Nutris Otak

Nutris Otak

Pada masa anak-anak, asupan nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otak. Salah satu nutrisi yang paling penting adalah vitamin. Vitamin merupakan nutrisi utama yang harus diberikan selama masa kehamilan hingga mulai menginjak dewasa. Nutrisi otak dapat mempengaruhi perkembangan otak dan tingkat kecerdasan buah hati. Oleh karena itu harus diperhatikan dengan baik melalui asupan makanan yang dikonsumsi.

Buah hati adalah kebahagiaan yang paling besar dalam keluarga yang menjadi dambaan setiap pasangan suami istri yang telah menikah. Makanan untuk anak harus menyehatkan dan dapat mengembangkan pertumbuhan otak buah hati. Terutama untuk usia kurang dari 1 tahun, kemampuan bayi sudah mulai berkembang dan organ tubuh sang bayi mulai dapat mencerna makanan. Sehingga pada usia tersebut asupan makanan harus diperhatikan.

Daftar Nutris Otak yang Tidak Boleh Dilupakan

Otak harus mendapatkan asupan nutrisi yang maksimal. Nutrisi sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Berbagai nutrisi harus diberikan secara seimbang agar pertumbuhan anak lebih maksimal. Untuk mendapatkan nutrisi kesehatan anak, dapat dilihat dari pemilihan makanan yang dikonsumsi. Berikut daftar nutrisi yang baik untuk kecerdasan otak anak.

1. Vitamin B1

Vitamain B1 merupakan vitamin otak yang paling utama. B1 dapat menghantarkan impuls sel saraf pada otak. Sehingga dapat meningkatkan kondisi mental anak, kemampuan belajar dan beraktivitas, meningkatkan energi, kemampuan untuk menghadapi tekanan dan meningkatkan daya ingat anak. Orang yang menderita penyakit Alzheimer disebabkan karena kurang mengkonsumsi vitamin B1. Vitamin B1 didapatkan pada:

  1. kacang-kacangan
  2. daging
  3. ragi
  4. biji-bijian

2. Vitamin B12

Vitamin B12

Vitamin B12 mempunyai peran penting untuk membantu pembentukan myelin. Myelin merupakan lapisan yang berfungsi untuk melindungi serat saraf otak. B12 berguna untuk melindungi otak dari berbagai kerusakan saraf, penurunan mental, kehilangan ingatan, dan dapat meningkatkan suasana hati. Vitamin B12 dapat ditemukan pada:

  1. daging sapi
  2. daging domba
  3. binatang jenis unggas
  4. ikan
  5. daging babi

3. Vitamin B6

Vitamin B6

Nutrisi yang satu ini mempunyai peran penting dalam memproduksi serotonim dan dopamin. Vitamin B6 dapat menjaga suasana hati dan meningkatkan kewaspandaan. Vitamin ini banyak terdapat pada:

  1. kangkung
  2. ikan tuna
  3. kembang kol
  4. sawi
  5. lobak
  6. bawang putih

4. Vitamin E

Vitamin E

Vitamin E mempunyai fungsi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menangkal radikal bebas yang dapat merusak tubuh. Radikal bebas dapat mengganggu fungs otak, sehingga tubuh membutuhkan antioksidan untuk melawan radikal bebas tersebut. Vitamin E dapat ditemukan pada:

  1. kacang almond
  2. gandum
  3. minyak jagung
  4. sayuran hijau

5. Vitamin C

Vitamin C

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang paling penting untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Vitamin C dapat membantu otak sehingga dapat melawan penumpukan zat yang dapat menyebabkan penurunya ingatan. Vitamin C banyak terdapt pada:

  1. brokoli
  2. jeruk
  3. lemon
  4. stroberri

6. Asam Folat

Asam Folat

Asam folat berfungsi untuk meningkatkan kemampuan daya ingatt dan fokus. Asam folat dapat membantu menurunkan kadar asam amino homosistein yang ada dalam darah yang mungkin dapat membuat sel otak rusak. Asam ini dapat ditemukan pada;

  1. sayuran hijau
  2. kacang-kacangan
  3. buah
  4. gandum

7. Asam Lemak Omega 3

Asam Lemak Omega-3

Omega 3 adalah nutrisi penting untuk meningkatkan perkembangan otak. Omega 3 dapat meningkatkan fungsi kognitif otak serta dapat terhindar dari risiko gangguan mental. Omega 3 banyak terdapat pada:

  1. salmon
  2. kiwi
  3. biji rami
  4. kenari

8. Lemak

Lemak

Lemak merupakan zat yang sangat penting untuk perkembangan otak anak. Pada masa bayi, sumber lemak paling baik adalah ASI. ASI berasal dari lemak yang dapat membuat otak buah hati dapat bekerja dengan optimal. Lemak dapat ditemukan pada:

  1. alpukat
  2. ikan salmon
  3. ikan tuna
  4. ikan sarden
  5. telur
  6. daging sapi
  7. kacang-kacangan

9. Besi

Zat Besi

Zat besi mempunyai fungsi untukĀ  memproduksi darah, sehingga dapat meningkatkan fungsi kognitif. Bila kekurangan zat besi, maka akan berpengaruh hingga dewasa. Sumber zat besi dapat ditemukan pada:

  1. daging sapi
  2. ikan
  3. daging ayam tanpa kulit
  4. hati
  5. telur

10. Kolin

Kolin

 

Kolin merupakan salah satu nutrisi otak yang bisa diproduksi oleh manusia dalam jumlah banyak. Kadar kolin tergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi. Kolin berfungsi untuk membentuk otak, mengatur perkembangan saraf, mengatur fungsi gen, dan meningkatkan perkembangan otak. Sumber kolin adalah:

  1. ASI
  2. kuning telur
  3. ikan
  4. daging unggas
  5. daging merah
  6. brokoli
  7. kembang kol
  8. kubis
  9. kacang-kacangan

11. Yodium

Yodium

Yodium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan dalam perkembangan otak anak. Yodium dapat membantu pembentukan hormon tiroid yang dibutuhkan dalam proses perkembangan normal otak dan saraf. Yodium dapat ditemukan pada:

  1. udang
  2. daging lobster
  3. ikan tuna
  4. kentang
  5. minyak ikan
  6. telur

12. Protein

Protein

Protein adalah zat gizi yang paling penting dalam perkembangan otak. Protein dapat membentuk sel otak serta jaringan ikat pada otak, dapat memproduksi sel saraf baru sehingga otak dapat terus berkembang. Protein banyak terdapat pada:

  1. ASI
  2. telur
  3. daging sapi, ayam, ikan
  4. tahu dan tempe
  5. kacang hijau dan kacang kedelai

13. Zink

Zinc

Zink merupakan mineral yang mempunyai peran untuk pembentukan sel DNA. Zink sangat dibutuhkan oleh otak, untuk berkembang lebih optimal. Zink dapat ditemukan dalam:

  1. daging ayam dan sapi
  2. kacang-kacangan
  3. gandum
  4. ASI

14. Vitamin D

Vitamin D mempunyai manfaat untuk kesehatan tulang, serta perkembangan otak anak. Vitamin D bisa didapatkan pada:

  1. ikan berlemak
  2. sinar UV pagi hari
  3. susu

Nutrisi Otak Untuk Anak dari GIzidat

Nutrisi Otak Untuk Anak dari GIzidat

Pemilihan nutrisi untuk otak harus tepat dan sesuai pertumbuhan buah hati. Gizidat mempunyai berbagai macam produk sumber makanan dan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk buah hati. Dengan mengkonsumsi vitamin Gizidat, pertumbuhan si kecil dapat diperhatikan dengan baik. Gizidat terbuat dari bahan pilihan dengan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan anak.

  • Madu hutan

Gizidat mempunyai bahan utama dari madu hutan. Madu hutam dapat memberikan nutrisi dengan maksimal yang berasal dari lebah dan berbagai hayati lain, yang ada di hutan tripis Indonesia.

  • Kurkumin

Kurkumin atau temu lawak merupakan bahan yang sudah dipercaya sejak dulu dalam meningkatkan nafsu makan serta dapat meningkatkan daya tahan tubuh buah hati.

  • Sidat

Sidat atau belut mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi sehingga saat ini menajadi kexport utama di Jepang.

Gizidat adalah solusi utama para Bunda ketika mengalami masalah pada buah hati. Karena berbagai produknya yang sangat ampuh dan terpercaya. Untuk informasi mengenai produk Gizidat, bisa dilihat di web https://gizidat.com/ atau bisa menggunakan instagram dengan #Gizidat.

Makanan dengan Nutrisi Otak Paling Banyak

Makanan dengan Nutrisi Otak Paling Banyak

  1. Kacang

Salah satu makanan yang baik untuk pertumbuhan otak anak adalah kacang. Kacang termasuk jenis sayuran super karena mempunyai vitamin A, vitamin B, vitamin C serta asam folat yang tinggi.

  1. Gandum

Gandum dapat membantu menstabilkan gula darah serta dapat menyediakan energi untuk jangka waktu yang panjang. Gandum kaya akan serat yang dapat larut dalam air, sehingga mampu melindungi permukaan usus sehingga dapat menjaga kesehatan pencernaan sang buah hati.

  1. Ikan

Ikan

 

Ikan adalah hewan laut yang paling banyak mengandung protein. Ikan juga merupakan makanan yang paling rendah lemak, sehingga baik untuk perkembangan otak anak.

  1. Daging ayam

Daging ayam mengandung protein dan vitamin B12 yang tidak dapat ditemukan dalam minyak nabati. Serta daging ayam juga mengandung lemak yang dibutuhkan untuk menunjang petumbuhan sang buah hati.

  1. Daging sapi

Daging sapi dapat memberikan zat besi yang paling baik sehingga dapat diserap oleh tubuh dengan mudah. Pada saat usia 7 tahun, sang bayi membutuhkan zat besi yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *