Penambah Nafsu Makan Anak

Penambah Nafsu Makan Anak

Beberapa ibu mungkin akan merasa bingung bagaimana caranya menambah nafsu makan anak, yang sering kali tiba-tiba menurun tanpa sebab. Karena jika anak tidak nafsu makan terus menerus, dan membuat mereka menjadi sakit maka hal itu tentu akan membahayakan kesehatan anak. Sehingga anda sebagai orang tua harus memberikan makanan penambah nafsu makan anak yang alami.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa anda coba berikan pada si kecil, agar nafsu makannya kembali seperti semula. Makanan ini bisa dicoba di rumah, apalagi cara tersebut juga merupakan cara yang alami dan mudah.

Daftar Makanan Penambah Nafsu Makan Anak

Berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu anda dalam menambah nafsu makan anak, makanan ini juga merupakan makanan yang sehat dan tidak menimbulkan efek samping apapun yang berbahaya. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Jahe


Salah satu jenis rempah yang sering digunakan untuk membuat bumbu masakan ini, sudah dikenal sejak dulu sebagai penambah nafsu makan anak terbaik. Yang juga sering digunakan oleh orang-orang zaman dahulu. Hal itu dikarenakan oleh jahe bisa menjadi salah satu bumbu, yang bisa menghilangkan rasa mual sekaligus membangkitkan nafsu makan.

Namun baunya yang khas dan cukup tajam, akan berpengaruh pada rasa makanan yang menggunakan jahe tersebut. Sehingga anda harus mensiasatinya ketika memberi anak anda jahe, karena kebanyakan anak tidak suka dengan bau atau rasanya. Anda bisa mencoba menghaluskan jahe terlebih dahulu.

Dua sendok jus jahe campurkan dengan 3 sendok jus lemon dan 2 sendok madu, setelah itu berikan pada si kecil di pagi hari ketika perut masih kosong. Hal ini sangat ampuh dalam meningkatkan nafsu makan.

2. Kacang-kacangan


Jenis makanan berikutnya yang bisa membantu anda dalam menaikkan nafsu makan anak-anak adalah, kacang-kacangan. Misalnya kacang mete, kacang almond, kacang kenari, dan jenis kacang lainnya cukup ampuh dalam meningkatkan nafsu makan pada anak. Kacang-kacangan tersebut memiliki zat gizi yang baik untuk si kecil.

Manfaat lainnya yaitu kacang-kacangan ini juga bagus untuk pertumbuhan dan untuk kenaikan berat badan si kecil, agar ia selalu sehat.

3. Kurma


Menurut para ahli kesehatan gizi, kurma adalah salah satu makanan yang bagus untuk menambah nafsu makan. Karena rasanya yang manis alami, maka anda bisa memberikannya langsung pada anak, ketika mereka sedang sulit makan. Atau anda juga bisa menjadikan kurma tersebut topping dessert atau dibuat jus.

4. Jus wortel


Anda bisa menyajikan jus wortel sekitar ½ jam sebelum makan, karena jus wortel diketahui bisa melipatgandakan rasa lapar. Karena kandungan di dalamnya mampu meningkatkan sistem pencernaan. Ada banyak manfaat lainnya yang terdapat pada jus wortel ini, misalnya menambah vitamin A sehingga bagus untuk kesehatan mata.

Manfaat lainnya dari jus wortel ini selain baik untuk organ penglihatan adalah, melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, sebagai penguat kekebalan tubuh, baik untuk kesehatan mulut anda, dan dapat mencegah terjadinya kanker.

5. Buah anggur


Siapa yang tidak suka dengan buah anggur yang rasanya manis, walaupun ada beberapa jenis buah yang rasanya asam. Tapi buah ini tetap disukai oleh banyak orang. Buah yang mengandung banyak serat ini, juga diketahui dapat membuat gerakan usus menjadi lebih halus dan cepat. Sehingga buah ini juga bisa mengatasi masalah sembelit, atau masalah di sistem pencernaan.

Selain itu buah anggur ini juga mengandung vitamin C yang fungsinya adalah, membantu sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh anak selalu sehat jika sering mengkonsumsi buah yang satu ini. Dengan banyaknya manfaat tersebut, anda bisa memberikan anak anda anggur setiap kali mereka sulit makan.

6. Kayu manis


Menurut para ahli kayu manis berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Bukan hanya pada bayi dan anak-anak, tetapi juga untuk orang dewasa. Ternyata kayu manis ini juga mengandung hydroxychalcone, yang kegunaannya adalah untuk meningkatkan nafsu makan dengan cara membersihkan racun.

Sehingga kayu manis juga bisa menjadi salah satu makanan penambah nafsu makan anak yang sehat dan alami. Anda bisa menambahkan kayu manis ini pada masakan, sayuran, bubur, coklat panas dan lain sebagainya. Manfaat lainnya dari kayu manis ini adalah dapat mengurangi keinginan anda, dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

7. Mengkonsumsi gizidat


Jika anak anda susah makan atau nafsu makannya menurun, maka anda bisa mencoba memberikan vitamin gizidat padanya. Yaitu vitamin yang memiliki sedereta manfaat dan khasiat yang baik untuk anak, misalnya menambah nafsu makan anak dan membuatnya menjadi lebih konsentrasi ketika sedang belajar di sekolah.

Gizidat adalah sejenis vitamin yang baik untuk anak, yang dibuat dari bahan-bahan alami yaitu madu hutan alami, temulawak, dan sidat.

Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak

Selain memberikan beberapa makanan yang sudah disebutkan tadi pada anak anda ketika mereka susah makan, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan juga ketika nafsu makan anak menurun. Antara lain sebagai berikut :

1. Jangan memaksa


Jika anda sudah memberikan makanan penambah nafsu makan anak, tapi mereka masih sulit makan sebaiknya tidak memaksa mereka untuk makan. Karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan ketegangan pada anak, setiap kali mereka diminta makan. Bahkan bisa membuat mereka kehilangan rasa sensitif pada rasa lapar di kemudian hari.

2. Membuat makanan menjadi lebih menarik

Anda bisa membuat makanan yang dibuat dengan tampilan yang lebih menarik, agar mereka tertarik untuk mencoba makanan tersebut. Anda bisa mengkombinasikan berbagai macam sayur dengan berbagai warna yang berbeda. Lalu pilih jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak dalam jumlah yang seimbang.

Lalu anda bisa membentuk makanan tersebut menjadi hal-hal yang disukainya, misalnya bentuk bola, bunga, atau tokoh kartun kesukaan mereka.

3. Menggoda anak-anak dengan aroma makanan yang nikmat


Cara menambah nafsu makan pada anak yang berikutnya adalah dengan membuat aroma makanan yang menggoda. Anda bisa menyajikan makanan hangat yang baru dimasak, atau menghangatkan makanan sebelum mulai disajikan agar aromanya tercium dan membangkitkan rasa lapar pada mereka.

4. Menciptakan kreasi makanan unik dan baru


Jika anda memberikan makanan yang itu-itu saja pada anak-anak, tentu hal itu akan membuat mereka bosan. Bahkan mereka akan menolak yang sudah anda buat, oleh karena itu anda bisa membuat makanan yang baru. Yang belum pernah disajikan sebelumnya, dengan kreasi yang unik dan beragam.

Hal ini tentu saja akan menumbuhkan rasa penasaran padanya, tapi sekaligus melengkapi asupan nutrisi yang pada si kecil.

5. Membagi makanan dengan porsi kecil


Ada banyak makanan yang dapat menambah nafsu makan anak, tetapi tidak semua makanan tersebut berhasil dikonsumsi oleh mereka. Sehingga anda bisa mensiasatinya, misalnya dengan memberinya porsi makan yang kecil tetapi berkali-kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *