Pola Makan Sehat

Pola Makan Sehat

Hampir setiap makanan yang kita makan dan rasanya enak, biasanya merupakan makanan yang tidak sehat. Sedangkan kita harus memiliki jenis makanan yang sehat dan pola makan yang juga sehat. Karena dengan memiliki pola makan sehat, maka tubuh kita akan selalu sehat dan terhindar dari serangan penyakit. System kekebalan tubuh pun akan menjadi lebih baik.

Bagi sebagian orang masih juga kebingungan mengenai bagaimana pola makan yang baik, atau sebarapa banyak porsi makanan yang harus kita makan. Karena kita tidak tahu makanan apa saja yang sudah memenuhi nilai nutrisi dan gizi yang seimbang untuk tubuh. Oleh karena itu kita harus mengikuti pola makan yang benar dan sehat, agar tidak salah dalam mengkonsumsi suatu makanan.

Beginilah Cara Mengatur Pola Makan Sehat Dengan Gizi Yang Seimbang

1. Mengunyah makanan secara perlahan

Pasti anda pernah mendengar bahwa makan terlalu cepat itu tidak baik dan juga tidak sopan. Khususnya jika kita sedang makan bersama dengan beberapa orang. Tapi tahukah anda bahwa makan atau mengunyah secara perlahan memang memiliki manfaat bagi tubuh kita.

Dengan makan secara perlahan dan tidak terburu-buru, maka kalori yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih rendah. Orang yang terbiasa mengunyah secara perlahan, bisa terhindar dari penyakit obesitas, jantung, diabetes, terhindar dari stress, dan tidak akan mengalami masalah dengan metabolisme.

Kunyahlah makanan dengan lebih lambat, untuk perubahan gaya hidup yang lebih penting dan membantu mencegah munculnya sindrom metabolik. Kata seorang ahli penyakit jantung, yang berasal dari Jepang. Karena saat orang makan dengan lebih cepat, maka ia tidak akan merasa kenyang dan cenderung makan dengan lebih berlebihan.

Makan dengan cepat juga bisa menyebabkan fluktuasi glukosa yang lebih besar, yang kemudian bisa menimbulkan resisten insulin.

2. Kurangi makan makanan camilan

Hampir setiap orang selalu makan camilan di sela-sela makan makanan utama, padahal hal ini sungguh tidak baik bagi kesehatan tubuh. Padahal ada banyak camilan sehat yang diproduksi, tetapi sayangnya kebanyakan orang tetap memilih camilan yang tidak sehat. Karena camilan biasanya mengandung bahan pengawet, dan mengandung rasa buatan.

Itulah sebabnya makanan ini tidak sehat, dan tidak boleh terlalu banyak dikonsumsi khususnya bagi anda yang senang mengemil di waktu luang.

3. Hindari makan makanan yang dijual di luar rumah

Akan lebih baik anda memasak dan membuat makanan sendiri di rumah, karena kita tahu bahan apa saja yang digunakan pada makanan tersebut. Dibandingkan dengan makanan yang dijual di restoran atau dijual via online. Apalagi seiring dengan semakin berkembangnya zaman, makanan layanan delivery semakin meningkat setiap tahunnya.

Di Indonesia sendiri sudah banyak sekali jasa layanan online dalam hal pengiriman makanan tersebut, yang dianggap tidak sehat. Apalagi kebanyakan jenis makanan yang dipesan secara online itu, adalah makanan cepat saji atau fast food. Dengan beragam jenis makanan layanan delivery tersebut, banyak orang yang kurang control terhadap makanan yang mereka makan.

4. Mengurangi konsumsi garam

Garam biasanya menjadi bumbu suatu masakan, namun penggunaan garam terlalu berlebihan juga tidak baik bagi pola makan sehat anda. Kelebihan sodium bisa menyebakan tekanan darah menjadi tinggi, dan resiko terkena serangan jantung dan stroke. Menurut penelitian, sebanyak 71% garam yang digunakan berasal dari makanan resto atau makanan olahan.

Sehingga memasak sendiri akan lebih baik, karena anda bisa mengatur seberapa banyak garam yang akan anda gunakan.

5. Hindari minum minuman bersoda

Minuman ringan yang bersoda juga sangat tidak baik bagi kesehatan, baik minuman soda yang mengandung gula maupun minuman soda yang rendah gula. Minuman kemasan yang diberi pemanis bisa menimbulkan penyakit stroke dan demensia. Bahkan perempuan yang sudah berumur bisa terkena kardiovaskular jika sering konsumsi minuman bersoda.

6. Berhati-hatilah dengan minuman beralkohol

Sebaiknya anda tidak mengkonsumsi minuman beralkohol, karena minuman tersebut sangat berbahaya bagi tubuh, organ tubuh, dan fungsi otak. Minuman alcohol juga menjadi penyebab berbagai macam penyakit berbahaya yang mematikan. Untuk itu hindari minuman beralkohol dan konsumsi air putih saja.

7. Menyimpan jenis camilan yang tahan lama

Anda masih bisa mengemil jenis camilan yang sehat, dan yang bisa disimpan dalam waktu yang lama. Jenis camilan yang bisa anda konsumsi misalnya kacang-kacangan, biji-bijian, popcorn yang tidak ditambah mentega, dan lain sebagainya. Simpan camilan ini di tempat yang mudah dijangkau, dan bisa mengganjal perut anda sambil menunggu makan siang atau makan malam.

8. Menyimpan porsi makanan yang lebih di kulkas

Menyimpan makanan yang tersisa di dalam kulkas agar kesegaran makanan tersebut tetap terjaga. Karena akan sangat disayangkan jika harus membuang sisa makanan, apalagi jika makanannya berjumlah banyak. sehingga makanan tersebut masih bisa dimakan keesokan harinya.

9. Merencanakan kapan akan memakan makanan kesukaan anda

Anda bisa mengkonsumsi makanan kesukaan walaupun tidak sehat, sebaiknya merencanakan kapan anda akan menyantap makanan tersebut. Jika anda menginginkan makanan yang diidam-idamkan sebaiknya tidak ditahan. Anda boleh menyantap makanan tersebut, tetapi tidak boleh berlebihan. Usahakan juga menyantap makanan tersebut hanya 1 hari saja.

10. Mengganti makanan idaman dengan makanan alternative yang sehat

Anda juga harus mengganti makanan yang anda idam-idamkan tersebut dengan makanan yang sehat. Misalnya saja saat anda ingin makan es krim sebaiknya ganti makanan tersebut dengan segelas greek yoghurt. Atau sebatang coklat yang mengandung protein, karena nafsu makan akan lebih bisa ditahan jika anda mengkonsumsi makanan berprotein.

11. Konsumsi gizidat

Tahukah anda bahwa kini ada vitamin berupa madu yang rasanya lezat dan berkhasiat banyak, khususnya untuk anak-anak. Madu ini merupakan madu hutan yang bagus dikonsumsi oleh anak-anak, sehingga ia memiliki pola makan yang sehat dan terjaga. Gizidat bisa menambah nafsu makan anak, dan bagus untuk perkembangan dan pertumbuhannya.

12. Memikirkan menu makan malam saat makan siang

Dengan memikirkan menu makan malam saat sedang makan siang, anda punya waktu untuk memilih menu makan yang sehat untuk makan malam. Hal itu akan memudahkan anda untuk menentukan menu makan yang sehat untuk makan malam.

13. Makan sehat saja tidak cukup

Jika anda berpikir bahwa jika makan makanan yang sehat maka anda sudah memenuhi kewajiban 4 sehat 5 sempurna. Padahal makan makanan sehat saja belum cukup untuk mengatur pola makan sehat anda. Karena tetap harus diimbangi dengan olahraga rutin, mengatur porsi makan, memantau berat badan dengan teratur, dan menjaga kebersihan.

14. Susu tidak harus menjadi pelengkap

Jika anda beranggapan bahwa menu diet sehat anda baru akan sempurna jika anda sudah minum susu, anggapan tersebut ternyata salah. Karena susu tidak diwajibkan menjadi menu utama, karena kandungannya sama dengan lauk protein hewani. Jadi jangan khawatir tidak sehat jika anda tidak minum susu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *