Pengertian Pola Hidup Sehat

Pengertian Pola Hidup Sehat

Setiap orang pasti menginginkan untuk selalu sehat dan tidak mudah terserang penyakit.  Pengertian pola hidup sehat adalah salah satu upaya yang dilakukan seseorang untuk menjaga agar selalu sehat dengan membiasakan mengerjakan aktivitasnya secara rutin.

Dengan pola hidup yang baik dapat membantu memelihara kesehatan tubuh Anda. Lalu apa saja yang harus dilakukan untuk menerapkan pola hidup sehat yang baik di dalam aktivitas kita sehari – hari?

Pengertian Pola Hidup Sehat

Berdasarkan pengertian pola hidup sehat di atas berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari – hari. Tujuannya agar Anda dapat mempertahankan pola hidup sehat dan menambah wawasan ilmu pengetahuan Anda:

1. Pola Tidur Teratur

Pola tidur yang baik akan menghasilkan kebiasaan yang baik pula. Secara medis, tidur yang baik adalah 8 hingga 9 jam per hari. Apabila Anda tidur kurang dari 8 jam per hari maka dapat membuat Anda tidak sehat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menjaga pola tidur dan menghindari begadang hingga pagi.

2. Waktu Tidur Cukup

Tubuh Anda membutuhkan waktu yang cukup untuk beristirahat dan mengembalikan energi. Apabila Anda kurang tidur menjadikan Anda mudah terkena serangan penyakit. Jam untuk bekerja jangan sampai melebihi 10 jam per hari agar tubuh Anda tidak terforsir. Jika melebihi batas kemampuan dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Sehat

Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. Makanan tersebut meliputi nasi, sayur, lauk, buah dan susu. Nutrisi yang terkandung di dalamnya lengkap, ada vitamin, mineral, protein dan serat. Dengan rutin mengkonsumsinya maka Anda akan membentuk pola hidup yang sehat.

4. Mengetahui Kondisi Kesehatan pada Tubuh Anda

Anda dapat melakukan general check up dan berkonsultasi untuk memastikan bahwa Anda berada dalam kondisi sehat. Dengan demikian jika ada gejala penyakit dapat segera di atasi oleh dokter sebelum terlambat. Lebih baik mencegah bukan dari pada mengobati.

5. Menghindari Junk Food

Anda disarankan untuk menghindari makanan instant serta minuman yang beralkohol agar mencegah terjadinya kerusakan pada bagian organ – organ tubuh.

6. Berolahraga Secara Rutin

Olahraga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Anda dianjurkan untuk olahraga minimal dalam seminggu 3 kali. Dengan rajin berolahraga dapat meningkatkan indeks bugar. Jenis olahraga yang disarankan untuk Anda antara lain adalah sebagai berikut, jogging, senam, bersepeda, dan lain – lain.

7. Mengatasi Stres

Bagi Anda yang telah sibuk bekerja maka banyak waktu Anda yang telah habis di perjalanan dan bekerja seharian. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapat membantu Anda mengelola tubuh agar tidak terkena stres. Contohnya adalah yoga, meditasi, bersepeda, memancing, dan lain – lain.

8. Memperbanyak Minum Air Putih

Air merupakan komponen tubuh terbesar, oleh karena itu Anda dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas per hari. Dengan banyak minum air putih ternyata juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Dengan demikian Anda tidak mudah terserang penyakit. Sebaliknya saat kekurangan cairan dapat menimbulkan penyakit baru pada tubuh.

9. Menjaga Kebersihan

Kebersihan lingkungan rumah Anda harus selalu terjaga agar tidak menjadi sarang bakteri dan virus yang dapat menyebabkan penyakit. Biasakan Anda untuk mandi 2 kali sehari, menyikat gigi setelah selesai makan, membersihkan rumah, dan lain – lain.

10. Mengkonsumsi Vitamin Gizidat

Anda dapat mengkonsumsi berbagai produk Gizidat seperti madu hutan. Mengkonsumsi madu dapat membantu memelihara pola hidup sehat. Manfaat mengkonsumsi madu adalah sebagai berikut:

  • Mencegah terjadinya kanker.
  • Meningkatkan kolesterol di dalam darah.
  • Meningkatkan sistem imun dalam tubuh.
  • Mengatasi gangguan pernapasan.

Oleh karena itu, untuk membantu menjaga pola hidup sehat Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi madu secara rutin. Madu kaya akan nutrisi dan manfaat, dengan demikian tubuh Anda selalu bugar dan sehat. Madu juga dapat dikonsumsi baik untuk anak – anak maupun dewasa.

Manfaat Pola Hidup Sehat

Apabila Anda mampu menjaga pola hidup yang sehat maka kehidupan Anda menjadi lebih baik. Salah satu kebiasaan yang bagus untuk menjaga pola hidup sehat Anda adalah dengan melakukan berpikir positif.

Dengan memiliki pola hidup yang baik maka Anda akan terhindar dari berbagai penyakit seperti stres, ketidak tenangan dan seolah Anda memiliki beban pikiran yang berat. Namun Anda jangan khawatir karena dengan menjaga pola hidup sehat dapat mencegah terkena resiko penyakit tersebut.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat apabila seseorang menjalankan pola hidup sehat dengan baik:

  1. Tidur menjadi lebih nyenyak.
  2. Meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja Anda.
  3. Anda dapat belajar dengan tenang dan lebih baik.
  4. Anda dapat melatih untuk selalu berpikir positif.
  5. Hidup Anda menjadi lebih tenang, nyaman dan tentram.
  6. Menjadikan kehidupan Anda lebih baik dan dapat melakukan interaksi sosial secara baik.
  7. Meningkatkan rasa percaya diri.
  8. Anda menjadi lebih sehat sehingga sistem imun di dalam tubuh meningkat dan Anda tidak mudah terserang penyakit.
  9. Dengan pola hidup yang sehat akan memberikan dampak meningkatnya nafsu makan.
  10. Efeknya dapat dilihat dari tubuh Anda yang akan menjadi lebih kokoh dan kuat.
  11. Meningkatkan semangat bekerja dan kedisiplinan.
  12. Terhindar dari resiko terkena penyakit jantung karena aliran darah cepat dan lancar.

Baca Juga : Tips Sehat Secara Alami dan Hidup Bahagia

Kebiasaan Buruk yang Wajib Dihindari

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda tinggalkan agar pola hidup Anda sehat dan teratur:

1. Merokok

 

Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bahayanya tidak hanya bagi penggunanya saja namun juga berbahaya bagi lingkungan. Hal ini dikarenakan merokok dapat berakibat terkena serangan penyakit seperti jantung, kanker, batuk dan lain – lain.

2. Minum Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan pola hidup Anda tidak sehat. Hal ini justru dapat menimbulkan permasalahan baru. Anda dapat terserang penyakit anemia, kanker, jantung, depresi dan lain – lain.

3. Mengkonsumsi Makanan yang Manis

Mengkonsumsi makanan yang manis dapat menyebabkan pola hidup Anda tidak sehat. Mengapa? Hal ini dikarenakan dengan banyak mengkonsumsi makanan yang manis maka menyebabkan beberapa dampak seperti Anda akan menjadi gemuk, gangguan fungsi otak, fungsi hati.

Selain itu, makanan yang manis juga dapat memicu resiko terkena berbagai penyakit seperti kanker, jantung, melemahkan sisitem kekebalan tubuh dan juga dapat menyebabkan ketagihan.

4. Mengkonsumsi Makanan Berlemak

Mengkonsumsi lemak berlebih dapat menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak.

5. Begadang

Begadang dapat mengubah pola hidup Anda. Begadang juga tidak baik untuk kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan dengan begadang dapat menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh, memicu sakit kepala, berat badan meningkat, menyebabkan penyakit jantung, kanker, diabetes dan lain – lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *