Penambah Daya Ingat dan Konsentrasi

Penambah Daya Ingat dan Konsentrasi

Setiap orangtua memiliki cara masing-masing dalam mengembangkan bakat dan kemampuan anak. Selain dengan sejumlah latihan khusus, penerapan kegiatan penunjang, memilih makanan dan minuman bernutrisi menjadi cara terbaik. Contohnya dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi anak.

Orangtua cenderung memilih lebih keras melatih buah hati dalam bentuk kegiatan yang fokus dengan peningkatan daya ingat dan konsentrasi. Padahal makanan dan minuman yang diberikan setiap harinya ikut berperan penting. Mulai dari makanan pokok, hingga konsumsi tambahan seperti pemberian vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi sebagai pondasi dari dalam.

Cara Terbaik Dalam Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Anak

Cara Terbaik Dalam Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi Anak

Tentu keduanya sama-sama penting, baik latihan kegiatan khusus yang fokus dengan peningkatan daya ingat sangat baik dilakukan, atau pun pemberian asupan makanan dan minuman sehat. Melatih anak dengan kegiatan-kegiatan sederhana dalam meningkatkan daya ingat dan konsentrasi bertujuan agar anak terbiasa menghadapi situasi-situasi khusus sehingga kemampuan mengingat semakin tajam.

Begitu juga dengan daya konsentrasinya. Apalagi bila anak memiliki masalah khusus seperti kesulitan dalam mengingat dan berkonsentrasi. Ada latihan sederhana yang bisa dicoba oleh para orangtua dalam meningkatkan daya ingat dan daya konsentrasi anak, di antaranya:

1. Bermain Permainan yang Membangun Fokus dan Perhatian

Cara pertama ialah dengan memberi permainan-permainan yang memang berfungsi membangun sikap fokus dan perhatian. Media permainan merupakan media yang paling mudah diterima oleh anak-anak.

Bermain Permainan yang Membangun Fokus dan Perhatian

Maka ada baiknya memberi permainan sebagai media belajar berupa mainan-mainan edukasi contohnya teka-teki silang pengetahuan umum sederhana, mainan kartu (seperti memory dan uno), teka-teki bergambar, dan semacamnya. Bisa juga mengajak anak mengatur meja dengan mengatur buku sesuai abjad atau bermain kecil seperti ‘permainan patung’ dan ‘duduk rapi paling lama’.

2. Bangun Suasana dan Lingkungan yang Tepat

Suasana dan kondisi lingkungan memengaruhi tumbuh kembang anak. Sebagian anak yang terbiasa menghadapi suasana lingkungan yang tenang akan memiliki sifat dan sikap yang berbeda dengan sebagian anak lainnya yang mana terbiasa menghadapi suasana lingkungan gaduh dan ramai.

Memahami suasana dan kondisi lingkungan yang disukai anak menjadi cara terbaik agar anak bisa lebih maksimal mengembangkan keahliannya, termasuk daya ingat dan konsentrasi. Menerapkan suasana tenang dengan sesekali memutar musik instrumental klasik lembut disertai penerangan alami yang pas bida dicoba.

3. Mengatur Rutinitas Anak

Mengatur Rutinitas Anak

Meningkatkan daya ingat dan tingkat konsentrasi anak bisa dengan mengatur rutinitas anak setiap hari. Hal ini berguna dalam melatih manajemen waktu dan memprogram otak anak. Seiring waktu, rutinitas yang teratur tersebut akan meningkatkan konsentrasi ketika belajar.

4. Perhatikan Jam dan Durasi Tidur

Tahukah bahwa daya ingat dan tingkat konsentrasi pada sebagian anak tidak berjalan dengan maksimal karena kurangnya beristirahat? Ya, gaya hidup dan kesibukan orangtua menimbulkan kurangnya perhatian terhadap jam dan durasi tidur anak.

Meski telah diberi vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi serta makanan sehat, kalau tidak istirahat dengan benar, sama saja tidak akan mendatangkan hasil baik. Istirahat menjadi kegiatan terpenting dalam proses tumbuh kembang. Selalu biasakan anak tidur siang di jam yang tepat, serta tidur malam sebelum jam 10 merupakan kegiatan istirahat paling ideal.

5. Pahami Metode Belajar Anak

Pahami Metode Belajar Anak

Setiap anak memiliki metode berbeda-beda dalam belajar, hal ini memengaruhi cara mengingat dan bekronsetrasi. Metode belajar umumnya dibagi menjadi beberapa jenis seperti visual, auditori, dan kinestetik.

6. Hindari Memforsir Anak

Anak yang terlalu diforsir dengan berbagai tuntutan termasuk harus pintar mengingat dan jago berkonsentrasi akan tumbuh dalam sisi yang salah. Hindari memforsir anak untuk bisa melakukan beragam hal yang diinginkan orangtua.

7. Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Konsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Memberi makanan dan minuman sehat secara rutin akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga anak lebih siap melakukan berbagai kegiatan. Selain itu makanan dan minuman sehat mampu meningkatkan kesehatan otak.

Memilih Makanan Sehat dan Pemberian Vitamin Penambah Daya Ingat dan Konsentrasi

Bila melakukan rutinitas yang mampu melatih daya ingat dan tingkat konsentrasi lebih berbentuk kegiatan fisik, cara dari dalam yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi dengan nutrisi maksimal menjadi langkah yang cukup mempengaruhi. Atau bisa dikatakan meningkatkan daya ingat dan konsentrasi dari dalam.

Memilih Makanan Sehat dan Pemberian Vitamin Penambah Daya Ingat dan Konsentrasi

Berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari terbukti mempengaruhi kemampuan kita dalam berbagai hal. Begitu juga dengan pemberian makanan dan minuman sehari-hari untuk anak. Terelbih anak sedang dalam masa tumbuh kembang yang memang wajib didukung dari segi asupan makanan sehat setiap hari.

Memilih makanan sehat dengan kandungan-kandungan yang terbukti berperan penting dalam meningkatkan daya ingat dan berkonsetrasi sebenarnya tidak sulit. Hanya saja biasanya terpengaruh gaya hidup yang kini semakin dibuat lebih praktis, termasuk makanan praktis. Wajib sekali menghindari makanan praktis atau makanan yang sulit dicerna tubuh tanpa ada gizi dan nutrisinya seperti junk food dan makanan kemasan.

Ini dia bahan-bahan makanan yang mampu membantu tingkatkan daya ingat dan membuat anak lebih mudah berkonsentrasi:

  1. Gandum Utuh

Gandum Utuh

Makanan yang terbuat dari gandum utuh seperti sereal dan roti gandum bisa menjadi menu sarapan andalan dalam meningkatkan kemampuan daya ingat dan konsentrasi. Gandum menjadi asupan tepat sebagai persediaan energi yang mana kemampuan berkonsentrasi dan mengingat didukung dengan energi yang cukup. Persediaan energi ini akan membuat darah mengalir sempuran ke otak dalam bentuk glukosa.

  1. Minyak Ikan Omega 3

Minyak ikan omega 3 membantu meningkatkan kemampuan kerja otak. Minyak ikan mengandung asam lemak esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Maka asam lemak hanya bisa didapatkan dari makanan dan minuman, atau asupan tambahan. Omega 3 terkandung dalam salmon, sidat, telur, kedelai, biji kenari, biji labu, dan banyak lagi.

  1. Tomat

Tomat

Baik dikonsumsi langsung atau olahan, tomat menjadi bahan makanan yang bisa menyehatkan otak karena kemampuannya dalam  mencegah kerusakan akibat radikal bebas. Bahkan para ahli kesehatan mengungkapkan tomat dapat dikonsumsi sebagai makanan pencegah Alzheimer karena mengandung likopen, sejenis antioksidan.

  1. Brokoli

Sayuran brokoli kaya akan Vitamin K yang mana dikenal dengan manfaatnya meningkatkan kemampuan otak dan fungsi kognitif pada otak. Senyawa glucosinolates-nya membantu sistem saraf pusat bekerja dengan baik sehingga membuat ingatan lebih tajam.

  1. Vitamin Dengan Kandungan Lengkap Gizidat

Vitamin Dengan Kandungan Lengkap Gizidat

Biasanya anak-anak cenderung pilih-pilih makanan. Tidak semua makanan sehat mau mereka konsumsi. Untuk mengatasinya, bisa dengan memberi asupan tambahan dalam bentuk vitamin yang sudah mengandung berbagai kandungan penting berfungsi meningkatkan kemampuan otak, daya ingat, dan konsentrasi.

Vitamin penambah daya ingat dan konsentrasi dengan kandungan lengkap ialah Gizidat, mengandung empat bahan alami kurkumin, madu hutan murni,sidat, dan probiotik mampu melengkapi asupan yang dibutuhkan anak pada masa tumbuh kembang secara sempurna. Gizidat bercita rasa manis sehingga disukai anak-anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *