar. Anda bisa memilih memberikan beberapa makanan alami seperti:

– Buah alpukat = 160 kal/100 gram

– Chia Seeds = 480kal/100 gram

– Kacang pistachio = 560kal/100 gram

– Filled steak = 200kal/100 gram.

– Dark chocolate = 580kal/100 gram.

– Minyak kelapa = 895kal/100 gram.

– Ikan kembung = 350kal/100 gram

– Buah kering = 360 kal/100 gram.

  1. Sajikan Jus Buah atau Susu Rendah Lemak

Sajikan Jus Buah atau Susu Rendah Lemak

Tawarkan susu rendah lemak atau jus buah saat anak Anda merasa haus. Minuman ini mengandung kalori yang bisa meningkatkan berat badan anak jika dibandingkan dengan air putih biasa. Namun ingat, jangan banyak menambahkan gula pada jus buah yang akan diberikan. Selain itu, tetap berikan anak air putih yang memang tak boleh dilewatkan untuk menjaga tubuh terhidrasi.

  1. Tambahkan Menu Lemak Nabati Sehat

Tambahkan Menu Lemak Nabati Sehat

Tips berikutnya adalah dengan menambahkan berbagai menu yang kaya akan lemak sehat seperti kacang-kacangan, selai kacang, buah alpukat, atau minyak zaitun. Tapi pastikan dulu bahwa anak Anda tidak alergi kacang. Kandungan lemak nabati yang tinggi bisa membantu meningkatkan berat badan anak sekaligus membantu mencegah peradangan.

  1. Berikan Camilan Sehat

Anda perlu ingat bahwa anak-anak memiliki ukuran lambung yang lebih kecil dibandingkan dengan orang dewasa. Kondisi ini membuatnya hanya bisa makan dalam porsi yang sedikit dalam satu waktu, namun mereka bisa makan lebih sering. Oleh karena itu, Anda perlu menyiasati kebiasaan anak ngemil dengan memberikan snack yang sehat.

Berikan Camilan Sehat

Dibandingkan Anda memberikan snack-snack ringan olahan, sebaiknya Anda memberikan camilan sehat seperti buah-buahan, roti gandum, dan lain sebagainya. Camilan yang sehat bisa membantu menambah berat badan anak.

  1. Ajak Anak Belanja dan Memasak

Saat anak malas untuk makan, mungkin dia memang merasa bahwa makan bukanlah hal yang menyenangkan jika dibandingkan dengan bermain. Untuk menyiasatinya, Anda bisa melibatkan anak dalam proses memasak. Anda bisa mengajak si buah hati untuk sama-sama berbelanja bahan makanan. Bahkan Anda bisa menanyakan bahan makanan apa yang ingin dibeli oleh si kecil.

Ajak Anak Belanja dan Memasak

Kemudian ajak pula anak Anda untuk memasak menu yang dia sukai. Bagi mereka, kegiatan seperti ini sama menyenangkannya dengan bermain. Karena itulah, mereka akan lebih tertarik untuk makan hasil masakan dimana mereka ikut terlibat untuk memilih dan memasak bahannya sendiri.

  1. Jangan Berdebat tentang Makanan

Jangan gunakan logika berfikir orang dewasa untuk menghadapi anak kecil yang susah makan, karena memang jalan fikiran anak kecil sangat berbeda dibandingkan dengan orang dewasa. Jika anak tidak suka terhadap salah satu bahan makanan dan menyukai satu jenis tertentu, jangan paksakan anak untuk makan alih-alih demi mendapatkan nutrisi seimbang.

Jangan Berdebat tentang Makanan

Ada baiknya Anda menyediakan makanan sehat yang disukai oleh anak Anda dan bisa ia santap setiap saat. Misalnya, jika ia suka buah apel, maka pastikan Anda memiliki persediaan apel di kulkas, sehingga kapanpun ia mau, ia bisa memakannya.

  1. Gunakan Suplemen Gizidat

Untuk mengimbangi semua tips menaikkan berat badan anak di atas, tak ada salahnya Anda menggunakan suplemen makanan yang aman dikonsumsi. Masalahnya tak semua multivitamin baik untuk tubuh, apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama untuk anak-anak. Terlebih, sediaan dengan bentuk pil/kapsul pasti akan sangat tidak disukai oleh anak-anak.

Namun kini Anda bisa merasa tenang karena sudah ada Gizidat.com yaitu madu multivitamin yang berfungsi untuk menambah nafsu makan dan berat badan buah hati Anda. Gizidat ini diproses dengan menggunakan 2 bahan alami yaitu madu hitam hutan asli, kurkuma/temu lawak, dan juga ikan sidat.

Gunakan Suplemen Gizidat

Madu hitam alami Gizidat ini diperoleh dari hutan pedalaman yang kaya akan manfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Kemudian, kurkuma atau temu lawak sudah turun temurun dikenal memiliki manfaat untuk meningkatkan nafsu makan anak secara alami. Selain itu, ikan sidat memiliki kandungan protein tinggi dan mampu menambah berat badan anak.

Gizidat merupakan suplemen makanan khusus anak yang aman untuk dikonsumsi setiap hari. Karena dibuat dengan madu asli, maka suplemen ini bebas dari pemanis buatan yang justru bisa membuat si buah hati memiliki kemungkinan obesitas. Jadi, anak Anda akan memiliki tubuh yang lebih gemuk, namun tetap sehat dan tanpa efek samping negatif apapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *