Penambah Berat Badan

Penambah Berat Badan

Sebagian orang ingin bertubuh kurus, akan tetapi yang menginginkan tubuh gemuk juga tidak sedikit. Bahkan menurut beberapa survey, obat penggemuk badan semakin banyak peminatnya belakangan ini. Alih – alih mencari obat, lebih baik lakukan berbagai cara yang aman dan alami agar tidak menimbulkan resiko di kemudian hari. Usaha apa yang bisa dilakukan sebagai penambah berat badan yang efektif?

Cara – cara di bawah ini bisa membimbing Anda untuk mendapatkan berat badan yang lebih berisi, tentunya tanpa efek samping berarti. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya berikut ini!

Penambah Berat Badan Efektif

  1. Tambah Porsi Makanan

Porsi makanan berpengaruh besar dalam menambah berat badan tubuh Anda. Semakin banyak makan, artinya semakin cepat pula Anda mendapatkan berat yang diinginkan. Misalnya, Anda terbiasa makan satu cup nasi per porsi, tambah secara perlahan. Mula – mula dalam dua minggu, tambah menjadi satu setengah cup. Setelah itu, lanjutkan dua minggu selanjutnya dengan dua cup nasi.

Memperbanyak asupan lemak dan protein juga perlu. Anda bisa mendapatkannya dari daging ayam, daging sapi, ikan laut, dan kacang – kacangan seperti kedelai dan kacang tanah.

  1. Naikkan Intensitas Makan

Orang bertubuh kurus terkadang hanya makan satu atau dua kali sehari. Hal ini bisa menjadi faktor penghambat terbesar. Makan setidaknya tiga kali sehari. jika perlu tambah dengan jam makan snack di sore hari atau sekitar pukul 10 pagi. Semakin sering Anda makan dan ngemil, semakin cepat berat badan naik. Meskipun begitu, pilih menu makanan yang seimbang ya! Tetap harus ada menu sayur dan buah.

Jika ingin makan camilan, pastikan bahwa makanan yang dipilih tidak hanya makanan ringan. Sebab bisa mengganggu pencernaan. Anda bisa memilih kacang almond, kacang polong, atau biskuit.

  1. Olahraga

Sebetulnya konsep olahraga membuat kurus itu tidak sepenuhnya benar. Justru sebaliknya, bisa menambah massa otot tanpa takut terkena obesitas. Jadi meskipun porsi makan meningkat drastis, badan tetap akan merespon dengan baik karena berimbang dengan aktivitas olahraga yang dilakukan.

Agar efektif menambah berat, makan 2-3 jam sebelum olahraga, dan langsung minum manis dan makan lagi setelahnya. Jika perut kosong, cadangan makanan dalam tubuh akan habis dan terbakar menjadi sumber tenaga. Jika sudah terisi, maka lemak dan cadangan makanan dalam tubuh tetap aman meski dipakai untuk olahraga berat.

  1. Susu

Kini telah banyak susu penambah berat badan atau weight gain milk yang beredar di pasaran. Dari yang harganya murah sampai yang paling mahal ada. Rasanya juga bervariasi, mulai dari plan, coklat, cereal, dan lain – lain. Minumlah segelas susu di pagi hari, sebelum tidur, dan sebelum olahraga. Ditambahkan dengan gula atau madu akan lebih baik. Selain baik untuk kesehatan, kualitas tidur juga jadi lebih baik.

Jika tidak ingin susu penambah berat, bisa diganti dengan susu apa saja. Dianjurkan untuk yag tidak rendah lemak. Selain susu untuk diminum, beberapa olahan makanan dari susu juga dapat membantu, misalnya keju.

  1. Madu Gizidat

Madu ini merupakan salah satu yang paling direkomendasikan, karena terbukti bisa dipakai sebagai penambah berat badan, terutama untuk para anak – anak di masa pertumbuhan. Untuk usia dewasa pun bisa. Terbuat dari madu huan asli yang diambil langsung dari hutan tropis Indonesia.

Lebih istimewa lagi, Gizidat mengandung kurkumin atau temulawak yang dipercaya dapat meningkatkan nafsu makan. Untuk daya tahan tubuh juga sangat bagus. Apalagi dipadu dengan protein ikan sidat yang tinggi akan protein baik. Bahkan menurut penelitian, kandungannya lebih baik daripada ikan Salmon Norwegia. Anda bisa dengan mudah mendapatkannya secara online maupun di apotek.

  1. Milkshake dan Smoothies

Tak hanya untuk diet, ternyata milkshake dan smoothies bisa dipakai untuk menambah massa tubuh. Bahan dasar yang dianjurkan adalah menggunakan buah – buah yang mengandung lemak dan manis. Misalnya pisang, alpukat, durian, mangga, melon, dan lain – lain. Tambahkan gula dan susu kental manis lebih banyak bila perlu. Diminum siang hari setelah makan siang pasti sangat menyegarkan.

Cobalah resep smoothies ini! Tuangkan segelas susu ke dalam blender, kemudian tambahkan selai kacang tiga sendok makan. Masukkan potongan buah pisang lalu haluskan. Bisa tambahkan es jika Anda ingin yang dingin. Resep lain adalah masukkan satu sendok minyak kelapa, satu cup yogurt original, biji chia, dan potongan alpukat. Blender sampai halus dan minum setiap hari.

  1. Makanan Kalori Tinggi

Makanan berkalori tinggi sangat direkomendasikan. Akan tetapi tetaplah berhati – hati karena jika terlalu berlebihan akan mengakibatkan obesitas. Beberapa makanan berkalori tinggi antara lain makanan manis, daging merah, soda, makanan yang diproses dengan penggorengan, bakmie, dan juga pasta.

Jika bosan nasi, Anda bisa mengganti dengan roti gandum. Kalorinya pun lebih tinggi. Kandungannya sekitar 69 kalori baik. Aman dikonsumsi setiap hari.

  1. Perbanyak Asupan Karbohidrat dan Lemak

Karbohidrat mengandung glukosa, selain bisa menjadi sumber tenaga yang baik bisa juga untuk meningkatkan kadar gula darah. Dengan memperbanyak asupan karbohidrat, Anda lebih mudah untuk menaikkan berat badan. Tak hanya berasal dari nasi, karbohidrat bisa diperoleh dari anggota umbi – umbian, jagung, kentang, dan lain – lain. Akan lebih baik jika direbus saja, bukan diolah dicampur bahan lain.

Untuk lemak, berhati – hatilah! Tetap pilih makanan sehat, jangan pilih junk food! Junkfoof memang kaya lemak, tetapi lemak jenuh yang bisa membuat tubuh berpotensi terkena penyakit stroke, jantung, dan kanker. Minyak zaitun, ikan, dan kacang – kacangan adalah contoh makanan berlemak yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Jangan Minum Sebelum Makan

Kebiasaan minum sebelum makan bisa membuat Anda cepat kenyang. Rubahlah kebiasaan ini, selesaikan makan Anda terlebih dahulu, baru minum di akhir. Jangan minum sambil makan, ini juga bisa membuat Anda mudah merasa kenyang. Ruang dalam perut yang seharusnya bisa menampung makanan, malah sudah terisi dengan air. Jika dipaksakan, dikhawatirkan akan membuat Anda muntah.

Bahkan Dr Anju Sood menyatakan bahwa minum tepat sebelum makan dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan nutrisi cepat makanan tidak maksimal dicerna oleh usus dan gizinya otomatis akan ikut terbuang. Dengan kata lain, tubuh Anda tidak akan mendapatkan apapun.

  1. Jangan Stress!

Hindari terlalu banyak pikiran dan pekerjaan. Perbaiki sistem pemikiran Anda, bisa jadi karena Anda merupakan seseorang yang bertipe pemikir inilah yang menjadi penyebab tubuh Anda menjadi terlalu kurus. Intinya cara apapun yang Anda lakukan sebagai penambah berat badan, jika pikiran Anda tidak bisa santai maka sebanyak apapun makanan yang masuk bisa berakhir sia –sia.

Jika stress dibiarkan, metabolisme akan terganggu, penyerapan makanan tidak maksimal, hingga yang dikhawatirkan adalah kehilangan nafsu makan yang berakhir pada beberapa penyakit seperti maag.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *