Nutrisi Otak Untuk Anak

Nutrisi Otak Untuk Anak

Pada usia tumbuh kembang, serta sejak masih dalam kandungan, anak membutuhkan nutrisi yang cukup untuk memaksimalkan perkembangan otaknya. Nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan tersebut sangat banyak dan bisa didapatkan dari asupan yang dikonsumsi baik ibu saat mengandung, juga anak itu sendiri. Nutrisi otak untuk anak tidak hanya berperan penting dalam perkembangan otak, tetapi juga menghindari risiko kecacatan.

Selain dengan memberi asupan bernutrisi dengan gizi cukup, orangtua bisa bantu memaksimalkan perkembangan otak anak dengan memberi latihan sederhana yang dilakukan di rumah secara rutin.

Sumber Nutrisi Otak Untuk Anak dan Manfaatnya

Terdapat daftar sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh anak dalam meningkatkan perkembangan otak. Berikut sumber-sumber nutrisi dengan mafaatnya:

1. AA dan DHA

 AA dan DHA

Dua nutrisi pertama ialah AA dan DHA. AA atau Arachidonic Acid dan DHA atau Docosahexanoid Acid berperan penting dalam pertumbuhan sistem saraf pusat. Kedua nutrisi ini juga membantu dalam meningkatkan kerja dan ketajaman indera penglihatan. Kandungan AA dan DHA bisa ditemukan di bahan makanan berupa ikan tuna, ikan salmon, daging, telur, dan produk susu.

2. Asam Lemak

Nutrisi yang berperan penting bagi organ otak adalah asam lemak. Asam lemak ini merupakan asam lemak alami yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Maka dibutuhkan konsumsi tambahan yang mengandung asam lemak tersebut. Asam lemak sehat sendiri terdiri dari Omega 3, 6, dan 9.

Asam Lemak

Asam lemak Omega 3, 6, dan 9 memiliki manfaat pertama, membentuk pembungkus organ saraf tubuh. Kedua, sebagai anti peradangan, anti bakteri, dan anti penggumpalan pada darah. Kemudian manfaat ketiganya yaitu menjadi penjaga kerja sistem saraf.

Bahan makanan kayak asam lemak sehat di antaranya ikan tuna, ikan salmon, ikan sidat (belut), sayuran hijau, walnut, kedelai, minyak jagung, dan biji-bijian.

3. Asam Amino

Asam amino memiliki beragam jenis. Kandungan ini berperan menjadi penyeimbang sistem saraf, pembentuk protein pada organ otot, menjaga kekebalan tubuh, dan membantu kerja neutransmitter pada otak.

Asam Amino

Asam amino bisa didapatkan dari sumber makanan berupa daging sapi, daging ayam, telur, susu dan produk olahannya (keju, yoghurt), kedelai, alpukat, gandum, kacang polong, juga kacang hijau.

4. Vitamin B

Salah satu jenis vitamin yang bermanfaat bagi perkembangan otak adalah Vitamin B. Vitamin B yang bisa didapatkan dengan konsumsi daging sapi, daging kambing, bayam, telur, ikan sidat (belut), dan biji bunga matahari ini juga membantu dalam menstabilkan tingkat emosi.

Vitamin B kompleks

Manfaat lainnya berupa meningkatkan daya ingat dan memori, memperbaiki suasana hati, meningkatkan konsentrasi, dan mengurangi perasaan cemas.

5. Vitamin E

Vitamin E

Jenis vitamin lain yang bagus untuk otak ialah Vitamin E. Sumber nutrisi ini berperan sebagai peningkat fungsi otak yang mampu mengurangi risiko penyakit otak seperti alzheimer. Vitamin E merupakan antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas. Dalam dunia kecantikan, vitamin ini diandalkan dalam menjaga kesehatan kulit dan anti penuaan kulit.

Temukan kandungan Vitamin E dengan rutin konsumsi almond, hezelnut, dan sayuran hijau.

6. Zat Besi

Zat Besi

Zat besi merupakan sumber nutrisi kelima yang dibutuhkan anak. Mengkonsumsi aupan tinggi zat besi dalam jumlah yang seharusnya secara rutin dapat mendatangkan manfaat di antaranya meningkatkan IQ dan kecerdasan otak, memelihara aktivitas saraf, meningkatkan konsentrasi, serta perbaikan terhadap perilaku anak.

Bahan makanan tinggi zat besi berupa gandum utuh, kulit kentang (konsumsi kentang tanpa dikupas), apel, pepaya, dan kacang-kacangan.

7. Zinc

Zinc

Zinc atau seng adalah sumber nutrisi yang sering sekali menjadi kandungan tambahan dalam berbagai produk. Mulai dari makanan, produk susu, hingga produk kecantikan. Zinc memiliki manfaat dalam perkembangan otak dan meningkatkan kecerdasan. Zinc juga menjadi zat yang membantu proses pembelahan, pertumbuhan, serta regenerasi sel otak.

Zinc bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daging, kacang-kacanga, susu, dan makanan laut.

8. Yodium

Sumber nutrisi terakhir yang harus dikonsumsi rutin ialah yodium. Yodium merupakan kandungan yang sangat mudah kita temui, contohnya bumbu masak garam. Yodium memberi manfaat di antaranya memiliki peran penting dalam pembentukan hormon tubuh, meningkatkan aktivitas otak, meningkatkan sifat peka sistem saraf, serta memaksimalkan proses berkembang otak.

Yodium

Selain dari garam, yodium bisa didapatkan dengan mengkonsumsi rumput laut, ikan salmon, ikan tuna, kerang, dan kelp.

Tidak Hanya Memberi Nutrisi Otak Untuk Anak Tetapi Juga Melatih Anak Secara Langsung

Memaksimalkan perkembangan otak anak tidak hanya dengan pemberian nutrisi dalam menu makan sehari-hari, orangtua juga harus mau memberi pelatihan yang menyenangkan pada anak secara langsung. Pelatihan ini bisa berupa kegiatan sederhana yang tidak dianggap sebagai beban bagi anak. Atau anak menganggap kegiatan itu sama seperti bermain.

Nutrisi Otak Untuk Anak

Khusus anak di usia-usia mengenal dunia dan mulai belajar menghadapi beragam situasi, anak bisa diajak melakukan tiga kegiatan berikut ini setiap harinya:

  • Berlatih Otot Mata

Kecerdasan otak berhubungan dengan kerja-kerja indera tubuh kita khususnya indera penglihatan. Ajak anak melatih otot mata dengan menunjuk ke benda-benda sekitar atau mengajak anak melihat ke berbagai arah berbeda. Coba perhatikan gerakan dan kecepatan bola mata anak ketika berpindah pandangan dari satu arah ke arah lainnya. Atau bagaimana matanya mengikuti gerakan benda.

  • Bermain Mengenal Tekstur

Indera peraba penting dilatih dalam mengembangkan kecerdasan otak anak. Biarkan anak menyentuh berbagai tekstur seperti pasir, tanah liat, air, permukaan-permukaan benda, dan banyak lagi.

  • Melatih Ketajaman Memori

Atihan sederhana lainnya ialah dengan melatih ketajaman memori anak. Ajak anak bermain menghafal gambar, warna, atau pun jalan cerita. Ada banyak mainan yang fokus melatih memori yang bisa dipilih. Contohnya puzzle.

Mengkonsumsi Gizidat

Beri Gizidat Sebagai Suplemen Nutrisi Otak Untuk Anak Paling Tepat

Memberi makanan dan minuman yang mengandung beragam sumber nutrisi penting bagi sebagian orangtua tidak mudah. Mulai dari membuat menu lezat yang disukai anak, hingga anak yang memang sulit makan atau nafsu makannya rendah. Solusi terbaik dengan memberi suplemen dan vitamin tambahan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh anak. Rekomendasi suplemen dan vitamin tambahan ialah produk dari Gizidat.

Gizidat terbuat dari bahan-bahan alami di antaranya madu hutan murni dengan cita rasa manis yang disukai anak dan membantu meningkatkan imun tubuh. Lalu kandungan ikan sidat atau belut yang kaya akan asam lemak Omega 3 dan 6, Vitamin B, juga Zinc, mampu memenuhi kebutuhan protein. Serta kandungan temulawak untuk meningkatkan nafsu makan dan probiotik sebagai bakteri baik yang berperan melancarkan pencernaan.

Produk nutrisi otak untuk anak Gizidat bisa menjadi vitamin pelengkap masa penyembuhan seperti pemulihan dari batuk dan flu. Suplemen vitamin ini juga bisa diandalkan untuk meringankan iritasi pada organ usus dan menurunkan risiko infeksi pernapasan anak. Selain itu bisa dikonsumsi untuk melawan alergi yang datang karena faktor lingkungan seperti alergi perubahan cuaca dan debu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *