Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Ahli

Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Ahli

Pada dasarnya setiap manusia dimuka bumi ini pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Namun seiring dengan berkembangnya zaman dan aktivitas sesorang orang yang semakin sibuk, terkadang menjadi lupa untuk menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatannya. Pengertian pola hidup sehat menurut ahli, memang harus kita pahami dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Pasalnya dengan menerapkan pola hidup sehat, maka kita akan terhidar dari berbagai jenis penyakit. Karena jika jatuh sakit, maka akan ada banyak hal yang merepotkan. Selain mengeluarkan budget untuk periksa ke dokter atau membeli obat, namun aktifitas kita juga menjadi terganggu, kita juga akan merepotkan orang lain.

Untuk menghidari hal itu, maka kita harus menerapkan pola hidup sehat.

Pengertian Pola Hidup Sehat Menurut Ahli Bagi Kesehatan    

Pola hidup sehat yaitu usaha seseorang untuk menjaga tubuhnya agar selalu sehat dan dapat menjalankan rutinas sehari-hari. Hal itu dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang bergizi, minum air putih dan istirahat yang cukup, serta olahraga secara rutin.

Kebanyakan dari diri kita menganggap bahwa pola hidup sehat itu sulit untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan dengan mudah untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.

Dalam artikel ini akan diulas beberapa tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan dan pastinya akan membantu Anda menjadi lebih sehat dan bugar.

1. Dengan Mengonsumsi Makanan Bergizi

Makanan merupakan salah satu faktor utama dalam menjalankan hidup sehat. Anda dapat memulai dengan mengkonsumsi jenis makanan yang kaya akan gizi, vitamin dan serat. Selain itu Anda juga harus mengkonsumi makanan yang rendah gula. Karena makanan yang kaya akan kandungan gizinya akan menjadikan tubuh Anda menjadi lebih sehat.

Dengan Mengonsumsi Makanan Bergizi

Sebaiknya hindari makanan berlemak tinggi dan mengandung bahan pengawet, karena makanan tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, sangat disarankan mengkonsumsi 5 sampai 6 porsi setiap hari.

Jika hal itu sulit untuk dilakukan, maka Anda dapat memulai dengan mengkonsumsi satu porsi setiap hari. Namun dalam waktu seminggu, maka Anda harus menambah porsinya sedikit demi sedikit agar menjadi suatu kebiasaan.

Jika Anda tidak suka mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, maka dapat mengolahnya menjadi smoothies dengan mencampurkan jenis buah dan sayuran. Anda juga dapat menyajikan menjadi healty bowl dengan menambahkan buah-buahan atau biji-bijan sebagai topping dalam healty bowl buatan Anda.

2. Melakukan Olahraga Secara Rutin

Melakukan olahraga secara rutin bukan hanya menjadi pola hidup sehat bagi orang yang masih muda saja. Namun olahraga menjadi suatu kegiatan penting yang wajib dilakukan mulai dari anak-anak yang masih masa pertumbuhan, remaja maupun orang dewasa. Berapapun usia Anda, usahakan untuk selalu aktif kegiatan secara fisik.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Banyak orang berfikir, bahwa olahraga merupakan suatu kegiatan yang melelahkan, maka tidak heran hingga saat ini masih banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya olahraga. Padahal melakukan olahraga secara rutin memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan Anda. Dengan melakukan olahraga maka dapat membantu Anda untuk melakukan hidup sehat.

Apabila belum terbiasa, maka Anda dapat mulai melakukan olaraga kecil seperti melakukan pemanasan setelah bangun tidur atau lari-lari kecil dihalaman rumah. Anda juga dapat melakukan olahraga sebagai hobbi mingguan seperti aerobic, basket, zumba, bersepeda, tenis meja, renang dan masih banyak lagi jenis olahraga lainnya.

Olahraga tersebut dapat Anda lakukan bersama keluarga, kerabat, sahabat atau rekan kerja agar terasa lebih menyenangkan.

3. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup menjadi hal penting dalam menjalankan pola hidup sehat. Setiap individu memiliki kebutuhan istirahat yang berbeda-beda, sesuai dengan tahap perkembangan aktivitas yang dijalani. Menurut penelitian, bahwa istirahat yang dianjurkan untuk usia dewasa yaitu 7-9 jam per malam.

Istirahat Cukup

Seseorang yang tidak memiliki waktu tidur yang cukup, maka berpotensi terkena penyakit mematikan yaitu jantung dan kanker. Memiliki waktu tidur yang kurang sama halnya Anda menjalani pola makan yang buruk atau mengkonsumsi racun. Namun, tidur secara berlebihan juga sangat merugikan bagi kesehatan tubuh.

Selain untuk menjaga tubuh agar tetap bugar, tidur yang cukup dapat membantu Anda untuk membentuk tubuh tetap proposional. Tidur dalam posisi yang benar mampu merangsang kreatifitas dan meningkatkan daya ingat. Untuk itu maka aturlah waktu tidur Anda, agar mendapatkan tidur yang efektif untuk menjaga pola hidup sehat.

5. Minum Air Putih yang Cukup dan Sikat Gigi Secara Teratur

Banyak orang tidak menyadari pentingnya minum air putih yang cukup. Biasanya hal itu akan disadari ketika sudah mengalami sakit gigi atau memiliki bau mulut tak sedap. Kesehatan mulut berkaitan erat dengan kebugaran tubuh.

Minum Air Putih yang Cukup dan Sikat Gigi Secara Teratur

Mengapa? Karena mulut merupakan tempat dimana bakteri sangat mudah berkembang biak, karena kondisi mulut yang lembab. Banyak orang tidak memperhatikan hal tersebut, padahal jika bakteri dibiakan dapat berdampak buruk untuk kesehatan tubuh Anda.

Untuk menjaga kebersihan mulut yang baik, maka perbanyak minum air putih dan sikat gigi secara teratur, terutama setelah makan dan sebelum tidur.

5. Berfikir Positif

Secara psikologi, berfikir positif merupakan suatu tindakan berfikir yang bertujuan untuk membangkitkan aspek positif pada diri sendiri, baik berupa potensi, tekat, semangat hingga suatu keyakinan sehingga memunculkan perilaku, perasaan dan hal baik yang menjadi sistem dalam berfikir.

Berfikir Positif

Menurut para peneliti, berfikir positif sangat bermanfaat untuk kesehatan manusia. Dengan berfikir positif, maka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain untuk menjaga kesehatan fisik, namun juga berpengaruh terhadap kondisi sesorang secara keseluruhan, sehingga dapat memperpanjang usia.

Orang yang selalu berfikir positif, hidupnya akan lebih mersa bahagia sehingga orang tersebut menjadi lebih produktif.

Pentingnya Menerapkan Pola Hidup Sehat untuk Keluarga

Dengan menerapkan pola hidup sehat abagi keluarga, maka akan memperoleh banyak manfaat. Baik manfaat jangka pendek maupun jangka panjang. Lantas, mengapa harus menerapkan pola hidup sehat bagi orang tua dan juga anak-anak. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan berikut ini.

1. Kurangi Stress

Kurangi Stress

Pola hidup sehat tidak hanya untuk kesehatan secara fisik, namun di dalam otak juga dapat mengatur mood. Memiliki mood yang baik, maka Anda akan lebih bersemangat dalam beraktivitas, lebih fokus dalam suatu hal dan memiliki waktu tidur yang berkualitas.

2. Meningkatkan Energi

Meningkatkan Energi

Menerapkan pola hidup sehat identik dengan banyak mengkonsumsi jenis makanan sehat dan bergizi serta melakukan olahraga secara rutin. Karena olahraga dapat membantu melepaskan endorfin. Endorfin, selain untuk meningkatkan energy juga mampu membuat perasaan menjadi lebih baik.

3. Tubuh Lebih Sehat

Tubuh Lebih Sehat

Kunci pola hidup sehat yaitu menjaga pola makan dan active berolahraga. Dengan menerapkan pola hidup sehat, maka dapat mengurangi risiko terkena berbagai jenis penyakit seperti penyakit diabetes, jantung, kanker, strok dan hipertensi.

4. Menambahkan suplemen makanan untuk kebutuhan gizi anak

Menjaga pola hidup sehat untuk anak-anak, maka Anda dapat menambahkan multivitamin untuk membantu pertumbuhannya. Jika Anda bingung mencari jenis multivitamin yang cocok untuk anak, madu gizidat dapat Anda jadikan alternative pilihan. Anda dapat memesan langsung di gizidat.com.

Menambahkan suplemen makanan untuk kebutuhan gizi anak

Dari Pengertian pola hidup sehat menurut ahli di atas semoga bermanfaat untuk Anda. Sehingga Anda dapat menerapkan pola hidup sehat untuk keluarga dan memiliki kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *