Meningkatkan Imunitas Tubuh

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Cara meningkatkan imunitas tubuh perlu Anda perhatikan. Mengingat saat ini kita semua sedang memasuki ke musim pancaroba, yaitu pergantian antara musim hujan berubah ke musim kemarau. Di saat seperti ini, gangguan pada kesehatan seperti gejala demam serta flu semakin merajalela. Maka dari itu, Anda perlu hati-hati.

Apalagi jika Anda tergolong jenis orang yang rentan terkena penyakit. Nah, akan lebih baik untuk Anda tingkatkan lagi kewaspadaan diri dan segera lakukan pencegahan. Caranya pun tidak sulit, kok. Anda hanya perlu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh. Berikut beberapa macam cara agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang dapat Anda lakukan dikeseharian.

Beberapa cara meningkatkan imunitas tubuh

  1. Olahraga Teratur

Walaupun belakangan ini cuaca dingin atau hujan masih sering turun, bukan berarti Anda akan menjadi malas berolahraga. Keluarlah dari kamar Anda atau keluar rumah, berada di bawah hamparan sinar cahaya matahari, dan segera lakukan olahraga ringan.

Olahraga dengan rutin akan meningkatkan volume kesehatan Anda secara keseluruhan dan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Anda tidak perlu untuk bisa melakukan olahraga yang tergolong berat.

Cukup dengan Anda berlari ataupun jogging di sekitaran lingkungan rumah, atau bisa juga mencoba olahraga lain seperti berenang serta mencoba bermain basket sudah jauh dari kata optimal.

  1. Makan Sehat

Rutinitas program diet sehari-hari mempunyai faktor penting ketika akan meningkatkan kekebalan pada tubuh. Konsumsilah makanan sehat serta penuh dengan nutrisi, serta cobalah untuk hindari atau meninggalkan makanan cepat saji atau makanan yang terlalu banyak mengandung lemak atau gula, dan sodium.

Usahakan agar makan rutin 3 kali dalam sehari setiap harinya. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan lemak sehat untuk dapat mencegah obesitas, yang merupakan kondisi dimana tubuh mengalami kegemukan yang dapat menyebabkan berbagai macam jenis komplikasi dan menurunkan kekebalan pada tubuh.

  1. Tingkatkan Konsumsi Protein

Makanan yang memiliki kandungan protein tinggi, yaitu seperti daging sapi yang tidak berlemak serta ikan, juga mempunyai kandungan zink yang sangat tinggi. Zink itu begitu bermanfaat ketika ingin meningkatkan kekebalan pada tubuh.

  1. Konsumsi Makanan Penambah Kekebalan Tubuh

Makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh ialah buah-buahan dan juga sayuran yang mengandung begitu banyak vitamin dan juga antioksidan. Beberapa macam makanan alami yang dapat Anda konsumsi untuk bisa meningkatkan kekebalan pada tubuh adalah:

  1. Telur
  2. Yogurt
  3. Jahe
  4. Bawang putih
  5. Apel
  6. Daging
  7. Wortel
  8. Tomat
  9. Sayuran berdaun hijau
  10. Minyak ikan
  11. Hindari Gula Olahan

Sebaiknya Anda juga perlu berhati-hati, sebab beberapa makanan dapat menurunkan kinerja fungsi dari kekebalan tubuh. Hindarilah jika terlalu banyak mengonsumsi jenis makanan yang dimana mengandung gula olahan ataupun gula halus.

Menurut hasil penelitian, mengonsumsi 100 gram (8 sendok gula) sama dengan seseorang meminum 2 kaleng minuman soda dan hal tersebut tentunya dapat menurunkan kemampuan pada sel darah putih yang bertugas untuk membunuh bakteri hingga mancapai 40%.

  1. Hindari Makanan Olahan

Jenis makanan olahan serta cepat saji sangat amat tidak baik dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bagi kesehatan. Beberapa jenis dari makanan tersebut mengandung bahan buatan, gula, dan kandungan lemak yang tentunya tidak baik untuk tubuh kita.

Mulai detik ini, biasakanlah untuk mengonsumsi makanan yang lebih sehat, lebih alami dan pastinya lebih segar, terutama pada makanan organik yang seseorang tanam sendiri.

  1. Minum Banyak Air

Dengan minum air putih secukupnya sudah pasti juga sangat begitu penting untuk kesehatan tubuh, sebab dapat meningkatkan kadar oksigen serta keseimbangan cairan pada darah. Konsumsi air dengan cukup juga dapat meningkatkan produksi limfa atau sebuah cairan yang digunakan pada kekebalan tubuh agar mampu melakukan sirkulasi sel darah putih serta nutrisi ke seluruh tubuh.

  1. Kurangi Konsumsi Alkohol, Kafein, dan Rokok

Hentikan segera kebiasaan merokok dan juga cobalah untuk hindari konsumsi alkohol dan kafein yang berlebihan. Hal-hal inilah yang bisa merusak kekebalan ada tubuh, karena dapat meningkatkan toksisitas.

Toksisitas juga dapat menyebabkan kurangnya suatu nutrisi dan juga ketidakseimbangan zat kimia di dalam tubuh. Dampak buruk lainnya dari eorang perokok adalah bisa meningkatkan risiko penyakit kanker paru-paru, penyakit jantung, dan juga komplikasi kesehatan lain. Alkohol juga dapat melemahkan kinerjanya sel darah putih.

  1. Tidur yang Cukup

Pastikan Anda beristirahat atau tidur selama minimal 8 jam dalam satu hari. Tidur dengan nyenyak dan berkualitas merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

Waktu terbaik untuk Anda berisitirahat atau tidur ialah pukul 22.00 – 06.00. Lalu, hindari begadang yang terus-terus menerus. Jangan begadang apabila memang tidak ada suatu hal yang penting untuk dikerjakan atau dilakukan karena kualitas tidur Anda menjamin tubuh yang fit.

  1. Bersosialisasi dengan Teman

Berumpa dan bersenang-senang bersama para sahabat atau teman dapat membantu Anda untuk rileks, melepas semua ketegangan, hingga melupakan macam-macam masalah. Jika terlalu lama bergelut di dalam sebuah masalah dapat menyebabkan stres, sehingga dapat menurunkan kekebalan pada tubuh.

Teman merupakan apa yang Anda butuhkan saat memerlukan sebuah dukungan emosi ketika Anda merasa sedih. Pastikan Anda bersosialisasi dengan seorang teman yang dapat membawa diri Anda ke hal yang positif untuk kehidupan Anda.

  1. Biasakan Tertawa

Stres merupakan bagian normal untuk kehidupan siapapun. Anda hanya perlu tahu bagaimana cara mengatasinya. Pasalnya, apabila dibiarkan dengan begitu saja, stres dapat mengganggu keseimbangan pada hormon tubuh. Nah, salah satu cara mengatasi stres dengan cara alami ialah dengan bisa tertawa lepas.

Apakah Anda termasuk sering mendengar istilah ‘tertawa merupakan obat yang palaing baik’, kan? Memang benar adanya, orang yang pada dasarnya lebih bahagia cenderung hidupnya akan lebih sehat dan juga kuat. Tawa dapat meningkatkan keadaan bagian mental secara positif, meredakan gangguan stres dipikiran, dan uga dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh seseorang.

  1. Konsumsi Gizidat

Dengan mengonsumsi suplemen itu dapat meningkatkan imunitas tubuh. Sebagai salah satu rekomendasi, konsumsilah Gizidat setiap hari secara teratur. Suplemen dalam bentuk cairan ini juga membantu menguatkan dan peremajaan sistem kekebalan pada tubuh.

Fungsi utama dari Gizidat ialah untuk dapat meningkatkan kinerja pada kekebalan tubuh seseorang supaya lebih bisa aktif dan mampu memperbanyak produksi antibodi. Selain dari itu, gizidat sendiri adalah Madu Ekstrak Ikan Sidat dengan tambahan Temulawak Plus Probiotik .

Selain itu juga bermanfaat untuk dapat digunakan sebagai sebuah suplement atau tambahan makanan (vitamin) agar dapat menopang kekebalan tubuh pada seseorang, bisa mengingkatkan nafsu makan, membuat seseorang menjadi lebih aktif bergerak serta juga mempunyai kemampuan daya serap atau daya tanggap serta daya ingat otak yang jauh lebih baik ketika mengkonsumsi suplemen tersebut yakni gizidat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *