Pola Hidup Sehat

Pola Hidup Sehat

Kesehatan merupakan hal yang penting dan berharga, yang tentunya harus kita jaga dengan baik. Oleh karena itu banyak orang yang melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan. Salah satu cara dalam menjaga kesehatan adalah, mengatur pola hidup sehat dengan cara yang tepat. Sehingga tubuh kita pun akan rentan terhadap berbagai serangan penyakit.

Sedangkan jika anda sudah terkena penyakit maka akan banyak sekali biaya yang harus anda keluarkan. Padahal menjaga kesehatan itu tidaklah sulit, bahkan tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak. tetapi dalam menjalani suatu pola hidup yang benar dan sehat, tentu dibutuhkan sikap yang konsisten. Berikut ini ada beberapa cara tepat dalam mengatur pola hidup dan pola makan yang sehat.

Bagaimana Cara Mengatur Pola Hidup Sehat Yang Benar Dan Tepat

 

1. Konsumsi air putih

Air putih atau air mineral harus selalu menjadi hal yang penting karena tubuh membutuhkan cairan, agar kita tidak terkena dehidrasi. Manusia sering kali kehilangan cairan dalam tubuhnya saat harus buang air besar, buang air kecil, keringat, pernapasan dan lain sebagainya. Maka kita perlu mengisi kembali asupan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh tersebut.

Jika muncul beberapa tanda atau ciri yang tidak biasa seperti warna urine yang berwarna atau lebih kuning, bibir kering, mulut kering, dan buang air kecil yang sedikit segeralah minum air putih yang banyak. karena hal itu bisa saja menjadi ciri-ciri dari tubuh kekurangan cairan.

2. Tidur dan beristirahat yang cukup

Salah satu kunci hidup sehat lainnya yang harus anda lakukan setiap hari adalah tidur dengan cukup. Karena tubuh kita sangat membutuhkan istirahat, agar dapat beraktifitas kembali dengan maksimal. Namun bila anda kurang tidur atau kurang istirahat, maka tubuh anda menjadi tidak sehat dan asupan atau nutrisi pun menjadi tidak seimbang.

3. Melakukan meditasi

Percaya atau tidak tetapi kita juga memerlukan meditasi untuk ketenangan pikiran dan juga ketenangan tubuh. Pikiran dan jiwa kita juga harus sehat, bukan hanya raga kita saja yang dibuat sehat. Manfaat ketenangan pikiran dan jiwa adalah, kita bisa terhindar dari stress yang bisa menjadi salah satu sumber penyakit atau gangguan kejiwaan.

4. Berolahraga dengan teratur

Melakukan pola hidup sehat tidak harus selalu menambah asupan makanan saja, tetapi juga dari olahraga yang rutin dan teratur. Berolahraga setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan, meningkatkan taraf hidup, menurunkan resiko munculnya penyakit, kepadatan tulang yang tinggi, dan penurunan berat badan.

Jika anda tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga di pusat kebugaran, anda masih bisa berolahraga dengan berjalan kaki, atau melakukan aktivitas sehari-hari dengan menaiki tangga disbanding naik lift, dan jenis olahraga murah dan mudah lainnya yang bisa dilakukan dalam aktivitas sehari-hari.

5. Makan buah-buahan

Ada banyak jenis buah-buahan yang rasanya enak, lezat dan manis yang bisa anda pilih, untuk dikonsumsi sehari-hari. Dengan makan buah-buahan setiap hari, maka anda tidak akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh juga menjadi lebih sehat karena bahan makanan yang anda konsumsi.

6. Makan banyak sayuran

Sama halnya dengan buah-buahan, ada banya jenis sayuran yang bisa anda konsumsi. Apalagi ada berbagai jenis olahan sayuran, yang bisa anda makan. Menurut para ahli manusia harus mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 5-9 porsi. Jika anda tidak suka sayuran maka anda bisa mengolahnya menjadi makanan yang enak dan lezat.

7. Pilih makanan yang berwarna cerah sebagai zat antioksidan

Buah dan sayuran yang berwarna cerah, biasanya mengandung zat antioksidan yang cukup tinggi. Zat antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh tubuh, untuk menghilangkan atau menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang bisa merusak sel-sel di dalam tubuh. Memilih makanan yang mengandung antioksidan, juga merupakan salah satu cara mengatur pola hidup sehat.

Jenis sayuran dan buah-buahan yang bisa anda konsumsi, diantaranya yaitu pisang, jamur, nanas, manga, jeruk, papaya, apel, stroberi, semangka, tomat, jambu, alpukat, mentimun, selada, seledri, terong, dan lain sebagainya.

8. Kurangi konsumsi makanan kaleng dan jenis makanan olahan

Makanan olahan atau makanan kalengan sebaiknya tidak banyak dikonsumsi, karena makanan tersebut tidak memiliki nilai gizi, mengandung bahan pengawet yang berbahaya, dan akan berdampak buruk bagi kesehatan kita jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Penambahan garam pada makanan juga tidak baik untuk kesehatan kita.

9. Mulailah mencintai diri sendiri

Anda juga harus belajar untuk mencintai diri sendiri, karena dengan begitu maka anda akan terhindar dari stress yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Anda juga harus banyak berpikir positif pada setiap hal yang terjadi di hidup anda. Dengan memiliki cara pandang yang luas maka hidup anda akan lebih bahagia.

10. Berjalan dengan bertelanjang kaki

Perlu anda ketahui bahwa berjalan dengan bertelanjang kaki terbukti bisa memberi banyak manfaat untuk tubuh. Misalnya mampu membentuk postur tubuh menjadi lebih baik, dan mengurangi sakit atau nyeri pada kaki dan sendi. Berjalan dengan bertelanjang kaki, akan memberi efek pijatan yang menimbulkan rasa nyaman pada seluruh badan kita.

11. Menjauhi orang-orang yang berpikir negative

Menjalani pola hidup sehat yang tepat bisa dilakukan dengan bergaul dengan orang-orang yang berpikiran positif, dan menjauhi orang-orang yang berpikiran negative. Karena orang-orang yang berpikiran negative akan meracuni pikiran anda, yang bisa menimbulkan stress di diri anda.

12. Mengkonsumsi vitamin gizidat

Mendapat asupan vitamin selain dari buah-buahan bisa didapatkan dari vitamin gizidat yang diformulasikan khusus dari 3 bahan pilihan. Yaitu madu hutan, kurkumin, dan sidat. Vitamin ini cocok dikonsumsi oleh anak-anak anda, untuk menambah kekebalan tubuh agar mereka tidak terserang penyakit.

13. Kenali makanan yang mengandung banyak gula dan garam

Gula dan garam biasanya digunakan untuk bumbu masakan, namun penggunaan gula dan garam yang berlebihan tidak akan baik untuk kesehatan. Anda tetap diharuskan konsumsi gula dan garam, tetapi harus dengan kadar yang pas dan tepat.

14. Sering-seringlah bernafas dengan dalam

Sudahkah anda bernafas dengan tepat dan sehat, karena banyak orang yang ternyata bernafas dengan salah. Layaknya seorang atlit anda juga harus melatih pernafasan, yaitu sebuah tarikan nafas yang penuh yang di mana anda harus mengisi paru-paru anda dengan oksigen yang kemudian akan membuat anda lebih segar kembali.

15. Berhentilah makan saat anda sudah merasa kenyang

Kita sering memiliki cara makan yang buruk, yaitu kebiasaan makan yang buruk misalnya makan terlalu banyak atau makan terlalu sedikit. Misalnya saat anda sedang berada di suatu pesta, anda akan memakan segala makanan yang ada. Kini anda harus merubah cara makan yang buruk tersebut, misalnya dengan berhenti makan sebelum anda merasa kenyang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *