Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Pola Hidup Sehat Menurut Islam

Kesehatan akan senantiasa membuat hidup seseorang menjadi bahagia. Namun, untuk mendapatkan tubuh sehat dan terjaga, seseorang harus membiasakan pola hidup sehat. Selain diajarkan dalam ilmu kesehatan, ada juga pola hidup sehat menurut Islam yang penting untuk diketahui. Hal ini menunjukkan betapa kesehatan adalah hal yang sangat penting.

Beberapa Ajaran Islam Mengenai Pola Hidup yang Sehat

Pola hidup sehat dalam Islam sangat beragam. Selain berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi, juga berkaitan dengan kebersihan lingkungan, kebiasaan sehari-hari hingga sikap dan karakter seseorang. Berikut ini adalah beberapa tips pola hidup yang sehat menurut Islam.

1. Konsumsi Aneka Makanan dengan Kandungan Gizi Tinggi

Makanan akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan seseorang. Sehingga, Islam pun mengajarkan umatnya untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi. Hal ini disebabkan karena kandungan makanan bergizi dapat berdampak baik untuk kesehatan dan menghindarkan seseorang dari berbagai penyakit.

Konsumsi Aneka Makanan dengan Kandungan Gizi Tinggi

Di antara jenis makanan bergizi yang diajarkan dalam Islam adalah sayuran, gandum, madu, daging, susu, ikan laut, zaitun, buah tin, delima dan masih banyak lagi yang lainnya. Di samping itu, agar kesehatan tubuh semakin maksimal, sebisa mungkin hindari mengkonsumsi berbagai jenis makanan kemasan dan makanan cepat saji.

2. Senantiasa Menjaga Kebersihan

Selain faktor makanan, kebersihan juga sangat berpengaruh kepada kesehatan. Seseorang yang pola hidupnya bersih, ia akan cenderung terhindar dari berbagai jenis penyakit. Sebaliknya, lingkungan yang kurang bersih akan menjadi sarang penyakit. Hal ini disebabkan karena bakteri, kuman, virus dan sebagainya banyak hidup di lingkungan kotor.

Senantiasa Menjaga Kebersihan

Selain kebersihan lingkungan, kebersihan badan dan pakaian juga harus diperhatikan. Sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW yang rajin melakukan wudhu, menggunakan siwak, memakai parfum atau wangi-wangian, membersihan kuku hingga membersihkan area sekitarnya.

3. Menjaga Pola Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup menjadi hal wajib jika Anda ingin sehat. Tidur terlalu larut malam dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Hal ini disebabkan karena pada sekitar pukul 21.00 sampai dengan pukul 03.00, proses metabolisme tubuh yang mengeluarkan racun dan zat sisa tubuh sedang berlangsung. Dimana pada proses ini bisa berlangsung baik saat seseorang rileks.

Menjaga Pola Tidur yang Cukup

Dalam hal ini, Islam mengajarkan umatnya untuk menjaga pola tidur seperti yang selalu dipraktikkan oleh Nabi Muhammad. Beliau akan tidur sehabis Isya’ dan bangun pada sepertiga malam yang terakhir. Banyaknya waktu tidur yang ideal adalah selama kurang lebih 8 jam. Hal ini tidak hanya dipraktikkan Nabi, namun juga terbukti secara medis.

4. Berolahraga secara Rutin

Selain beberapa pola hidup sehat menurut Islam di atas, olahraga juga menjadi salah satu di antaranya. Berbagai risiko penyakit dapat dihindari dengan olahraga. Hal ini juga menjadi kebiasaan Rosulullah semasa hidupnya. Misalnya saat ia sedang berjalan-jalan santai.

Berolahraga secara Rutin

Adapun olahraga yang paling rutin dalam ajaran Islam adalah pelaksanaan Sholat. Ibadah ini mengharuskan seluruh anggota tubuh untuk bergerak. Bahkan, terhadap beragam jenis gerakan dalam Sholat yang antara satu dengan lainnya memiliki khasiat masing-masing tubuh. Sehingga, dengan berolahraga secara teratur, seseorang akan semakin sehat karena fungsi tubuhnya menjadi optimal.

5. Tidak Makan secara Berlebihan

Makan menjadi kebutuhan manusia, namun jika berlebihan hal ini sangat tidak baik untuk kesehatan. Dalam ajaran Islam, seseorang tidak diperbolehkan makan ataupun minum secara berlebihan. Hal ini selain dapat mengganggu kesehatan tubuh, ternyata juga dapat memicu obesitas. Sementara menurut penelitian medis, makan berlebihan bisa menjadikan kinerja lambung semakin sulit.

Tidak Makan secara Berlebihan

Kebiasaan makan dengan tidak berlebihan sesuai dengan ajaran Nabi. Dimana isi perut hanya diberikan porsi sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman dan sepertiga untuk bernapas. Dengan membiasakan diri makan secukupnya, tubuh akan semakin sehat dan terjaga.

6. Sering Melakukan Ibadah Puasa

Selain sebagai ajaran wajib dalam Islam, puasa ternyata juga memiliki manfaat yang sangat besar. Salah satu manfaat dari puasa adalah dapat meningkatkan kesehatan tubuh seseorang. Bahkan, puasa juga dapat membantu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah gangguan pencernaan, menurunkan risiko tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Sering Melakukan Ibadah Puasa

Namun, pola makan sesudah masuk waktu buka puasa tetap harus dijaga. Di antaranya tidak mengkonsumsi makanan yang kurang sehat dan tetap menggunakan porsi makan yang wajar. Langkah ini juga sangat cocok untuk seseorang yang ingin menjalani program diet.

7. Rajin Menggosok Gigi

Pola hidup sehat menurut Islam berikutnya adalah rajin menggosok gigi. Tujuan utama dari menggosok gigi secara rutin adalah agar gigi senantiasa bersih dan kuat. Selain itu, menyikat gigi sangat penting untuk menghindarkan gigi dari masalah-masalah gigi. Seperti gigi berlubang, gigi karies dan lain-lain.

Rajin Menggosok Gigi

Dalam Islam, ajaran untuk menggosok gigi sudah dipraktikkan sejak masa Nabi. Yaitu dengan menggunakan siwak yang diambil dari kayu siwak asli. Kuman-kuman dan bakteri yang ada di dalam mulut akan hilang dengan rajin menggosok gigi. Selain itu, struktur tulang gigi juga akan semakin kuat dan terjaga.

8. Mengkonsumsi Suplemen Sehat Gizidat

Selain membiasakan diri dengan pola hidup sehat yang telah dipraktikkan dan terbukti sejak duhulu, menambah suplemen dan daya tahan tubuh juga sangat penting dilakukan, khususnya untuk anak. Salah satunya adalah dengan menggunakan Gizidat. Gizidat sudah terkenal sebagai suplemen berkualitas yang berasal dari aneka bahan alami.

Gizidat

Diantara komposisinya adalah ekstrak ikan sidat, madu, prebiotic, temulawak dan lain sebagainya. Dengan bahan berkualitas tersebut, khasiat yang diberikan oleh suplemen Gizidat ini sangat tinggi. Di antaranya adalah menambah nafsu makan anak, membantu meningkatkan kecerdasan anak dan menjaga kekebalan tubuh pada anak.

9. Menghindari Marah

Kesehatan juga dipengaruhi oleh karakter dan tabiat seseorang. Sifat yang positif akan berpengaruh kepada kesehatan yang baik, sedangkan sifat yang negatif dapat memicu penyakit dan gangguan kesehatan. Salah satu sifat yang harus dihindari agar kesehatan senantiasa terjaga adalah marah.

Menghindari Marah

Marah memiliki dampak yang tidak baik untuk diri sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, saat sedang menghadapi masalah apapun, usahakan dapat mengontrol diri dengan baik.

10. Makan dan Minum dengan Cara yang Dibenarkan Islam

Makanan yang halal dan baik saja tidak cukup, namun seseorang juga harus makan dan minum dengan cara yang baik. Hal ini selalu menjadi pembelajaran dalam Islam secara turun temurun. Salah satu etika makan dan minum yang baik adalah dengan duduk, menggunakan tangan kanan dan tidak berlebihan.

Makan dan Minum dengan Cara yang Dibenarkan Islam

Tidak hanya itu, pastikan makanan dan apapun yang masuk ke dalam perut didapatkan dengan cara yang halal. Ini akan membantu meningkatkan kesehatan tubuh seseorang.

Pola hidup sehat menurut Islam di atas sangat penting untuk dilakukan agar hidup senantiasa sehat dan bahagia. Agar hasilnya semakin baik dan maksimal, usahakan mengkonsumsi Gizidat.com secara rutin. Khasiat dan kegunaan produk ini sudah dibuktikan oleh banyak kalangan dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *