Perkembangan Anak Usia 17 Bulan 

Perkembangan Anak Usia 17 Bulan 

Pada perkembangan anak usia 17 bulan maka tumbuh kembang serta kemampuan motoriknya akan semakin membaik. Anak sudah mampu memahami beberapa kata yang Anda ucapkan, ia juga sudah bisa menangkap kata-kata dengan cepat. Hal ini karena anak sudah memiliki daya ingat yang membaik, untuk merekam apa yang Anda ucapkan.

Pada usia seperti anak sudah bisa untuk berbicara atau mengucapkan kata-kata hingga 6 kata atau lebih. Pada saat seperti ini pemberian nutrisi dan makanan yang baik sangat berpengaruh untuk perkembangannya. Hal ini karena nutrisi dan vitamin sangat membantu anak untuk bisa tumbuh berkembang dengan baik.

Perkembangan Kognitif Anak

Pada perkembangan anak usia 17 bulan,  jari-jarinya mulai kuat, anak sudah dapat memegang dan menggenggam mainan dengan cukup erat. Anak akan mulai mencoret-coret kertas dengan menggunakan pensil atau pena. Anda bisa memberikan permainan yang dapat mengasah pertumbuhan bayi Anda, seperti puzle dan juga balok warna warni.

Perkembangan Kognitif Anak

Daya ingat anak mulai berkembang, karena itu tidak ada salahnya untuk mengajarkan pada anak beberapa hal. Anda bisa mulai memperkenalkan warna padanya, anak usia 17 bulan sangat menyukai warna yang menarik. Hal ini akan menimbulkan rasa ketertarikannya untuk bisa memilih dan menentukan warna yang ia sukai.

Saat bayi mulai bisa mengingat dengan baik, ia akan mulai paham dengan keadaan rumah dan sudah mengingat setiap tempat di rumah Anda. Ia akan merasakan asing atau heran saat susunan rumah Anda berbeda, contoh kecil saat Anda merapikan rumah tidak seperti biasanya. Anak sudah bisa mengerti jika Anda melarang atau bermain dengannya.

Perkembangan Bahasa Anak 

Anak Anda akan mulai mengucapkan beberapa kata dan mulai mengeluarkan suara-suara yang tidak biasanya, hal ini mungkin karena anak sedang berbicara atau bermain. Anda akan mendengar suara anak berbisik, teriak, mengerang, atau mengoceh dengan sendirinya. Hal ini karena perkembangan bahasanya mulai terbentuk dengan baik.

Perkembangan Bahasa Anak

Ia sudah mulai bisa memanggil Anda dengan sebutan ibu atau bunda, jika seperti ini Anda bisa melatihnya untuk berbicara. Bisikkan atau ucapkan padanya mengenai satu kata dan ulang-ulang kembali hingga ia mampu meniru Anda. Anda bisa mengajaknya bernyanyi untuk membantunya meningkatkan kosakata dengan baik.

Anak akan mulai paham dengan adanya ucapan yang bersamaan dengan adanya perbuatan dan instruksi. Ketika mengajarkan anak berbicara atau memperkenalkan sesuatu, usahakan untuk menunjuk benda tersebut agar bayi dapat mengerti. Hal ini karena ia akan mengerti dan mengamati apa yang Anda ucap dan Anda tunjukkan padanya.

Perkembangan Fisik atau Motorik

Perkembangan motorik halus pada anak akan selalu meningkat seiring berjalannya waktu, ia akan mulai bergerak dengan aktif. Anak akan memainkan berbagai macam benda yang berada di dekatnya, ia juga akan bergerak memindahkan barang atau bermain dengan benda lain. Akan juga akan mulai tertarik dan ingin mencoba benda yang ada di dekatnya.

Perkembangan Fisik atau Motorik

Pada usia seperti ini bayi sudah bisa melakukan aktivitas lain yang menurutnya menyenangkan seperti berjoget saat ada lagu, atau berlari saat takut. Hal ini dikarenakan bayi sudah mulai bisa berekspresi apa yang ia rasakan seperti menangis, marah, tertawa bahkan saat ia merasa takut.  penasaran dengan apa yang dilakukan oleh orang dewasa.

Anak sudah bisa memilih dan menentukan apa yang ia suka dan ia tidak suka, ia akan memilih mainan yang membuatnya tertarik, kemudian meninggalkan mainan yang dipegang. Hal tersebut disebabkan karena ia selalu ingin mainan yang baru dan lebih menyenangkan. Untuk itu perlu diperhatikan agar tidak meletakkan barang berbahaya di dekatnya.

Anak suka memindahkan benda yang berada di dekatnya, saat ia melihat benda ia akan mengambil dan meletakkannya di tempat lain. Anak juga sudah bisa mempermainkan Anda untuk meledek atau mengajak Anda bercanda sebentar dengannya. Hal ini karena motorik pada perkembangan anak usia 17 bulan perlu dilatih untuk meningkatkannya.

Perkembangan Sosial dan Emosional 

Perkembangan pada emosi anak akan ikut berkembang sesuai dengan usia pada anak tersebut, karena anak dapat merasakan sesuatu perasaan emosional. Anda akan merasakan bahwa ia merasakan sesuatu seperti saat ia marah dan menangis saat dilarang memainkan sesuatu. Saat seperti ini sangat penting untuk Anda melatih emosional anak.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Anda juga perlu untuk memahami emosi yang anak rasakan. Jika Anda bisa memahami apa yang anak Anda rasakan, anak juga akan mulai memahami dan mengerti apa yang harus dilakukan jika seseorang merasakan sepertinya. Anak juga akan melampiaskan segala emosional yang sedang dirasakannya  baik saat ia marah, senang, dan sedih.

Ada saatnya anak melampiaskan emosinya dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan apa yang dirasakan dan sesuai tingkat emosional yang sedang dirasakan. Bayi akan selalu merasa ingin menjadi pusat perhatian dari orang dewasa atau orang terdekatnya. Ada banyak hal yang akan anak lakukan seperti melakukan tingkah lucu yang menggemaskan.

Perkembangan Sosial dan Emosional

Selain itu anak juga akan sering menolak ajakan dari saudara Anda karena halnya ia tidak mengenal dan mungkin ia juga ingin diperhatikan terlebih dahulu. Anak lebih memahami apa yang diperintahkan oleh Anda, bukan larangan yang diberikan, karena anak belum memiliki inisiatif dan kemampuan memikirkan ide.

Jika seperti ini Anda akan kesulitan untuk mengaturnya karena ia belum memahami apa yang Anda larang. Ia hanya akan merespons kata ya dan tidak dari Anda, untuk itu tentukan pilihan ya atau tidak untuk kebaikan anak. Penting bagi Anda untuk merespons tingkah anak dengan tepat agar tidak melakukan kesalahan.

Perkembangan Kesehatan Anak

Anak memiliki kebiasaan makan yang belum teratur dan pemilihan yang belum benar-benar tepat. Anak hanya bisa memilih makanan yang ia inginkan, dan yang tidak ia suka, hal ini membuat Anda merasa bingung untuk memilih makanan yang anak suka. Anak kemungkinan akan makan banyak pada hari ini dan makan sedikit pada hari esoknya.

Perkembangan Kesehatan Anak

Hal ini disebabkan pola makannya yang belum teratur, karena ia akan makan apa yang ia suka saja.  Bayi memerlukan berbagai macam nutrisi serta vitamin yang banyak untuk kesehatan dan merangsang tumbuh kembangnya yang baik.

Anda harus banyak memberinya makanan bergizi dan juga sehat untuk saat memasuki perkembangan bayi  17 bulan. Anda bisa memberinya suplemen vitamin Gizidat, vitamin ini memiliki berbagai nutrisi penting untuk tubuh anak. Suplemen Gizidat mengandung kurkumin, ikan sidat serta madu hutan asli yang akan membantu perkembangan otak anak.

Selain itu vitamin dari madu Gizidat ini memiliki peran serta manfaat baik untuk pertumbuhan anak. Madu Gizidat juga mampu menumbuhkan nafsu makan yang baik untuk anak, serta membantu menjaga sistem daya tahan tubuh anak. Nutrisi lain yang terkandung pada suplemen ini memiliki 1000 kebaikan untuk perkembangan anak usia 17 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *