Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tidak ada yang lebih menyakitkan bagi orang tua dibandingkan harus melihat anak mereka menjadi mangsa penyakit menular. Untuk itu Anda perlu menjaga daya tahan tubuh mereka supaya tetap sehat. Sementara itu, Anda bisa Meningkatkan Daya Tahan Tubuh anak dengan menyediakan makanan sehat dan seimbang. Berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi dan sumber prebiotik akan menjaga kesehatan anak dalam jangka panjang.

Sistem kekebalan atau daya tahan anak umumnya akan terus berubah, beradapasi, dan kian meningkat seiring bertambahnya usia mereka. Karena tubuh anak atau balita akan belajar mempertahankan diri dan membangun perlindungan setiap kali penyakit atau kuman ingin menyerang. Sementara itu, nutrisi yang sehat dalam makanan akan mendukung daya tahan anak supaya lebih kuat dan membantu tubuh mereka agar terhindar dari penyakit.

Berbagai Makanan Yang Mampu Membantu Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

  1. Sayuran hijau, bisa sangat enak

Sayuran hijau, bisa sangat enak

Sayuran hijau termasuk makanan yang penting untuk pertumbuhan anak. Dalam sayuran hijau terdapat prebiotik yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan bakteri baik di dalam perut anak. Dengan demikian si kecil akan senang untuk makan, yang pada akhirnya akan membantu perbaikan DNA juga. Selain itu, banyak sayuran merupakan sumber antioksidan. Seperti bayam yang kaya akan zat besi, vitamin, asam folat, dan seng.

  1. Telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan

Banyak spesialis kesehatan anak mengungkapkan bahwa makronutrien seperti protein akan membantu meningkatkan sistem kekebalan anak menjadi lebih baik. Termasuk protein telur, protein susu, dan protein hewani. Baik telur rebus maupun telur dadar merupakan makanan super yang kaya akan protein. Selain itu, dalam kuning telur juga terdapat berbagai mineral, vitamin, dan antioksidan penting yang digunakan untuk menguatkan tubuh dalam melawan penyakit.

Telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan

Sementara itu, makanan seperti daging tanpa lemak dan ayam juga mengandung banyak seng serta berbagai mineral penting lainnya. Kandungan mineral ini sangat penting untuk meningkatkan sel darah putih dalam melawan penyakit. Jadi mengapa Anda tidak mecoba telur rebus dan sup ayam untuk menyehatkan sarapan dan makan malam anak Anda? Sementera untuk vegetarian, makanan seperti kacang-kacangan adalah sumber protein yang bagus.

  1. Yoghurt

Yoghurt

Susu fermentasi atau yoghurt merupakan sumber probiotik, yang banyak digunakan untuk melawan bakteri jahat di dalam perut. Menjaga dan memperkuat sistem saluran usus anak akan mencegah penyakit pada pencernaan. Sementara jika anak Anda tidak menyukai yoghurt biasa, maka cobalah untuk mencari rasa yang lezat. Namun untuk menghindari kandungan ekstra pada lemak jenuh maka pilihlah varietas rendah lemak atau bebas lemak.

  1. Berbagai olahan bawang putih

Berbagai olahan bawang putih

Bawang putih merupakan jenis rempah-rempah yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri. Jenis bahan makanan ini juga mampu merangsang produksi sel darah putih dalam tubuh, serta bertindak sebagai antioksidan. Sebagian orang menggunakan bawang putih untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Ketika ditambahkan dalam makanan, bawang putih dapat mencegah gejala pilek dan flu. Jadi mengapa tidak mencobanya untuk anak Anda dan buktikan khasiatnya?

  1. Gandum, untuk tetap sehat

Gandum, untuk tetap sehat

Meskipun bukan makanan khas Indonesia, namun gandum atau sejenis biji-bijian utuh lainnya adalah pilihan yang sehat untuk anak. Gandum dipercaya kaya akan beta-glukan, sejenis serat yang banyak mengandung sifat antioksidan dan antimikroba. Sementara itu, serat sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu membersihkan usus dan melancarkan pencernaan (mengurangi sembelit). Anda bisa memberikan jenis makanan gandum baik berupa sereal maupun roti kering.

  1. Wortel untuk kesehatan mata

Wortel untuk kesehatan mata

Wortel merupakan sayuran yang baik untuk mempertajam penglihatan mata dan untuk melawan penyakit. Sayuran wortel merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. Itulah sebabnya wortel memiliki warna yang cerah dibandingkan jenis umbi-umbian lainnya. Sementara itu, beta-karoten bermanfaat untuk mendukung selaput lendir tubuh yang melapisi saluran pernapasan dan usus. Dengan demikian, akan sulit bagi bakteri untuk memasuki aliran darah dan menyebabkan penyakit.

  1. Jamur untuk memerangi penyakit

Menurut sebagian orang, jamur adalah makanan super terbaik setelah daging ayam (terutama dalam hal rasa dan nutrisi). Sementara itu, jamur sendiri merupakan sumber utama mineral (seng) yang baik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh. Jamur mampu membantu memerangi flu biasa, flu berat, dan berbagai penyakit lainnya. Karena kandungan mineral seng dalam jamur mampu membantu produksi sel darah putih dalam melawan penyakit.

Jamur untuk memengari penyakit

Selain itu, berbagai jenis jamur memiliki efek antivirus, antibakteri, dan anti tumor yang beragam. Jadi sangat baik untuk menjaga pertumbuhan dan kesehatan pada anak. Anda bisa menawarkan kepada si kecil pilihan makanan bergizi seperti jamur kacang polong dengan saus atau sandwich jamur yang gurih. Sementara itu, Anda juga bisa menambahkan jamur ke dalam sup, salad, dan berbagai campuran sayuran lainnya.

  1. Camilan kacang, untuk mengisi waktu kosong

Camilan kacang, untuk mengisi waktu kosong

Jika Anda ingin menawarkan makanan ringan bergizi di jam-jam istirahat untuk anak, maka cobalah tawarkan berbagai jenis kacang. Karena jenis biji-bijian ini merupakan sumber protein, mineral, dan vitamin. Kacang juga kaya akan antioksidan seperti seng, asam lemak, omega, dan vitamin E. Tawarkan kepada anak Anda varian kacang seperti almond, kenari, kurma, dan juga kismis, atau masukkan dalam resep kue Anda.

  1. Berbagai macam ikan

Berbagai macam ikan

Ikan merupakan jenis makanan yang banyak mengandung asam lemak serta omega-3. Kandungan ini berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan merupakan nutrisi yang baik untuk otak anak. Anda bisa memberikan jenis ikan berlemak seperti salmon dan tuna, yang merupakan pilihan terbaik dalam masa pertumbuhan. Namun jika kedua ikan tersebut terlalu mahal maka Anda bisa memberikan pilihan ikan lain seperti mujaer.

  • Buah-buahan sebagai pelengkap

Buah-buahan sebagai pelengkap

Apakah Anda termasuk orang tua yang hanya terbatas untuk membeli mangga, pisang, dan apel untuk anak? Jika iya, maka kini saatnya untuk menambahkan buah beri, persik, delima, melon, dan sebagainya. Ingatlah bahwa semakin gelap warna buah yang Anda berikan, maka semakin baik nutrisinya. Berikan setidaknya satu porsi buah dalam sehari. Karena buah adalah sumber serat, antioksidan, dan berbagai manfaat lainnya.

  • Produk madu gizidat

Madu merupakan jenis makanan yang dipercaya sejak lama sebagai obat alami dan bentuk pertahanan yang baik untuk melawan penyakit. Untuk jenis madu asli yang dapat mendukung dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh anak, maka pilihlah produk madu asli gizidat. Selain kandungan madu hutan alami, madu asli dari gizidat.com ini juga memiliki berbagai kandungan bermanfaat lainnya seperti kurkumin (temulawak) dan ikan sidat.

Produk madu gizidat

Kurkumin atau temulawak telah dipercaya sejak lama untuk meningkatkan nafsu makan pada anak. Selain itu, temulawak juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu tubuh untuk melawan penyakit. Sementara itu, anak Anda juga akan mendapatkan sumber protein yang tinggi dari ikan sidat. Kandungan protein dari ikan sidat bahkan dipercaya lebih tinggi daripada ikan salmon Norwegia, yang membuatnya menjadi komoditas ekspor terfavorit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *