Penambah BB Anak

Penambah BB Anak

Cara yang paling umum untuk menaikkan berat badan anak adalah dengan memberikan asupan makanan yang tinggi kalori. Namun tak semua jenis makanan tinggi kalori itu sehat untuk anak. Sebagai seorang ibu, mungkin selain memikirkan bagaimana tumbuh kembang si kecil, Anda juga harus mencari nutrisi penambah BB anak yang sehat dan aman dikonsumsi

6 Tips Memilih Makanan Penambah BB Anak 

Kunci menaikkan berat badan anak dengan cepat adalah dengan memberinya makanan yang kaya akan kalori dan juga nutrisi yaitu protein dan lemak. Makanan ini bisa membantu anak mendapatkan sumber energi lebih bagi tubuh, sehingga tubuh tak perlu membakar lemak dan juga protein untuk mencukupi kebutuhan energi hariannya. Enam tips memilih makanan kaya kalori dan nutrisi ini wajib Anda coba.

  1. Pilihlah Makanan yang Kaya Nutrisi

Berikan anak Anda menu makanan yang mengandung banyak kalori dari karbohidrat seperti pasta, selai, sereal, dan roti. Kemudian sajikan pula buah dan sayuran setiap hari ditambah dengan protein nabati maupun hewani seperti ikan, daging, kacang-kacangan, dan telur. Selain itu, sajikan pula produk olahan susu.

Pilihlah Makanan yang Kaya Nutrisi

Sebaiknya balita di bawah 2 tahun terus mendapatkan asupan susu full fat agar berat badannya terus naik. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan asupan serat bagi si kecil. Meskipun serat tergolong menyehatkan, namun sebaiknya tidak diberikan terlalu banyak bagi anak yang ingin menambah berat badan. Terlalu banyak serat akan membuat anak merasa kenyang lebih lama.

  1. Gunakanlah Lemak Sehat

Mayoritas masyarakat cenderung menganggap lemak sebagai kandungan dalam makanan yang tidak menyehatkan. Padahal ada beberapa jenis lemak yang tidak semuanya buruk. Lemak nabati yang kaya akan kandungan asam lemak tak jenuh, omega 3, dan omega 6 sangat baik dimanfaatkan sebagai penambah BB anak.

Gunakanlah Lemak Sehat

Dalam setiap gram lemak sehat terdapat 9 kalori yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan protein dan karbohidrat yang hanya mengandung 4 kalori. Ada beberapa sumber lemak sehat yang bisa Anda berikan kepada buah hati misalnya:

  • Minyak zaitun yang bisa dijadikan sebagai pengganti minyak goreng ataupun dressing salad.
  • Kacang-kacangan seperti kacang mede, kacang tanah, almond atau pistachio.
  • Buah alpukat yang banyak mengandung lemak sehat plus asam amino, mineral, dan vitamin.
  • Minyak biji rami atau flaxsheed yang bisa ditambahkan ke berbagai jenis makanan tanpa mengubah rasa aslinya, karena minyak ini rasanya cenderung netral.
  • Minyak kelapa jauh lebih baik dibandingkan dengan minyak goreng dari kelapa sawit. Gunakan ini untuk memasak makanan ataupun ditambahkan pada sajian tertentu.
  1. Pilihlah Camilan Sehat

Jika si buah hati cenderung kurus, Anda perlu untuk memberikan mereka camilan sehat di sela-sela jadwal makannya. Penting bagi anak untuk sesering mungkin makan dalam jumlah yang sedikit, karena memang ukuran lambungnya yang lebih kecil dibandingkan dengan punya orang dewasa. Sehingga kapasitas makanan yang masuk pun juga jauh lebih terbatas dibanding orang dewasa.

Pilihlah Camilan Sehat

Utamakan memilih makanan/camilan yang mudah dibuat sendiri, namun tetap memiliki kandungan kalori dan nutrisi tinggi. Misalnya, Anda bisa memberikan roti gandum utuh dengan selai kacang ataupun jeli. Coba pula berikan variasi buah-buahan dan kacang kering, keju, sandwich isi daging, atau buah alpukat.  Anda juga bisa memberikan camilan seperti kue muffin, yoghurt, atau cake.

Kemudian yang perlu Anda ingat adalah jangan memberikan camilan berupa makanan olahan yang memiliki kadar garam dan gula yang tinggi. Makanan seperti snack keripik kentang atau makanan fast-food sangat tidak baik jika diberikan kepada anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

  1. Perhatikan Pola Minum Buah Hati

Asupan air putih memang tidak bisa digantikan oleh cairan lain jenis apapun. Namun meminum banyak air justru akan membuat buah hati merasa kenyang dan asupan makanannya menjadi berkurang. Lalu bagaimana cara mengatur pola dan asupan minuman untuk si kecil yang ingin berat badannya naik?

Perhatikan Pola Minum Buah Hati

Pertama, biasakan anak untuk minum air putih setelah makan. Jangan sampai anak minum air dulu baru kemudian makan karena anak bisa merasa kenyang terlebih dulu akibat asupan cairan. Kemudian, berikan anak asupan cairan berupa jus buah segar dengan sedikit tambahan gula. Namun pastikan asupan gulanya tidak berlebihan, karena bisa merusak gigi dan tubuh anak.

Bagi anak yang ingin menaikkan berat badan, mungkin lebih tepat Anda memberikannya minuman seperti susu full fat, susu kocok, atau smoothies. Tapi jangan pernah memberikan anak Anda minuman bersoda yang sangat tinggi kandungan gulanya, namun tidak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh sama sekali.

  1. Hindari Makanan Tidak Sehat

Jenis makanan seperti junkfood, kue kering, minuman bersoda mungkin memiliki kandungan kalori yang tinggi. Makanan dan minuman tersebut memang bisa meningkatkan berat badan anak secara cepat, namun Anda perlu memperhatikan resiko kesehatan yang mungkin muncul di kemudian hari. Resiko diabetes dan juga penyakit jantung bisa mengintai anak-anak yang mengkonsumsinya.

Hindari Makanan Tidak Sehat

Jenis minuman yang kaya kandungan kalori namun tak memiliki jenis nutrisi lainnya sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh anak-anak demi meningkatkan berat badan. Pastikan Anda tetap memilih makanan yang mengandung nutrisi, mineral, dan vitamin yang penting bagi tubuh anak.

Kemudian penting pula untuk tidak mengatakan kepada anak bahwa ia terlalu kurus dan harus menambah berat badannya atau perlu untuk menambah lemak. Yang perlu Anda sampaikan kepada buah hati hanyalah bahwa Anda dan dia harus sama-sama memilih dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bernutrisi. 

  1. Gunakan Madu Penambah Berat Badan Gizidat

Sebagai pendamping semua metode yang sudah dijelaskan di atas, Anda membutuhkan satu suplemen makanan khusus yang mampu membantu menaikkan berat badan anak yaitu Gizidat.com. Keajaiban dalam kandungan madu murni kini hadir dalam Gizidat yang kaya akan nutrisi, vitamin, dan juga mineral bagi buah hati Anda.

Gizidat merupakan suplemen multivitamin penambah BB anak yang dibuat dari bahan madu hutan alami. Selain itu, Gizidat juga diperkaya dengan ekstrak kurkumin atau temulawak dan juga protein ikan sidat. Semua bahan alaminya sangat baik untuk kesehatan tanpa perlu khawatir akan efek samping bagi tubuh anak.

Gunakan Madu Penambah Berat Badan Gizidat

Ada berbagai khasiat Gizidat yang bisa Anda andalkan untuk teman tumbuh kembang si kecil antara lain:

  • Menambah nafsu makan anak.
  • Meningkatkan kecerdasan.
  • Menambah berat badan anak dengan sehat.
  • Meningkatkan daya ingat.
  • Meningkatkan sistem imunitas agar anak Anda tidak gampang sakit.
  • Suplemen khusus bagi anak penderita TBC.
  • Mempercepat penyembuhan segala macam penyakit pada anak.

Gizidat diproses dengan alat-alat canggih yang terjamin kualitas dan kehigienisannya. Madu alami yang diperoleh dari hutan diproses dengan menggunakan prosedur sesuai kaidah pemurnian kadar madu. Gizidat sudah banyak terbukti bisa membantu para ibu yang sedang berjuang menghadapi masalah berat badan anak yang sulit naik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *