Perkembangan Bayi 4 Bulan

Perkembangan Bayi 4 Bulan

Melihat perkembangan bayi 4 bulan tentu sangat menyenangkan. Terlebih jika bayi tersebut memiliki pipi yang tembem. Tentunya bayi akan semakin menyenangkan. Ketika bayi berusia 4 bulan, maka akan nampak sangat menggemaskan. Mengingat, bayi sudah mulai memberikan respons dengan, melalui tertawa, tersenyum, hingga kadang ngomong sendiri.

Dengan segala kelucuan dari anak kecil tersebut, maka akan lebih sebagai orang tua selalu memperhatikan perkembangan bayi 4 bulan yang sehat. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan tumbuh kembang bayi berusia 4 bulan.

Ciri Perkembangan Bayi 4 Bulan yang Sehat

  1. Bayi Mengalami Kenaikan Berat Badan Hingga 2 Kali Lipat

Ketika bayi memasuki usia 4 bulan, bayi bisa mengalami pertumbuhan berat badan hingga 2 kali lipat. Misalnya, ketika baru lahir, bayi hanya memiliki berat badan 3 kg, ketika memasuki usia 4 bulan, berat badannya bisa mencapai 6 kg. Ketika bayi Anda mengalami pertumbuhan berat badan, maka menunjukkan jika bayi Anda sehat.

  1. Bayi Sudah Mulai Tumbuh Gigi

Memang, sebagian besar, gigi bayi akan ada ketika sudah menginjak usia delapan bulan. Akan tetapi, ketika memasuki usia 4 bulan, bayi sudah menunjukkan pertumbuhan giginya. Ciri-ciri yang menunjukkan jika bayi sudah mulai tumbuh gigi, seperti sudah mulai ngiler, serta sudah terjadi ruam di bagian wajah karena air liur.

Selain itu, bayi akan mulai menggigit baju atau segala apapun yang bisa dijangkaunya. Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi rasa gatal pada gusi bayi. Dengan demikian, ketika Anda melihat bayi Anda melakukan kegiatan tersebut, maka bersyukurlah. Pasalnya, bayi Anda menunjukkan pertumbuhan yang sehat dan normal.

  1. Bayi Mulai Mengambil Benda yang Ada di Sekitarnya

Kemampuan motorik pada bayi akan semakin meningkat ketika sudah memasuki usia 4 bulan. Umumnya, jika ada benda apapun, maka bayi akan berusaha mencapainya. Seperti ketika ada boneka, mainan, atau benda lainnya.

Selain itu, bayi juga senang ketika melihat sesuatu yang berwarna-warni. Untuk itu, pada usia seperti ini, sebaiknya Anda membelikan mainan gantung, yang berwarna-warni, serta dapat diputar.

  1. Bayi Sudah Mulai Bisa Menahan Leher Serta Kepala

Ketika bayi sudah mulai berusia 4 bulan, biasanya bayi akan sudah bisa menahan berat kepala, serta leher ketika dirinya tengkurap. Berbeda, ketika masih berusia di bawah 4 bulan, bayi masih susah untuk menahan kepalanya.

  1. Bayi Sudah Mulai Bisa Menendang

Perkembangan bayi di usia 4 bulan yang baik juga akan ditandai dengan kemampuan bayi menendang. Untuk itu, jangan heran ketika Anda sedang tidur, maka tiba-tiba ada tendangan bayi di samping Anda.

  1. Bayi Sudah Bisa Mulai Tidur Semalam Suntuk

Jika di bulan – bulan sebelumnya, Anda harus begadang untuk bisa menemani tidur bayi. Bahkan, Anda mungkin harus begadan di tengah malam hari. Ketika bayi Anda sudah memasuki usia 4 bulan, maka hal – hal tersebut sudah mulai berkurang.

Hal itu dikarenakan bayi sudah mulai tidur selama semalam suntuk. Selain itu, bayi juga sudah mulai bisa tidur di siang hari. Ketika memasuki usia 4 bulan, bayi sudah mulai tidur kurang lebih 15 jam dalam satu hari.

  1. Bayi Sudah Mulai Tertawa

Ketika sudah memasuki usia 4 bulan, maka bayi sudah mulai bisa tertawa. Tertawa merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh bayi berusia 4 bulan.

  1. Pandangan Bayi Sudah Mulai Tajam

Ketika memasuki usia 4 bulan, maka bayi sudah mulai bisa membedakan warna. Bayi sudah mulai mengenal warna cerah, serta warna yang hitam, putih. Kebanyakan mereka akan senang dengan warna – warna cerah. Dengan adanya hal tersebut, maka sebaiknya Anda memberi mainan berwarna cerah di sekitar tempat bayi.

  1. Bayi Sudah Mulai Berguling

Biasanya, ketika sudah memasuki usia 4 bulan, maka bayi sudah mulai berusaha berguling. Bayi akan senang melakukan aktivitas tersebut. Akan tetapi, Anda juga harus selalu mengawasi, serta kamu juga tidak boleh memaksa bayi untuk berguling.

Biarkan bayi Anda melakukannya sendiri. Selain itu, Anda juga bisa mencoba memberikan rangsangan dengan meletakkan mainan favorit di dekat tempat tinggal bayi, kemudian lihatlah cara bayi memperoleh mainan tersebut.

  1. Mata Bayi Sudah Mulai Mengikuti

Mata bayi yang berusia 4 bulan, sudah mulai mengikuti gerakan. Seperti ketika Anda sedang keluar – masuk kamar. Selain itu, coba untuk memperhatikan, maka mata bayi akan mengikuti gerakan Anda.

Beberapa Tips untuk Mendukung Perkembangan Bayi 4 Bulan

  1. Memberikan Mainan yang Memiliki Tekstur

Silakan Anda memberikan bayi Anda mainan yang memiliki tekstur berbeda, untuk membantu eksplorasi bayi. Anda bisa memberikan softbook, serta beberapa mainan bertekstur lembut lainnya.

Sebelum memberikan, pastikan jika benda tersebut aman untuk kulit bayi yang lembut. Jauhkan bayi dari jenis mainan yang memiliki ujung yang tajam, karena bisa membahayakan bayi Anda sendiri.

Perhatikan juga ukuran benda yang akan Anda berikan untuk bayi Anda. Sebaiknya Anda memberikan mainan yang memiliki ukuran agak besar, namun jangan terlalu besar juga. Dan paling penting selalu perhatikan bayi Anda ketika sedang bermain. Sebagai orang tua, sebaiknya selalu berada di dekat bayi untuk bisa mengawasinya.

  1. Lebih Banyak Berbicara dan Bernyanyi Bersama Bayi

Pada usia ini, bayi Anda akan belajar untuk menahan kepalanya supaya selalu tegak. Silakan Anda duduki bayi di pangkuan Anda dengan tegak, serta bernyanyilah. Anda juga dapat membacakan sebuah buku, atau mengajaknya bermain.

Pada usia 4 bulan ini, bayi sudah mulai bisa menatap Anda secara seksama, serta memberikan banyak senyum kepada Anda.

  1. Memberikan Pelindung di Sekitar Rumah

Untuk selalu memastikan bayi Anda aman, maka buatlah tindakan pencegahan supaya bayi terlindung. Anda bisa memasang pagar yang berada di depan tangga, mengunci semua lacinya, serta menjauhkan bayi dari semua jenis kabel.

  1. Memperhatikan Asupan Nutrisi Bayi

Nutrisi merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Untuk mendukung tumbuh kembang bayi, maka sebaiknya Anda memberikan nutrisi yang pas supaya pertumbuhan bayi Anda semakin maksimal.

  1. Selalu Perhatikan Bayi

Memberi perhatian merupakan salah satu hal selalu Anda lakukan. Selalu perhatikan bayi Anda di manapun bayi Anda berada. Jangan sampai bayi Anda lengah dari perhatian. Pasalnya, ketika memasuki usia 4 bulan, bayi harus diberikan perhatian ekstra supaya mereka bisa tumbuh secara maksimal.

Berikan musik yang tenang, supaya bayi semakin nyaman dan merasa tenang. Dengan hal ini, maka tumbuh kembang bayi tentu akan maksimal.

  1. Memberikan Asupan Vitamin Gizidat

Untuk menunjang pertumbuhan bayi, maka bisa dengan menambahkan asupan vitamin dari gizidat. Gizidat merupakan salah satu vitamin yang bisa Anda berikan untuk menunjang tumbuh kembang bayi Anda.

Terkait dengan informasi mengenai produknya, silakan Anda buka website resminya di www.gizidat.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *