Nutrisi untuk Anak Kurus

Nutrisi untuk Anak Kurus

Anak-anak sedang dalam masa pertumbuhan biasanya akan memiliki perawakan yang kurus. Apabila badan tersebut menjadi semakin kurus dan bertambah kurus, maka Anda sebagai orangtua harus lebih memperhatikan nutrisi untuk Anak kurus. Ada banyak asupan nutrisi yang diperlukan bagi anak yang sedang tumbuh kembang.

Anda juga perlu untuk menambahkan jumlah kalori dari makanan yang diasup tanpa menggunakan makanan yang bersifat junk food. Mengkonsumsi makanan bernutrisi dengan tinggi kalori akan membuat anak Anda menjadi lebih berisi dan sehat.

Beberapa Cara Menambah Berat Badan Anak dengan Sehat

Kesehatan sangat mahal harganya. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua harus selalu peduli terhadap kesehatan anak Anda. Penuhi nutrisi dan kalori  sesuai dengan yang ia butuhkan. Beberapa makanan dengan nutrisi untuk anak kurus yang lengkap dan juga tinggi kalori adalah susu sapi segar, alpukat, coklat, dan juga kacang-kacangan. Beberapa tips lain dapat dilihat sebagai berikut.

  1. Memberikan Makan dengan Lebih Sering

Anak yang kurus memang disebabkan oleh kurangnya kalori yang masuk kedalam tubuh. Kekurangan tersebut bisa saja disebabkan oleh anak-anak biasanya banyak bermain dan bergerak, sehingga pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Selain itu, anak-anak masih tumbuh dan berkembang, sehingga tubuh mereka memang masih memerlukan banyak sekali energi.

Saat anak menjadi kurus, maka Anda harus menambahkan jumlah kalori atau makanan yang masuk kedalam tubuhnya. Anak kecil memiliki perut dengan kapasitas yang kecil. Memaksakan anak untuk makan dalam jumlah yang banyak dalam 3 porsi jatah makan bukanlah hal yang efisien untuk dapat membuatnya lebih berisi.

Memberikan Makan dengan Lebih Sering

Cara yang paling mudah adalah menambah frekuensi makan dari yang semula 3 kali menjadi 5 kali. Anda tidak perlu menggunakan porsi makan besar setiap kali memberikan anak Anda makan. Anda bisa memberikannya snack yang bergizi dengan kalori yang tinggi, seperti smoothies alpukat.

Setiap kali anak merasa lapar, maka Anda harus dengan segera memberikannya makan. Hal ini akan dapat menambahkan berat badan dari anak Anda saat dilakukan secara berlanjut.

  1. Buat Makanan dengan Tampilan Menarik

Cara kedua yang patut dicoba untuk menaikkan berat badan anak adalah dengan membuat kreasi tampilan makanan yang menarik setiap kali memberikan makan kepada anak. Saat ini ada banyak sekali alat pencetak yang dapat digunakan untuk menghias makanan. Anda akan dapat memotong berbagai macam sayur, seperti wortel dengan bentuk bunga dan lain sebagainya.

Buat Makanan dengan Tampilan Menarik

Anda juga bisa membuat berbagai macam tokoh kartun dengan makanan. Cara ini terbukti sangat efisien untuk emnarik perhatian anak untuk makan dengan lahap. Saat anak Anda makan dengan lahap, biasanya mereka akan lupa mengenai berapa banyak makanan yang sudah dimakan dan hal ini dapat menambah berat badannya.

  1. Ajak Anak untuk Mencoba Berbagai Macam Sayur dan Buah

Ada banyak sekali sayur dan buah yang sangat menarik untuk dicicipi oleh anak Anda. Setiap sayur dan buah memiliki warna yang khas, sehingga Anda bisa mengajak anak untuk mencoba berbagai jenis dari makanan tersebut dan bertanya mengenai bagaimana rasanya dari masing-masing sayur dan buah.

Setelah itu, Anda harus memperhatikan sayur dan buah apa saja yang ia sukai dan memberikannya dakam variasi makanan yang Anda masak. Anda juga perlu mengajarkan bahwa setiap buah dan sayur memiliki kandungan vitamin dan juga mineral yang berbeda dan semuanya akan sangat berguna dalam memberikan kesehatan pada tubuh.

Ajak Anak untuk Mencoba Berbagai Macam Sayur dan Buah

Beberapa buah yang dianggap sangat menarik untuk diperkenalkan kepada anak-anak adalah buah naga merah, alpukat, jeruk orange, jeruk baby, manggis, strawberry, dan anggur. Beberapa buah yang telah disebutkan tersebut memiliki warna dan rasa yang menarik.

Anda bisa memperhatikan ekspresi anak Anda dan mengetahui buah apa yang paling ia sukai dan juga menjelaskan bahwa masih ada banyak sekali buah lainnya dengan rasa yang berbeda-beda. Begitu juga dnegan sayuran, Anda juga perlu untuk memperkenalkan berbagai macam sayur dan juga rasa yang berbeda-beda.

  1. Memberikan Suplemen Gizidat

Pemberian suplemen juga bisa digunakan untuk menambah nafsu makan anak, sehingga anak Anda makan lebih lahap dan mampu membuat berat badannya naik. Suplemen untuk anak-anak tersebut diharuskan memiliki kandungan yang alami, sehingga tidak ada efek samping yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan.

Salah satu dari suplemen yang seluruh komposisinya aman untuk dikonsumsi adalah gizidat. Suplemen yang satu ini sama sekali tidak mengandung bahan kimia dan pengawet, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Memberikan Suplemen Gizidat

Beberapa komposisi yang ada di dalamnya adalah madu hutan, kurkumin, dan sidat. Anda pasti bertanya-tanya mengenai apa kegunaan dari masing-masing komposisi tersebut. Madu yang digunakan dalam suplemen tersebut berupa madu hutan yang mana memiliki nutrisi jauh lebih lengkap dibandingkan dengan madu yang dihasilkan dari peternakan lebah.

Madu hutan memiliki kandungan vitamin, mineral, dan juga antioksidan yang jauh lebih lengkap dan dikumpulkan oleh lebah liar. Madu ini jelas berbeda dari madu biasa yang dihasilkan dari peternakan lebah. Madu jenis ini tidak diolah melalui pasteurisasi yang mana dipanaskan dengan suhu sekitar 80oC untuk mencegah terjadinya fermentasi atau membunuh berbagai macam ragi atau jamur di dalamnya.

Berkat tidak adanya pemanasan dalam proses pengolahan, kerusakan vitamin dan berbagai macam antioksidan didalamnya sangat sedikt terjadi. Madu hutan juga tidak akan mengalami pembusukan maupun basi berkat kandungan komposisinya yang sangat lengkap.

Madu hutan ini juga tidak melalui proses filterisasi, sehingga kandungan bee polen tetap ada dalam suplemen. Bee polen adalah nutrisi yang sangat lengkap dan sangat berguna bagi pertumbuhan anak-anak. Bee polen juga dapat berguna utuk meningkatkan daya tubuh anak dan membuat daya konsentrasi anak menjadi tinggi saat melakukan berbagia macam aktivitas.

Kurkumin biasa disebut juga dengan temulawak. Bahan yang satu ini sudah lama dikenal sebagai salah satu penambah nafsu makan yang juga dapat meningkatkan daya tubuh orang yang mengkonsumsinya. Bahan ini juga dimasukkan ke dalam komposisi gizidat untuk memperkuat efek penambahan bafsu makan.

Kandungan terkahir yang ada dalam suplemen gizidat adalah sidat. Hewan yang satu ini merupakan hewan khas asal Indonesia yang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Dikabarkan bahwa sidat memiliki kandungan protein jauh lebih lengkap dibandingkan dengan ikan salmon asal Norwegia. Sidat sudah lama menajdi salah satu sumber protein penting dan diekspor sampai ke Jepang.

  1. Memperkenalkan Berbagai Macam Daging dan Ikan

Ada banyak sekali jenis daging yang dapat dikonsumsi secara halal bagi anak Anda. Beberapa daging yang lazim dimakan di Indonesia adalah daging ayam, daging sapi, kerbau, kelinci, dan juga kambing. Masing-masing dari daging tersebut memiliki kandungan yang berbeda-beda dan baik untuk anak-anak.

Memperkenalkan Berbagai Macam Daging dan Ikan

Selain dari daging, Anda juga perlu unutk memperkenalkan berbagai macam ikan sebagai nutrisi untuk anak kurus yang sangat penting. Anda juga dapat menjelaskan bahwa ikan memiliki protein dengan rendah kolesterol yang dapat ia makan sampai saat ia sudah menjadi dewasa.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *