Rumus Berat Badan Ideal

Rumus Berat Badan Ideal

Berat badan ideal merupakan suatu hal yang diidamkan oleh setiap orang baik wanita maupun pria. Beragam cara dilakukan oleh beberapa orang untuk mendapatkan berat badan yang ideal seperti halnya dengan olahraga, minum obat dan lain sebagainya. Sebelumnya, agar bisa mengetahui sharusnya berat badan ideal seseorang bisa menggunakan rumus berat badan ideal.

Berat badan ideal sendiri merupakan bobot optimal dari badan seseorang untuk menjaga kesehatan serta kebugarannya. Perbedaan berat badan ideal setiap orang bisa diperhitungkan berdasarkan berdasarkan beberapa faktor seperti jenis kelamin, usia, ras, hingga tinggi badan.

Rumus Berat Badan Ideal Wanita dan Pria

Wanita dan pria mempunyai berat badan ideal yang berbeda. Hal itu disebabkan berat badan keduanya seringkali berbeda begitu pula dengan tinggi badannya. Pria mempunyai tinggi dan berat badan yang lebih banyak jika dibanding dengan wanita. Oleh sebab itu untuk menghitung rumus berat badan ideal keduanya sedikit berbeda.

Pada umumnya sistem perhitungan berat badan ideal yang digunakan untuk usia dewasa adalah berdasarkan indeks masa tubuh atau yang sering disebut dengan IMT, berdasarkan rumus Brocha, dan rumus Devine. Sementara itu, cara perhitungan berat badan ideal untuk anak-anak menggunakan rumus Leffler dan Theron. Berikut adalah perinciannya:

  1. Berat badan ideal berdasarkan IMT rumusnya adalah berat badan (kg) / tinggi badan (meter) x tinggi badan (meter). Hasilnya yang diperoleh kemudian dibandingkan dengan skala yang ditetapkan oleh WHO World Health Organisation sebagai berikut:
  2. Kurang dari 18,5 artinya berat badan kurang
  3. 18,5 – 22,9 artinya berat badan ideal
  4. 23 – 24,9 artinya berat badan ideal, namun dengan catatan warning
  5. 25 – 29,9 artinya mendekati
  6. 30 ke atas artinya adalah kebelihan atau obesitas
  7. Berat badan ideal berdasarkan rumus Bocha yaitu
  8. Berat badan ideal wanita (kg) = (tinggi badan (cm)-100) – (tinggi badan (cm)-100)x15%
  9. Berat badan ideal pria (kg) = (tinggi badan (cm)-100) – (tinggi badan (cm)-100)x10%)
  10. Berat badan ideal menggunakan rumus Devine rumusnya adalah
  11. Berat badan ideal wanita = 45.5 kg + 2.3 kg x (tinggi badan (inchi) – 60)
  12. Berat badan ideal pria = 50 kg + 2.3 kg x (tinggi badan (inchi) – 60)
  13. Berat badan ideal untuk anak-anak menggunakan rumus Leffter
  14. Berat badan = 1/2 umur (bulan) + 4 untuk usia kurang dari 1 tahun
  15. Berat bada = 2 umur (tahun) 10 untuk anak usia 1-10 tahun
  16. Berat badan ideal untuk anak-anak berdasarkan rumus Theron rumusnya adalah e0,175571 umur (bulan) + 2,197099

Rumus berat badan ideal yang sering digunakan, khususnya untuk usia dewasa adalah menggunakan rumus Bocha. Hal itu disebabkan rumus tersebut terbilang mudah dipahami serta dihitung, sederhana, dan mudah diingat.

Upaya Mendapatkan Berat Badan Ideal

Tidak semua orang mempunyai berat bedan yang ideal, sebab diantara meraka ada yang kelebihan hingga kekurangan berat badan kurus. Bagi Anda yang mempunyai berat badan lebih, sebaiknya perlu untuk dikurangi dan begitu pula untuk Anda yang mempunyai berat badan kurang bisa menambahkannya dengan beberapa cara.

Berikut adalah beberapa  upaya yang harus dilakukan seseorang agar bisa mendapat berat badanyang ideal.

  1. Memperhatikan pola makan dan makanan itu sendiri

Sebaiknya setiap orang yang menginginkan mendapat berat badan yang ideal harus menjaga pola makan. Hal itu bisa dilakukan dengan cara makan makanan yang banyak nutrisi, tidak terlalu berlemak, tidak berlebihan, setidaknya 2-3 kali makan dalam sehari. Selain itu, juga harus memperhatikan pola minum agar tetap seimbang dengan pola makan.

Bagi Anda yang mempunyai berat badan di bawah rata-rata sebaiknya banyak makan makanan yang mengandung karbohidrat. Hal itu bertujuan agar tubuh Anda yang kecil dan kering bisa pulih dan sedikit menjadi lebih kuat serta tampak besar dari biasanya.

  1. Minum gizidat bagi Anda yang tergolong kurus

Gizidat mengandung beberapa hal seperti probiotik, temulawak atau kurkumin, madu hitam, hingga ekstrak minyak sidat. Ini sangat cocok untuk mengatasi susah makan bagi anak-anak, disamping aman juga mampu menambah nafsu makan. Jika sudah anak Anda sudah mempunyai nafsu makan yang tinggi, masalah kekurangan berat badan bisa teratasi.

  1. Olahraga secara teratur

Bagi Anda yang memang kelebihan berat badan, bisa menguranginya dengan cara olahraga secara teratur seperti dengan cara ngegym, jogging, dan lain sebagainya. Olahraga ini termasuk upaya yang cukup mudah karena tidak banyak membutuhkan biaya. Anda hanya tinggal meluangkan waktu sekitar 15-20 setiap pagi, sore ataupun malam untuk melakukan olahraga.

Fungsi Perhitungan Berat Badan Ideal

Ada beberapa manfaat atau fungsi ketika sudah mengetahui berat badan seseorang diantaranya adalah:

  1. Sebagai parameter kondisi kesehatan

Ketika Anda mengetahui berat badan ideal Anda, lalu berusaha memenuhinya dan mempertahankannya, maka Anda bisa mengoptimakan kesehatan dan kebugaran fisik tubuh. Selain itu juga bisa mencegah potensi kerkena penyakit tertentu, khususnya yang berkaitan dengan infeksi seperti diabetes, hipertensi, jantung, kanker, dan sebagainya

  1. Sebagai penentu pola makan

Mempunyai berat badan yang ideal pasti akan membuat Anda ingin selalu mempertahankannya. Anda bisa memperhatikan pola makan agar tetap terjaga dengan baik dan selalu makan makanan yang bernutrisi dan sehat. Selain itu juga memperhatikan porsi serta waktu makan yang tepat dan benar, begitu pula dengan pola minum.

  1. Sebagai penentu aktifitas yang sesuai

Upaya untuk mendapat berat badan yang ideal serta untuk mempertahankannya, mendorong Anda untuk memperhatikan pola dan jenis aktifitas. Anda akan memilih aktifitas yang tepat dan sesuai dengan berat badan agar tidak mengganggu kesehatan.

Contoh aktifitas yang sangat relevan dalam hal tersebut adalah olahraga. Anda bisa melakukan beberapa jenis olahraga yang mudah untuk dilakukan dan sesuai dengan kesukaan. Demikian, tidak ada faktor terpaksa dalam melakukan aktifitas olahraga dan sebagainya.

  1. Untuk mementukan dosis obat yang sesuai

Berat tubuh yang ideal menjadi tolok ukur bagi Anda untuk mengkonsumsi obat tertentu, khususnya dengan dosis tertentu. Sebab, tidak semua orang dengan berat badan yang ideal cocok dan kuat meminum obat yang berdosis tinggi, terlebih lagi untuk anak-anak.

Anak-anak sering mengkonsumsi obat dengan dosis yang lebih rendah daripada untuk orang dewasa. Bisa saja mereka kuat dengan obat dosis tinggi dengan beberapa catatan dan pengecualian penyakit. Jika Anda tidak ingin memberikan anak obat pada umumnya saat sakit, Anda bisa memberikannya gizidat yang berupa madu hutan yang aman bagi anak.

  1. Mengetahui perkembangan dan pertumbuhan tubuh bagi anak

Setelah mengetahui berapa seharusnya berat badan ideal, Anda kemudian bisa mengetahui sedikit tentang perkembangan dan pertumbuhan fisik seorang anak. Apakah pertumbuhannya baik, cepat, dan sehat serta optimal atau tidak. Dengan demikian, Anda kemudian bisa mencari solusi tertentu ketika pertumbuhan anak Anda masih belum optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *