Penambah Nafsu Makan Untuk Dewasa Di Apotik

Penambah Nafsu Makan Untuk Dewasa Di Apotik

Memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal merupakan keinginan setiap orang, khususnya para wanita. Bagi sebagian besar orang dewasa memilih tubuh yang tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus, adalah hal yang paling diinginkan. Sehingga orang dewasa yang bertubuh kurus, yang mencari vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa di apotik.

Memang kini sudah banyak beragam merk vitamin penambah nafsu makan, baik untuk anak-anak maupun untuk orang dewasa. Sehingga bagi anda yang memiliki tubuh yang kurus, bisa menaikkan berat badan dengan cepat. Tapi kesehatan anda tetap terjaga dengan baik, karena tubuh mendapat asupan nutrisi dan vitamin yang tepat.

Jenis Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Dewasa Di Apotik

Vitamin menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Kebutuhan vitamin untuk orang dewasa, tentu jumlahnya lebih besar dibanding pada anak-anak. Jika anda memiliki tubuh yang terlalu kurus, maka anda memerlukan beberapa macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Salah satunya adalah jenis vitamin yang dapat menambah atau meningkatkan nafsu makan anda. Berikut beberapa macam vitamin yang dibutuhkan tubuh, yang bisa menambah berat badan anda. Diantaranya yaitu :

1. Asam folat atau B9


Vitamin yang merupakan salah satu vitamin B ini, memiliki peran yang sangat penting dalam hal pembentukan DNA, RNA, dan seluruh sel-sel baru yang terdapat pada tubuh. Sama halnya dengan vitamin B yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut, asam folat juga memiliki fungsi sebagai pemecah karbohidrat dan lemak yang kemudian menjadi energi.

Dengan mengaktifkan enzim tertentu maka proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh pun akan meningkat. Dalam meningkatkan nafsu makan pada orang dewasa, metabolisme yang baik akan memberi efek yang positif dalam hal meningkatkan nafsu makan. Bukan hanya itu, jika anda kekurangan asam folat dalam tubuh maka nafsu makan pun akan menurun.

Oleh karena itu jika anda ingin meningkatkan nafsu makan, anda harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat.

2. Thiamin atau B1


Vitamin B1 atau yang juga sering disebut dengan thiamin, adalah jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh yang memiliki peran penting dalam metabolisme karbohidrat yang berubah menjadi energi. Saat tubuh kekurangan thiamin atau vitamin B1, maka tubuh pun akan kesulitan dalam menghasilkan energi. Sehingga timbullah rasa lelah dan berkurangnya nafsu makan.

Oleh karena itu anda harus mencukup kebutuhan harian vitamin B1 anda, agar dapat meningkatkan nafsu makan. Bukan hanya vitamin B1 saja yang dibutuhkan oleh tubuh, tapi tubuh juga memerlukan mineral. Atau bahan-bahan herbal alami yang akan meningkatkan nafsu makan anda.

3. Zinc


Zinc adalah nutrisi dasar yang dibutuhkan oleh tubuh, yang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk tubuh. Jika anda kekurangan zat yang satu ini, maka akan timbul beberapa masalah kesehatan seperti misalnya terhambatnya pertumbuhan.

Selain itu bisa juga menimbulkan diare akut pada anak-anak, luka yang sulit sembuh, kurangnya nafsu makan, dan juga menghilangnya fungsi cecap pada lidah. Maka dari itu anda harus selalu mencukup kebutuhan zinc, baik yang dalam bentuk makanan atau suplemen vitamin yang dapat membantu meningkatkan nafsu makan yang turun.

4. Minyak ikan


Tahukah anda bahwa minyak ikan mengandung asam lemak omega 3, yang sangat baik untuk tubuh. Diketahui bahwa omega 3 ini dapat meningkatkan nafsu makan dan juga mengurangi rasa penuh di perut ketika sedang makan. Oleh karena itu banyak makanan yang mengandung minyak ikan, untuk penambah nafsu makan baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

5. Echinacea


Apakah echinacea? Echinacea adalah sejenis bahan herbal yang dipercaya ampuh, dalam meningingkatkan imunitas tubuh. Sehingga dapat membantu menjaga tubuh dari berbagai serangan penyakit berbahaya. Menurut penelitian pun bahan herbal yang satu ini mengandung senyawa alkilamina, yang fungsinya adalah meningkatkan nafsu makan.

6. Ekstrak temulawak


Ekstrak temulawak juga merupakan bahan herbal alami, yang sudah terkenal sebagai penambah nafsu makan. Bahkan di dalam pengobatan tradisional di Indonesia, temulawak dianggap sebagai obat untuk meningkatkan nafsu makan yang juga dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Bahan herbal yang satu ini juga sering dijadikan bahan atau komposisi vitamin dan mineral, yang bertujuan untuk meningkatkan dan menambah nafsu makan.

7. Gizidat


Ada banyak vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa di apotik yang bisa anda pilih. Salah satu vitamin yang berkhasiat dalam menambah nafsu makan adalah gizidat, yang sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak. Karena bukan hanya mampu menambah nafsu makan anak, tetapi gizidat ini juga dibuat dari bahan alami pilihan seperti madu hutan, temulawak, dan sidat.

Berikut Hal Pendukung Dalam Menambah Nafsu Makan

Selain mencoba memenuhi asupan vitamin yang tepat agar bisa meningkatkan nafsu makan, maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan. Diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Menciptakan suasana yang menyenangkan


Anda bisa menciptakan suasana yang menyenangkan misalnya mendengarkan musik, menonton film kesukaan, atau membaca buku favorit. Anda bisa melakukan hal apapun yang menyenangkan, yang penting menghindarkan diri anda dari stress. Karena turunnya atau berkurangnya nafsu makan anda, bisa berasal dari stress yang mengganggu.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari


Disarankan untuk minum segelas air putih sekitar 1 jam sebelum dan sesudah makan, hal itu bertujuan untuk membantu pencernaan anda agar mencegah perut tidak terlalu kenyang saat makan. Tetapi sebaiknya anda tidak minum terlalu banyak saat sedang makan, karena hal itu menimbulkan kenyang palsu dan bisa menurunkan nafsu makan.

Kebutuhan cairan pada tubuh ini bisa juga didapatkan dari minum susu atau minum teh, yang dapat merangsang nafsu makan anda.

3. Melakukan aktivitas dengan berolahraga ringan


Aktivitas olahraga selalu memberi fungsi yang baik untuk tubuh anda, salah satunya adalah dapat merangsang nafsu makan anda. Pada saat anda sedang berolahraga maka kalori yang terdapat di dalam tubuh, akan mudah terbakar. Setelah anda berolahraga, anda akan membutuhkan energi kembali. Sehingga anda pun akan merasa lapar lagi setelah olahraga.

Maka anda bisa melakukan aktivitas olahraga ringan setiap hari, untuk merangsang nafsu makan anda. Sehingga ada keinginan untuk makan setelah selesai berolahraga.

4. Jangan meninggalkan sarapan


Sarapan atau makan pagi ternyata memiliki manfaat yang sangat baik untuk tubuh, karena sarapan juga bisa meningkatkan nafsu makan anda dan bisa menaikkan berat badan. Tapi lebih dari itu, sarapan juga membantu anda melakukan berbagai aktivitas di siang hari. Karena tubuh anda membutuhkan energi dan tenaga setiap harinya.

Sarapan juga dapat memicu efek termogenesis di dalam tubuh, yang membuat tubuh akan membakar banyak kalori setiap harinya. Semakin banyak kalori yang terbakar, maka semakin meningkat juga nafsu makan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *