Solusi Anak Susah Makan

Solusi Anak Susah Makan

Ketika anak makan dengan lahap, Anda pasti akan senang sebab perkembangan fisik, motorik dan kognitifnya akan lebih baik. Kondisi ini dapat dilihat dari normalnya berat serta tinggi badan, gerakannya gesit dan meningkatnya kecerdasan. Lalu, bagaimana jika yang terjadi ialah sebaliknya dimana anak justru susah makan? Berikut ini beragam solusi anak susah makan yang bisa dicoba.

Jangan biasakan minum terlalu banyak saat makan

Salah satu kebiasaan yang sering Anda temui pada si kecil ketika sedang makan adalah minum air terlalu banyak. Meminum air memang merupakan aktivitas yang penting sebab berguna untuk memenuhi cairan tubuh serta melarutkan makanan. Namun, bila jumlahnya terlalu berlebihan maka akan membuat perut si kecil menjadi kembung.

Jangan biasakan minum terlalu banyak saat makan

Kondisi ini tentu saja mengakibatkan anak Anda menolak untuk menghabiskan makanannya dengan alasan sudah kenyang. Oleh sebab itu, agar masalah kembung tidak sering dialami buah hati saat makan sebaiknya Anda selalu mendampinginya. Anda bisa membatasi konsumsi air minum anak pada waktu makan, misalnya cukup satu gelas saja.

Disamping membatasi air minum yang dikonsumsi anak, Anda juga disarankan untuk tidak memberi minuman manis. Mengapa anak sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman manis saat makan? Ini dikarenakan minuman berasa manis akan membuat perut si kecil menjadi semakin kembung. Selain membuatnya susah makan, jenis minuman ini kurang baik untuk kesehatan anak.

Pastikan makanan si kecil kaya nutrisi

Masa kanak-kanak merupakan fase penting bagi pertumbuhan fisik, motorik dan kognitifnya. Jadi, supaya ketiga aspek tersebut bisa berkembang dengan maksimal maka Anda perlu memastikan bahwa anak makan secara rutin. Namun, bagaimanakah jika buah hati kesayangan Anda tidak mau makan? Solusi anak susah makan yang bisa diterapkan adalah memberinya makanan bernutrisi.

Pastikan makanan si kecil kaya nutrisi

Ya, makanan bernutrisi memang kaya akan senyawa yang dapat meningkatkan nafsu makan anak seperti vitamin dan mineral. Beberapa contoh makanan yang bisa Anda hidangkan kepada si kecil adalah daging sapi, ayam, ikan serta beragam sayuran dengan daun hijau tua. Selain itu, nafsu makan anak juga dapat Anda tingkatkan dengan memberinya asupan vitamin.

Salah satu produk vitamin yang direkomendasikan untuk Anda adalah Gizidat. Gizidat adalah vitamin yang terbuat dari campuran bahan herbal berupa madu hutan, ikan sidat dan kurkumin. Anda tentu sudah mengetahui bahwa kurkumin atau temulawak telah dipercaya oleh masyarakat secara turun temurun berkhasiat meningkatkan nafsu makan.

Buat menu bervariasi dan tampilan yang menarik

Kondisi mental anak memang masih rentan sebab dirinya baru berada pada masa perkembangan. Jadi, sebagai orang tua, Anda harus selalu sabar menghadapi tingkah laku anak yang mudah bosan termasuk soal menu makanan. Kebosanan anak yang menyebabkan dirinya enggan makan biasanya disebabkan menu makanan yang selalu sama.

Buat menu bervariasi dan tampilan yang menarik

Solusi terbaik untuk mengatasi kondisi ini sebenarnya cukup mudah dimana Anda hanya tinggal membuat menu yang bervariasi. Lalu, jangan lupa juga untuk membuat makanan yang disajikan kepada anak terlihat menarik. Sebab anak kecil biasanya menyukai hal-hal yang menarik apalagi lucu. Misal: Anda bisa membuat atau membeli kue dengan tampilan menyerupai kartun favoritnya.

Memberinya camilan sehat

Anak yang susah makan terkadang sering membuat Anda pusing sebagai orang tua. Namun, terus memaksanya untuk makan, menakut-nakutinya bahkan memarahinya bukanlah solusi yang efektif.

Jika si kecil tidak mau makan, Anda sebaiknya memberinya asupan alternatif pengganti makanan pokok. Salah satu jenis makanan pengganti yang bisa Anda berikan adalah camilan lezat dan sehat.

Contoh camilan yang baik untuk dikonsumsi buah hati Anda adalah puding maupun es dengan bahan dasar berupa buah. Sebaiknya, camilan ini Anda buat sendiri di rumah supaya lebih menghemat biaya dan kebersihannya terjamin. Akan tetapi, apabila Anda benar-benar tidak memiliki cukup waktu untuk membuatnya maka bisa membeli camilan di penjual yang benar-benar terpercaya.

Memberinya camilan sehat

Pemberian camilan lezat dan sehat memang baik untuk mengatasi masalah susah makan pada anak Anda. Namun, apakah camilan tersebut sudah memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil? Jika Anda ragu, maka bisa menambahkan vitamin untuk dikonsumsi secara rutin oleh buah hati. Terdapat berbagai produk vitamin untuk anak yang dijual di pasaran.

Gizidat adalah salah satu produk vitamin yang bisa Anda beli di apotek maupun agen. Produk ini terbuat dari campuran bahan herbal sehingga tidak berbahaya bila dikonsumsi oleh si kecil. Adapun beberapa bahan utama yang terkandung di dalam vitamin ini ialah kurkumin atau temulawak, madu hutan serta ikan sidat.

Kurkumin atau temulawak tentu sudah Anda kenal sebagai peningkat nafsu makan. Jadi, konsmusi Gizidat bisa menjadi solusi anak susah makan yang efektif untuk Anda terapkan. Bukan hanya sekedar membuat anak makan lebih lahap, Gizidat juga memiliki khasiat lainnya. Khasiat tersebut adalah mencukupi kebutuhan protein anak yang berasal dari campuran bahan berupa ikan sidat.

Tidak perlu dipaksa terus menerus

Kadang, Anda mungkin merasa kesal ketika sudah memasak tetapi si kecil enggan untuk makan dengan alasan sudah kenyang. Padahal, Anda tahu bahwa sedari tadi dirinya sama sekali belum menyantap makanan apa pun. Apabila kondisi ini Anda alami, maka tidak perlu terus memakasanya untuk makan.

Tidak perlu dipaksa terus menerus

Ketika Anda memaksanya justru akan semakin membuat dirinya tidak mau makan. Sebaliknya, jika Anda membiarkannya beberapa saat maka selera makan buah hati mungkin akan muncul kembali. Sebab alasan dia enggan makan sebenarnya bukan karena sudah kenyang, tetapi lebih dipengaruhi oleh faktor moodnya. Jadi, lama-kelamaan dirinya juga akan merasa lapar dan meminta makan.

Makan lebih sering dalam sehari

Bila Anda sudah mengetahui bahwa si kecil sering mengalami gejala susah makan, maka jangan memberinya makanan dalam porsi besar. Dikarenakan tindakan Anda ini justru akan menurunkan selera makan buah hati sehingga tidak menghabiskan makanannya. Lalu, bagaimanakah sebaiknya Anda menyikapi si kecil yang kadang sulit untuk makan?

Solusi efektif untuk mengatasi masalah ini adalah memberinya makan dengan intensitas yang sering dalam sehari. Beberapa orang tua berpendapat bahwa cara ini cukup efektif untuk mengatasi anak yang cepat bosan ketika disuruh makan. Jadi, Anda dapat menjadi lebih tenang karena kebutuhan karbohidrat serta nutrisi anak tetap tercukupi.

Makan lebih sering dalam sehari

Disamping memberinya makan secara sering, Anda juga bisa menambahkan asupan vitamin supaya tumbuh kembangnya lebih optimal. Jenis vitamin yang Anda berikan pada si kecil sebaiknya bersifat herbal atau terbebas dari unsur kimiawi. Produk vitamin herbal dan berkhasiat yang bisa Anda aman dikonsumsi rutin oleh anak-anak adalah Gizidat dengan kandungan kurkumin, madu hutan dan sidat.

Anak susah makan memang membuat Anda sebagai orang tua khawatir. Sebab bila si kecil tidak mau mengkonsumsi makanan maka akan lebih mudah terserang penyakit. Oleh sebab itu, wajar saja jika Anda rewel bahkan terkadang sampai memarahi anak. Tindakan ini tentu kurang solutif, agar usaha Anda lebih maksimal beberapa solusi anak susah makan di atas mungkin bisa dicoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *